News
Batal
KATEGORI
link has been copied
91
Lapor Hansip
17-02-2020 07:02

Ahok Berhasil Atasi Banjir Karena Lanjut Program Jokowi, Anies Tidak

Ahok Berhasil Atasi Banjir Karena Lanjut Program Jokowi, Anies Tidak

Jakarta - Survei Indo Barometer menyebut Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjadi gubernur DKI Jakarta yang paling berhasil menangani banjir dibandingkan dengan Joko Widodo maupun Anies Baswedan. Menurut peneliti tata kota Universitas Trisakti, Nirwono Joga, Ahok berhasil mengatasi banjir karena melanjutkan program Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sebelumnya juga menjabat sebagai gubernur DKI.

"Dalam hal penanganan banjir sebenarnya saat Pak Jokowi (menjabat gubernur DKI, red) sudah mulai melakukan penanganan banjir dengan baik, salah satu keberhasilannya atau revitalisasi Waduk Pluit dan Waduk Ria-Rio, serta sosialisasi dan rencana penataan bantaran kali dan relokasi warganya," ucap Nirwono kepada detikcom, Minggu (16/2/2020) malam.

Menurut Nirwono, Ahok memiliki nilai tambah karena sikap tegasnya. Dia mampu melakukan penataan beberapa titik kali Ciliwung.

"Kemudian dilanjutkan oleh Pak Ahok, dan harus diakui keberanian dan ketegasan Pak Ahok lah yang membuat penataan Kali Ciliwung di Kampung Pulo dapat terwujud setelah sekian Gubernur DKI tidak pernah berasil menatanya, serta pembongkaran bangunan di atas saluran air juga banyak dilakukan, dan pembebasan lahan untuk pembangunan waduk-waduk baru juga dilakukan," ucap Nirwono.

Namun, lanjut Nirwono, Anies Baswedan tak meneruskan program dua pemimpin DKI sebelumnya. Dari pengamatannya, tak banyak yang dilakukan Anies untuk mengatasi banjir.

"Upaya yang telah dirintis Pak Jokowi dan kemudian dilanjutkan Pak Ahok dengan lebih giat lagi dalam menangani banjir, sayangnya tidak dilanjutkan oleh Pak Anies. Praktis dalam 2 tahun terakhir tidak banyak yang dilakukan," ucap Nirwono.

Menurut Nirwono, seharusnya ada beberapa hal yang dilakukan oleh Anies selama dua tahun masa jabatnya. Sehingga, bagi Nirwono, Anies terkesan tidak menangani banjir dengan baik.

"Seperti tidak ada kejelasan kelanjutan program normalisasi Kali Ciliwung, Pesanggrahan, Angke, dan Sunter yang sudah dimulai sejak era Fauzi Bowo yang direncanakan selesai 2022. Banjir awal Januari dan Februari lalu membuktikan tidak ada upaya serius Pak Anies dalam mengantisipasi dan menangani banjir," ucap Nirwono.

Menurut Survei Indo Barometer, Ahok dinilai sebagai pemimpin daerah paling berhasil mengatasi banjir Jakarta. Joko Widodo (Jokowi) dan Anies Baswedan bertengger diperingkat kedua dan ketiga.

"Gubernur Jakarta yang dianggap paling berhasil adalah Basuki Tjahaja Purnama sebesar 42 persen," ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari di Ksatria Arya Wira Room, Hotel Century Park, Senayan, Jakarta, Minggu (16/2/2020).

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan 1200 responden pada 9-15 Januari 2020. Adapun teknik pengumpulan data berupa wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan margin of error sebesar 2,83 persen.

Berikut hasil survei Indo Barometer soal permasalahan Jakarta:

Gubernur Jakarta paling berhasil mengatasi masalah banjir:
1. Basuki Tjahaja Purnama (42%)
2. Joko Widodo (25%)
3. Anies Baswedan (4,1%).

Sumber : Detik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 7 lainnya memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Ahok Berhasil Atasi Banjir Karena Lanjut Program Jokowi, Anies Tidak
17-02-2020 07:41
Ketegasan bagai pisau bermata dua, di satu sisi proyek bisa beres, di sisi lain bisa menambah musuh.

Ibarat dosen yang tegas sama mahasiswa nya banyak dibenci mahasiswa nya, meski akhirnya mahasiswa nya bisa lebih pinter-pinter dibanding mahasiswa yang diajarin dosen santai-santai.

Harus hati-hati dengan ketegasan, kalau bisa sih ketegasan dipakai di periode kedua saja supaya tidak dilengserkan pada periode pertama sama orang-orang yang sakit hati karena pernah "ditegesin"
Diubah oleh kampret.strez
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
profile picture
kaskus addict
17-02-2020 07:48
Ahok pilih untuk kelarin proyek, tapi jadi byk musuh
Abud pilih untuk populis, tapi ga ada yg dikerjakan
1
profile picture
kaskus addict
17-02-2020 08:03
Kerja keras + ketegasan Ahok tidak sia2 dan terbukti dinilai tinggi, lihat posisinya sekarang.

Dan lagi, hasil kinerja seorang pejabat sulit terlihat instan. Biarkan sejarah & data statiatik yg berbicara,
hanya orang bijak yang mau mengatasi problema dari belajar sejarah pendahulu2nya
0
profile picture
kaskus geek
17-02-2020 08:53
@balonkempes
Anies paling banyak job emoticon-Big Grin
kebanjiran butuh kasur baru, bantal, guling, barang2 yang hanyut, perbaikan rumah, dst..
perekonomian orang tajir berjalan lancarrrr emoticon-Ngakak
-1
profile picture
kaskus addict
17-02-2020 09:04
@balonkempes ttp pilih anis. Asal seiman
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia