Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
95
Lapor Hansip
05-11-2019 08:56

Lakukan Sounding pada Anak, Lihatlah Apa yang Terjadi?

Sounding pada Anak

Quote:Lakukan Sounding pada Anak, Lihatlah Apa yang Terjadi?sumber

Bagaimana jadinya jika seorang anak mengalami kebiasaan tantrum dengan waktu lama? Kebiasaan tidak mau menggosok gigi? Atau bahkan sering menangisi ayahnya saat hendak berangkat kerja?

Itulah salah satu contoh si kecil memiliki kebiasaan yang tidak biasa yang bikin ibu worry karen hal itu terus berulang setiap hari, juga kadang merasa pasrah akan kondisi yang ada.

Seperti pengalaman pribadi ane sendiri yah gansis, memiliki anak yang susah banget untuk menggosok gigi setiap disuruh gosok itu pasti nangis dan berulah.

Belum lama ini, ane melihat postingan mengenai sounding di salah satu media sosial Instagram komunitas parenting tentang efek sounding pada anak.

Simplenya pengertian sounding adalah memberikan bisikan-bisikan positif pada anak saat alam bawah sadarnya aktif.


Kenapa alam bawah sadar?

Karena dalam perilaku seseorang dipengaruhi sebesar 88 % alam bawah sadarnya sedangkan 12% nya adalah alam sadarnya.
Quote:Mengapa harus pikiran bawah sadar? Karena percaya atau tidak perilaku seseorang dikendalikan oleh 88% pikiran bawah sadar dan hanya 12% pikiran sadar. Maka jika kita ingin merubah perilaku seseorang, cobalah untuk melakukan sounding seperti dilansir dariLiputan6.com diakses tanggal (3/11/2019).

Dan kabar baiknya adalah sounding tidak hanya bisa dilakukan kepada seorang anak saja, melainkan kepada suami atau pasangan gansis juga bisa loh hehehe....

Manfaat Sounding pada anak sangat banyak sekali, selain bisa mengubah hal-hal yang biasa dilakukan si kecil yang perlu diubah juga bisa memberikan sugesti positif terhadap perilakunya.

Quote:Apa saja sih manfaat sounding bagi anak/bayi?
Membuat anak/bayi tidur pulas
Mengubah kebiasaan anak/bayi yang sering ngenyot jempol atau sebagainya
Mengatasi anak/bayi yang rewel (dalam hal apapun)Mengatasi anak/bayi yang sering tantrum
Menyapih anak dan masih banyak lagi
Liputan6.com diakses tanggal (3/11/2019).


Kapan waktu yang tepat melakukan sounding?

Waktu yang paling tepat ada dua:
1. Saat si kecil sudah tertidur tetapi bukan tertidur lelap yah paling baik yaitu 5 menit awal saat dia telah tertidur

2. Saat sedang tidak merespon sama sekali
Misal si kecil sedang nonton film di tivi atau YouTube atau sedang asyik bermain dengan mainannya sampai dipanggil pun tidak nengok sama sekali itu tandanya alam bawah sadarnya sedang aktif.

Disaat itulah sebagai orangtua khususnya seorang mama bisa memberikan bisika-bisikan positif ke dekat telinga si kecil.

Misalnya: Ade rajin gosok gigi yah kalau mandi biar giginya bersih dan sehat, tidak boleh menangis kalau ayah berangkat kerja ayah kan mau cari uang buat dedek sekolah.

Sounding yang dilakukan harus benar-benar kata-kata positif yah gansis karena hal itu akan terekam oleh alam bawah sadarnya sampai ia dewasa nanti.

Nah, kadang ada orangtua yang suka mensugesti anaknya dengan kata yang salah seperti 'makan yang banyak' , padahal seharusnya dengan mengatakan 'makan yang cukup' karena apabila makan banyak si anak akan menjadi gemuk dan obesitas.

Contoh lainnya adalah dengan mensugesti harus mendengarkan kata-kata mama sedangkan gansis sebagai orangtua sering mengucapkan kata-kata kasar. Alhasil, si anak pun akan meniru apa yang dikatakan orangtua dikarenakan sugesti tersebut telah sampai pada alam bawah sadarnya. So, pilihlah sounding dengan kata-kata yang positif yah gansis.

Kapan sounding dikatakan berhasil?

Yaitu ketika si kecil bergerak atau bereaksi saat dilakukan sounding seperti ada reaksi bergerak tangan, kaki, ataupun kepala.

Pengalaman ane pribadi belum lama ini melakukan sounding pada si kecil adalah saat tidak mau menggosok gigi, ayahnya berangkat kerja ditangisi, sering gtm atau gerakan tutup mulut, dan belum bisa menggoes sepeda.
Sounding anak

Ane memberitahukan si kecil saat dia dalam keadaan sadar berulang-ulang dan sampai berbusa juga tidak ada hasilnya seakan pasrah harus seperti apa lagi memberitahu si kecil malah jatuhnya setiap kali menggosok gigi dipaksakan. Tetapi, setelah ane sounding baik saat tidur siang atau malam dan saat si kecil asyik bermain.Alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan.

Si kecil mau menggosok gigi setiap kali mandi tanpa nangis dan drama terlebih dahulu, makan dia cukup, sudah bisa menggoes sepeda juha tidak pernah menangis ketika ayahnya berangkat kerja.

Buat para orangtua diluar sana teruslah belajar menjadi orangtua sejalan dengan bertumbuhnya si kecil. Tiap anak itu unik so gunakanlah cara yang unik pula untuk mendidiknya. Selamat mencoba dirumah yah gansis, semoga berhasil.

Sekian thread ane kali ini. Semoga bermanfaat buat menghibur hidup kaskuser yang sudah penat ini. Jika dirasa thread ini bermanfaat dan memghibur dishare di media sosial gansis.

Apapun aktivitas agan dan sista hari ini, tetep terus nongkrong di thread ane yah. Biar ane semangat terus ngethread jangan lupa tinggalin jejak cendol, komentar dan ratenya, karena kaskuser bijak selalu ninggalin jejak. Terimakasih telah membaca dan belajar bersama bisa.


Penulis: mamaproduktif
Referensi: 1, 2

GIF
Diubah oleh mamaproduktif
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yus.mnrg dan 30 lainnya memberi reputasi
31
Lakukan Sounding pada Anak, Lihatlah Apa yang Terjadi?
05-11-2019 12:26
ikutan pejwan boleh dong, sekalian nyimak isi tridnya 😁
Diubah oleh darmawati040
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia