News
Batal
KATEGORI
link has been copied
2162
Lapor Hansip
31-05-2015 16:35

Reksadana, FAQ---> "the legend continous"

Maaf agan2 semua, nubie membuat thread ini.
Hanya sekedar buat mengumpulkan smua info yg berkaitan dengan reksadana.
Sehingga tidak mengakibatkan pertanyaan yg sama berulang kali, dan mungkin malah membua sakit kepala orang yg ditanya emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
becanda gan...

sumbang saran , ane tunggu...apalagi kritik dari para senior emoticon-Angkat Beer mabok yuk? emoticon-Hammer2


Reksa Dana

Apa itu Reksa Dana (Mutual Fund) ?
Reksa Dana merupakan wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

Quote:Original Posted By sedanten
Gan, kata kunci lain dari reksadana yang perlu ditambahkan : RD adalah suatu produk Kontrak Investasi Kolektif antara Manajer Investasi dan Bank Kustodian yang mengikat pemegang Unit Penyertaan di mana Manajer Investasi diberi wewenang untuk mengelola portofolio investasi kolektif dan Bank Kustodian diberi wewenang untuk melaksanakan Penitipan Kolektif.

Dengan kontrak ini, maka investor dilindungi karena :
1. Investasi sesuai profil resiko dikelola oleh MI sesuai batas portfolio yg diatur di prospektus
2. Jaminan Keamanan Dana, sebab asset RD dititipkan di Bank Kustodian dan dibukukan secara terpisah dr pembukuan MI maupun Bank Kustodian shg secara legal terhindar dr sita jaminan atas kebangkrutan MI atau Bank Kustodian


emoticon-2 Jempol
Keunggulan Reksa Dana :
- Dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional
- Risiko relatif rendah karena terdiversifikasi
- Cocok untuk pemodal pemula, yang tidak terlalu menguasai teknik-teknik portofolio.
- Cocok untuk investor dengan kemampuan finansial terbatas
- Secara relatif, biaya rendah


Berikut ini adalah jenis-jenis reksa dana dan penjelasannya:

Reksadana Konvensional
Reksa Dana Konvensional adalah reksa dana yang dapat dibeli atau dijual kembali oleh investor setiap saat tergantung tujuan investasi, jangka waktu dan profil resiko investor.

Jenis-jenis Reksa Dana Konvensional adalah sebagai berikut:

Reksa Dana Pasar Uang; Reksa Dana dengan investasi 100% pada efek Pasar Uang berupa surat berharga dengan jangka waktu kurang dari satu tahun, seperti deposito, surat berharga (commercial paper) meliputi Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Surat Berharga Pasar Uang (SBPU).
RDPU

Reksa Dana Pendapatan Tetap; Reksa Dana dengan investasi minimal 80% dari portofolio yang dikelolanya ke dalam efek bersifat hutang (obligasi).
RDPT

Reksa Dana Campuran; Reksa Dana dengan kebijakan investasi pada efek saham, efek hutang & pasar uang yang porsi masing-masing instrumennya tidak termasuk dalam ketiga
jenis Reksa Dana lainnya.

Reksa Dana Saham; Reksa Dana dengan investasi minimal 80% dari portofolio yang dikelolanya ke dalam efek bersifat ekuitas (saham).
RDS


emoticon-Shakehand2
Tips Berinvestasi
1.\tTentukan Tujuan Investasi Anda ; jangka waktu
2.\tKenali Profil Risiko Anda
3.\tPemilihan Pengelola Investasi yang tepat.
4.\tDiversifikasi Investasi ; untuk mengelola return & risiko.
5.\tInvestasi secara bertahap
6.\tJangan terpengaruh pada pergerakan return harian.
7.\tReview portfolio investasi secara berkala; 3 bulanan


Sebelum mulai invest , cek dulu di mari. agan termasuk yang mana emoticon-Angkat Beer
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...&postcount=208

