alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
07-02-2019 18:36
Karakter Gen Z, Nggak Bisa Lepas dari Internet
Karakter Gen Z, Nggak Bisa Lepas dari Internet
Foto: Adweek

Berawal dari tadi pagi ane lagi scrolling di Facebook terus baca salah satu post di Group yang ane join yakni tentang Generation Z. Dari berbagai source yang ane baca sih beda-beda ya bilangnya, ada yang bilang Gen Z itu lahir dari tahun 1995-2010, ada juga yang bilang dari tahun 1997-2015. Intinya di atas tahun 1994 itu udah bukan lagi Millennials, tapi Gen Z.

Meskipun tiap orang sifatnya beda-beda ya, tapi tiap generasi emang punya karakter sendiri, begitu juga Gen Z ini. Salah satu unsur yang bisa dianalisa adalah dalam hal media behaviour atau perilaku dalam menggunakan media. Lewat riset yang ditulis di post ini dan juga dari yang ane amati, berikut beberapa media behavior para Gen Z:

Sudah tidak lagi download MP3 di handphone

Karakter Gen Z, Nggak Bisa Lepas dari Internet

Beralih dari handphone ke smartphone, dengan memori yang sangat besar ternyata bukan dimanfaatkan untuk menyimpan banyak MP3 (bukan .3GP loh). Mereka lebih memilih subscribe ke aplikasi streaming musik kayak Spotify atau Joox. Beda dengan Gen X atau Millennials yang pada eranya internet belum secepat sekarang sehingga mengandalkan download di 3rd party apps alias bajakan ilegal (seringnya). Dengan para Gen X menggunakan aplikasi streaming musik berarti Gen X sudah tidak lagi mendukung pembajakan.

Lebih pilih streaming dibanding download film

Karakter Gen Z, Nggak Bisa Lepas dari Internet
Foto: Digital Trends

Kalau dulu ane sampe punya beli harddisk buat keperluan film dan drama Korea, lain halnya dengan Gen X sekarang. Meski mereka belum banyak yang langganan streaming film kayak Netflix, tapi mereka lebih milih nonton secara streaming di INDHOXIXIXI atau website nonton film lainnya, dibanding download karena menuh-menuhin harddisk. Ohya sekarang mereka juga lebih nonton lewat smartphone yang bisa on-the-go.

Baca berita lewat news aggregator

Karakter Gen Z, Nggak Bisa Lepas dari Internet

Sudah jarang yang membaca koran/majalah, mereka lebih memilih baca dari internet yakni melalui news aggregator semacam LINE Today karena LINE dipakai untuk chatting dan dari media sosial. Biasanya mereka baca majalah kalau lagi nunggu, di salon atau di rumah sakit saat ada majalah. Dari riset Tirto, semakin dewasa para generasi Z, mereka tidak lagi mengakses berita lewat koran dan televisi lagi.

Dari beberapa sumber yang ane baca sih karakternya kayak gitu gan, CMIIW ya gan dan kalo ada tambahan langsung komen aja yaa emoticon-Smilie
Terima kasih udah mampir ke thread ane ya gansist. emoticon-Toast
Sumber
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.