- Beranda
- The Lounge
Automation Dependency, Penyakit Baru Untuk Pilot
...
TS
xyrez
Automation Dependency, Penyakit Baru Untuk Pilot
Source : Cockpit
Automation Dependency
Penyakit Baru dalam dunia penerbangan, yang menurut saya diakibatkan sistem otomatis (Auto Pilot). Jaman Sekarang beban pilot mulai berkurang karena adanya peralatan avionics dan navigasi canggih sehingga skill pilot sedikit berkurang dan tidak terbiasa ketika terbang manual.
Pesawat mempunyai alat yang disebut FMS (Flight Management System) yang dapat membantu pilot mengatur penerbangannya, dan disertai sistem AutoPilot yang dapat membantu pilot menerbangkan pesawat mulai dari Takeoff hingga Landing.
Tidak bisa dipungkiri hal tersebut berpengaruh positif terhadap kesalamatan penerbangan, akan tetapi ada kekhawatiran yang terlalu memanjakan pilot sehingga timbul masalah baru yang disebut "Automation Dependency"
Kita akan sharing tentang Apasih Efek "Automation Dependency", Cekidottss..
Spoiler for Pertama:
Spoiler for Kedua:
Spoiler for Ketiga:
Quote:
Quote:
Source : Ilmu Terbang
Kritikan & Saran silahkan.
zafinsyurga dan 24 lainnya memberi reputasi
25
10.2K
135
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
925.3KThread•91.5KAnggota
Tampilkan semua post
mengeja
#4
Emang autopilot bahaya Gan. Analogi aja deh orang2 yang kerja di dunia akuntansi zaman dulu sama zaman sekarang. Zaman dulu pembukuan transaksinya manual, kalo sekarang kan kebanyakan otomatis udah banyak menu sistem. Jadi kemampuannya bekurang karena "santai", ibarat sense of itung2annya menurun
Makanya kalo ada apa2 di menu sistem bakal kalang kabut, beda sama akuntan zaman dulu yang udah terbiasa. Kalo gak ada menu sistem ya manual. Soalnya pesatnya teknologi kaya bumerang buat peradaban manusia. Bagus sih buat efisiensi, tapi kalo ada yang gak berjalan semestinya malah bikin kacau yang ujung2nya molor waktu karena harus maintenance
Sama kaya autopilot di pesawat, ane keinget kasus Air France 447 yang nyungsep di Atlantik. Gara2 autopilot juga itu kan. Posisi pesawat udah staal, tapi operator gak sadar karena keasyikan autopilot. Padahal autopilotnya gak beres karena tabung pitot rusak yang bikin informasi kecepatan dan data ketinggian ngaco. Telat ngebikin manual, udah keburu jatuh. Padahal kalo langsung sadar dan buru2 ambil alih manual gak bakal insiden soalnya gak lama habis mereka jatuh, ada juga maskapai Brazil yang begitu, tapi bisa ditanganin sama operatornya
Bedewei ane ada thread gokil. Mampir Gan
Ceroboh! Pesawat Mendarat Darurat Gara-Gara Kopi Pilot Tumpah ke Panel Kokpit
Makanya kalo ada apa2 di menu sistem bakal kalang kabut, beda sama akuntan zaman dulu yang udah terbiasa. Kalo gak ada menu sistem ya manual. Soalnya pesatnya teknologi kaya bumerang buat peradaban manusia. Bagus sih buat efisiensi, tapi kalo ada yang gak berjalan semestinya malah bikin kacau yang ujung2nya molor waktu karena harus maintenance
Sama kaya autopilot di pesawat, ane keinget kasus Air France 447 yang nyungsep di Atlantik. Gara2 autopilot juga itu kan. Posisi pesawat udah staal, tapi operator gak sadar karena keasyikan autopilot. Padahal autopilotnya gak beres karena tabung pitot rusak yang bikin informasi kecepatan dan data ketinggian ngaco. Telat ngebikin manual, udah keburu jatuh. Padahal kalo langsung sadar dan buru2 ambil alih manual gak bakal insiden soalnya gak lama habis mereka jatuh, ada juga maskapai Brazil yang begitu, tapi bisa ditanganin sama operatornya
Bedewei ane ada thread gokil. Mampir Gan
Ceroboh! Pesawat Mendarat Darurat Gara-Gara Kopi Pilot Tumpah ke Panel Kokpit
valruss dan jagotorpedo memberi reputasi
2
Tutup