News
Batal
KATEGORI
link has been copied
82
Lapor Hansip
17-09-2019 12:09

H-7 KUHP Baru: Semua Hubungan Seks di Luar Pernikahan Terancam Pidana

H-7 KUHP Baru: Semua Hubungan Seks di Luar Pernikahan Terancam Pidana

Panja RUU KUHP telah menyelesaikan draf dan segera membawanya ke rapat paripurna DPR untuk disahkan menjadi UU pekan depan. Salah satunya Pasal Zina, yang meluaskan definisi 'zina'.

Dalam KUHP saat ini, zina didefinisikan persetubuhan bila salah satu atau dua-duanya terikat pernikahan. Namun, dalam RUU KUHP, zina diluaskan menjadi seluruh hubungan seks di luar pernikahan.

"Setiap Orang yang melakukan persetubuhan dengan orang yang bukan suami atau istrinya dipidana karena perzinaan dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda Kategori II," demikian bunyi Pasal 417 ayat 1 RUU KUHP yang dikutip detikcom, Selasa (17/9/2019).


Nah, siapakah yang dimaksud 'bukan suami atau istrinya'? Dalam penjelasan disebutkan:

1. Laki‑laki yang berada dalam ikatan perkimpoian melakukan persetubuhan dengan perempuan yang bukan istrinya;
2. Perempuan yang berada dalam ikatan perkimpoian melakukan persetubuhan dengan laki‑laki yang bukan suaminya;
3. Laki‑laki yang tidak dalam ikatan perkimpoian melakukan persetubuhan dengan perempuan, padahal diketahui bahwa perempuan tersebut berada dalam ikatan perkimpoian;
4. Perempuan yang tidak dalam ikatan perkimpoian melakukan persetubuhan dengan laki‑laki, padahal diketahui bahwa laki‑laki tersebut berada dalam ikatan perkimpoian; atau
5. Laki-laki dan perempuan yang masing-masing tidak terikat dalam perkimpoian melakukan persetubuhan.

Untuk bisa memenjarakan pelaku 'kumpul kebo' di atas, harus ada syarat mutlak, yaitu atas aduan suami, istri, orang tua, atau anak. Yang dimaksud anak adalah anak kandung yang usianya telah 16 tahun.

"Pengaduan dapat ditarik kembali selama pemeriksaan di sidang pengadilan belum dimulai," demikian bunyi pasal 417 ayat 4 RUU KUHP.


https://news.detik.com/berita/d-4709...=news_mostpop

Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
H-7 KUHP Baru: Semua Hubungan Seks di Luar Pernikahan Terancam Pidana
17-09-2019 12:42
aslinya sama aja dengan zina yang lama intinya.

kalau berhubungan badan seorang yg telah bersuami/istri.

gw sih dukung aja, selingkuh faktor utama perceraian, yg jd korban anak nya.

terus di kriminalisasi jg biar UU KDRT kuat juga, datanya udah jelas korban kebanyakan perempuan, bukan cuma istri, kdrt ada juga dalam pacaran jd wajar KUHP ny sesuai UU lain.
Diubah oleh KuwuRT
0 0
0
profile picture
kaskus addict
17-09-2019 12:59
@Reikouki poin 5 harus nya sih utk perkosaan bkn perzinahan.

well ruang lingkup dan cakupannya diperluas jd di masukin zinah, biar ga sembarangan ngeue.

perkosaan yg tadiny kasus klasik

suka sama suka vs dipaksa

setelah ada UU ini kan plg ga hakim ada pegangan.
0
profile picture
kaskus maniac
17-09-2019 13:01
@KuwuRT iya sekarang dimasukin jadi zinah. Berarti kl ada yg berhubungan badan walau suka sama suka bisa dipidana..
1
profile picture
kaskus maniac
17-09-2019 13:04


lah akibatnya itu. klo suka sama suka 2 2nya bisa dihukum klo perkosaan pelakunya yang dihukum nah klo korban perkosaan dibilang suka sama suka ??? bisa kena hukum korbannya klo hakimnya gak jeli.
1
profile picture
kaskus addict
17-09-2019 13:04


@Reikouki ntar nggu RUU PKS, penghapusan kekerasaan seksual, kombinasi deh

kuhp, kdrt, pks.

mamam yang suka asal ngeue, sama prostitusi aja tetep bisa kena..

buat yg poligami jg jd lbh beresiko.

biar pikiranny ga selangkangan mulu, kalah ga dikerasin aturannya, ga berubah budaya nya.


emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus addict
17-09-2019 13:06


@Reikouki @namdokmai ya perkosaan itu kasus klasik, hakim sangat menentukan.

hukum kita emang condong ke perempuan anak mau gimana lagi.
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia