Halo para kaskuser selamat datang di thread pertama ane, moon maap ye kalo berantakan,
Perkenalkan nama saya panggil saja mawar, saya ingin berbagi pengalaman nih gan, secara saya kan kerja di hotel nih udah hampir 5th lah, ingin share pengalaman nih seputar kehidupan hotel yang mungkin ada customer2 tercinta blm tahu sepenuhnya tentang hotel. Sebenernya banyak banget sih, tapi ane ceritakan dikit aja ya
Spoiler for CHECK IN / CI:
Nah awal punya awal hal pertama yang perlu di ketahui itu adalah check in / CI, pada setiap Hotel itu mempunyai aturan jam CI yang hampir sama yaitu jam 14.00, mungkin bisa berbeda di hotel hotel lain, kalo di hotel ane ya jam 14.00. nah usut punya usut kenapa sih jam CI itu jam 14.00 karena, di hotel pada umum nya jam Check Out / CO nya biasanya MAX jam 12.00, nah di situ House Keeping / HK di beri waktu 2 jam untuk memberseihkan kamar supaya bisa di pakai lagi
Tapi, kadang ada juga tuh tamu yang dateng sebelum jam 14.00 dan sudah meminta CI, nah di kasus ini kebijakan hotel berbeda beda gan, ada yg di kenanakan biaya tambahan, ini di namakan Early Ci, ada juga yang free selama kamar tersedia, nah untuk Early Ci ini sifatnya Kondisional ya gan, Logika nya gini gan, semalem kamar nya penuh 100% dan semua tamu CO nya yaitu jam 12.00 nah maka Early Ci tidak akan memungkinkan,
Tapi, jika semalam ada kamar yang ga laku, nah besok paginya kan kosong tuh, baru bisa buat Early Ci, jadi kita sebagai tamu jangan modal ngeyel aja ya gan sama pegawainya, " mbak/mas saya sudah capek bla bla saya dari planet namex ke bumi dah capek mau lsg tidur , saya ga mau tahu, saya ga mau tempe dan bakwan, saya mau masuk sekarang " nah itu contoh tamu bodoh ya gan, yang make kata andalan Saya ga mau tahu
Spoiler for CHECK OUT / CO:
Kebalikan dari CI gan, CO di hotel MAX jam 12.00, selebihnya dari jam itu akan di kenakan biaya namanya LATE CO, biasanya Late Co itu kalo sudah bayar akan dapat jatah waktu sampai max jam 18.00 selebihnya itu akan di kenakan 1 malam lagi, nah tapi late co itu juga kondisional juga ya gan, kalo hari ini kamar penuh maka late co tidak akan bisa terjadi, Logika nya gini gan, misal tamu akan CI serentak jam 14.00 maka tamu yang CO mau ga mau harus CO tepat waktu gan, kalo semisal Jadwal kereta atau Pesawat agan jam 15.00 dan agan harus CO jam 12.00 nah 3 jam nganggur donk ya,
Jangan panik gan, ente bisa titip barang di Luggage room / LR, dan bisa nyantai tuh di lobby,gym atau cafe ya gan, dan biasanya hotel menyediakan Shuttle service Free ke Stasiun atau Air Port, tapi biasa lah nge tip ngetip dikit biar ga ngedumel gan driver nya hahaha
Jangan lupa yah pastikan agan Co lewat frontoffice / FO, lapor bahwa agan mau CO, dan jangan bawa barang yang ga boleh di bawa ya hehehe, terus kalo misal ada komplain apa semalem gitu sampaikan aja gan, misal WIFI lemot, kamar bau, ada kecoa, ada tikus, ada kobra, ada singa, buaya atau Tarantula, suapaya untuk next nya mereka memastikan lagi kalo agan nginep di sini smuanya baik baik saja
NB: kadang ada orang yang ci nya jam 17.00 dan besok nya ngotot co jam 17.00 juga, dikira hotel itu 24 jam sewa room nya, padahal ada jam ci dan jam co nya sesuai aturan hahahahah
Spoiler for RESERVASI / RSV:
Nah ini nih yg bagian yg agan harus agak teliti, jadi kalo agan mau buat RSV di suatu Hotel, entah itu via Online travel agent / OTA seperti Traveloka, Agoda, tiket, atau pegi-pegi, maupun via telfon ke hotel langsung, pastikan agan buat planning dulu yang jelas, yang sering terjadi itu para customer sering salah gan untuk book tanggal, ada beberapa contoh kesalahan gan
- salah pencet di aplikasi : nah kalo pesen via OTA masing2 ota punya karakteristik user interface sendiri gan, misal ada yang deafult tanngal nya tanggal hari ini dan bulan ini, dan default nya besok, maupun tanggal yang sama tapi bulan depan gitu, jadi jangan asal next next aja kelar transfer, eh ternyata salah tanggal, buat reschedule agak ribet lho gan kalo sistem hotel nya non refundable. pastikan tanggal Ci & Co ,tipe kamar, jumlah kamar, dan kelengkapan fasilitas kaya sarapan dll
- kurang paham hari : jadi gini gan pernah ada kasus ada tamu yang mau Ci jam 01.00 dini hari, nah ikut nya tanggal berapa tuh ??? kalo tamu yg belum paham kadang salah RSV gan, Logika nya gini gan misal agan book untuk tanggal 29 Februari 2020, nah jatuhnya sabtu kan itu, lha agan mau datang jam 01.00, tetep itu masuk nya bukan minggu ya tapi sabtu, karena berada di antara Jam Ci 14.00 sabtu dan jam Co 12.00 minggu, tapi kalo misal dateng nya jam 06.00 gimana??? nah kalo ini tergantung hotel masing2 gan, bisa jadi dia masuk Early ci hari minggu atau tetep ci di hari sabtu dan jam 12.00 tetep co, karena biasanya closingan sistem hotel itu ( NIGHT AUDIT ) rata rata setiap hotel jam 04.00 jadi di atas jam 04.00 bisa jadi masuk early ci atau late ci ( late ci : tamu masuk telat )
Spoiler for EXTEND / TAMBAH MALAM:
Kalo ini ga banyak cerita gan, jadi misal agan ada rencana Extend dadakan, pastikan agan hubungi frontoffice untuk request extend sebelum jam CO ya gan, tapi biasanya sih anak Fo pasti akan courtesy para tamu yang akan CO dan menanyakan apakah agan akan fix Co atau ada rencana extend gitu,
tapi, extend bisa juga tertolak lho gan, karena hotel kan jualan kamar per tanggal gan bukan dari kamar kosong atau ga nya, jadi logika nya gini, misal agan ci tanggal 21 dan co tanggal 22. sedangkan tanggal 22 itu sudah penuh dari lama, nah agan waktu co tanggal 22 tiba tiba ada rencana extend dadakan supaya co tanggal 23, nah itu ga bisa gan karena tgl 22 udah penuh,
kadang ada tamu yang ngamuk2 ga pake otak gan sambil ngomong gini " woi mas kamu bodoh apa gimana? orang masi di kamar belum Co kok kamar udah di jual ama orang lain, gimana sih" sebenarnya kalo gini yang bodoh tamunya gan, karena kita kan jual nya by tanggal, dan pasti pihak hotel sudah menyampaikan saat ci bahwa saat ci agan sudah di pastikan tanggal ci dan co nya dan di infokan bahwa tidak bisa extend dadakan karena tgl 22 penuh, begitu gan kira kira
Spoiler for SPECIAL REQUEST / PERMINTAAN KHUSUS:
Masuk yg terakhir ya gan, dah capek ketik ketik nya hehe, apa itu special request, yaitu permintaan khusus oleh tamu yang di minta sesuai kondisi tamu itu,tapi kembali ke aturan main yah, special request akan di berikan kondisional ya dan di usahakan oleh pihak hotel, special request tidak akan terjadi bila request itu menyalahi aturan hotel,
Contoh special request yang bisa di akomodir :
- Minta kamar jangan pojok ya mas : bisa kalo tersedia, untuk kondisi yang tidak tersedia misal kamar yang di inginkan tamu itu sudah di inapi tamu yang menginap panjang misal dari tanggal 1 s/d 30 nginap di hotel, nah tamu baru minta kamar itu dari tanggal 5, saat tamu baru ci tanggal 27 dia bilang " mas saya kan dah request dari lama, kok ga bisa ??? " iya soalnya masi di pake, tapi kalau kosong pasti di beri kok, jadi intinya pihak hotel itu tidak pernah meng iyakan tapi pasti di jawab nanti akan di usahakan
- Saya nanti akan ci telat : ini special request yang sifatnya menginfokan ke pihak hotel bahwa tamu ini akan ci telat, jadi lebih ke bukan permintaan khusus
- mas saya minta yang 1 bed besar karena bawa bayi : misal tamu ini pesen nya yang twin bed lewat OTA , ( salah pesan atau memang pesan yang tipe itu ) dan request yang deouble bed ( 1 bed ) boleh2 saja asalkan masih tersedia
- mas saya ingin ci lebih awal : kembali ke peraturan early ci di atas ya, bawah sifatnya kondisional, dan special request juga tidak mengguggurkan kewajiban biaya early ci, jadi jangan mentang " kan saya sudah request " agan bisa melawan aturan ya gan
Contoh special request yang tidak bisa di akomodir
- mas saya minta kulkas di kamar : nah kalo agan mesenya kamar yang ga ada kulkas nya ya tetep ga bisa donk, " kan saya sudah request " ya ga bisa donk bapak kan pesenya kamar standart tanpa kulkas, untuk kamar yang ber kulkas itu di kamar kelas tinggi, mungkin bisa numpang titip di kulkas restaurant, boleh kok
itu contoh special request yang ga bisa di akomodir ya gan, banyak sebenarnya intinya special request itu bisa di akomodir asal ga berlawanan dengan aturan hotel,
kalo gitu caranya sekalian aja orang nya pesen lewat Traveloka 1 malam trs request nginap 10 malam sambil ngomong " kan saya sudah request " se akan akan bawa titah dari raja dan MUTLAK permintaanya.
sekian trit dari ane ya gan, mohon maap kalo ada salah2 kata dan moon maap karo repost ya gan, kalo ada pertanyaan bisa komeng aja gan, tapi pertanyaan seputar hotel aja ya
lain kali kalo ada waktu request aja di komeng apa yang minta di bahas di sini, oke
mohon cendol nya ya gan