Kaskus

Story

sinsin2806Avatar border
TS
sinsin2806
Catatan Seorang Hotelier
Catatan Seorang HotelierApakah ane sudah sah disebut sebagai seorang hotelier ? Walaupun ane baru 2 tahun berkecimpung di dunia perhotelan. Sah atau tidaknya ane rasa bukan masalah penting disini, yang penting di sini ane mau berbagi pengalaman selama ane kerja di hotel. Dengan tujuan apa? Supaya kalian, yang belum pernah terjun ke dunia perhotelan seengaknya jadi punya gambaran tentang crowded-nya dunia balik layar di hotel. Tapi cerita ini ga boleh dijadikan patokan ya! Dunia perhotelan itu sangat luas. Ane hanyalah staff back office dengan seklumit pengalaman, apalagi hotel tempat ane berkecimpung adalah hotel budget dengan SDM terbatas, jadi semua staf disana dituntut wajib multitasking. 

PROLOG

Kalian yang sekarang sedang belajar jurusan Perhotelan pasti lagi penasaran-penasaranya tentang gimana sih rasanya kerja di Hotel? Enak ga sih? Gajinya gede ga sih? Terus bener ga sih hotel tuh tempatnya orang mesum? Terus yang kerja disana semuanya mesum juga dong? Secara main di got, pasti ikut kena comberaan kan !

Lah ga gitu juga kali filosofinya !

Hotel memang identik dengan kemesuman, ga cuma hotel, diskotik, tempat karaoke acap kali di pandang sebagai tempat mesum, gudang nya "ena-ena" . Tapi ga berarti kita yang kerja didalemnya juga suka "ena-ena", karena balik lagi semua itu kan tergantung individunya mau kerja didunia gelap atau terang, kalo emang udah dari sononya "nakal" kerja ditempat begini ya bakal tambah liar. Tapi kalo yang kalem-kalem macem ane ya diambil sisi positifnya aja, jadi kita tau sisi gelap dan kehidupan liar kota Jakarta itu kaya gimana sih. Yang paling penting, pinter-pinter jaga diri aja. Betul ga ?


Ane dulu kerja di salah satu hotel bintang kecil di kota Jakarta dari Maret 2017, awalnya ane ikut psikotes dan interview di hotel ini cuma buat iseng-iseng aja, dapet ya syukur, ga dapet ya ga masalah toh ane waktu itu masih kerja jadi auditor di-KAP. Ga disangka, gaji yang ditawarin lebih gede ketimbang gaji ane di KAP, otomatis ane tergiur dong apalagi gaji yang ditawarkan belum termasuk service dan insentif lainnya. Singkat cerita masuklah ane ke hotel ini, jadi Accounting.

Awal kerja disini ane ga pernah mikir dunia perhotelan akan sejungkir balik ini. Ane pikir ya pasti sama lah kaya kerja di kantor-kantor biasa. Berangkat kerja jam 8 paggi pulang jam 5 sore, weekend libur. Ga ada yang istimewa. Tapi setelah terjun langsung ke tempat kerja, Wow ane baru tau sisi gelap kehidupan kota ternyata seperti ini. Selain itu hotel tempat ane kerja ternyata mempunyai history kelam yang berdampak sampai saat ini.

Hari pertama ane kerja, ya biasa lah pengenalan sana-sini, basa basi sana-sini, ngobrol sana-sini. Maklum ketika ane masuk posisi yang ane dudukin ini udah kosong selama 1 bulan karena staf yang dulu keluar tanpa notice. Jadi ga ada yang namanya handoverdokumen atau kerjaan. Ane hanya dapet arahan sedikit dari chief accounting pusat ane mengenai tugas apa yang harus ane kerjakan daily, weekly dan monthly nya.

Sementara ane masih belum ada kendala, setiap step ane lakuin pelan-pelan. Ane cari history datanya, terus ane sambung-sambungin. Oiya diruangan ane ini ada 5 orang yang stay didalemnya, diantaranya Pak Sam (Manager Operasional), Pak Setia (Manager Marketing), Ci Franda (Purchasing Hotel), Pak Wawan (Purchasing Resto) dan ane.

Siang itu, kebetulan ane ada di office sendirian, karena Pak Sam dan Pak Setia sedang meeting dikantor pusat, Pak Wawan selaku purchasing resto sedang mengecek beberapa stok di dapur, dan Ci Franda ada di gudang housekeeping di lantai 3. Wis pokoknya ane sendirian di office, sebenernya awal masuk ke office ane ngerasa hawanya aneh dan dingin. Cuma ane gamau berspekulasi apapun, ane baru disini, mungkin memang hawa office seperti ini karena ane ga liat ada jendela diruangan ini, dan sinar matahari juga ga bisa masuk ke office karena posisinya ada di dalem.

Tiba-tiba ada dering telepon masuk di meja tengah, ane gatau itu telepon untuk siapa dan dari siapa. Tapi karena diruangan itu cuma ada ane sendiri, ane inisiatif buat angkat telepon itu. Dan ternyata itu adalah telepon dari tamu.

Ane : "Halo selamat siang"

Tamu : "Halo siang, ini dari kamar 202, boleh minta bantuan?"

Ane : "Iya apa yang bisa saya bantu bu?"

Tamu : "Minta tolong ke kamar saya, cepetan ya mb jangan pake lama"

Ane : "Baik bu, saya akan segera kesana" 

Ane tau ini sama sekali bukan tugas ane, tapi ane bingung mau minta tolong ke siapa. Ane belum tau extension front desk ataupun department lain. Masa iya ane harus lari-lari dulu ke lobby buat nyari housekeeping, kelamaan dong pikir ane. Padahal tamunya minta cepet, yaudah ane nekatin aja buat meluncur langsung ke kamar si tamu tadi toh kamarnya deket ini masih satu lantai.

Ane ketok kamarya "tok-tok" masih belum ada jawaban, ane ketok lagi "tok-tok". Ane liat yang buka pintu cewek abis mandi. Jangan nanya kenapa ane tau dia abis mandi nih ! Secara rambut sama badannya masih basah, udah gitu pake anduknya aduh kok gitu banget dah (keluh ane dalam hati) engga dililitin ke badan, tapi cuma dipake seasal buat nutupin bagian-bagian tertentu aja gitu loh. Gila sih ini kalo yang dateng cowok, bisa copot bola matanya. Tamunya nyodorin uang lembaran merah selembar Rp. 100.000 ke ane, awalnya ane bingung. Tapi tetep ane terima, terus si tamunya bilang.

Tamu : "Mba tolong dong beli kondon xxxxxxx yang ada rasanya, cepetan ya mb!"

Seketika tamunya nutup pintu, ane belom sempet jawab apa-apa ini. Sumpah ane bingung banget, duit mau ane balikin tapi pintu udah ditutup, mau ane ketok lagi takut salah. Mau ane beliin, ya gila aja beli beginian malu dong. Mana ane juga gatau kondom yang ada rasanya model nya kek apa bentuknya kaya gimana, ane kan masih polos wkwk.

INDEX :

Part 2. Pendalaman Profesi
Part 3. Penglihatan Mrs. Jean
Part 4. Kasus 1
Part 5. Lanjutan Kasus 1
Part 6. Personel Baru "NADYA"
Part 7. Persahabatan VS Duit
Part 8. Persahabatan VS Duit (2)
Part 9. Si Centil Nadya
Part. 10. Rating Yang Hampir Berujung Maut
Part 11. Rating Yang Hampir Berujung Maut (2)
Part 12. Si Tukang Kesurupan Adit
Part 13. Anak Kecil Di Lantai 5
Part 14. Story Pak Wawan
Part 15. Adit
Part 16. Berak Di Hotel Sendiri
Part 17. Kasus Pertama Tio
Part 18. Dilema Pak Sam
Part 19. Adit dan Kamar 503
Part 20. Management Pusat (1)
Part 21. Management Pusat (2)
Part 22. Goodbye Pak Sam
Part 23. Insiden (1)
Part 24. Misteri Pelaku Insiden I
Part 25. Affair Nadya dan Dodi Maintenance
Part 26. Hari yang Super Crowded

Diubah oleh sinsin2806 06-05-2020 14:46
soioplayerAvatar border
yogasbAvatar border
ian.keselekAvatar border
ian.keselek dan 37 lainnya memberi reputasi
38
20.6K
135
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Stories from the Heart
Stories from the Heart
KASKUS Official
32.7KThread51.4KAnggota
Tampilkan semua post
sinsin2806Avatar border
TS
sinsin2806
#3
Part 2. Pendalaman Profesi

Di hari kedua ini ane milih diem perihal masalah suara apa yang semalem ane denger, dan ane gamungkin cerita juga ke staff lain yang ada di dalem ruangan, ngeri mereka mikir "nih anak, baru masuk sehari aja udah bikin gosip." Fokus utama ane sekarang adalah kerja, kelarin semua tugas-tugas dan kesampingkan hal-hal aneh.

Ane pikir cara bikin laporan keuangan (Laba rugi, neraca, arus kas, dan entitas laporan lainnya) itu sama, mau perusahaan manufaktur/ perusahaan kontraktor, sampe hotel ane pikir sama cuma beda di beberapa akun, sama sistem pelaporan apa yang mereka pake, jadi tinggal penyesuaian aja pikir ane. Tapi ternyata ga se-simple pikiran ane. Nyatanya dulu pas jadi Auditor ane ga pernah punya client Hotel, kebanyakan client ane dulu perusahaan manufaktur. Jadi ane sama sekali ga punya gambaran detail siklus keluar masuk uang gimana, terus sistem yang dipake untuk reservasi tamu di FO nya gimana, sama sistem yang dipake di Restourant dan Bar nya apa, dan gimana celah bikin Fraud-nya, ane harus bener-bener pelajari dan teliti. Jangan sampe ane kecolongan ada Fraud System yang lolos gara-gara ane ga paham sistem nih.

Seminggu awal ane bener-bener belajar alur transaksi nya, sistem-nya, sampe bahasa perhotelan-nya , maklum basic ane bukan Hotelier jadi ane suka ga paham kalo diajak ngomong sama staf-staf lain.

Rencana ane nih, tiap siang sekitar 2-3 jam ane mau stay di Desk depan bareng sama Front Office buat pelajarin gimana sih cara mereka make sistem reservasinya, terus nanti kalo ane uda mahir ane pindah ke Bar buat liat pengoperasian sistem Resto disana gimana, abis itu baru ane ke ruang Housekeeping buat ngecek, barang-barang apa aja sih yang ada di Hotel ini, karena pasti berhubungan sama Inventory yang harus ane lapor tiap bulannya kan.

Kali pertama ane stay di meja Front Office (FO), semuanya berjalan lancar, ane liatin pelan-pelan alur dia check-in in tamu yang uda booking via Online Travel Agent (OTA) kayak macem Traveloka, Tiket.com, Pegi-pegi, dst. Ga ribet ya, ternyata ketika ada bookingan dari tamu kita langsung dapet notifikasi via email dari si OTA nya ini, jadi kita tinggal bikin reservasinya di sistem dan nanti kalo tamunya uda dateng ke hotel baru kita Check in-kan di kamar yang kosong. Untuk tau kamar mana-mana yang uda kosong dan uda siap buat ditempatin tentunya setiap pagi FO dapet laporan worksheet dari tim Housekeeping, jadi si FO ini bisa tau mana kamar yang udah ready mana yang masih isi, dan kalopun ada informasi tambahan staff FO dan staff Houskeeping masing-masing pegang HT/(Walkie Talkie) buat komunikasi cepet.

Siang itu di meja FO ane bareng sama Opi. Oiya yang kerja dibagian FO ini hanya 4 orang yang terbagi menjadii 3 shift setiap harinya pagi dari jam 07-15, sorenya jam 15-23, dan malemnya dari jam 23-07. Untuk shift malem selalu cowok yang bertugas, ga mungkin cewek dikasih shift malem. rawan cuy !! nanti diculik tamu, dibawa ke kamar gimana,,,wkwkwk.

Opi ini gadis sunda, asli sukabumi. Kebayang lah ya beningnya gadis sunda itu kaya gimana?? Ane kalah jauh lah pastinya, gausah dibandingin !

Opi punya perawakan tinggi, kurus dengan kulit putih pucet. (Tau lah ya definisi kulit pucet, bukan berarti mukanya pucet loh ya. Tapi kulitnya ini bukan putih indonesia yang lebih ke arah kuning langsat, putihnya itu kaya putih orang-orang korea gitu). Cantik lah pokoknya. Tapi Opi ini pembawaanya kalem, malu-malu, lebih banyak diem ga kaya imej gadis sunda kebanyakan yang suka genit-genit itu. Upssss

Pas kita lagi ngobrol-ngobrol ringan, telepon FO berdering. Opi ngangkat telepon dan ane cuma dengerin. sekilas ane denger :

Opi : "Halo selamat siang ibu, dengan receptionist ada yang bisa saya bantu?"

diam sejenak

Opi : "Mohon maaf ibu atas ketidaknyamanan-nya, akan saya sampaikan ke pihak Management Hotel"

Diam sejenak

Opi : "Kami mohon maaf ibu, tapi itu sudah menjadi tanggung jawab ibu"

Opi : "Kami mohon maaf ibu"

Ane liat muka Opi sedikit tegang, tapi ane tahan diri ga nanya sampe teleponya ditutup. Setelah telepon ditutup, Opi langsung natap ane "Aduh gimana ini mba, tamunya ngomel-ngomel mau laporin bang Tio mau dipecat katanya." terang Opi.

Ane : "Lah masalahnya apa coba? si tamu tadi ngomong ga ada masalah apa?"

Opi : "Cuma bilang, katanya bang Tio ngomongnya kurang ajar ke tamu, terus nyuruh aku manggil Manager Hotel ke lobby dia mau ngomong suruh mecat bang Tio katanya, Duh gimana nih mb?"

Ane : "Coba HT-in Tio dulu suruh ke lobby sini, tanyain dulu duduk perkaranya gimana, jangan langsung panggil Pak Sam, nanti rusuh urusanya" saranku

Baru Opi mau megang HT buat manggil Tio, tiba-tiba dari arah depan ada yang nggebrag meja. Sontak ane sama Opi kaget sekaget-kagetnya. Ane liat ada cewek seumuran ane lah, rambutnya model boob nungging pendek warna pirang pake tanktop ketat warna item sama celana jeans pendek ngepres pantat (Gila, bagus sih bodynya, tapi ya keleatan lah cewek apa). Nyampe meja dia langsung tereak-tereak nyariin manager.

Tamu : "Mana managernya, udah dipanggil belom !"

Opi : "Maaf ibu, belum saya panggilkan. Ada masalah apa ya bu?"

Tamu : "Gue mau ngmong sama manager Loe, bukan sama Loe !"
gila sih kaya ga ada tata kramanya ini tamu, baru ketemu aja uda nunjuk-nunjuk gue-loe gue-loe. tapi ane juga gamau kepancing emosi.

Ane : "Boleh diceritakan duduk permasalahanya dulu begaimana bu? nanti akan saya panggilkan manager hotelnya?" tawarku

Tamu : "Ribet banget sih, gue cuma mau ngmong sama manager loe doang, itu karyawan loe yang diatas meres gue ! Udah cepet panggil sekarang !!"

Ga lama kemudian dari arah lift, muncul bapak-bapak rambutnya sebagian udah putih, penampilanya rapih, keliatan kalo bapak ini orang yang cukup kaya dari baju dan pernak-pernik yang dipakai (awalnya ane pikir ini bapaknya sumpah). Tapi dia tiba-tiba ngedatenginn si tamu cewek ini, terus nenangin si ewek dan bilang jangan teriak-teriak sambil megang bahu (merangkul) wah ane mulai meragukan kayaknya prediksi awal ane salah, ini bukan bapaknya.

Dari arah tangga darurat juga terdengar suara langkah kaki cepet, pas ane liat itu si Tio bawa-bawa Fitted (Seprei) dan Duvet (selimut) yang sekilas ane liat ada noda darah segernya. Gede pula nodanya.

Tamu cewek : "Ini nih orang yang mau meres gue!" sambil nunjuk-nunjuk muka Tio.

Ane dan Opi saling tukar pendang, terus Tio sambil bisik-bisik ke Opi minta panggilin Pak Sam lewat telepon FO. Opi tanpa nanya lebih jauh langsung menggil pak Sam dan meminta untuk turun karena ada masalah di Lobby. Sesampainya pak Sam di lobby si tamu cewek ini langsung heboh mulai emosi lagi sambil nunjuk-nunjuk Tio.

Tamu cewek : "Bapak managernya ?"

Pak Sam : "Iya saya manager hotel, ada yang bisa saya bantu?"

Tamu cewek : "Karyawan bapak, meres saya! Saya ga terima, apa-apa an ini saya udah bayar lebih disini tanya dia (sambil nunjuk Opi) masih diperes juga sama dia (nunjuk Tio)! Saya bukan orang bodoh ! Mana mau saya!" jelasnya sambil teriak-teriak.

Pak Sam orangnya sangat bijak, dia paling bisa meredam situasi. Tutur katanya tenang tapi kena. Ane paling suka tipe pimpinan kaya gini nih, yang ga suka make emosi kalo nanganin masalah.
Pak Sam mengajak tamu dan Tio untuk berunding di meja tunggu samping. Ane sama Opi posisi tetap di meja FO, tapi dari sini terdengar jelas pembicaraan mereka.

Dari perbincangan mereka, ane nemu point nya nih. Tenyata kronologinya begini, si tamu cewek sama bapak-bapak ini check in hotel sebagai Walk in Guest (Tamu yang datang sendiri ke hotel tanpa booking di OTA). Mereka dateng checkin jam 8 pagi sebelum jam checkin hotel yang seharusnya. Karena rules di hotel kita ini jam checkin 13.00 dan jam checkout 12.00. Jadi kalau ada tamu yang datang checkin sebelum jam checkin asli sesuai kesepakatan yang sudah diandatangani di registrastion form akan dikenakan additional charge (biaya tambahan) rp. 150.000 begitu juga mereka yang telat checkout sampai jam 18.00 akan dikenakan biaya tambahan 150.000.

Nah, jadi si tamu ini udah setuju untuk melakukan early checkin dengan tambahan biaya 150.000 , jadi biaya kamarnya 300.000 + 150.000 jadi 450.000. Dan jam checkin nya pun bertambah dari jam 08.00 pagi ini sampai besok siang pukul 12.00.

Jadi di hotel ane ini, setiap pukul 12.00 semua kamar di-make up / dibersihkan. Baik kamar checkout-an maupun kamar extend (yang masih berlanjut). Si tamu ini ada di kamar 308, sebelumnya pihak FO sudah menkonfirmasi kamarnya mau dibersihkan atau tidak, namun katanya iya dia minta dibersihkan, masuklah Tio ke kamar untuk membersihkan tong sampah, dan mengganti linen. Si Tio yang liat di Duvet dan Fitted nya ada ceceran noda darah banyak pula, Tio langsung menginformasikan ke tamu, kalau ada noda darah seperti ini tamu akan dikenakan biaya tambahan. nominalnya tergantung pada barang apa saja yang terkena noda. (Ane baru tau gara-gara kasus ini, ternyata kalo kita nginep di hotel terus kita tidur ga berasa kita ngotorin barang-barang hotel yang warnanya putih itu bakal dikenain biaya, ngerokok di ruang non-smooking juga dikenain biaya. Ane baru tau).

Nah si tamu ceweknya ini ga terima, dikenain biaya lagi gara-gara diawal aja dia uda kena biaya tambahan, masa sekarang dikenain lagi, dia tetep ga terima katanya ini itu pemerasan ke tamu. (Saran ane buat agan-sista yang mau nginep hotel, pahami rules nya dulu jangan sampe tau-tau ngomel ga jelas kaya si tamu ini).

Akhirnya ketemulah jalan tengah, si cewek cuma mau nambahin uang 100.000 lagi dan dia langsung checkout siang itu juga. Dan masalah selesei.

Tio langsung nyamperin ke meja FO, dan ngmong
Tio : "Begini nih kalo pramuria ga punya duit, lagi dateng bulan aja dipaksain genjot terus sampe darah kemana-mana, giliran di suruh bayar denda kaga mau" celotehnya

Ane : "Itu pramuria?" tanyaku polos

Tio : "Lah ini lagi si mba pake nanya, pramuria sewaan om-om itu !! lagi butuh duit makanya kejar tayang, cuma duit om-om nya ga tebel kayaknya. masalah gitu aja pake ribut "

Ane cuma bisa geleng-geleng ngedengerin si Tio.

actandprove
knoopy
valbo
valbo dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2025 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.