Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
37
Lapor Hansip
15-01-2020 15:03

Cara Alami Hilangkan Ketombe

Cara Alami Hilangkan Ketombe
Sumber Foto : shutterstock

emoticon-Najis

Tahu kan ketombe?

Dandruff atau yang biasa disebut ketombe adalah kulit kepala berwarna putih atau keabu-abuan yang pecah dan rontok. Biasanya serpihan kulit ini terlhat ketika rontok ke bahu. Memang sih, ketombe tidak menular dan tidak menjadi penyakit yang serius. Namun, orang yang memiliki ketombe di kepala dan rontok ke bahu menjadi terlihat oleh orang lain, menyebabkan rasa percaya diri menurun dan merasa malu.
emoticon-Sorryemoticon-Cape d...

Kebanyakan orang menghilangkan ketombe di kepalanya dengan sampo anti dandruff. Padahal tidak semua jenis atau merk sampo cocok dengan jenis rambut yang dimiliki. Nah, ketombe ini adalah salah satu masalah rambut yang dikatakan sangat mengganggu. Mengapa? Karena ketombe ini menimbulkan rasa yang sangat gatal dan serpihan putih yang rontok menimbulkan rasa yang tidak nyaman serta percaya diri selalu menurun. Dilansir dari CNNIndonesia.com.

Selain sampo, apa sih yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe yang ada? Ini nih, cara alaminya yang dikutip dari beberapa sumber.
emoticon-Request
1.     Minyak kelapa
Ketombe itu bagaimana terbentuknya ya? Ketombe itu terbentuk dari adanya campuran minyak dan jamur. Oleh sebab itu cara mengatasinya dengan cara mengurangi penggunaan minyak pada kulit kepala. Nah, virgin coconut oil atau yang biasa disebut dengan minyak kelapa ini berfungsi untuk membantu menyeimbangkan produksi minyak yang berlebih. Jika ingin kadar minyak di kepala berkurang maka kurangi pengaplikasian minyak, karena penggunaan minyak pada kulit kepala akan menimbulkan minyak yang berlebih.
“Perawatan berbasis minyak bisa membantu menyeimbangkan kelebihan produksi minyak pada kulit kepala,” kata Jessica Weiser dari New York Dermatology Group, dikutip dari The Cut.
2.     Cuka Apel
Selain minyak kelapa, cuka apel juga bisa dimanfaatkan untuk membantu mengatasi masalah kulit kepala ini. Untuk informasi, cuka apel ini mengandung senyawa antimikrobia dan antiinflamasi.
Aplikasikan cuka apel langsung pada kulit kepala. Beri pijatan dan diamkan selama sekitar 10 menit serta cuci rambut Anda dengan sampo. Tahap-tahap ini telah dikutip dari StyleCraze.
Masih ada cara selain dari StyleCraze, yaitu dengan menggabungkan minyak kelapa dengan minyak tea tree atau pohon teh. Minyak ini sendiri merupakan antiseptik alami sehingga keduanya bisa diberi kepercayaan ampuh menghilangkan masalah kepala kulit. Bagaimana cara yang benar? Caranya adalah dengan campurkan tiga sendok makan cuka apel dan tiga tetes minyak pohon teh. Kemudian pijat pada kulit kepala yang sudah diberi campuran tersebut dan diamkan selama 10 menit setelah itu. Tinggal di cuci deh rambutnya. Gampangkan… hehehehe.
emoticon-Salam Kenal
3.     Scrub kulit kepala
Biasanya akan dilakukan scrub jika di kulit kamu ada kotoran yang menempel. Nah, sama halnya dengan kulit kepala kita. Scrub ini berguna untuk mengerik sel kulit mati yang menumpuk.
Scrub yang bisa digunakan untuk kulit kepala adalah dengan mencampurkan minyak zaitun dan gula merah masing-masing seperempat cangkir. Kemudian pijat dengan lembut dan berhati-hati, layaknya ketika kamu melakukan scrub pada wajah. Cara ini dikutip dari LoveStrong. Ada saran juga dari Naturally Curly yaitu mencampurkan satu sendok makan madu organik, satu setengah sendok minyak zaitun, dan tiga sendok makan gula. Lalu dipijat pada kulit kepala, bilas setelahnya.
emoticon-Takut
4.     Bedak tabur
Banyak yang bilang, rambut tidak boleh terlalu sering dicuci karena itu bisa menyebabkan minyak alami yang ada di dalamnya hilang. Namun, ketika produksi minyak berlebihan, kamu bisa menggunakan bedak tabur yang ditaburkan di rambut. Mengapa? Karena bedak tabur ini berguna untuk menyerap minyak yang berlebih.
5.     Ubah pola makan
Salah satu penyebabnya adalah juga bisa berasal dari pola makan. Ahli dalam bidang kulit berbasis di New York, Amerika Serikat, Macrene Alexiades-Armenakas mengatakan bahwa kekurangan nutrisi bisa mengakibatkan ketombe.
“Makanan tinggi karbohidrat bisa menghasilkan penumpukkan glikogen di kulit, yang mana ini makanan jamur,” kata Alexiades-Armenakas.
Begitu pula kata Direktur Riset Klinis dan Kecantikkan Mount Sinar Hospital, Joshua Zeichner berkata, makanan yang sama dengan produk susu dan memiliki pemanis dapat ikut mendorong munculnya ketombe. Nah, dua-duanya ini menstimulasi kelenjar sebaceous sehingga mengakibatkan produksi minyak yang berlebih.
emoticon-Jempol
 
Maka, jika ingin ketombe tidak ada pada kulit kepala, kurangilah asupan karbohidrat dan gula.


Selamat mecoba guys...

emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudanil.la dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Cara Alami Hilangkan Ketombe
16-01-2020 09:25
garukin ampe botak hehehe emoticon-Big Grin
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia