others
Batal
link has been copied
3056
Lapor Hansip
27-08-2018 14:52

[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab

Tasawuf

Tasawuf atau Sufisme adalah ilmu untuk mengetahui bagaimana cara menyucikan jiwa, menjernihan akhlaq, membangun dhahir dan batin, untuk memperoleh kebahagian yang abadi.


Sufi

Sufi adalah istilah untuk mereka yang mendalami ilmu tasawwuf. Istilah sufi [orang suci] akhirnya dipakai oleh dunia secara luas, bukan saja untuk tokoh agama dari agama tertentu, tetapi bagi seseorang yang secara spiritual dan rohaniah telah matang dan yang kehidupannya tidak lagi membutuhkan dan melekat kepada dunia dan segala isinya, kecuali untuk kebutuhan dasarnya saja.

Sufi dalam konteks ini diamalkan sebagai cara sejati untuk memurnikan jiwa dan hati, mendekatkan diri kepada Tuhan dan mendekatkan diri kepada SorgaNya [menjauhi dunia]. Di agama Budha, dikenal sebagai tahap arupadatu [berbeda dengan kamadatu/kamasutra], di agama Nasrani dikenal sebagai biarawan/ biarawati sebagai cara menjalani kehendak Tuhan secara full/penuh dan memerdekakan diri dari budak kesenangan dunia dst.

Salik

Seorang salik adalah seseorang yang menjalani disiplin spiritual dalam menempuh jalan sufisme Islam untuk membersihkan dan memurnikan jiwanya, yang disebut juga dengan jalan suluk. Dengan kata lain, seorang salik adalah seorang penempuh jalan suluk. Seorang salik yang mencapai tahapan makrifat disebut sufi.

Mursyid


Mursyid adalah sebutan untuk seorang guru pembimbing dalam dunia thoriqoh/tarekat, yang telah memperoleh izin dan ijazah dari guru mursyid diatasnya yang terus bersambung sampai kepada guru mursyid Shohibuth Thoriqoh yang musalsal dari Rasulullah SAW untuk mentalqin dzikir/ wirid thoriqoh kepada orang-orang yang datang meminta bimbingannya (murid)

Jiwa yang merdeka dari KHM.Luqman Hakim



Rule
1. Mohon santun dalam berdiskusi
2. Untuk pertanyaan mengenai Fiqih dan kesahihan hadist silahkan ke ABMM
3. Untuk pemahaman lebih lanjut mengenai ayat al-Qur'an silahkan ke ABQM
4. Semua kaskuser baik yang Theist maupun Atheist diterima di sini emoticon-Smilie
5. Mohon maaf jika saya maupun sahabat-sahabat salik/sufi lainnya lama dalam merespon dikarenakan kesibukan di RL
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
02-07-2019 11:05
Quote:Original Posted By exzca

Pas kejadian itu, diceritakan sheikh masih muda. Lah diriwayat nggak disebutkan kok detailnya. Knp ngegas? emoticon-Smilie

nggak koar2 kok... La sampean bilang goblok, gmn ceritanya melawan hawa nafsu goblok? emoticon-Smilie

jadi menurut sampean harusnya Sheikh sikattttt aja gitu?


Saya jg tau bukan sekedar nafsu tapi jg menunaikan amanat. Saya memang menyoroti konteks nafsu kan dari awal? emoticon-Smilie


Saya nggak ada urusan dgn Sufi, Sheikh, ustad, pak kiai dll saya nggak mempermasalahkan itu. Yg saya ingin bahas itu ya perbuatan melawan nafsu itu tadi.

Lebih mudah melihat cahaya dlm gelap dibandingakan dlm cahaya itu sendiri


Sabar bro emoticon-Smilie

Alhamdulillah waras kok

Makanya dari awal saya bilang Ini tidak se ektrim itu (khusus nafsu yg tak tertahankan lagi & bila dituruti dosa besar & merugikan org lain)

Ya ini macam jurus pamungkas gitu lah emoticon-Smilie

Nggak setiap nafsu yg timbul harus di gebuk bukan seperti itu emoticon-Smilie




coba lu baca awal jawaban gue.
ngapa lu muter2? singkatnya singkatnya?
kenapa gak lu kasih referensi kitabnya atau paling nggak terjemahan kitab yg ceritain ?

gue bilang goblik, buat sekelas syaikh.krn syaikh itu punya akhlak yg jernih, membangun lahir batin khususnya bagi diri sendiri.

kalo masih sekelas awam, itu mungkin jalan terbaik bagi dia. makanya renungin jawaban awal gue, jgn asal baca.

bagi elu, udah 3 hari kagak tahajud itu mungkin biasa.
tapi kagak sholat tahajud 3 habeturut2 bagi seorang syaikh itu boleh jadi sebuah kegoblikan.

mau jurus pamungkas kek jurus tanpa bayangan kek,
tetep aja lu gila. lu gak bakal tau kapan lu bikin dosa besar, dan konsekuensinya lu bawa terus tuh tongkat kemanapun. ya coba aja, paling lu gila beneran. jangan lupa bawa juga ke kamar mandi, saat lu pgn coli, gebuk tuh adeklu.
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia