edwarddentistAvatar border
TS
edwarddentist
Chevrolet Lovers masuk sini (Optra,Estate,Captiva,Aveo,Kalos,dll)
Ayo bro..ngobrolin chevy nya masing2..share all about chevy car..jg share mengenai mobil nya, misal ttg:
1.konsumsi bbm nya gmn? dalkot n lukot
2. harga sparepart yg pernah dibeli
3.review overall ttg mobil tsb

Ok..smoga bermanfaat buat smuanya yah..
Pajang pic jg yah bro..emoticon-Angkat Beer



Chevy yang uda sempet nongol dimarih:
Spoiler for Optra Fahrudinryuken:


Spoiler for Optra aKiMa:

Spoiler for OPTRA nya TS:


Spoiler for ESTATE lionhearted:

Spoiler for Optra Gembel70:

Spoiler for Silverado n Corvette nya POS VETT:

Spoiler for Estate nya petrolguy:


sedikit info yang masuk:
gan ane ada sedikit info nih mengenai isc.. smoga bisa jadi masukan ye..

Idle Speed Control / servo…

Ada cara untuk menguji apakah servo (idle speed control servo) mobil kita bekerja dengan baik atau rusak. Gak perlu tools apapun.. ikuti cara sederhana ini.

Pengujian ini membutuhkan kecermatan dan ketelitian mata kita untuk melihat pergerakan jarum RPM pada dashboard.

PENGUJIAN SERVO 1
(memanfaatkan kerja Power Steering Oil Pressure Switch)

1. Mesin dalam kondisi nyala dan IDLE (langsam) …
2. Pastikan semua lampu, tape, AC, dll dalam kondisi OFF (tidak digunakan).
3. Perhatikan jarum RPM pada dashboard dengan sangat teliti,
4. Gerakkan Steer (terserah enaknya ke arah mana)…
5. Perhatikan gerakan jarum RPM

SERVO NORMAL: Jarum akan bergerak turun sedikit ketika steer diputar, kemudian kembali mendekati ke posisi semula.
SERVO TIDAK NORMAL: Jarum anteng2 aja…, atau malah bergerak tidak karuan.

PENGUJIAN SERVO 2
(memanfaatkan kerja RPM signal dan Crank Angle Sensor)

1. Mesin dalam kondisi nyala dan IDLE (langsam) …
2. Pastikan semua lampu, tape, AC, dll dalam kondisi OFF (tidak digunakan).
3. Perhatikan jarum RPM pada dashboard dengan sangat teliti,
4. Nyalakan lampu besar (head lamp)
5. Perhatikan gerakan jarum RPM

SERVO NORMAL: Jarum akan bergerak turun sedikit ketika headlamp dinyalakan, kemudian kembali mendekati ke posisi semula.
SERVO TIDAK NORMAL: Jarum anteng2 aja…, atau malah bergerak gak karuan.

Dasar Pemikiran
Hal di atas sayangnya tidak pernah ditemukan pada buku mobil manapun, tetapi dengan memahami proses kerja sensor-sensor yang mempengaruhi kerja servo (ISC) kita dapat memanfaatkan kerja sensor-sensor tersebut sebagai pengujian atas kinerja servo itu sendiri.

Simak Sensor-sensor yang dimanfaatkan untuk pengujian tersebut:

POWER STEERING OIL PRESSURE SWITCH

Pada saat steer diputar, maka pompa power steering akan terbeban yang kemudian juga akan membebani putaran mesin. Untuk itu, perlu di deteksi melalui perubahan tekanan oli power steering akibat pembebanan tersebut.

Power Steering Oil Pressure Switch akan memberikan informasi ON pada ECU ketika terjadi perubahan tekanan akibat pembebanan (steer diputar) untuk kemudian mengaktifkan servo (idle speed control) untuk menaikkan idle RPM sehingga putaran mesin tetap terjaga stabil.

CRANK ANGLE SENSOR
Crank Angle Sensor bertugas untuk mendeteksi posisi Top Dead Center dari silinder 1 dan 4. Dari sini juga terdeteksi putaran mesin (RPM) yang terjadi.
Signal yang dideteksi dari sensor ini dikirim ke ECU sebagai informasi yang akan digunakan untuk timing pengapian dan informasi RPM pembanding/ pelengkap.

fyi: penyakit langganan optra
Troubleshooting Problems With Engine Idle

In many ways, engine idle is a good measure of your engine's health. If anything is going wrong under the hood, there's a good chance it will be affecting your car's idle speed and quality. Problems with idle speed, things like slow idle, low idle, bad idle, lumpy idle, fast idle -- these are symptoms that should be investigated, troubleshooted, diagnosed and repaired. The following symptoms and related problems should act as a guide in helping you troubleshoot your idle issues.

Q:
Symptom:
Car stalls when stopped quickly. You are driving along and everything is just fine ... until you let off the gas pedal and apply the brakes. The engine starts shaking and may even stall. Not a good thing to happen because you lose power steering when the engine dies.

A:
Possible causes:
There may be a serious vacuum leak.
The Fix: Check and replace vacuum lines as required.
There may be a fault in the computerized engine control system.
The Fix: Check engine control systems with a scan tool. Test circuits and repair or replace components as required. (Generally not a DIY job)
Broken linkage.
The Fix: Repair or replace as required.

source: http://autorepair.about.com/od/engin...idle-speed.htm
aKiMa is offline Add to aKiMa's Reputation Report Post Report Post \tMulti-Quote This Message



Bingung mau cr sparepart Chevy nya?
Ni ada online shop sparepart Chevy..

Spoiler for JCO SHOPS:
[/QUOTE]
tien212700
wisudajuni
dianyulianti.83
dianyulianti.83 dan 7 lainnya memberi reputasi
6
720.9K
6K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 4
Kendaraan Roda 4KASKUS Official
25KThread11.8KAnggota
Tampilkan semua post
detik2000Avatar border
detik2000
#5257
Quote:


Om dan Tante,

Mohon ijin repot hasil problem solving kasus ini....
1. Setelah ganti presure switch, bongkar karter dan bersihin saringan, ganti filter oli dan ganti oli agak kental 20W50. Lampu indikator masih berkedap kedip (posisi idle, RPM <1K) setelah jalan cukup lama dan setelah di geber sampai RPM 3K. Lampu kedap kedip akan mati bila di gas diatas RPM 1K.

2. Cek oli, penuh dan aliran lancar karena ketika dalam keadaan idle terdengar seperti suara air mendidih di bagian pengisian oli. Dan oli pun menyembur ketika di buka dikit/intip.
Artinya oli bisa naik ke atas dan sirkulasi kelihatan baik. Suara mesin pun tidak ada suara yang aneh.

3. Tanya dan konsultasi sama suhu om Physco, dapat wired diagram dan connector dari switch sampai ke lampu di dashboard.
Mau coba (lagi), eksperimen untuk coba bypass antara switch presure ke lampu indikator oli di dashboard. Ini untuk membuktikan apakah ada masalah di kelistrikan system kabel.

Kabel Kuning dari switch presure oli.


Kabel diarahkan ke dashboard menuju connector di dashboard (C201) - sementara untuk test.


Kabel bypass si sambungkan di pin yg menuju lampu indikator oli di dashboard. Connector C201 pin no 32.


4. Dari hasil diatas, di test jalan dan di geber2 sampai rpm 3K selama 5 menit berulang, lampu indikator tidak kedap kedip.

5. Sementara disimpulkan, bahwa permasalahannya bisa dikabel dan soket di bagian mesin. Bisa jadi karena sudah panas dan getas sehingga bersentuhan dengan ground.

6. Akhirnya, di bypass dengan menggunakan soket baru sejenis dan kabel baru langsung ke Dashboard belakang Instrument control (belakang jarum rpm).

Alhamdulillah, perjalanan sejauh 500Km lebih Jakarta-Jogja nonstop lewat tanjakan tol Ungaran (RPM di gas sampai lebih dari 3K, lampu oli tidak lagi berkedip.



Demikian om dan tante hasil problem solving konsultasi dengan suhu om Psycho. (Thanks ya om). Skrg mobil om Psycho ketularan penyakit yg sama, lampu oli nyala juga....😃
Semoga bisa segera solved ya om...

Semoga berkenan om dan tante....

Salam Glundung...

Wassalam.
0
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.