alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
18-06-2019 15:34
Siapa sih KAWS dan Kenapa Karyanya Begitu Fenomenal?

Sebuah brand perusahaan asal Jepang, Uniqlo baru saja merilis koleksi terbarunya yang berkolaborasi dengan Kaws. Kolaborasi Uniqlo x KAWS ini langsung ludes dalam waktu kurang dari dua jam setelah resmi rilis. Padahal antriannya udah panjang dan bahkan ada yang rela mengantri dari pagi. Hmmm, sebenarnya siapa sih KAWS, dan kenapa orang-orang bisa begitu tergila-gila dengan karyanya?

Siapa sih KAWS dan Kenapa Karyanya Begitu Fenomenal?

KAWS merupakan seniman jalanan yang dikenal karena sering membuat gambar plesetan dari tokoh-tokoh kartun ternama. Sebenarnya KAWS sendiri merupakan sebuah alias dari seorang seniman bernama Brian Donnelly yang berasal dari New Jersey.

Siapa sih KAWS dan Kenapa Karyanya Begitu Fenomenal?

Brian Donnelly sendiri awalnya merupakan seorang seniman jalanan, yang memiliki perjalanan awal karirnya pada tahun 1990-an. Pria yang hobi bermain skateboard di lorong-lorong kereta ini dulunya rutin naik kereta menuju Manhattan untuk mencari tempat menarik bermain skateboard. Dari kota ini lah ia sering melihat tembok bangunan yang dihiasi oleh grafiti.

Siapa sih KAWS dan Kenapa Karyanya Begitu Fenomenal?

Coretan yang ada pada tembok bangunan di kota Manhattan tersebut kemudian menginspirasi Donnelly untuk membuat karya serupa. Namun ia nggak ingin menggunakan cara yang sama alias mencoret tembok, melainkan membawa dan memodifikasi papan reklame atau poster yang menempel tersebut.

Pria ini mengawali aksinya pada malam hari. Donnelly mencopot semua poster, membawa pulang dan mencoret-coretnya kembali di rumah. Ia kemudian menempelkannya kembali pada tempat semula dan memotretnya. Rutinitas tersebut terus dilakukannya hingga akhir tahun 1990-an.

Siapa sih KAWS dan Kenapa Karyanya Begitu Fenomenal?

Donnelly kemudian pergi ke Jepang karena tertarik dengan kultur anak muda di sana. Di Jepang, ia bertemu dengan sekumpulan anak muda kreatif yang memiliki usaha mainan dan toko busana. Mereka pun meminta Donnelly untuk membuat desain mainan. Yang paling khas dari coretan Donnelly adalah, ia lebih memilih untuk memodifikasi sosok yang ada daripada membuat figur baru. Misalnya aja sosok Mickey Mouse yang ia modifikasi. Figur yang diciptakan oleh Donnelly ini kemudian diberi nama Companion. Figur Mickey hasil modifikasi Donnelly ini memiliki karakter yang khas, yakni dengan gambar mata berbentuk huruf X dan telinga yang berupa deretan gelembung.

Siapa sih KAWS dan Kenapa Karyanya Begitu Fenomenal?

Singkat cerita, sosok Companion ini kemudian menjadi barang incaran anak muda kolektor action figure dan para pecinta street art juga street wear.

Sekembalinya ia di Amerika, Donnelly pun nggak melakukan aktivitasnya sebagai seniman jalanan yang “illegal” lagi. Ia sudah menjadi seniman muda dengan karya nyeleneh yang diincar oleh oleh orang-orang. Publik pun kemudian mengenalnya dengan nama KAWS, yaitu nama panggung yang ia susun dari abjad favoritnya.

Siapa sih KAWS dan Kenapa Karyanya Begitu Fenomenal?

Siapa sih KAWS dan Kenapa Karyanya Begitu Fenomenal?

Kepopuleran KAWS semakin menjadi saat lukisan karyanya mulai masuk ke galeri dan barang lelang seni di Amerika Serikat dan Asia. Pada saat itu, atau tepatnya pada awal 2000-an, street art memang sedang naik daun. Nggak sedikit orang yang mau menghabiskan uang belasan juta dollar untuk membeli karya Donnelly yang bermula dari hal yang terkesan banal ini.

Popularitas KAWS membuatnya dilirik oleh para pengusaha ritail kelas atas yang sedang berupaya menjangkau pasar anak muda. Donnelly pun sempat berkolaborasi dengan beberapa brand ternama. Sejauh ini kolaborasi KAWS yang paling fenomenal adalah dengan A Bathing Ape, Supreme, Dior, Nike Air Jordan, dan Uniqlo. Masih banyak lagi Gan kolaborasi lainnya!

Siapa sih KAWS dan Kenapa Karyanya Begitu Fenomenal?

Jadi begitulah Gan, penggemar dan penikmat streetwear dan street art mungkin memang sangat menunjukkan kecintaan dengan karya KAWS ini. Nggak bisa dipungkiri sih kalau mereka memang benar-benar suka dengan karyanya, pasti ada kebanggaan tersendiri kalau bisa mendapatkan karya buatan KAWS. Ya nggak apa sih, menurut ane sih yang salah itu kalau kita cuma pura-pura ngerti dan pura-pura suka aja dan nggak tulus dari hati hanya demi sebuah gengsi. 

 

Tul nggak?




profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.kubis dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
20-06-2019 10:35
wah kreatif banget emoticon-2 Jempol
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.