alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
19-08-2019 11:16
Cerita Warga Desa di Papua yang Baru Pertama Kali Rasakan 17-an
Cerita Warga Desa di Papua yang Baru Pertama Kali Rasakan 17-an
Foto: Desa di Papua Ini Baru Pertama Kali Rayakan 17 Agustus Sejak 1945 (Wilpret-detik)


Jayapura - Desa Yongsu Sparai, Distrik Depare, Kabupaten Jayapura berada di daerah pesisir pantai utara pulau Papua. Daerah itu masih terisolir, bahkan perayaan kemerdekaan RI saja baru pertama kali ada di desa ini.

Saat perayaan HUT kemerdekaan RI 74 (17/8/2019) yang disponsori Gerakan Mahasiswa Papua Indonesia (Gemapi), masyarakat kampung Yongsu sangat senang , karena baru pertama kali merasakan hari Kemerdekaan RI setelah 74 tahun merdeka.

"Kalau Indonesia sudah merdeka, kami juga sudah merdeka," kata tokoh adat kampung, Yohanes Sorodanya yang juga salah satu pejuang Pepera, saat diwawancara di lokasi, Senin (18/8/2019).

Posisi kampung Yongsu Sparai sebenarnya tidak begitu jauh dari Sentani, ibukota Kabupaten Jayapura hanya berjarak sekitar 25 -30 km. Namun akses jalan menuju daerah tersebut yang masih sulit.

"Masyarakat hanya bisa ke Kota Sentani dengan menggunakan perahu hingga di Distrik Depapre kemudian dengan jalan darat sekitar 1 jam baru tiba di Sentani," tuturnya.

Selain sarana jalan yang belum baik, juga listrik yang belum tersedia, hingga saat ini masyarakat masih menggunakan listrik pikohidro yang dibangun swadaya masyarakat.

Demikian juga halnya sekolah, hanya ada satu sekolah Dasar (SD) dan hanya ada satu orang guru PNS dan sebagian guru honorer. Untuk sekolah SMP anak-anak kampung Yongsu harus berjalan kaki puluhan kilo meter ke Depapre.

"Memang saat ini pemerintah sedang membangun jalan menuju kampung kami, tapi belum bisa dilalui kendaraan penumpang, hanya truk yang bisa lewat. Tapi kalau musim hujan jalan tidak bisa dilewati oleh kendaraan apapun," jelas tokoh lainnya, Wilson Sorodanya.

Wilson berharap pemerintah daerah memperhatikan apa yang menjadi permasalahan kampung Yongsu. Sehingga ke depannya bisa maju seperti kampung kampung yang lain.
(rvk/rvk)


SUMBER

Senang sekali melihat saudara kita di Papua. khususnya di kampung Yongsu akhirnya bisa merasakan 17-an untuk pertama kalinya.
Semoga Indonesia semakin erat dalam keberagaman.
emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekasatya87 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
19-08-2019 15:47
Quote:Original Posted By amatir91
ke daerah terpencil itu butuh anggaran gede loh. lebih murah ente jalan2 ke malay/sing. siapa mau jadi penyandang dananya?
terus njamin kah setelah masuk yutub terus pemda setempat langsung bergerak? di tv sudah banyak acara2 yg ngeliput kemiskinan baik dalam bentuk berita maupun reality show. nyatanya jrg sekali yg bawa perbaikan nasib.


ya bener adanya itu gan, mahal ke pelosok. Akses internet jg terbatas. Ya namanya ide gan, cuma rencana.
reality show/berita uda banyak, tetep aja pemda gak gerak. Skrng jaman netizen yg gerakin pemerintah emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus addict
19-08-2019 15:56


netijen gerakin pemerintah? paling cm buat hal2 kecil macem jalan berlobang, yg aslinya memang udah dianggarin.
kalo sampe bikin fasilitas sarana dan prasarana baru ya ntar dlu. apalagi yg belum dianggarin.
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.