Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
139
Lapor Hansip
05-03-2020 20:57

Auto-Brewery, Sindrom Langka Penyebab Tubuh Layaknya Gudang Alkohol, Kok Bisa?

Quote:Auto-Brewery, Sindrom Langka Penyebab Tubuh Layaknya Gudang Alkohol, Kok Bisa?


Malang benar nasib yang dialami oleh Matius Hogg, lelaki asal Yorkshire, Inggris ini. Bagaimana tidak, setiap hari harus merasakan mabuk dan muntah meskipun tidak mengonsumsi alkohol. Setiap selesai memakan roti, kentang, atau minuman bersoda, ia merasa seperti habis mengonsumsi minuman keras. Bahkan saat memakan sepiring nasi, ia akan mabuk layaknya minum tiga botol anggur.

Quote:Auto-Brewery, Sindrom Langka Penyebab Tubuh Layaknya Gudang Alkohol, Kok Bisa?


Matius selalu merasakan alkohol menjalar ke seluruh tubuhnya, setiap kali mengonsumsi makanan/minuman manis dan mengandung tepung. Kondisi ini ia alami dalam jangka waktu lama, sehingga menyebabkan gangguan pada organ hatinya. Tubuhnya pun lemah, sering merasa kelelahan.

Belakangan Matius baru mengetahui bahwa ia menderita sindrom auto-brewery. Suatu kondisi di mana organ ususnya terdapat jamur ragi yang mampu memfermentasikan segala macam karbohidrat menjadi etanol.

Sindrom auto-brewery ini bukanlah kasus baru. Pada tahun 1948 pernah dilaporkan seorang anak lelaki berusia lima tahun, meninggal dengan perut pecah. Setelah dilakukan tes, ternyata terdapat cairan dan gas alkohol pada rongga perut anak tersebut.

Sindrom auto-brewery atau sindrom fermentasi usus ini dapat timbul karena dipicu oleh penyakit/sebab lain, misalnya diabetes, radang usus, gangguan organ hati, kekebalan tubuh menurun, kurangnya nutrisi, atau pemakaian antibiotik dalam waktu yang lama. Tak hanya orang dewasa, balita dan anak-anak pun bisa mengalami sindrom langka ini.

Quote:Auto-Brewery, Sindrom Langka Penyebab Tubuh Layaknya Gudang Alkohol, Kok Bisa?


Penderita sindrom fermentasi usus ini harus menjalani diet karbohidrat dan mengonsumsi obat anti jamur, untuk mengendalikan jumlah jamur ragi di dalam ususnya. Tambahan suplemen vitamin dan mineral pun mutlak diperlukan tubuhnya agar tak kekurangan nutrisi. Penderita sindrom ini pun tidak bisa melakukan pekerjaan berat. Mereka harus selalu berhati-hati dalam menjaga pola makannya.

Duh, nggak kebayang, ya, penderitaan para penderita sindrom ini. Kesehatan itu mahal, karena itu kita wajib mensyukuri nikmat sehat yang saat ini kita miliki. Jaga kesehatan dengan olah raga, istirahat yang cukup, mengonsumsi makan dan minum yang baik, serta selalu berpikir positip.

Sekian thread ane kali ini. Semoga informasi yang ane sampaikan ini bermanfaat buat Gansis sekalian. Sampai jumpa di thread ane lainnya yang tak kalah menarik.

Malang, 5 Maret 2020

Penulis: Ina Sendry
Sumber: opini pribadi link link
Ilustrasi 1 2 3
Diubah oleh KS06
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan 24 lainnya memberi reputasi
25
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Auto-Brewery, Sindrom Langka Penyebab Tubuh Layaknya Gudang Alkohol, Kok Bisa?
05-03-2020 22:09
enak banget, makan nasi aja udh high
profile-picture
profile-picture
profile-picture
severranyth dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
profile picture
aktivis kaskus
05-03-2020 23:35


Yoi, masuk warteg keluar2 udh celeng..
Mabok murah meriah 😂😂
4
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia