News
Batal
KATEGORI
link has been copied
265
Lapor Hansip
14-02-2020 11:11

Omnibus Law Cipta Kerja, Jokowi Hapus Upah Bagi Buruh Sakit

 Omnibus Law Cipta Kerja, Jokowi Hapus Upah Bagi Buruh Sakit

Jokowi menghilangkan aturan upah bagi pekerja yang berhalangan kerja karena sakit. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo memutuskan untuk menghapus aturan soal upah yang seharusnya diterima buruh atau pekerja bila berhalangan tidak masuk kerja. Penghapusan tersebut tertuang dalam Omnibus Law Rancangan Undang-undang Cipta Kerja yang Rabu (12/2) kemarin drafnya sudah diserahkan kepada DPR.

Dalam draf ruu yang didapat CNNIndonesia, buruh atau pekerja yang tidak melakukan pekerjaan karena berhalangan, melakukan pekerjaan lain di luar pekerjaannya dan telah mendapatkan persetujuan pengusaha atau karena menjalankan hal waktu istirahat atau cuti memang masih diberi hak untuk mendapatkan upah dari pengusaha.

Tapi, besaran upah yang diterima tidak diatur dalam ruu tersebut. Besaran upah nantinya akan diatur dalam peraturan pemerintah.


Hal tersebut berbeda jika dibandingkan dengan UU Ketenagakerjaan yang berlaku saat ini. Dalam beleid tersebut, bila pekerja berhalangan sehingga tidak bisa bekerja mereka akan mendapatkan upah.

Bagi yang berhalangan karena sakit upah terbagi dalam beberapa besaran. Untuk empat bulan pertama, bayaran yang diterima buruh sebesar 100 persen dari upah.

Untuk empat bulan kedua, bayaran sebesar 75 persen dari upah. Untuk empat bulan ketiga, bayaran sebesar 50 persen dari upah.

Bila pekerja tersebut sampai empat bulan ketiga belum juga bisa bekerja, ia masih diberi hak untuk menerima pembayaran sebesar 25 persen dari upah sebelum pemutusan hubungan kerja dilakukan pengusaha.


Untuk pekerja yang tidak masuk karena menikah, menikahkan anaknya, mengkhitankan anaknya, membaptis anaknya, mendampingi istri melahirkan atau mengalami keguguran, mereka bisa mendapatkan upah untuk dua hari.

Selain menghapus aturan upah untuk pekerja yang berhalangan, Jokowi melalui beleid tersebut juga menghilangkan peran dewan pengupahan dalam penentuan upah minimum. Dalam draf ruu tersebut, kewenangan penentuan upah minimum dilimpahkan Jokowi ke gubernur.

Gubernur diberikan formula penentuan upah. Rumusnya, upah minimum dihitung dengan menjumlahkan upah minimum tahun berjalan dengan hasil kali upah minimum tahun berjalan dengan persentase pertumbuhan ekonomi tahun berjalan.

CNNIndonesia mencoba meminta penjelasan dari Sekretaris Menko Perekonomian Susiwijono atas kebenaran isi draf ruu tersebut. Tapi, sampai berita diturunkan, yang bersangkutan belum memberikan responsnya.

Sebagai informasi, pemerintah memang berencana menerbitkan Omnibus Law UU Cipta Lapangan Kerja. Klaim pemerintah, aturan tersebut diterbitkan untuk memacu investasi. Namun, rencana tersebut mendapatkan tentangan dari buruh. Mereka khawatir keberadaan UU Cipta Kerja tersebut nantinya akan mengganggu hak buruh.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal beberapa waktu lalu mengatakan hak buruh yang berpotensi diganggu melalui penerbitan beleid tersebut adalah pesangon dan upah.

"Pengenalan upah per jam akan mengakibatkan upah minimum bakal terdegradasi bahkan hilang. Buruh akan dihitung per jam dalam jam kerjanya. Kalau dia bekerja dalam satu bukan hanya 2 minggu, maka dapat dipastikan upahnya hanya sepertiga atau paling tinggi setengah dari nilai upah minimum yang berlaku di satu daerah tertentu," kata dia, Senin (20/1).

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi...gi-buruh-sakit

emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 21 lainnya memberi reputasi
18
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Omnibus Law Cipta Kerja, Jokowi Hapus Upah Bagi Buruh Sakit
14-02-2020 11:26
Ga kerja ga dibayar, ga melaksanakan kewajiban ga dapet hak, fair kan tu?

Lagian BPJS sebagian besar yang mbayarin perusahaan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayukuya1988 dan 28 lainnya memberi reputasi
26 3
23
profile picture
kaskus addict
14-02-2020 13:59
Perusahaan yg dipotong dari gaji karyawan
1
profile picture
kaskus maniac
14-02-2020 15:11
kalo nurutin kemauan buruh, maunya ga kerja dibayar terus..
3
profile picture
kaskus addict
14-02-2020 18:20


ya ga bisa gitu juga , tergantung kontrak kerja ..

klo ane sih gaji udah kebagi 3 .. gaji pokok + tunjangan kedatangan + tunjangan lain (transport,makan,dll)

yang pro rate ya cuma tunjangan kedatangan.. jadi walopun ane ga masuk 3 bulan berturut2 klo sakit tetep dapet gapok + tunjangan lainnya tiap bulan
3
profile picture
kaskus holic
14-02-2020 18:24
Ente kerja apa wiraswasta?
Kalo ente kerja ato wiraswasta (yang termasuk menengah ato gede) mestinya yg kek gini-gini udah paham.
Cuti sakit pake surat dokter aja gaji pokok tetep jalan bro.
Apalagi klo sakit parah yang ampe ga kerja berbulan-bulan.
4
profile picture
kaskuser
14-02-2020 21:45
klo pegawainya sakit karena pekerjaan, misal pekerjaan berhubungan sama bahan kimia berbahaya atau pekerjaan menyangkut alat2 berat, sekalinya sakit langsung ga dibayar, kurang fair menurut ane gan.
2
profile picture
kaskuser
14-02-2020 22:37
@rip.cobain
beda lah kasusnya,kalau misal sakit dikarenakan pekerjaan harus ada kompensasinya,lagipula kan ada asuransi pekerjaan dalam kontrak
2
profile picture
kaskus maniac
14-02-2020 23:50
@rip.cobain Kayaknya kalo kecelakaan kerja tuh setau ane ditanggung BPJS TK, tapi kurang tau detailnya seperti apa gan. cmiiw
1
profile picture
kaskus addict
15-02-2020 21:36
@Melodica.offici palingan anak sma gan..banyak kok buzzer2 disini anak sma
1
profile picture
kaskuser
15-02-2020 21:47
@inDwaLL kompensasi klo dpt kasus berat macem cacat/kecelakaan kerja,, dan asuransi cuma cover biaya pengobatan sakit bukan cover makan anak istri.

ambil contoh temen ane.. karena kerja dkt bahan kimia meskipun udh pake masker dia kena sakit paru2 yg cukup parah. dengan aturan skrg dia masi dpt gaji sampe setaun dirumahkan meskipun ga full. ini cukup fair ,, keluarganya masi bisa makan,

ga kebayang klo orang sakit karena kerjaan ga bsa masuk kerja terus ga digaji jg anak bini makan apa?.

bagian udh sakit langsung cut gtu aja?

ga tau diri bener perusahaan ,,
1
profile picture
kaskuser
15-02-2020 21:50
@orgbekasi67 ane bilang sakit ,, bukan kecelakaan..
0
profile picture
kaskus addict
15-02-2020 22:11
@inDwaLL @rip.cobain beda lo yah. itu kasus pegawai tetap yg kerja diprusahaan bonafit. Omnibuslaw kan peraturan yg dibuat khusus untuk buruh aja yg kerja maksimal cuma 2thun aja abis itu dicut perusahaan cari pegawai fresh lagi yg masih sehat.

Lu liat aja pasal-pasalnya pasti lu tau itu peraturan khusus diaplikasikan ke jenis karyawan level apa!!!

Jadi yg sejauh ini lu pade ributin itu sudah melenceng jauh. Yg pade jadiin sample itu pegawai eprusahaan gede sedangkan ni peraturan sejatihnya buat buruh. Jadi sampai kiamat kaga nyambung
0
profile picture
kaskus holic
15-02-2020 22:25
@Aparatkaskus Bisa jadi.
Bbrp ane perhatiin dari cara ngomong dan historis postingan di profilnya bisa diliat emang bedanya mana yang buzzer, mana yang kaskuser.
Dan yang kadrun juga.
emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskuser
16-02-2020 01:32
@rip.cobain
contoh temen lo itu contoh yg sakit karena pekerjaan,tentu perusahaan wajib kasih kompensasi sesuai dengan kontrak kerja
kalau dia sakit di luar pekerjaannya apakah perusahaan wajib kasih kompensasi?
coba bayangin kalau misalnya perusahaan harus kasih kompensasi ke semua pekerjanya yg sakit padahal bukan karena pekerjaannya,mau bangkrut tuh perusahaan?
0
profile picture
kaskus addict
16-02-2020 07:26
@inDwaLL @rip.cobain

Wah kebetulan om gw orang kimia. Kesimpulan gw temen loe tu kerja di lingkungan da atau bahkan temen loe sdr ga sesuai keselamatan kerja. & yang pang gw kesel, klo dibilangin pada sotoy & ngeyel. Kejadian baru dah nyesel
0
profile picture
kaskus maniac
16-02-2020 21:07
@rip.cobain Salah gan, maksud ane sakit karena pekerjaan
0
profile picture
kaskuser
17-02-2020 08:18
@inDwaLL @rip.cobain @chigo.ji3 boleh dikutip RUU pastinya yang bilang ini omni bus law cmn buat karyawan yang kerja under 2 tahun.
klo iya cuman kusus untuk 2 thn dan buruh aja. gw minta maaf deh dah ribut di lapak ini.
gw ga terlalu simpati juga ama buruh terutama di daerah jateng, mereka yang pilih PDIP, begitu kena UU yang merugikan buruh dan wong cilik, kaget serta teriak2...goblog emang.
udah tau track record PDIP yang nelurin outsource dan kebijakan kontra lainnya tetep dipilih...silahkan dinikmati deh
0
profile picture
kaskuser
17-02-2020 08:39
@inDwaLL @nontonyukahhh ya meskipun itu kebodohan si karyawannya karena ga peduli sama kesehatan dia tapi setidaknya si perusahaan ini tanggung jawab dlu,,

si karyawan mungkin menjadi bodoh karena kurang sosialisasi seberapa bahaya lingkungan kerja mereka, kurang pengawasan terhadap keselamatan kerja mereka. dll dll.
0
profile picture
kaskuser
17-02-2020 08:43
@inDwaLL @chigo.ji3 @mblong88
sorry juga gan kalo ane miss persepsi.


0
profile picture
kaskus addict
17-02-2020 09:46
@inDwaLL @rip.cobain Kebodohan karyawan kok yang nanggung perusahaan?
0
profile picture
kaskuser
17-02-2020 11:08
@inDwaLL @nontonyukahhh Kenapa juga itu perusahaan bisa menerima pegawai yang bodoh?
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia