edwarddentistAvatar border
TS
edwarddentist
Chevrolet Lovers masuk sini (Optra,Estate,Captiva,Aveo,Kalos,dll)
Ayo bro..ngobrolin chevy nya masing2..share all about chevy car..jg share mengenai mobil nya, misal ttg:
1.konsumsi bbm nya gmn? dalkot n lukot
2. harga sparepart yg pernah dibeli
3.review overall ttg mobil tsb

Ok..smoga bermanfaat buat smuanya yah..
Pajang pic jg yah bro..emoticon-Angkat Beer



Chevy yang uda sempet nongol dimarih:
Spoiler for Optra Fahrudinryuken:


Spoiler for Optra aKiMa:

Spoiler for OPTRA nya TS:


Spoiler for ESTATE lionhearted:

Spoiler for Optra Gembel70:

Spoiler for Silverado n Corvette nya POS VETT:

Spoiler for Estate nya petrolguy:


sedikit info yang masuk:
gan ane ada sedikit info nih mengenai isc.. smoga bisa jadi masukan ye..

Idle Speed Control / servo…

Ada cara untuk menguji apakah servo (idle speed control servo) mobil kita bekerja dengan baik atau rusak. Gak perlu tools apapun.. ikuti cara sederhana ini.

Pengujian ini membutuhkan kecermatan dan ketelitian mata kita untuk melihat pergerakan jarum RPM pada dashboard.

PENGUJIAN SERVO 1
(memanfaatkan kerja Power Steering Oil Pressure Switch)

1. Mesin dalam kondisi nyala dan IDLE (langsam) …
2. Pastikan semua lampu, tape, AC, dll dalam kondisi OFF (tidak digunakan).
3. Perhatikan jarum RPM pada dashboard dengan sangat teliti,
4. Gerakkan Steer (terserah enaknya ke arah mana)…
5. Perhatikan gerakan jarum RPM

SERVO NORMAL: Jarum akan bergerak turun sedikit ketika steer diputar, kemudian kembali mendekati ke posisi semula.
SERVO TIDAK NORMAL: Jarum anteng2 aja…, atau malah bergerak tidak karuan.

PENGUJIAN SERVO 2
(memanfaatkan kerja RPM signal dan Crank Angle Sensor)

1. Mesin dalam kondisi nyala dan IDLE (langsam) …
2. Pastikan semua lampu, tape, AC, dll dalam kondisi OFF (tidak digunakan).
3. Perhatikan jarum RPM pada dashboard dengan sangat teliti,
4. Nyalakan lampu besar (head lamp)
5. Perhatikan gerakan jarum RPM

SERVO NORMAL: Jarum akan bergerak turun sedikit ketika headlamp dinyalakan, kemudian kembali mendekati ke posisi semula.
SERVO TIDAK NORMAL: Jarum anteng2 aja…, atau malah bergerak gak karuan.

Dasar Pemikiran
Hal di atas sayangnya tidak pernah ditemukan pada buku mobil manapun, tetapi dengan memahami proses kerja sensor-sensor yang mempengaruhi kerja servo (ISC) kita dapat memanfaatkan kerja sensor-sensor tersebut sebagai pengujian atas kinerja servo itu sendiri.

Simak Sensor-sensor yang dimanfaatkan untuk pengujian tersebut:

POWER STEERING OIL PRESSURE SWITCH

Pada saat steer diputar, maka pompa power steering akan terbeban yang kemudian juga akan membebani putaran mesin. Untuk itu, perlu di deteksi melalui perubahan tekanan oli power steering akibat pembebanan tersebut.

Power Steering Oil Pressure Switch akan memberikan informasi ON pada ECU ketika terjadi perubahan tekanan akibat pembebanan (steer diputar) untuk kemudian mengaktifkan servo (idle speed control) untuk menaikkan idle RPM sehingga putaran mesin tetap terjaga stabil.

CRANK ANGLE SENSOR
Crank Angle Sensor bertugas untuk mendeteksi posisi Top Dead Center dari silinder 1 dan 4. Dari sini juga terdeteksi putaran mesin (RPM) yang terjadi.
Signal yang dideteksi dari sensor ini dikirim ke ECU sebagai informasi yang akan digunakan untuk timing pengapian dan informasi RPM pembanding/ pelengkap.

fyi: penyakit langganan optra
Troubleshooting Problems With Engine Idle

In many ways, engine idle is a good measure of your engine's health. If anything is going wrong under the hood, there's a good chance it will be affecting your car's idle speed and quality. Problems with idle speed, things like slow idle, low idle, bad idle, lumpy idle, fast idle -- these are symptoms that should be investigated, troubleshooted, diagnosed and repaired. The following symptoms and related problems should act as a guide in helping you troubleshoot your idle issues.

Q:
Symptom:
Car stalls when stopped quickly. You are driving along and everything is just fine ... until you let off the gas pedal and apply the brakes. The engine starts shaking and may even stall. Not a good thing to happen because you lose power steering when the engine dies.

A:
Possible causes:
There may be a serious vacuum leak.
The Fix: Check and replace vacuum lines as required.
There may be a fault in the computerized engine control system.
The Fix: Check engine control systems with a scan tool. Test circuits and repair or replace components as required. (Generally not a DIY job)
Broken linkage.
The Fix: Repair or replace as required.

source: http://autorepair.about.com/od/engin...idle-speed.htm
aKiMa is offline Add to aKiMa's Reputation Report Post Report Post \tMulti-Quote This Message



Bingung mau cr sparepart Chevy nya?
Ni ada online shop sparepart Chevy..

Spoiler for JCO SHOPS:
[/QUOTE]
tien212700
wisudajuni
dianyulianti.83
dianyulianti.83 dan 7 lainnya memberi reputasi
6
720.9K
6K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 4
Kendaraan Roda 4KASKUS Official
25KThread11.9KAnggota
Tampilkan semua post
psycho_k41Avatar border
psycho_k41
#5118
Quote:


Sepertinya memang HLA om, krn ciri2nya sesuai, klo pagi kenceng krn setelah di parkir semalam oli didalamnya turun ke bawah, coba dibawa lari diatas 80 km/h selama 10-15 menit, atau jika tidak memungkinkan dibawa jalan aja 10-15 menit tp RPM mesti diatas 2500, klo besoknya suara berkurang, ini mesti rutin dilakukan, klo beberapa hari udah dilakukan tapi paginya suaranya kenceng lagi coba ganti oli yg lebih kental, klo sekarang pakai 5w30 ganti ke 10w40 sambil tetap rutin dibawa jalan mobilnya, klo ga berkurang jg, mesti ganti HLA...

Quote:


P0562: System voltage low
Artinya ada masalah di suplai tegangan, bisa dari aki atau alternator, mungkin abis terendam aki nya ngedrop, bisa coba dicas dulu akinya, klo aki di cas masih ada kodenya, coba cek grounding point:

- 1 di bawah rumah aki (baut 10mm nempel ke chassis yg ada banyak kabel)
- 1 di fender kiri (baut 10mm nempel ke fender di sekitaran belakang ECU)
- 1 di sekitaran bawah rumah filter udara (baut 10mm nempel ke chassis)

Buka bautnya dan bersihkan, pastikan tidak ada korosi dan kontak ke body mobil bagus.
Klo semua dalam keadaan OK, cek output tegangan alternator, klo mesin nyala harusnya minimum 13.8V

P2200:NOX sensor bank 1
Coba buka O2 sensor di exhaust manifold, trus dibersihkan ujungnya pakai bensin, klo setelah itu masih ada kodenya mesti di tes dulu sensornya sebelum bisa memutuskan untuk ganti

Quote:


Selamat gabung om, semoga mobilnya selalu sehat emoticon-Peace
0
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.