News
Batal
KATEGORI
link has been copied
183
Lapor Hansip
21-10-2019 18:07

Benarkah McDonald’s, KFC, Dominos, dan Pizza Hut Dicabut Sertifikasi Halalnya?

Quote:
Dengarkan berita klarifikasi informasi hoax ini melalui program Hansip Hoax hanya di KASKUS Podcast!
emoticon-Request



Benarkah McDonald’s, KFC, Dominos, dan Pizza Hut Dicabut Sertifikasi Halalnya?


Beredar sebuah pesan berantai di Whatsapp dan media sosial Facebook yang menyebutkan bahwa Muslim Judicial Council (MJC) telah mencabut sertifikasi halal terhadap produk McDonald’s, KFC, Dominos, dan Pizza Hut.

Narasi tersebut didasarkan pada kajian staf dapur di Florida, Amerika Serikat, yang menyebut telah memperlihatkan bukti positif mengandung bahan dari daging babi yang disebut “LM10”.

Dalam pesan berantai tersebut juga dijelaskan bahwa MJC dan IQSA juga telah menarik sertifikasi di seluruh penjuru negeri. Dan, disebutkan juga untuk memberitahukan hal ini kepada orang lain.

Benarkah McDonald’s, KFC, Dominos, dan Pizza Hut Dicabut Sertifikasi Halalnya?


Lantas bagaimana kebenaran informasi tersebut?


PEMERIKSAAN FAKTA
Melansir dari TurnBackHoax.id, Hansip Hoax mendapatkan fakta bahwa narasi yang beredar melalui Whatsapp dan Facebook terkait hal tersebut merupakan narasi hoaks yang telah beredar sejak lama. Isu tersebut pernah muncul pada tahun 2017 dan 2019 lalu. Bahkan, pada pesan berantai yang baru-baru ini beredar pun narasinya tidak banyak berubah dengan narasi hoaks bertahun-tahun lalu.

Padahal pada tahun 2018 lalu, pihak Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) sudah memberikan bantahan atas isu tersebut. Dalam keterangannya saat itu, pihak LPPOM MUI sudah melakukan audit dan tidak ditemukan adanya bahan yang mengandung babi dalam produk-produk tersebut. Dalam keterangannya juga dijelaskan bahwa isu tersebut adalah isu yang ditujukkan kepada restoran McDonald’s, KFC, Dominos, dan Pizza Hut di Amerika Serikat dan Afrika Selatan, bukan di Indonesia.

Selain itu, setelah dilakukan pengecekan di LPPOM MUI, didapatkan fakta bahwa keempat merek restoran cepat saji tersebut masih memiliki nomor sertifikasi halal dari MUI. Berdasarkan hal itulah maka dapat dikatakan bahwa narasi tersebut merupakan isu yang tidak benar alias hoaks.


Sebarkan ya informasi klarifikasi ini ke rekan dan keluarga kalian agar terhindar dari hoaks yang menyesatkan.

SUMBER
TurnBackHoax.id
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LZS dan 17 lainnya memberi reputasi
16
Benarkah McDonald’s, KFC, Dominos, dan Pizza Hut Dicabut Sertifikasi Halalnya?
21-10-2019 18:32
Jadi inget gosip pecel lele sumber kanker emoticon-Big Grin
Palingan juga geng ka ep ci dkk yg nyebarin gosip
Sama kayak gosip air isi ulang ga higienis yg kemungkinan besar diaebarin oleh produsen a**a , yg pasarannya makin digerus air isi ulang rumahan emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
666lucifer89 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
profile picture
kaskus addict
21-10-2019 20:25
air isi ulang suka ada yang nakal itu betulan loh
dinkes lewat puskesmas suka razia
5
profile picture
kaskus addict
22-10-2019 00:42
Kalo air isi ulang rumahan ane malah ragu sanitasinya. Tiap ane minum air isi ulang dari depot rumahan, seringnya sakit tenggorokan dan diare. Mending yang udah jelas aja, kan gak cuma merk Aqua doang air mineral galon.

Yang pecel lele juga gak sepenuhnya salah, wong biasanya yang jual pecel lele minyak buat goreng ikan/ayamnya bisa bekas goreng dihari2 sebelumnya yang warnanya dah item kek solar.
0
profile picture
kaskus freak
22-10-2019 03:56
@sosismalam q
Mungkin benar, tapi ibarat api kecil, ditiup2 lagi biar tambah besar emoticon-Big Grin
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia