Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
72
Lapor Hansip
23-02-2020 20:46

10 Fakta Kucing Yang "Emang Iya begitu?"

10 Fakta Kucing Yang "Emang Iya begitu?"
pixabay.com




spoiler



Setelah biasanya saya ngomongin soal kelakuan kucing dan foto-foto mereka yang menghibur, di thread ini saya mau ngomongin fakta-fakta yang baru saya tahu mengenai si kocheng. 



Ada 13 fakta yang baru saya tahu kemarin waktu nyari materi buat thread, lucunya ini dari artikel lama tapi baru ketahuan.


Biar gak panjang banget mukodimahnya, langsung masuk ke pembahasan inti aja yaa~



Bisa alergi sama kita


Quote:
Seberapa sering agan main bareng kucing kesayangan di rumah? pernah liat gak si mpus tiba-tiba jadi sering batuk? Kalau pernah, mungkin kucing agan lagi alergi. Mungkin lho yaa...


Mengutip dari mentalfloss.com, dalam artikelnya mereka mengatakan, berdasarkan penelitian yang dilakukan di tahun 2005 salah satu penyakit kucing yaitu asma kucing mengalami peningkatan. 


Katanya hal ini disebabkan oleh kebiasaan kita yang banyak mengurung kucing di dalam rumah. Kalau bersih sih gapapa ya, tapi kalau rumahnya kotor terus banyak debu sama banyak asap rokok bisa bikin si kucing sakit. 





Memiliki otak yang lebih kompleks daripada anjing

Quote:
Meskipun ukuran otak mereka kecil ternyata justru jauh lebih komplek daripada anjing. Terutama di bagian Cerebral cortex, bagian yang bertanggung jawab soal pemrosesan informasi, selain itu juga punya 300 juta neuron.


Masih menurut mentalfloss.com, otak kucing juga 90% mirip dengan otak manusia. 


Apakah ini berhubungan dengan kemampuan kucing yang bisa menukar tempat antara dia dan majikannya? 






Ingatan jangka pendek nya bagus


Quote:
Katanya, yang dinamakan short terms memory itu hanya bisa bertahan sekitar satu menit saja. Dalam penelitian tahun 2007 diketahui kalau short terms memory atau ingatan jangka pendek kucing bisa bertahan sampai 10 menit.


Tapi ya nggak selalu begitu, dalam laman mentalfloss.com, dikatakan kalau kucing mengingat dengan kuat saat mengalami suatu peristiwa dengan langsun. Jadi kalau cuma lewat penglihatan atau visual justru ingatannya buruk. 






Kucing liar jalan-jalan "lebih jauh" daripada kucing rumahan


Quote:
Perlu diketahui maksud kucing rumahan di sini adalah kucing peliharaan yang dibiarkan berkeliaran di luar rumah. 


Jadi tahun 2007 dulu ada penelitian yang membuktikan si kucing liar lebih senang "jalan-jalan" daripada kucing rumahan. Rata-rata kucing rumahan cuma jalan-jalan sejauh 4,9 hektar; sedangkan kucing liar bisa nyampe 1351 hektar. Jauh banget


Sama halnya dengan keaktifan mereka, kucing liar jauh lebih aktif karena harus berjuang buat bertahan hidup. Nyari makan, nyari tempat tidur atau tempat neduh belum lagi kalau harus gelut sama kucing lain ya kan





Bintik-bintik dari gen spesial
Quote:
Pernah liat kucing dengan pola bulu yang totol-totol mirip dalmatian? Kayaknya buat kucing liar atau kucing kampung di Indonesia cukup jarang ya, tapi saya yakin pasti ada sih. 


Nah di tahun 2012 sebuah penelitian mengetahui kenapa ada kucing yang punya totol-totol di tubuhnya, jawabannya karena sebuah gen yaitu gen "Taqpep."


Jadi para ilmuwan percaya dulu waktu kucing berevolusi, si gen "Taqpep" ini yang menentukan pola bulunya mau gimana melalui level ditampilkannya salah satu gen yang mempengaruhi totol-totol, yaitu gen "Edn3".






Mereka benar-benar gak tertarik dengan yang manis-manis
Quote:Menurut mentalfloss.com, hal ini disebabkan karena adanya kerusakan gen pada kucing yang "mengkode" bagian dari reseptor rasa manis mamalia. Bingung juga jelasinnya gimana ya


"Cats aren't interested in sweet stuff because of a defect in the gene that codes for part of the mammalian sweet taste receptor. The receptor contains two protein subunits, T1R2 and T1R3, which are each coded for by a separate gene. The defect occurs on the T1R2 protein in domestic cats, as well as in cheetahs and tigers."





Nah begitu teks aslinya, karena saya gak pinter ipa waktu sekolah dulu jadi gak ngerti istilahnya





Menganggu kebiasaan rutinnya bisa membuat kucing berpura-pura sakit
Quote:Menurut penelitian tahun 2011 yang lalu, katanya kalau kita mengubah rutinitas kucing mereka bisa jadi pura-pura sakit. 


Pura-pura sakitnya gimana? Pup dimana saja, muntah, dan berkurangnya nafsu makan. 


Kucing saya dulu begini paling kalau saya telat ngasih makan sekitar dua-tiga harian.





Dagu kucing jarang basah
Quote:Maksudnya, dagu mereka jarang basah itu pas mereka minum. Pernah merhtaiin kucing yang lagi minum kan? 


Itu mereka mengangkat air menggunakan lidahnya tapi airnya gak belepotan kemana-mana ya.

spoiler







Pintar merayu majikannya
Quote:Kalau ini gak diragukan lagi sih, kucing tuh punya daya tariknya sendiri yang bikin manusia jadi gak tega aja liat mereka kelaparan atau gak ngasih makan waktu mereka minta. 


Katanya, tahun 2009 dulu, ada penelitian yang meneliti soal ini. Hasilnya apa? Saat kucing lagi ada maunya, mereka mengeluarkan suara yang masih satu frekuensi dengan suara bayi saat menangis yaitu sekitar 220-520 (bayi 300-600 hertz).


Satu lagi, kucing juga punya jurus "gosokin badannya" entah itu ke kaki atau tangan majikannya kalau lagi lapar. 





Menyukai (dan disukai) komputer
Quote:Siapa yang belum pernah diganggu kucingnya waktu sedang main laptop? Emang laptop kan permukaannya hangat ya, jadi bikin nyaman si kucingnya juga. 


Salah satu "AI" nya google yaitu "Brain," menunjukan video kucing ketika ditanya tentang apa yang dia inginkan dari internet. 



BONUS:

Jangan dibuka






Sumber: https://www.mentalfloss.com/article/....eline-friends


Quote:
BACA JUGA THREAD MENARIK LAIN GANSIS




profile-picture
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
10 Fakta Kucing Yang "Emang Iya begitu?"
24-02-2020 06:25
pantess kalau pas lagi buka laptop kucing ane sering resehh malah ganghguin ternyata doi suka yang hangat-hangat
profile-picture
tata604 memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Manga, Manhua, & Manhwa
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia