- Beranda
- Stories from the Heart
Catatan Seorang Hotelier
...
TS
sinsin2806
Catatan Seorang Hotelier
Apakah ane sudah sah disebut sebagai seorang hotelier ? Walaupun ane baru 2 tahun berkecimpung di dunia perhotelan. Sah atau tidaknya ane rasa bukan masalah penting disini, yang penting di sini ane mau berbagi pengalaman selama ane kerja di hotel. Dengan tujuan apa? Supaya kalian, yang belum pernah terjun ke dunia perhotelan seengaknya jadi punya gambaran tentang crowded-nya dunia balik layar di hotel. Tapi cerita ini ga boleh dijadikan patokan ya! Dunia perhotelan itu sangat luas. Ane hanyalah staff back office dengan seklumit pengalaman, apalagi hotel tempat ane berkecimpung adalah hotel budget dengan SDM terbatas, jadi semua staf disana dituntut wajib multitasking. PROLOG
Kalian yang sekarang sedang belajar jurusan Perhotelan pasti lagi penasaran-penasaranya tentang gimana sih rasanya kerja di Hotel? Enak ga sih? Gajinya gede ga sih? Terus bener ga sih hotel tuh tempatnya orang mesum? Terus yang kerja disana semuanya mesum juga dong? Secara main di got, pasti ikut kena comberaan kan !
Lah ga gitu juga kali filosofinya !
Hotel memang identik dengan kemesuman, ga cuma hotel, diskotik, tempat karaoke acap kali di pandang sebagai tempat mesum, gudang nya "ena-ena" . Tapi ga berarti kita yang kerja didalemnya juga suka "ena-ena", karena balik lagi semua itu kan tergantung individunya mau kerja didunia gelap atau terang, kalo emang udah dari sononya "nakal" kerja ditempat begini ya bakal tambah liar. Tapi kalo yang kalem-kalem macem ane ya diambil sisi positifnya aja, jadi kita tau sisi gelap dan kehidupan liar kota Jakarta itu kaya gimana sih. Yang paling penting, pinter-pinter jaga diri aja. Betul ga ?
Ane dulu kerja di salah satu hotel bintang kecil di kota Jakarta dari Maret 2017, awalnya ane ikut psikotes dan interview di hotel ini cuma buat iseng-iseng aja, dapet ya syukur, ga dapet ya ga masalah toh ane waktu itu masih kerja jadi auditor di-KAP. Ga disangka, gaji yang ditawarin lebih gede ketimbang gaji ane di KAP, otomatis ane tergiur dong apalagi gaji yang ditawarkan belum termasuk service dan insentif lainnya. Singkat cerita masuklah ane ke hotel ini, jadi Accounting.
Awal kerja disini ane ga pernah mikir dunia perhotelan akan sejungkir balik ini. Ane pikir ya pasti sama lah kaya kerja di kantor-kantor biasa. Berangkat kerja jam 8 paggi pulang jam 5 sore, weekend libur. Ga ada yang istimewa. Tapi setelah terjun langsung ke tempat kerja, Wow ane baru tau sisi gelap kehidupan kota ternyata seperti ini. Selain itu hotel tempat ane kerja ternyata mempunyai history kelam yang berdampak sampai saat ini.
Hari pertama ane kerja, ya biasa lah pengenalan sana-sini, basa basi sana-sini, ngobrol sana-sini. Maklum ketika ane masuk posisi yang ane dudukin ini udah kosong selama 1 bulan karena staf yang dulu keluar tanpa notice. Jadi ga ada yang namanya handoverdokumen atau kerjaan. Ane hanya dapet arahan sedikit dari chief accounting pusat ane mengenai tugas apa yang harus ane kerjakan daily, weekly dan monthly nya.
Sementara ane masih belum ada kendala, setiap step ane lakuin pelan-pelan. Ane cari history datanya, terus ane sambung-sambungin. Oiya diruangan ane ini ada 5 orang yang stay didalemnya, diantaranya Pak Sam (Manager Operasional), Pak Setia (Manager Marketing), Ci Franda (Purchasing Hotel), Pak Wawan (Purchasing Resto) dan ane.
Siang itu, kebetulan ane ada di office sendirian, karena Pak Sam dan Pak Setia sedang meeting dikantor pusat, Pak Wawan selaku purchasing resto sedang mengecek beberapa stok di dapur, dan Ci Franda ada di gudang housekeeping di lantai 3. Wis pokoknya ane sendirian di office, sebenernya awal masuk ke office ane ngerasa hawanya aneh dan dingin. Cuma ane gamau berspekulasi apapun, ane baru disini, mungkin memang hawa office seperti ini karena ane ga liat ada jendela diruangan ini, dan sinar matahari juga ga bisa masuk ke office karena posisinya ada di dalem.
Tiba-tiba ada dering telepon masuk di meja tengah, ane gatau itu telepon untuk siapa dan dari siapa. Tapi karena diruangan itu cuma ada ane sendiri, ane inisiatif buat angkat telepon itu. Dan ternyata itu adalah telepon dari tamu.
Ane : "Halo selamat siang"
Tamu : "Halo siang, ini dari kamar 202, boleh minta bantuan?"
Ane : "Iya apa yang bisa saya bantu bu?"
Tamu : "Minta tolong ke kamar saya, cepetan ya mb jangan pake lama"
Ane : "Baik bu, saya akan segera kesana"
Ane tau ini sama sekali bukan tugas ane, tapi ane bingung mau minta tolong ke siapa. Ane belum tau extension front desk ataupun department lain. Masa iya ane harus lari-lari dulu ke lobby buat nyari housekeeping, kelamaan dong pikir ane. Padahal tamunya minta cepet, yaudah ane nekatin aja buat meluncur langsung ke kamar si tamu tadi toh kamarnya deket ini masih satu lantai.
Ane : "Baik bu, saya akan segera kesana"
Ane tau ini sama sekali bukan tugas ane, tapi ane bingung mau minta tolong ke siapa. Ane belum tau extension front desk ataupun department lain. Masa iya ane harus lari-lari dulu ke lobby buat nyari housekeeping, kelamaan dong pikir ane. Padahal tamunya minta cepet, yaudah ane nekatin aja buat meluncur langsung ke kamar si tamu tadi toh kamarnya deket ini masih satu lantai.
Ane ketok kamarya "tok-tok" masih belum ada jawaban, ane ketok lagi "tok-tok". Ane liat yang buka pintu cewek abis mandi. Jangan nanya kenapa ane tau dia abis mandi nih ! Secara rambut sama badannya masih basah, udah gitu pake anduknya aduh kok gitu banget dah (keluh ane dalam hati) engga dililitin ke badan, tapi cuma dipake seasal buat nutupin bagian-bagian tertentu aja gitu loh. Gila sih ini kalo yang dateng cowok, bisa copot bola matanya. Tamunya nyodorin uang lembaran merah selembar Rp. 100.000 ke ane, awalnya ane bingung. Tapi tetep ane terima, terus si tamunya bilang.
Tamu : "Mba tolong dong beli kondon xxxxxxx yang ada rasanya, cepetan ya mb!"
Seketika tamunya nutup pintu, ane belom sempet jawab apa-apa ini. Sumpah ane bingung banget, duit mau ane balikin tapi pintu udah ditutup, mau ane ketok lagi takut salah. Mau ane beliin, ya gila aja beli beginian malu dong. Mana ane juga gatau kondom yang ada rasanya model nya kek apa bentuknya kaya gimana, ane kan masih polos wkwk.
INDEX :
Part 2. Pendalaman Profesi
Part 3. Penglihatan Mrs. Jean
Part 4. Kasus 1
Part 5. Lanjutan Kasus 1
Part 6. Personel Baru "NADYA"
Part 7. Persahabatan VS Duit
Part 8. Persahabatan VS Duit (2)
Part 9. Si Centil Nadya
Part. 10. Rating Yang Hampir Berujung Maut
Part 11. Rating Yang Hampir Berujung Maut (2)
Part 12. Si Tukang Kesurupan Adit
Part 13. Anak Kecil Di Lantai 5
Part 14. Story Pak Wawan
Part 15. Adit
Part 16. Berak Di Hotel Sendiri
Part 17. Kasus Pertama Tio
Part 18. Dilema Pak Sam
Part 19. Adit dan Kamar 503
Part 20. Management Pusat (1)
Part 21. Management Pusat (2)
Part 22. Goodbye Pak Sam
Part 23. Insiden (1)
Part 24. Misteri Pelaku Insiden I
Part 25. Affair Nadya dan Dodi Maintenance
Part 26. Hari yang Super Crowded
Diubah oleh sinsin2806 06-05-2020 14:46
ian.keselek dan 37 lainnya memberi reputasi
38
20.6K
135
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Stories from the Heart
32.7KThread•51.4KAnggota
Tampilkan semua post
TS
sinsin2806
#45
Part 7. Persahabatan VS Duit
Baru sebulan ane dihotel, otak rasanya udah keriting kebanyakan mikir. Ane gabisa nyalahin orang-orang disekitar ane, tapi seengaknya bantulah ane dalam beradaptasi, ga mungkin ane bisa adaptasi sendiri. Ya walaupun ane tau mereka ga bakalan bantu kerjaan ane, tapi janganlah nambahin beban. Kerjaan diluar jobdesk ane yang ngerjain juga. Iya sih ane yang paling muda dan paling baru di Office. Tapi kerjaan ane uda numpuk cuy.
Masalah list Fixed Asset (Aset tetap) yang bertumpuk-tumpuk dan bikin double penyusutan berbulan-bulan aja udah cukup bikin ane kemeng, ane harus nge list ulang Fixed Asset. Ini lagi ane suruh ngurus barang-barang Linen. Tapi apa daya, ane cuma remahan keripik yang belum punya power buat nolak perintah Manager.
Awalnya ane ngelakuin sesuai instruksi, akhir bulan ane harus nyatet Stock Opname Resto dan Hotel, Oke ane lakuin. Karena dulu waktu di KAP ane udah biasa ikut SO ane si santai aja. Nah lho tapi disini ane suruh ngitung sendiri barang-barang di Kitchen, Bar sama Gudang. Ane mana tau stock nya apa aja, walaupun ane megang print-print an SO dari sistem, tetep aja ane masih belum familiar sama semua nama-nama barangnya. Angciu aja ane kaga tau apa, ane kan bukan orang dapur !!
Waktu itu Pak Wawan selaku purchasing resto lagi sibuk ngurus pembukaan cabang resto di daerah lain, jadi untuk SO resto yang ini semua over handle ke ane. Seharian tuh ane ngajakin staf-staf dibagian masing-masing buat bantu ane ngecek SO. Sampailah ane kegudang Housekeeping. Buat ngitung Stock Opname Linen dan aminities hotel lainnya, ane ga sendirian ada Ci Franda yang nemenin selaku purchasing hotel.
Setelah selese penghitungan ketauanlah kita kejebolan di barang-barang housekeeping, pemakaian aminities (perlengkapan) hotel hampir 3 x lipat dari jumlah tamu yang inhouse selama sebulan. Linen seperti Towel (anduk), Batmath (keset), Duvet (selimut), Fitted double dan single (seprei) semuanya minus. Ane ga kaget karna sebelumnya ane pernah denger selentingan dari Pak Sam kalo barang-barang hotel sering ilang. Tapi ane rasa dalam jangka waktu sebulan bisa ilang Towel (anduk) sampe 35 itu sih keterlaluan ya, emangnya setiap tamu dateng bawa pulang anduk apa, apa si housekeepingnya ga pernah ngecek apa gimana. Apalagi Duvet (selimut) yang segede gaban ilang kemana, dibawa tamu ya ga mungkin lah pasti keleatan.
Setelah dijumlah dengan harga pembelian, jumlah linen yang ilang sampe nominal 6 juta. Manager ane syok berat denger beritanya, dia nyuruh ane, ci Franda sama anak Housekeeping buat itung ulang dan cari kesemua tempat. Kami ulangi dan hasil tetap sama.
Salahnya Housekeeping ga punya leader jadi ga ada yang ngontrol keluar masuk barang di gudang termasuk aminities hotel maupun linen. Ane heran kenapa disini banyak banget posisi yang kosong dan ga dicariin pengganti sampe berlarut-larut ketika masalah muncul baru deh ancang-ancang nyari orang.
Asumsi kita linen hotel sering ilang itu karena :
1. Jadi dihotel ane ini kita masih pake jasa Loundry luar buat nyuci linen, karena kita ga punya mesin sendiri. Setiap hari pihak Loundy dateng buat pick up (ngejemput) Linen kotor sambil delivery (anter) linen yang uda bersih. Walaupun keluar masuk barang ke loundry kita punya list dan form Delivery order dan Pickup order, tetep aja ada kemungkinan salah itung.
2. Untuk tamu kamar dormintory, towel (anduk) bersih selalu dibagiin di FO waktu awal checkin. Jeleknya pas tamu dormintory ini checkout anduk gadibawa lagi ke FO. Dan besar kemungkinan komunikasi FO sama Housekeeping pas tamu dormintory checkout ga sinkron, jadi bisa aja anduk dibawa tamu dan ga ketahuan.
3. Ada permainan anak Housekeeping yang nyelundupin barang-barang Linen, karena kurangnya kontrol dari management.
Sementara pak Sam dan kita-kita mikirin solusi, ternyata diluar anak-anak operasional udah heboh perkara Linen minus sampe 6 juta dan mau dibebanin dengan motong gaji anak FO dan Housekeeping. Per kepala akan dibebankan 600rb. Jangan mikir adil ga adil disini. Karena ini udah menyangkut masalah tanggung jawab. Kenapa staf department lain ga dibebanin juga? ya lebih kasian dong, misalnya aja anak dapur hari-harinya aja ga pernah liat linen, masa iya mau dipotong buat nompokin linen.
Iya sih, tiap bulan uang service kita ga 100% dibagikan ke karyawan. 9% dialokasikan untuk Loss n Breakage. Tapi management kantor pusat ga akan mentoleransi jika ada kehilangan sebanyak ini. Jangankan untuk berharap dana Loss n Breakage cair, manager ga ditembak sama owner aja udah syukur wkwk. Secara dari yang ane denger ownernya ini sensi banget masalah duit. Makanya kalo ada masalah hotel yang berhubungan dengan duit, sebisa mungkin manager ane nutup-nutupin dari kantor pusat dan diselesaikan secara internal di hotel.
Sore itu Pak Sam sengaja manggil satu-satu staf FO dan Housekeeping, buat di interogasi. Pertama Aldi (HK) yang dipanggil. Walaupun ada sekat pintu kaca antara ruangan Pak Sam dan ruangan kita, tetep aja kita bisa liat dan denger suara mereka, secara ga kedap suara.
Ane paling suka liat gaya Pak Sam kalo lagi ngomong serius sama orang, santai tapi tetep cool. Berwibawa aja keleatanya, padahal kalo lagi ngobrol biasa buset mesum banget manager ane ini.
Pak Sam : "Aldi, kamu tau ngga banyak barang-barang linen pada ilang?"
Aldi : "Iya tau pak, denger dari Opi tadi"
Pak Sam : "Ilang berapa tau ga?"
Aldi : "Gatau bener apa ga si pak, tapi katanya 6 jutaan"
Pak Sam : "Itu kamu semua yang bayar lho Di"
Aldi : "Lho kok saya pak?"
Pak Sam : "Lah kan kamu housekeepingnya, masa si Wahyu (cook) yang gantiin, dia megangnya bawang bukan linen."
Aldi : "Terus saya gitu yang bayar semua pak?"
Pak Sam : "Lah iya kamu."
(Ane suka nih cara Pak Sam neken alus si Aldi wkwk, suasana sempet hening sebentar, mungkin si Aldi lagi mikir)
Aldi : "Saya mana punya uang sebanyak itu pak, gaji saya aja cuma setengahnya"
Pak Sam : "Ya terus kalo gabisa ganti kenapa diilangin Aldi, di Aldi"
Aldi : "Saya mana tau pak, saya kan cuma kerja biasa, waktunya ngebersihin kamar ya linen saya angkat masukin ke pantry barang-barang kotor, waktunya masang linen bersih ya saya ambil stok di gudang"
Pak Sam : "Kamu pernah ngitung ga, kamu masukin linen kotor berapa, terus ngambil yang bersih berapa dalam sehari? salah kamu, ngejaga barang juga tanggung jawab kamu. Pokoknya saya gamau tau, itu kamu ganti 6 jt bodo amat mau uang dari mana, itu barang-barang yang ilang harus diganti"
(Ane ga denger suara lagi, ane nengook ke arah Pak Sam, lagi diem-dieman mereka berdua)
Pak Sam : "Gimana Di? Jangan diem aja?"
Aldi : "Saya bingung pak, saya gapunya uang."
Pak Sam : "Sekarang gini aja, gausah bayar tapi kamu balikin semua linen yang ilang"
Aldi : "Lah saya gimana balikinya pak, emangnya saya nyuri?"
Pak Sam : "Yaudah kalo gabisa balikin barang, ganti 6 jt, udah saya gamau panjang lebar, pokoknya kamu ganti 6 juta, saya potong gaji kamu 2 bulan, udah keluar sana"
(Ane liat Aldi masih duduk di kursi depan Pak Sam, dan belum bergeming)
Pak Sam : "udah selese Di, sana keluar. Panggilin Ifan kesini"
(Ane liat Aldi berdiri dan pelan-pelan ngebuka pintu bilik ruang pak Sam, Ane perhatiin mukanya kasian banget, nunduk terus, eh galama ane liat si Aldi masuk ke bilik Pak Sam lagi dan nutup pintu)
Ane perhatiin Aldi ngomong sesuatu ke Pak Sam tapi suaranya lebih kecil, jadi ane ga terlalu denger mereka ngebahas apa, sekilas ane denger Ifan, tapi ane ga nemu pointya mereka ngomong apa. Ane nengok ke ci Franda ngasih kode "denger ga ci itu ngomong apa" ci Franda cuma ngebales dengan gelengan, dia juga ga denger berarti. Wah makin penasaran ane mereka berdua ngomongin apa.
Masalah list Fixed Asset (Aset tetap) yang bertumpuk-tumpuk dan bikin double penyusutan berbulan-bulan aja udah cukup bikin ane kemeng, ane harus nge list ulang Fixed Asset. Ini lagi ane suruh ngurus barang-barang Linen. Tapi apa daya, ane cuma remahan keripik yang belum punya power buat nolak perintah Manager.
Awalnya ane ngelakuin sesuai instruksi, akhir bulan ane harus nyatet Stock Opname Resto dan Hotel, Oke ane lakuin. Karena dulu waktu di KAP ane udah biasa ikut SO ane si santai aja. Nah lho tapi disini ane suruh ngitung sendiri barang-barang di Kitchen, Bar sama Gudang. Ane mana tau stock nya apa aja, walaupun ane megang print-print an SO dari sistem, tetep aja ane masih belum familiar sama semua nama-nama barangnya. Angciu aja ane kaga tau apa, ane kan bukan orang dapur !!
Waktu itu Pak Wawan selaku purchasing resto lagi sibuk ngurus pembukaan cabang resto di daerah lain, jadi untuk SO resto yang ini semua over handle ke ane. Seharian tuh ane ngajakin staf-staf dibagian masing-masing buat bantu ane ngecek SO. Sampailah ane kegudang Housekeeping. Buat ngitung Stock Opname Linen dan aminities hotel lainnya, ane ga sendirian ada Ci Franda yang nemenin selaku purchasing hotel.
Setelah selese penghitungan ketauanlah kita kejebolan di barang-barang housekeeping, pemakaian aminities (perlengkapan) hotel hampir 3 x lipat dari jumlah tamu yang inhouse selama sebulan. Linen seperti Towel (anduk), Batmath (keset), Duvet (selimut), Fitted double dan single (seprei) semuanya minus. Ane ga kaget karna sebelumnya ane pernah denger selentingan dari Pak Sam kalo barang-barang hotel sering ilang. Tapi ane rasa dalam jangka waktu sebulan bisa ilang Towel (anduk) sampe 35 itu sih keterlaluan ya, emangnya setiap tamu dateng bawa pulang anduk apa, apa si housekeepingnya ga pernah ngecek apa gimana. Apalagi Duvet (selimut) yang segede gaban ilang kemana, dibawa tamu ya ga mungkin lah pasti keleatan.
Setelah dijumlah dengan harga pembelian, jumlah linen yang ilang sampe nominal 6 juta. Manager ane syok berat denger beritanya, dia nyuruh ane, ci Franda sama anak Housekeeping buat itung ulang dan cari kesemua tempat. Kami ulangi dan hasil tetap sama.
Salahnya Housekeeping ga punya leader jadi ga ada yang ngontrol keluar masuk barang di gudang termasuk aminities hotel maupun linen. Ane heran kenapa disini banyak banget posisi yang kosong dan ga dicariin pengganti sampe berlarut-larut ketika masalah muncul baru deh ancang-ancang nyari orang.
Asumsi kita linen hotel sering ilang itu karena :
1. Jadi dihotel ane ini kita masih pake jasa Loundry luar buat nyuci linen, karena kita ga punya mesin sendiri. Setiap hari pihak Loundy dateng buat pick up (ngejemput) Linen kotor sambil delivery (anter) linen yang uda bersih. Walaupun keluar masuk barang ke loundry kita punya list dan form Delivery order dan Pickup order, tetep aja ada kemungkinan salah itung.
2. Untuk tamu kamar dormintory, towel (anduk) bersih selalu dibagiin di FO waktu awal checkin. Jeleknya pas tamu dormintory ini checkout anduk gadibawa lagi ke FO. Dan besar kemungkinan komunikasi FO sama Housekeeping pas tamu dormintory checkout ga sinkron, jadi bisa aja anduk dibawa tamu dan ga ketahuan.
3. Ada permainan anak Housekeeping yang nyelundupin barang-barang Linen, karena kurangnya kontrol dari management.
Sementara pak Sam dan kita-kita mikirin solusi, ternyata diluar anak-anak operasional udah heboh perkara Linen minus sampe 6 juta dan mau dibebanin dengan motong gaji anak FO dan Housekeeping. Per kepala akan dibebankan 600rb. Jangan mikir adil ga adil disini. Karena ini udah menyangkut masalah tanggung jawab. Kenapa staf department lain ga dibebanin juga? ya lebih kasian dong, misalnya aja anak dapur hari-harinya aja ga pernah liat linen, masa iya mau dipotong buat nompokin linen.
Iya sih, tiap bulan uang service kita ga 100% dibagikan ke karyawan. 9% dialokasikan untuk Loss n Breakage. Tapi management kantor pusat ga akan mentoleransi jika ada kehilangan sebanyak ini. Jangankan untuk berharap dana Loss n Breakage cair, manager ga ditembak sama owner aja udah syukur wkwk. Secara dari yang ane denger ownernya ini sensi banget masalah duit. Makanya kalo ada masalah hotel yang berhubungan dengan duit, sebisa mungkin manager ane nutup-nutupin dari kantor pusat dan diselesaikan secara internal di hotel.
Sore itu Pak Sam sengaja manggil satu-satu staf FO dan Housekeeping, buat di interogasi. Pertama Aldi (HK) yang dipanggil. Walaupun ada sekat pintu kaca antara ruangan Pak Sam dan ruangan kita, tetep aja kita bisa liat dan denger suara mereka, secara ga kedap suara.
Ane paling suka liat gaya Pak Sam kalo lagi ngomong serius sama orang, santai tapi tetep cool. Berwibawa aja keleatanya, padahal kalo lagi ngobrol biasa buset mesum banget manager ane ini.
Pak Sam : "Aldi, kamu tau ngga banyak barang-barang linen pada ilang?"
Aldi : "Iya tau pak, denger dari Opi tadi"
Pak Sam : "Ilang berapa tau ga?"
Aldi : "Gatau bener apa ga si pak, tapi katanya 6 jutaan"
Pak Sam : "Itu kamu semua yang bayar lho Di"
Aldi : "Lho kok saya pak?"
Pak Sam : "Lah kan kamu housekeepingnya, masa si Wahyu (cook) yang gantiin, dia megangnya bawang bukan linen."
Aldi : "Terus saya gitu yang bayar semua pak?"
Pak Sam : "Lah iya kamu."
(Ane suka nih cara Pak Sam neken alus si Aldi wkwk, suasana sempet hening sebentar, mungkin si Aldi lagi mikir)
Aldi : "Saya mana punya uang sebanyak itu pak, gaji saya aja cuma setengahnya"
Pak Sam : "Ya terus kalo gabisa ganti kenapa diilangin Aldi, di Aldi"
Aldi : "Saya mana tau pak, saya kan cuma kerja biasa, waktunya ngebersihin kamar ya linen saya angkat masukin ke pantry barang-barang kotor, waktunya masang linen bersih ya saya ambil stok di gudang"
Pak Sam : "Kamu pernah ngitung ga, kamu masukin linen kotor berapa, terus ngambil yang bersih berapa dalam sehari? salah kamu, ngejaga barang juga tanggung jawab kamu. Pokoknya saya gamau tau, itu kamu ganti 6 jt bodo amat mau uang dari mana, itu barang-barang yang ilang harus diganti"
(Ane ga denger suara lagi, ane nengook ke arah Pak Sam, lagi diem-dieman mereka berdua)
Pak Sam : "Gimana Di? Jangan diem aja?"
Aldi : "Saya bingung pak, saya gapunya uang."
Pak Sam : "Sekarang gini aja, gausah bayar tapi kamu balikin semua linen yang ilang"
Aldi : "Lah saya gimana balikinya pak, emangnya saya nyuri?"
Pak Sam : "Yaudah kalo gabisa balikin barang, ganti 6 jt, udah saya gamau panjang lebar, pokoknya kamu ganti 6 juta, saya potong gaji kamu 2 bulan, udah keluar sana"
(Ane liat Aldi masih duduk di kursi depan Pak Sam, dan belum bergeming)
Pak Sam : "udah selese Di, sana keluar. Panggilin Ifan kesini"
(Ane liat Aldi berdiri dan pelan-pelan ngebuka pintu bilik ruang pak Sam, Ane perhatiin mukanya kasian banget, nunduk terus, eh galama ane liat si Aldi masuk ke bilik Pak Sam lagi dan nutup pintu)
Ane perhatiin Aldi ngomong sesuatu ke Pak Sam tapi suaranya lebih kecil, jadi ane ga terlalu denger mereka ngebahas apa, sekilas ane denger Ifan, tapi ane ga nemu pointya mereka ngomong apa. Ane nengok ke ci Franda ngasih kode "denger ga ci itu ngomong apa" ci Franda cuma ngebales dengan gelengan, dia juga ga denger berarti. Wah makin penasaran ane mereka berdua ngomongin apa.
Diubah oleh sinsin2806 19-12-2019 11:35
nunuahmad dan 4 lainnya memberi reputasi
5