others
Batal
link has been copied
64
Lapor Hansip
14-02-2020 22:14

Dampak Kekoreaan di Indonesia yang Wajib Kamu Tahu!

Dampak Kekoreaan di Indonesia yang Wajib Kamu Tahu!

Kekoreaan atau segala sesuatu yang berbau Korea telah menyebar dan membawa dampak pada setiap lini kehidupan di Indonesia. Demam Korea begitulah khalayak menamainya, taukah Gansis dampak apa saja yang ditimbulkan dari Demam Korea?


Dampak Kekoreaan di Indonesia yang Wajib Kamu Tahu!Sumber Gambar

Gansis tentu sudah tidak asing dengan kata Demam Korea kan?
Sebuah istilah yang lagi booming di negeri ini, bukan sebuah penyakit yang menyerang antibody penderitanya, namun sebuah fenomena yang terjadi karena seseorang menyukai hal yang berhubungan dengan Korea Selatan.


Mudahnya akses informasi dewasa ini membuat kita mudah menjelajah dunia, termasuk dalam mengakses kebudayaan suatu negara, seperti halnya budaya negeri gingseng yang lagi menjamur di tanah air.


Korea Selatan, memang dikenal memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan negara lain. Mulai dari gaya berpakaian, kuliner, sampai kebudayaannya.
Bukan hanya itu, negara ini pun semakin berkembang pada sektor industri hiburan seiring dengan munculnya serial drama dan music dengan ciri khas artis yang berbeda.


Ciri artis Korea selain memiliki talenta dalam industri dunia hiburan juga memiliki paras wajah yang tampan dan cantik yang dijadikan tren kesempurnaan fisik bagi masyarakat kita, Indonesia.


Dari berbagai hal tersebut membuat demam korea terus berkembang dan memunculkan banyak penggemar fanatik yang sebagian besar berasal dari para remaja.


Selain menumbuhkan banyak fans fanatik, rupanya demam korea ini membawa pengaruh besar bagi masyarakat Indonesia baik berupa dampak positif maupun negatif, diantaranya:


Dampak Positif Demam Korea

Bukan hanya kebudayaan yang menarik saja, demam korea membawa perubahan pada setiap lini kehidupan masyarakat kita. Mulai dari trend cara berpakaian, make up, tempat kuliner, hingga tempat wisata yang menggunakan konsep kekorean.


Dampak Kekoreaan di Indonesia yang Wajib Kamu Tahu!Sumber Gambar


Pengaruh ini pun merupakan bagian dari campur tangan pemerintah Indonesia yang menjalin kerja sama kebudayaan dengan pihak Korea. Bahkan dari pihak Korea berencana mendirikan pusat kebudayaan agar bisa mengetahui pandangan masyarakat Indonesia terhadap Korea itu sendiri.


Dampak lain dari demam Korea di Indonesia yaitu bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan dengan menciptakan lapangan pekerjaan yang cukup menggiurkan. Mulai dari membuat pernak pernik kekorean, bisnis kuliner ala Korea, hingga tempat-tempat wisata yang disulap menjadi nuansa Korea.


Selain itu dampak demam korea juga berpengaruh pada dunia industri hiburan dengan munculnya berbagai boy band dan girl band di tanah air guna menyalurkan kreativitas para remaja dalam dunia seni.


Demam korean di Indonesia semakin menambah subur persebaran budaya Korea di Indonesia. Selain dapat menjalin hubungan erat antar negara, Indonesia pun mendapat keuntungan dari demam korea ini karena bisa menambah devisa negara dengan banyaknya artis Korea yang menggelar konser di Indonesia.


Dampak Kekoreaan di Indonesia yang Wajib Kamu Tahu! Wisata Bernuansa Korean ( Dok.Pri Anis)


Dampak Negatif Demam Korea

Selain dampak positif, dampak negatif pula timbul karena adanya demam korea antara lain menyebabkan para pelakunya menjadi lebih boros. Tidak jarang mereka fans fanatik yang mengorbankan waktu dan uang guna menyerupai idolanya.

Bukan hanya dari segi trend make up, bahkan para penggemar korean ada yang rela mengikuti trend bedah operasi plastik seperti yang dilakukan idolanya agar menjadi serupa dengannya.


Sedangkan dampak dari segi perilaku atau moral, para fans fanatik korean cenderung lebih bebas karena mengikuti apa yang mereka idolakan seperti meminum minuman beralkohol yang tentu saja bertentangan dengan norma yang berlaku di Indonesia.

Dampak lain dari demam korean pada generasi muda kita, khususnya remaja yaitu menjadi lebih tertarik mempelajari kebudayaan Korea sehingga menciptakan gelombang korean atau demam korean yang amat luar biasa pula, bahkan mempengaruhi hingga ke bahasa pergaulan anak muda negeri ini.

Bukan hanya mempelajari kebudayaan korea saja, remaja kita pun mengalami pergeseran bydaya karena lebih meminati baju tradisional korean ketimbang baju tradisional yang ada di Indonesia. Efek demam korean ini sungguhlah miris dirasa di negeri ini.


Dampak Kekoreaan di Indonesia yang Wajib Kamu Tahu! Fashion tradisional ala Korea (Dok Pri Anis)

Bagaimana Gansis, apakah kalian salah satu yang terjangkit demam korea?


Menyukai sesuatu itu boleh-boleh saja namun musti ada batasan.
Jangan sampai kegemaran itu membuatmu melakukan hal yang tidak bermanfaat, bahkan merugikan diri sendiri apalagi dengan melakukan tindakan yang irasional yang berlebihan.

Quote:Mempelajari budaya lain itu bagus namun harus pandai dalam memfilternya jangan sampai malah melupakan budaya kita sendiri


Dampak Kekoreaan di Indonesia yang Wajib Kamu Tahu! Nuansa Korea versi lokal (DokPri Anis)


Mari Berdiskusi dan menciptakan dampak yang baik

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

Jangan lupa tinggalkan jejak dan share jila sekiranya bermanfaat

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star


Oleh : Ningdidien
Referensi : disini
Diubah oleh ningdidien
profile-picture
profile-picture
profile-picture
somplaktajir13 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Dampak Kekoreaan di Indonesia yang Wajib Kamu Tahu!
16-02-2020 20:49
dampak negatif korea di ane sih cuma niru makan ramen lgsg dipanci, abis itu digetok ama emak ane kaga pake mangkok wkwkwkwkwkw emoticon-Ngakak
0 0
0
profile picture
kaskus maniac
21-02-2021 18:41
Padahal enak dipanci langsung yak, jadi cucian piringnya ga banyak🤣
0
profile picture
kaskus geek
23-02-2021 23:28
@anns123 wkwkwkwkw emak ane marah2 katanye pamali makan langsung dr panci wkwkw
0
profile picture
kaskus maniac
24-02-2021 12:32
@kudanil.la tapi gara gara suka konton drakor, aku jadi beli panci yg kecil kecil gitu buat makan mie🤣
0
profile picture
kaskus maniac
24-02-2021 12:32
@kudanil.la kadang emak aku juga ikutan.. karena suka nonton drakor juga🤣
0
profile picture
kaskus geek
24-02-2021 12:44
@anns123 wkwkwkw ane juga beli tp ttp kaga bole dipake sm mak ane dirumahh. tp kl di kos sih ane panci listrik to the rescue HAHAHAHA lgsg loncat dr kasurrr
0
profile picture
kaskus geek
24-02-2021 12:45
@anns123 enakk kalo sama sama suka nonton drakor yaaaemoticon-Frown emak ane kapokk ane ajakin nonton. soalnya pas 2014 ane ajak nonton kite bedua kaga sadar banjir diluar wkwkwkwkw
0
profile picture
kaskus maniac
24-02-2021 12:54
@kudanil.la waduuh.. jadi trauma ya :")
0
profile picture
kaskus maniac
24-02-2021 12:55
@kudanil.la panci listrik kalo di kosan emang jadi penolong yaa
0
profile picture
kaskus geek
24-02-2021 13:20
@anns123 iyee abis itu kaga mau lagi dia diajak nonton wkakakak takut kaga nyadar kalo kebanjiran lagii
0
profile picture
kaskus geek
24-02-2021 13:21
@anns123 parahsiik ane numis segala macem pake itu wkwkwkw
0
profile picture
kaskus maniac
24-02-2021 16:49
@kudanil.la itu nonton drama apa,, sampe ga sadar gituu.. saking fokusnya nonton drakor yak😅
0
profile picture
kaskus maniac
24-02-2021 16:50
@kudanil.la serba bisa yaa... punya satu alat aja, bisa masak macem macem wkwk pinter aja ngakal akalinnya
0
profile picture
kaskus geek
27-02-2021 11:26
@anns123 wkwwkwk inget pol dulu ane nonton the heirs!!! bener2 ga sadar air naikkk
0
profile picture
kaskus geek
27-02-2021 11:26
@anns123 oyaakkk bner cm satu doamg yg ane kaga bisa masak disitu: nasi merah HAHAHAHA
0
profile picture
kaskus maniac
27-02-2021 14:55
@kudanil.la waduuu.. kalo nonton drakor diliat diliat ga memperhatikan sekitar ya :")
0
profile picture
kaskus maniac
27-02-2021 14:55
@kudanil.la kenapa tuh, ga bisa masak nasi merah(?)
0
profile picture
kaskus geek
28-02-2021 11:57
@anns123 saking serunyee abis itu udh episode terakhir wkwkwkw
0
profile picture
kaskus geek
28-02-2021 11:58
@anns123 selalu jadi buburr pdhl udah diakalin hhh gatau dah napaaa apa anenya yg kebanyakan aer apa gimanahh
0
profile picture
kaskus maniac
28-02-2021 13:12
@kudanil.la buseet.. maratoon yak😅
0
profile picture
kaskus maniac
28-02-2021 13:12
@kudanil.la iyaa kebanyakan airnya keknyaa.. tapi jangan kurang juga sih, nanti keras dan ga mateng🤣
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 35 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia