Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
3
Lapor Hansip
03-01-2020 02:49

3 tips membaca berita agar gak salah menerima informasi

3 tips membaca berita agar gak salah menerima informasi

Kebutuhan untuk sebuah informasi adalah suatu pokok yang perlu dicukupi. Banyak diantara kita perlu menambah wawasan serta up to date dengan peristiwa, ekonomi, bisnis, gaya hidup, kesehatan, politik dan lain-lain.

Maka dari itu, walau dikelililingi persaingan. Peran media juga memiliki andil disini. Untuk memberikan atau menyajikan keakuratan berita yang diinformasikan.

"Keterbukaan serta netralitas sebagai kode etik yang perlu dijunjung tinggi". Agar informasi yang diberikan dapat mencerdeskan kehidupan masyarakat kelak.

Sebagai masyarakat kita juga perlu menelaah bagaimana isi pada berita yang kita baca. Perlu pemahaman mana arah yang provokatif serta mana pula arah berita yang bersifat positif.

Berikut tips untuk membaca yang baik dan benar agar mendapatkan manfaat dari berita tersebut.

1. Sumber

Sumber disebut juga sebagai dasar/akurasi berita berasal. Biasanya media berita yang profesional memberikan sumber untuk membuktikan keaslian bahan berita. Dari bukti-bukti tempat, nama informan, serta waktu pada kejadian yang diliput.

Kalau misal hanya beberapa tulisan tanpa ada sumber itu hanyalah bagian dari karangan yang bersifat fiktif. Isi yang dituliskan hanyalah buah pikiran yang berasal dari karangan imajinasi penulis.

2. Tulisan

Media berita profesional menuliskan berita sesuai dengan hasil observasi langsung. Tulisan-tulisan yang dituliskan pada setiap paragraf dihalaman, berisikan hasil yang telah melalui proses penelitian atau wawancara.

3. Keterbukaan tentang media

Keterbukaan tentang media yang di telusuri harus memiliki tentang status yang jelas. Pasalnya bahwa pada saat ini setiap orang bisa memiliki web berita dengan hanya bermodal satu website.

Keleluasaan akses digitalisasi adalah pengarunya yang besar. Setiap dari Kita bisa memiliki situs smdan merancangnya dengan bentuk situs berita. Namun bagaiaman dengan lisensi. Situs resmi memiliki izin penyiaran, yang dikeluarkan oleh dewan pers.

Maksud dari itu merupakan Media digital harus mematuhi pedoman media siber. Untuk menunjang aktifitas pemberitaan serta menjaga kode etik jurnalis. Secara kolektif aturan itu mengacu pada para pembaca. Media berita harus melewati proses verifikasi agar bahan berita yang dipublikasikan terpapar jelas dan aman untuk dibaca.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 3 lainnya memberi reputasi
-2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
3 tips membaca berita agar gak salah menerima informasi
03-01-2020 04:16
Kalo boleh nambahin tips nomer 4 gan, cek siapa pemilik portal berita itu. Sekarang media udah gak ada yg bener2 netral. Pasti ada keberpihakan tergantung si pemilik modal.
profile-picture
profile-picture
KABApost dan qavir memberi reputasi
2 0
2
profile picture
newbie
03-01-2020 04:29
Ok gan,,, saran diterima ya gan. emoticon-thumbsupemoticon-thumbsup
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia