TS
TekTokaja
Menjamurnya Bisnis Coffee Shop di Indonesia
Trend Coffee Shop saat ini memang sedang menjadi primadona. Banyak sekali orang-orang terutama kalangan anak-anak muda yang didominasi kaum pria, memilih untuk membuka usaha minuman ini. Tidak lain karena minuman tinggi kafein ini seakan sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup yang membudaya di hampir semua kalangan pecinta kopi. Mulai dari kalangan bawah hingga kalangan atas dan mulai dari remaja hingga orang tua. Inilah yang membuat bisnis ini menjadi peluang yang menjanjikan.
Lalu apa saja yang menjadi ciri khas dari bisnis coffee shop ini? Berikut kami rangkum 4 hal utama dari ciri khas tersebut menurut kacamata konsumen.
1. Pemilihan namanya unik dan kekinian
Pemilihan nama merupakan satu hal awal yang menentukan akan seperti apa brand coffee shop tersebut. Para pengusaha kopi sekarang biasanya memilih brand dengan nama-nama unik. Misalnya, terinspirasi dengan hal yang bertema cinta, perasaan, mantan, masa lalu, masa kini, masa depan, kebahagian, singkatan-singkatan yang menyasar anak muda, nama-nama yang berdasarkan filosofi atau istilah bahasa, dan lain sebagainya.
2. Menu dengan packaging yang simple tapi keren
Menu umum yang disediakan pada coffee shop tentunya segala hal yang berbahan dasar kopi, minuman kopi dengan berbagai rasa dan topping juga tambahan menu sederhana atau pelengkap seperti mie, roti, kue, sosis dan sebagainya. Tampilan pengemasan juga suatu yang penting, karena sekarang sedang zamannya social media yang kalau netizen sedang membeli atau mendapat satu minuman atau makanan yang kekinian dan dia suka, jadi auto update status, nge tag, add to story, add to feed, nge-review dan lain-lain.
3. Tempat yang nyaman nan instagramable
Rata-rata design coffee shop pasti simple dan nyaman dengan kebanyakan berornamen gelap seperti halnya warna kopi. So instagramable!
Dengan fasilitas utama seperti wi-fi gratis, area khusus merokok dan stop kontak, banyak konsumen yang betah berlama-lama di tempat ini. Inilah yang membuat coffee shop menjadi basement paling cocok untuk mengerjakan tugas, bekerja online, meeting santai, ngobrol-ngobrol, nge-galau, nge-download, atau sekedar melepas kepenatan, kejenuhan, kegabutan dengan cara menikmati kopi dan temannya.
4. Barista muda yang professional juga ramah
Jika ketiga hal sudah terpenuhi pada suatu coffee shop , maka satu hal terakhir ini pun sangat menentukan, apakah coffee shop tersebut pelayanannya baik atau tidak. Rata-rata pegawai mereka adalah pemuda atau part time anak kuliahan. Tentunya, sikap pegawainya pun juga menambah kesan tersendiri bagi para konsumennya.
Nah, itulah beberapa hal penting mengenai coffee shop berdasarkan pemikiran konsumen. Bagi kamu yang ingin memulai bisnis coffee shop , pikirkanlah berapa modal yang kamu punya, tempat yang strategis dan juga konsep coffee shop yang ingin kamu buat. Bisnis ini memang sangat menarik untuk digeluti. Namun yang harus kamu ingat, bisnis ini juga tidak semudah menuang kopi tubruk.
Tetaplah berinovasi, kreatif, buat yang beda, dan mulai segera!
Okay… Good Luck people!
Diubah oleh TekTokaja 24-12-2019 04:37
0
449
2
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Bisnis
69.9KThread•11.5KAnggota
Tampilkan semua post
bkarasap12
#1
Entah bakal bertahan lama atau ngga sih ini bisnis coffee shop, akankah seperti Thai Tea?
0
Tutup