Panduan Investasi
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=1415

Tipe investor dari cara top up dan mengelola RD-nya
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...&postcount=221

Reksadana Terproteksi


Jenis Risiko Investasi Reksa Dana yang harus dipahami
[spoiler="[credit to:yellowprincess]"]

Untuk melakukan investasi Reksa Dana, Investor harus mengenal jenis risiko yang berpotensi timbul apabila membeli Reksadana :

Risiko menurunnya NAB (Nilai Aktiva Bersih) Unit Penyertaan

Penurunan ini disebabkan oleh harga pasar dari instrumen investasi yang dimasukkan dalam portofolio Reksadana tersebut mengalami penurunan dibandingkan dari harga pembelian awal. Penyebab penurunan harga pasar portofolio investasi Reksadana bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya akibat kinerja bursa saham yang memburuk, terjadinya kinerja emiten yang memburuk, situasi politik dan ekonomi yang tidak menentu, dan masih banyak penyebab fundamental lainnya.

Risiko Likuiditas

Potensi risiko likuiditas ini bisa saja terjadi apabila pemegang Unit Penyertaan reksadana pada salah satu Manajer Investasi tertentu ternyata melakukan penarikkan dana dalam jumlah yang besar pada hari dan waktu yang sama. Istilahnya, Manajer Investasi tersebut mengalami rush (penarikan dana secara besar-besaran) atas Unit Penyertaan reksadana. Hal ini dapat terjadi apabila ada faktor negatif yang luar biasa sehingga memengaruhi investor reksadana untuk melakukan penjualan kembali Unit Penyertaan reksadana tersebut. Faktor luar biasa tersebut di antaranya berupa situasi politik dan ekonomi yang memburuk, terjadinya penutupan atau kebangkrutan beberapa emiten publik yang saham atau obligasinya menjadi portofolio Reksadana tersebut, serta dilikuidasinya perusahaan Manajer Investasi sebagai pengelola Reksadana tersebut.

Risiko Pasar

Risiko Pasar adalah situasi ketika harga instrumen investasi mengalami penurunan yang disebabkan oleh menurunnya kinerja pasar saham atau pasar obligasi secara drastis. Istilah lainnya adalah pasar sedang mengalami kondisi bearish, yaitu harga-harga saham atau instrumen investasi lainnya mengalami penurunan harga yang sangat drastis. Risiko pasar yang terjadi secara tidak langsung akan mengakibatkan NAB (Nilai Aktiva Bersih) yang ada pada Unit Penyertaan Reksadana akan mengalami penurunan juga. Oleh karena itu, apabila ingin membeli jenis Reksadana tertentu, Investor harus bisa memperhatikan tren pasar dari instrumen portofolio Reksadana itu sendiri.

Risiko Default

Risiko Default terjadi jika pihak Manajer Investasi tersebut membeli obligasi milik emiten yang mengalami kesulitan keuangan padahal sebelumnya kinerja keuangan perusahaan tersebut masih baik-baik saja sehingga pihak emiten tersebut terpaksa tidak membayar kewajibannya. Risiko ini hendaknya dihindari dengan cara memilih Manajer Investasi yang menerapkan strategi pembelian portofolio investasi secara ketat.
[/spoiler]

Temennya Reksadana
Obligasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Reksadana, FAQ---> "the legend continous" - Part 1
16-03-2019 20:00
Quote:Original Posted By madahashi
Mau tanya suhu..
Kan di Bukalapak ada fitur buka reksa
Nah itu apa sama dengan barreksa dan sebagainya ???


Setau ane bukareksa itu kerjasama antara bukalapak sm bareksa, cuman pertanyaan ane. Semisal punya akun di bukareksa dan bareksa, semisal kita beli rd lewat bukareksa, bakal nyambung ke akun bareksa ga ya?
0 0
0
profile picture
kaskus maniac
19-03-2019 13:22
Ngga gan,

akun nya tetap terpisah
1
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia