Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

faranidaindriAvatar border
TS
faranidaindri
Viral Pelanggan Tertipu Rp 28 Juta, Ini Langkah Gojek


Viral Pelanggan Tertipu Rp 28 Juta, Ini Langkah Gojek
Gojek bantuan banjir

TEMPO.COJakarta - Menanggapi berita viral tentang penipuan senilai Rp 28 juta yang menimpa pelangannya, Gojek Indonesia menyatakan akan mendampingi korban. Korban yang merupakan penyiar RRI di Sorong, Papua itu kehilangan dana dari rekening banknya setelah aplikasi Gojek miliknya diretas. 

Sebelumnya diberitakan, seorang penyiar Radio Republik Indonesia (RRI) di Sorong, Prameswara, kehilangan uang Rp28 juta di akun bank. Ia diperdaya pelaku yang menyaru sebagai pengemudi Gojek, setelah dia memesan makanan lewat layanan pesan-antar makanan GoFood.


"Sangat disayangkan Ibu Prameswara dan salah satu mitra pengemudi kami telah menjadi korban dari modus penipuan berbasis social engineering melalui telepon yang mengatasnamakan Gojek," kata Head of Regional Corporate Affairs Gojek for East Indonesia, Mulawarman, melalui pesan tertulis kepada Antara, Kamis, 9 Januari 2020.


Menurut Mulawarman, saat ini Gojek sudah menemui korban dan memberi penjelasan atas kasus peretasan itu. Manajemen Gojek akan mendampingi korban sampai pelaku ditemukan dan uang yang dibobol dari akun bank korban dikembalikan.


"Gojek membantu korban untuk menyediakan bukti-bukti yang dibutuhkan dalam proses pembuatan laporan ke pihak kepolisian," kata Mulawarman.

Peretasan berbuntut pembobolan rekening bank itu terjadi pada 6 Januari lalu. Prameswara memesan makanan dan menggunakan pembayaran lewat dompet digital GoPay. Dia kemudian ditelepon oleh seorang yang mengaku sebagai pengemudi Gojek, yang mengambil pesanan GoFood.


Pelaku mengaku saldo GoPay di akunnya sedang bermasalah sehingga dia meminta Prameswara untuk mengirim uang ke akun pribadinya agar pesanan bisa dibeli. Setelah itu, dia memberi instruksi pada korban untuk mengirim uang menggunakan e-banking atau ATM.

Korban, yang tidak curiga, mengikuti anjuran tersebut. Dia baru sadar ada yang tidak beres setelah menerima SMS dari bank. Korban pun ke bank untuk membuat cetak rekening koran, dia kehilangan Rp28.000.000 setelah transaksi dengan penipu yang menyaru sebagai driver ojol Gojek ini. 

Sebelumnya kasus serupa juga nyaris menimpa artis Maia Estianty yang bahkan seluruh data ponselnya diretas setelah ia memesan GoFood melalui aplikasi Gojek. Sesaat setelah ia dihubungi pelaku yang menyaru sebagai driver ojol, ponselnya tidak dapat ia kendalikan. Melalui Instagramnya, Maia mengatakan bahwa semua aplikasi di dalam ponselnya, bahkan aplikasi mobile banking, nyaris diambil alih pelaku juga. 


sumber
sebelahblog
4iinch
4iinch dan sebelahblog memberi reputasi
2
2.6K
28
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Tampilkan semua post
rachmacoolAvatar border
rachmacool
#1
Duh lain kali kalo d suruh gojek ngirim duit atau apa. Cancel aja...

Gw melihatnya disini ada kesalahan dr pengguna aplikasi juga.

Gojek jangan kau ikuti jejak fjb kaskus yg bangkrut gara2 blackpanda.
darck91
xneakerz
petani.syusyu
petani.syusyu dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.