• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Sama-sama Manis, Mana Yang Lebih Baik Dikonsumsi? Gula Atau Madu?

worldmilesAvatar border
TS
worldmiles
Sama-sama Manis, Mana Yang Lebih Baik Dikonsumsi? Gula Atau Madu?
Hai... hai... emoticon-Kiss

Aku mau tanya nih. Ketika menyeduh secangkir teh hangat, biasanya kalian pakai madu atau gula? Pasti jawabannya bervariasi, deh. Aku mau kasih sedikit informasi, nih. Meskipun gula dan madu dapat menambah rasa manis pada minuman, ternyata manfaat dan nutrisinya berbeda, loh.

Madu dan gula adalah karbohidrat yang tersusun atas glukosa dan fruktosa. Dua duanya digunakan sebagai bahan dalam banyak makanan dan resep yang dikemas.

Madu adalah zat manis yang dibuat oleh lebah dari nektar tanaman berbunga. Reputasi madu untuk menjadi lebih sehat karena beberapa alasan, yaitu:

  1. Ada banyak jenis yang berbeda, tetapi umumnya, tinggi kalori dan karbohidrat.

  2. Kandungan karbohidrat dari madu merupakan perbandingan sempurna yang cepat diserap tubuh dalam menghasilkan energi. Sangat cocok untuk olahragawan yang membutuhkan energi yang banyak. Untuk pasien yang sakit, madu merupakan alternatif sumber energi dan nutrisi untuk mempercepat proses penyembuhan.

  3. Madu terdiri dari air dan gula (fruktosa dan glukosa). Madu juga mengandung enzim, asam amino, vitamin B, vitamin C, mineral antioksidan


Banyak anti-oksidan yang ditemukan dalam madu diklasifikasikan sebagai flavonoid. Flavonoid memiliki sifat anti-inflamasi yang punya beberapa manfaat untuk kesehatan.

Sementara itu, gula terdiri dari kombinasi glukosa dan fruktosa yang mengikat bersama untuk membentuk sukrosa. Gula tidak mengandung vitamin atau nutrisi tambahan. Karbohidrat pada gula merupakan karbohidrat yang padat kalori. Gula berasal dari gula bit dan tanaman tebu. Sebelum menjadi gula pasir halus yang paling sering kita gunakan, gula diproses melalui beberapa tahapan sehingga terjadi pengkristalan.
Gula adalah bahan umum yang terdapat dalam banyak makanan olahan. Hal ini dapat menyebabkan penambahan berat badan dan obesitas.

Penderita diabetes harus memperhatikan konsumsi gula mereka karena dapat menyebabkan gula darah melonjak.

Spoiler for :


Jika dikonsumsi dalam jumlah yang lebih besar dari kebutuhan tubuh kamu, gula dapat memberikan ledakan cepat bahan bakar yang diikuti oleh penurunan tajam dalam energi. Gula lebih sulit dicerna oleh tubuh dibandingkan dengan madu. Soalnya, gula tidak mengandung enzim. Berbeda dengan gula yang “jahat”, madu tidak meningkatkan kadar gula darah dan dapat membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida.
Aku pribadi lebih memilih mengkonsumsi madu ketimbang gula karena madu memiliki kandungan yang lebih bermanfaat dibanding gula.

Dalam memilih madu pun aku ngga sembarangan. Aku pasti pilih madu yang sudah terjamin keasliannya, bukan campuran atau palsu.
Pilihanku jatuh ke Madu TJ. Madu TJ adalah madu yang udah terjamin asli, murni, dan halal. Aku sendiri biasa konsumsi Madu TJ Murni untuk menjaga stamina. Biasanya aku minum madu dibarengi teh hangat, jadi manisnya lebih terasa alami dari Madu TJ murni.

Spoiler for :


Satu tips buat kalian, nih. Biasakan mengecek label komposisi setiap kali akan membeli madu supaya kita tahu apa saja, sih, kandungan dari madu tersebut. Jangan sampai kita tertipu dengan madu yang komposisi madunya cuma 1-3% Nah, supaya yakin dengan keaslian dan kemurnian madu, pilihlah madu yang sudah terdaftar di BPOM, mendapat sertifikat halal dari MUI, dan lulus uji Standar Nasional Indonesia (SNI), dengan begitu kualitas madunya juga sudah pasti terjamin dan aman.

Lalu, sudah siap berpindah dari gula ke madu? Dan sudah tau, ‘kan, madu yang mau kamu pilih? emoticon-Om Telolet Om!

Diubah oleh worldmiles 31-10-2019 04:09
caryancanda
sitakorea
tien212700
tien212700 dan 4 lainnya memberi reputasi
1
2.7K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.7KAnggota
Tampilkan semua post
izkiaulAvatar border
izkiaul
#23
Gw lebih pilih madu sih, yang pasti menyehatkan, terlalu banyak konsumsi gula malah bikin ga sehat
gw ga mau ribet2 cari madu dihutan sih, skrg si supermarket juga ada banyak,, kalo pgn yg trusted coba aja madu TJ, gw jg direkomen org2 , ternyata beneran madu asli coy emoticon-Cendol Gan
Diubah oleh izkiaul 30-08-2019 06:12
0
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.