edwarddentistAvatar border
TS
edwarddentist
Chevrolet Lovers masuk sini (Optra,Estate,Captiva,Aveo,Kalos,dll)
Ayo bro..ngobrolin chevy nya masing2..share all about chevy car..jg share mengenai mobil nya, misal ttg:
1.konsumsi bbm nya gmn? dalkot n lukot
2. harga sparepart yg pernah dibeli
3.review overall ttg mobil tsb

Ok..smoga bermanfaat buat smuanya yah..
Pajang pic jg yah bro..emoticon-Angkat Beer



Chevy yang uda sempet nongol dimarih:
Spoiler for Optra Fahrudinryuken:


Spoiler for Optra aKiMa:

Spoiler for OPTRA nya TS:


Spoiler for ESTATE lionhearted:

Spoiler for Optra Gembel70:

Spoiler for Silverado n Corvette nya POS VETT:

Spoiler for Estate nya petrolguy:


sedikit info yang masuk:
gan ane ada sedikit info nih mengenai isc.. smoga bisa jadi masukan ye..

Idle Speed Control / servo…

Ada cara untuk menguji apakah servo (idle speed control servo) mobil kita bekerja dengan baik atau rusak. Gak perlu tools apapun.. ikuti cara sederhana ini.

Pengujian ini membutuhkan kecermatan dan ketelitian mata kita untuk melihat pergerakan jarum RPM pada dashboard.

PENGUJIAN SERVO 1
(memanfaatkan kerja Power Steering Oil Pressure Switch)

1. Mesin dalam kondisi nyala dan IDLE (langsam) …
2. Pastikan semua lampu, tape, AC, dll dalam kondisi OFF (tidak digunakan).
3. Perhatikan jarum RPM pada dashboard dengan sangat teliti,
4. Gerakkan Steer (terserah enaknya ke arah mana)…
5. Perhatikan gerakan jarum RPM

SERVO NORMAL: Jarum akan bergerak turun sedikit ketika steer diputar, kemudian kembali mendekati ke posisi semula.
SERVO TIDAK NORMAL: Jarum anteng2 aja…, atau malah bergerak tidak karuan.

PENGUJIAN SERVO 2
(memanfaatkan kerja RPM signal dan Crank Angle Sensor)

1. Mesin dalam kondisi nyala dan IDLE (langsam) …
2. Pastikan semua lampu, tape, AC, dll dalam kondisi OFF (tidak digunakan).
3. Perhatikan jarum RPM pada dashboard dengan sangat teliti,
4. Nyalakan lampu besar (head lamp)
5. Perhatikan gerakan jarum RPM

SERVO NORMAL: Jarum akan bergerak turun sedikit ketika headlamp dinyalakan, kemudian kembali mendekati ke posisi semula.
SERVO TIDAK NORMAL: Jarum anteng2 aja…, atau malah bergerak gak karuan.

Dasar Pemikiran
Hal di atas sayangnya tidak pernah ditemukan pada buku mobil manapun, tetapi dengan memahami proses kerja sensor-sensor yang mempengaruhi kerja servo (ISC) kita dapat memanfaatkan kerja sensor-sensor tersebut sebagai pengujian atas kinerja servo itu sendiri.

Simak Sensor-sensor yang dimanfaatkan untuk pengujian tersebut:

POWER STEERING OIL PRESSURE SWITCH

Pada saat steer diputar, maka pompa power steering akan terbeban yang kemudian juga akan membebani putaran mesin. Untuk itu, perlu di deteksi melalui perubahan tekanan oli power steering akibat pembebanan tersebut.

Power Steering Oil Pressure Switch akan memberikan informasi ON pada ECU ketika terjadi perubahan tekanan akibat pembebanan (steer diputar) untuk kemudian mengaktifkan servo (idle speed control) untuk menaikkan idle RPM sehingga putaran mesin tetap terjaga stabil.

CRANK ANGLE SENSOR
Crank Angle Sensor bertugas untuk mendeteksi posisi Top Dead Center dari silinder 1 dan 4. Dari sini juga terdeteksi putaran mesin (RPM) yang terjadi.
Signal yang dideteksi dari sensor ini dikirim ke ECU sebagai informasi yang akan digunakan untuk timing pengapian dan informasi RPM pembanding/ pelengkap.

fyi: penyakit langganan optra
Troubleshooting Problems With Engine Idle

In many ways, engine idle is a good measure of your engine's health. If anything is going wrong under the hood, there's a good chance it will be affecting your car's idle speed and quality. Problems with idle speed, things like slow idle, low idle, bad idle, lumpy idle, fast idle -- these are symptoms that should be investigated, troubleshooted, diagnosed and repaired. The following symptoms and related problems should act as a guide in helping you troubleshoot your idle issues.

Q:
Symptom:
Car stalls when stopped quickly. You are driving along and everything is just fine ... until you let off the gas pedal and apply the brakes. The engine starts shaking and may even stall. Not a good thing to happen because you lose power steering when the engine dies.

A:
Possible causes:
There may be a serious vacuum leak.
The Fix: Check and replace vacuum lines as required.
There may be a fault in the computerized engine control system.
The Fix: Check engine control systems with a scan tool. Test circuits and repair or replace components as required. (Generally not a DIY job)
Broken linkage.
The Fix: Repair or replace as required.

source: http://autorepair.about.com/od/engin...idle-speed.htm
aKiMa is offline Add to aKiMa's Reputation Report Post Report Post \tMulti-Quote This Message



Bingung mau cr sparepart Chevy nya?
Ni ada online shop sparepart Chevy..

Spoiler for JCO SHOPS:
[/QUOTE]
tien212700
wisudajuni
dianyulianti.83
dianyulianti.83 dan 7 lainnya memberi reputasi
6
720.9K
6K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 4
Kendaraan Roda 4KASKUS Official
25KThread11.9KAnggota
Tampilkan semua post
alzamirAvatar border
alzamir
#5293
Bagi pengalaman aja berkaitan dg waterpump....
Sabtu kemaren abis nganterin anak tes pokasi di unbra...perjalanan pulang tiba tiba si optra over head...
Minggir buka kap mesin...cek tabung reservoir...lha kosong
Nunggu sekitar 1 jam...masukkan air aqua botol besar..( masih kedengeran suara besi panas kena air ).. dan air pun ngocor di sebelah kanan mesin dari bagian timing belt...dugaan langsung ke water pump...
Yg jadi masalah ndak bawa alat...
Dari info seorang jukir ada bengkel komunitas mobil merk terkenal di ujung jalan...
Alhasil karena sdh sore bengkel mau tutup akhirnya optra dititipkan disitu sampei senen sambil bawa waterpump.

Senen pun tiba...pake gocar dari sidoarjo...nyampek jam 10.00....langsung dikerjakan...
Nyopot waterpump kesulitan.....jam 14 sekian baru copot...
Masang water pump yg baru..
Nah masalah timbul saat masang timing belt...
Sudah pas..dicoba muter setengah..timing belt kendor.....terus demikian.
M9ntirnya nanya..apa waterpump ndak salah...saya bilang...betul.....penasaran dihitung jumlah giginya...sama ada 25..
Saya bilang mungkin masang waterpumpnya salah posisi....montir bilang sdh benar.....dicoba dan dicoba lagi..tetap ndak bisa...
Akhirnya jam 5 an montir bilang..om saya panggil orang chevrolet tapi abis magrib...ok

Pas abis magrib tiba optra silver kinclong....turun langsung meng amati optra saya.....
Ternyata betul dugaan saya posisi waterpump menentukan kerenggangan timing belt...
Waterpump yg sdh terpasang di copot kembali
Diatur posisinya sesuai dg yg lama...
Singkat kata selesai jam 20 sekian.....

Pulang sampek rumah jam 22 sekian...

Ternyata ndak semua montir bisa nangani optra.....

Terimakasih buat bengkel dan montir yg sdh bantu saya...juga buat montir dari chevrolet malang...

Sengaja nama bengkel dan alamat tdk saya sebutkan.....privasi.

Done
0
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.