- Beranda
- Sejarah & Xenology
MISTERI ISLAM AWAL [M.I.A] | Reconstruct Early Islamic History out of Tradition
...
TS
tyrodinthor
MISTERI ISLAM AWAL [M.I.A] | Reconstruct Early Islamic History out of Tradition
![MISTERI ISLAM AWAL [M.I.A] | Reconstruct Early Islamic History out of Tradition](https://s.kaskus.id/images/2019/10/21/8072693_20191021115909.jpg)
أتاني بإسناده مخبر، وقد بان لي كذب الناقل
"Dia datang kepadaku mengabarkan isnad-nya, dan aku menukilkan sebuah dusta"
(Abul-'Ala Al-Ma'arri- Diwan No. 23265)
TEMPORARY INDEX
"Dia datang kepadaku mengabarkan isnad-nya, dan aku menukilkan sebuah dusta"
(Abul-'Ala Al-Ma'arri- Diwan No. 23265)
TEMPORARY INDEX
Selamat Datang di MIA
Pengantar Umum
HISTORIOGRAFI
- Sumber-sumber Tertulis Non-Muslim s.d. 690
- Sumber-sumber Tertulis "Muslim" s.d. 690
- Literatur Apokaliptika
- Sumber-sumber Tertulis Non-Muslim s.d. 900 : (coming soon)
- Pandangan Saksi Hidup Tentang Muslim Awal
KRITIK ASAL-USUL HADITS
- Pengantar Singkat Tentang Hadits
- "Keunikan" Al-Muwaththa'
- Pembuktian Awa'il
- Misteri Hadits Abu Bakar-'Umar-'Utsman-'Ali
- Asal-Usul Konsep Sunnah
- Pengembangan Hadits di Kota-kota Besar dan Karakter Isnad
- Isnad Hijazi
KRITIK-HISTORIS HADITS
- Peranan Qadhi Perawi dan "Terduga" Perawi
- Daftar Qadhi Perawi (s.d. 850an)
- Kejanggalan Hadits-hadits Mutawatir
- Kritik Sumber Rijal Sanad
- Teori Sintesis Kontemporer:
- Teori Common Link Juynboll
- Teori Projecting Back Schacht-Juynboll
- Teori Isnād cum Matn Motzki
ASAL-USUL FIQH
1. Madzahib Kuno Pra-Syafi'i
2. Ikonoklasme Leo III dan Yazid II
3. Rivalitas Muhaddits Bashrah vs Kufah
4. Asal-Usul Sunnah
5. Abu Hanifah dan Murid-muridnya
6. Rivalitas Ahlur-Ra'yi vs Ahlul-Hadits
7. Mu'tazilah dan Kebijakan Mihnah
8. Kebangkitan Asy'ari dan Penyeragaman 'Aqidah
9. Persekusi Ekstrimis Hanabilah
AL-QUR'AN TERTULIS
1. Masalah Dalam Tradisi
2. Tradisi Sab'atu Ahruf
3. Scriptio Defectiva dan Scriptio Plena
4. Manuskrip-Manuskrip Tertua
5. Evolusi Rasm Al-Qur'an
AL-QUR'AN ORAL
1. Al-Qur'an Pada Periode Primitif
2. Markers of Orality
- Karakteristik & Proporsi
- Abraham & Pengumuman Tentang Anaknya
- Clausula & Contoh Exegesis Alkitabiah
3. Contoh: Polemik Al-Ma'idah: 41-87
4. Konten Al-Qur'an
KRITIK-HISTORIS SIRAH
1. Kepenulisan Sirah
2. Konten Sirah
3. Karakteristik Sirah Ibnu Ishaq
4. Maghazi dan Asal-Usul Hudud
- Kritik Kisah Penghukuman Bani 'Urainah
- Kritik Kisah Perjanjian Hudaibiyyah
- Kritik Kisah Perang Badar dan Uhud
- Kritik Kisah Pengusiran Bani Quraizhah
- Kritik Kisah Fat'hu Makkah
- Kritik Kisah Pengepungan Khaibar
- Kritik Kisah Fadak
- Kritik Kisah Peristiwa Tsaqifah dan Bani Sa'idah
5. Muhammad mitologis VS Muhammad historis
MUHAMMAD
- Masalah Dalam Tradisi
- Salvation History
- Biografi Tradisional
- Misteri Kehidupan Muhammad
- Hanifisme
- Pengasingan Terhadap Karakter Muhammad
- Hilangnya "Putra" Muhammad
YAHUDI, MUHAMMAD, DAN ISLAM KLASIK
- Yahudi Mosaik vs Yahudi Hellenistik
- Yahudi dan Militansinya
- Beta Israel
- Gerakan Penafsiran Torah di Iraq
- Yahudi di Jazirah Arab
- Umma Document (1)
- Umma Document (2)
- Umma Document (3)
- Kronologi Evolusi Islam (1)
- Kronologi Evolusi Islam (2)
- Kronologi Evolusi Islam (3)
BAHASA ARAB DAN AL-QUR'AN
- Manuskrip-Manuskrip Al-Qur'an s.d. 900
- Bahasa Arab Kuno s.d. Bahasa Arab Klasik
- Pengaruh Bahasa-bahasa Asing
- Konten Dalam Al-Qur'an
- Al-Qur'an Hari Ini
- Corpus Coranicum
- Prophetic Logia
KESARJANAAN
- Tradisionalisme dan Orientalisme Lama
- Revisionisme dan Orientalisme Baru
- Neo-Revisionisme / Neo-Tradisionalisme
MISCELLANEOUS
- Geografi Arab Pra Muhammad
- Prasasti Yudeo-Arab Pra Muhammad
- Literatur Arab dan Evolusi Arab Klasik
- Ortografi Arab Kuno
- Kekeliruan Cara Berpikir Anti-Islam
FAQ
Diubah oleh tyrodinthor 15-05-2021 12:53
awanrisk dan 88 lainnya memberi reputasi
73
134.8K
1.9K
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
6.5KThread•11.5KAnggota
Tampilkan semua post
TS
tyrodinthor
#6
halo om fire, maaf tadi kelewat
nah, ini hal berbeda lagi om.
kalo dari aspek sejarah, kita jadi tahu kan asal-usul setiap agama pasti oleh faktor-faktor kontekstual. dalam hal ini Islam bangkit dari gejolak sektarian yang pada masanya diyakini sebagai akhir zaman. baik Muhammad maupun komunitas orang-orang yang percaya (mu'minin), bahkan, mereka yang tidak bergabung dalam komunitas ini, semuanya pada umumnya meyakini zaman mereka adalah akhir zaman. bagi orang Kristen dan Yahudi ini lebih-lebih. masyarakat Kristen umumnya melihat skisma sebagai suatu perpecahan yang membahayakan iman, dan merasa kedatangan Yesus sudah semakin dekat. sedangkan masyarakat Yahudi lebih-lebih lagi daripada Kristen. mereka sejak awal memang telah menantikan kedatangan mesias. berdirinya yesyiba di berbagai kota berusaha menafsirkan ayat-ayat Torah yang diarahkan pada nuansa messianik. bahkan mereka membangun milisi revolusioner juga di kota-kota perbatasan Byzantium. pada episode perang Sassan vs Byzantium, revolusioner Yahudi ini ikut melibatkan diri pada perang revolusi melawan Byzantium. faktor-faktor inilah yang sangat berpengaruh dalam membidani lahirnya milisi mu'minin Muhammad. "penjajahan" Byzantium atas Palestina bagi Yahudi dianggap sebagai tanda akhir zaman. kemudian, "peperangan" dengan Yahudi serta perpecahan yang sangat parah dalam iman Kristen juga dianggap pula sebagai tanda akhir zaman bagi Kristen. jadi, bukan cuma Muhammad dan komunitasnya yang merasa dunia ini sudah di penghujung akhir zaman. dan gw melihat kepercayaan Muhammad dan komunitasnya dalam aspek historis dan budaya, sebagaimana kepercayaan lainnya.
lalu apakah keyakinan "akhir zaman" ini masih diyakini masyarakat Muslim modern saat ini, menurut gw tergantung Muslim mana yang kamu maksud. kalo Salafi pro-khilafah mungkin iya, tapi kalo Salafi lain, gw rasa terlalu mengawang-awang. mereka berdua memang sama-sama pengen menegakkan syari'at, tapi cara yang dipilih berbeda. belum lagi selain Salafi, mungkin bisa dibilang heterogen, ada yang percaya kiamat sudah dekat, ada juga yang tidak. yang percaya, keliatannya banyak karena mereka sering nampang di media. misalnya, Mualaf Hijrah Center yang yakin kiamat sudah sangat dekat. tapi pemikiran masyarakat Muslim modern berbeda-beda, tidak bisa ditarik pada kesimpulan mereka semua percaya akhir zaman dikit lagi dateng. kalo semakin dekat, tentu mereka semua bilang iya. tapi kalo dikit lagi, gw rasa ini berbeda-beda.
Quote:
nah, ini hal berbeda lagi om.
kalo dari aspek sejarah, kita jadi tahu kan asal-usul setiap agama pasti oleh faktor-faktor kontekstual. dalam hal ini Islam bangkit dari gejolak sektarian yang pada masanya diyakini sebagai akhir zaman. baik Muhammad maupun komunitas orang-orang yang percaya (mu'minin), bahkan, mereka yang tidak bergabung dalam komunitas ini, semuanya pada umumnya meyakini zaman mereka adalah akhir zaman. bagi orang Kristen dan Yahudi ini lebih-lebih. masyarakat Kristen umumnya melihat skisma sebagai suatu perpecahan yang membahayakan iman, dan merasa kedatangan Yesus sudah semakin dekat. sedangkan masyarakat Yahudi lebih-lebih lagi daripada Kristen. mereka sejak awal memang telah menantikan kedatangan mesias. berdirinya yesyiba di berbagai kota berusaha menafsirkan ayat-ayat Torah yang diarahkan pada nuansa messianik. bahkan mereka membangun milisi revolusioner juga di kota-kota perbatasan Byzantium. pada episode perang Sassan vs Byzantium, revolusioner Yahudi ini ikut melibatkan diri pada perang revolusi melawan Byzantium. faktor-faktor inilah yang sangat berpengaruh dalam membidani lahirnya milisi mu'minin Muhammad. "penjajahan" Byzantium atas Palestina bagi Yahudi dianggap sebagai tanda akhir zaman. kemudian, "peperangan" dengan Yahudi serta perpecahan yang sangat parah dalam iman Kristen juga dianggap pula sebagai tanda akhir zaman bagi Kristen. jadi, bukan cuma Muhammad dan komunitasnya yang merasa dunia ini sudah di penghujung akhir zaman. dan gw melihat kepercayaan Muhammad dan komunitasnya dalam aspek historis dan budaya, sebagaimana kepercayaan lainnya.
lalu apakah keyakinan "akhir zaman" ini masih diyakini masyarakat Muslim modern saat ini, menurut gw tergantung Muslim mana yang kamu maksud. kalo Salafi pro-khilafah mungkin iya, tapi kalo Salafi lain, gw rasa terlalu mengawang-awang. mereka berdua memang sama-sama pengen menegakkan syari'at, tapi cara yang dipilih berbeda. belum lagi selain Salafi, mungkin bisa dibilang heterogen, ada yang percaya kiamat sudah dekat, ada juga yang tidak. yang percaya, keliatannya banyak karena mereka sering nampang di media. misalnya, Mualaf Hijrah Center yang yakin kiamat sudah sangat dekat. tapi pemikiran masyarakat Muslim modern berbeda-beda, tidak bisa ditarik pada kesimpulan mereka semua percaya akhir zaman dikit lagi dateng. kalo semakin dekat, tentu mereka semua bilang iya. tapi kalo dikit lagi, gw rasa ini berbeda-beda.
Diubah oleh tyrodinthor 02-02-2020 13:56
diknab memberi reputasi
1