News
Batal
KATEGORI
link has been copied
11
Lapor Hansip
30-09-2019 23:58

Hina Presiden, Pemimpin Oposisi Turki Divonis Penjara Hampir 10 Tahun

Hina Presiden, Pemimpin Oposisi Turki Divonis Penjara Hampir 10 Tahun

Pemimpin partai oposisi utama Turki dijatuhi vonis penjara hampir 10 tahun atas postingan-postingannya di media sosial, termasuk penghinaan pada Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Canan Kaftancioglu yang menjadi kepala partai sekuler, Republican People's Party (CHP) cabang Istanbul itu, dinyatakan bersalah atas dakwaan propaganda teroris, selain dakwaan-dakwaan lainnya. Dalam sidang putusan pada Jumat (6/9) waktu setempat, perempuan itu dijatuhi vonis penjara sembilan tahun dan delapan bulan.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (7/9/2018), Kaftancioglu menyebut kasusnya ini bermotif politis. Perempuan ini memainkan peran penting dalam kemenangan mengejutkan Ekrem Imamoglu dari CHP dalam pemilihan wali kota Istanbul awal tahun ini -- pertama kalinya partai Erdogan kalah dalam perebutan kekuasaan di kota terbesar Turki tersebut dalam 25 tahun terakhir.

ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Baca juga: Politisi Oposisi Turki Terancam Bui 17 Tahun karena Postingan 6 Tahun Lalu

CHP menyatakan vonis tersebut masih harus menunggu putusan sidang banding sebelum Kaftancioglu bisa dikirimkan ke penjara.

Kaftancioglu diadili atas cuitan-cuitannya di Twitter termasuk cuitan yang mengkritik kematian seorang anak laki-laki berumur 14 tahun yang terkena granat gas air saat aksi-aksi protes massal "Taman Gezi" pada tahun 2013.

Baca juga: Kalah Lagi Usai Pilkada Ulang di Istanbul, Erdogan Ucapkan Selamat

Dia divonis atas lima dakwaan, termasuk 20 bulan penjara karena menghina negara, 18 bulan penjara karena menghina seorang pejabat publik, 28 bulan penjara karena menghina presiden, 32 bulan penjara karena menghasut orang-orang untuk membenci.

Dia juga mendapat vonis 18 bulan penjara atas dakwaan "propaganda teroris" karena mengutip pernyataan seorang anggota partai Kurdi yang dinyatakan terlarang, Kurdistan Worker's Party (PKK), yang telah melancarkan pemberontakan berdarah terhadap pemerintah Turki sejak tahun 1983.

(ita/ita)

https://m.detik.com/news/internasion...n/2#detailfoto

Hina si rakun. emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh king.mbs
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Hina Presiden, Pemimpin Oposisi Turki Divonis Penjara Hampir 10 Tahun
01-10-2019 04:25
Indonesia menuju ke arah sana
profile-picture
sweetjulia memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskus geek
01-10-2019 10:00


bedanya

kalo jokowi kayak gini : pelanggaran ham, memasung kebebasan berpendapat, diktator

kalo erdogan : presiden itu simbol negara, gak boleh dihina


emoticon-Big Grin
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia