Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
9911
Lapor Hansip
28-09-2018 16:38

The Official One Piece Thread - Part 4 [Post Spoiler =Delete]

Quote:
The Official One Piece Thread


JUDUL
One Piece | ワンピース | Wan Pīsu

PENGARANG/ MANGAKA
Eiichiro Oda
The Official One Piece Thread - Part 4 [Post Spoiler =Delete] - Part 5

PENERBIT
Shonen Jump

GENRE
Battle Manga | Adventure | Comedy | Drama

TAHUN RILIS
1997

STATUS
On-Going

OFFICIAL WEB
https://one-piece.com/

SINOPSIS
Quote:
Dikisahkan seorang Raja Bajak Laut bernama Gold Roger yang konon telah memiliki segala kekuataan, kemashuran, dan kekayaan di dunia ini. Kata-kata terakhirnya sebelum dieksekusi, "Harta karunku? Ambillah… tapi carilah! Aku telah menyembunyikan semua yang aku miliki di tempat itu," telah mendorong ribuan orang untuk mengangkat bendera bajak laut. Dunia pun memasuk Era Emas Bajak Laut.

The Official One Piece Thread - Part 4 [Post Spoiler =Delete] - Part 5
King of Pirates, Gold Roger, pada hari eksekusinya

Satu dari ribuan orang tersebut adalah seorang bocah bernama Luffy. Berbekal sekoci kecil dan kekuatan buah iblis gomu gomu yang didapatnya secara tak sengaja, Luffy memulai petualangannya mengejar One Piece dan meraih gelar Raja Bajak Laut! Akankah Luffy berhasil meraih cita-citanya? Inilah kisah petualangan di laut, ONE PIECE!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DuaneAllman dan 82 lainnya memberi reputasi
-5
icon-close-thread
Thread sudah digembok
The Official One Piece Thread - Part 4 [Post Spoiler =Delete] - Part 5
29-09-2018 21:40
Entah kenapa ane jadi kepikiran soal Time Travel ke masa depan setelah ingat adegan di film Back To The Future 2.

Bukankah orang yang ke masa depan akan menemui dirinya juga di masa depan?

INI MENARIK, yuk ane coba bahas.

SEANDAINYA Kinemon dkk pergi ke masa 20 tahun ke depan dalam kondisi damai, maka akan timbul pertanyaan:

A. apakah Kinemon akan bertemu dengan dirinya versi 20 tahun ke depan? (kayak Nobita menemui dirinya di masa depan) ATAU
B. apakah Kinemon TIDAK menemukan dirinya di masa depan karena dirinya sendiri pergi ke masa depan sehingga dirinya saat ini tidak terjadi apa-apa selama 20 tahun ini

Apakah agan2 kepikiran mengenai 2 pertanyaan ini?

Untuk pertanyaan A akan jauh lebih rumit: jika Kinemon pergi ke masa depan 20 tahun kemudian dan bertemu dengan dirinya versi 20 tahun kemudian, apa yang terjadi selama masa 20 tahun ketika Kinemon mulai pergi ke masa depan? Kalau Kinemon ke masa depan 20 tahun kemudian, lalu siapa Kinemon versi 20 tahun kemudian yang ditemui Kinemon? Barangkali jawabannya: ini terjadi karena Kinemon bolak-balik ke masa depan-masa lalu sehingga masa depan 20 tahun kemudian adalah masa dimana Kinemon di masa ini melanjutkan hidupnya saat kembali di masanya selama 20 tahun. Lalu bagaimana jika Kinemon pergi ke masa depan 20 tahun kemudian dan memutuskan tidak kembali ke masanya? Jawabannya: bisa jadi Kinemon di 20 tahun ke depan akan hilang dan segalanya akan berubah terhadap hal-hal yang dilakukan Kinemon selama 20 tahun ini. Atau tidak akan hilang dan akan tetap begitu hanya saja akan ada dua versi Kinemon yaitu versi tua dan muda. Rumit? Ane juga bingung lho soal ini..............

Untuk pertanyaan B, inilah yang menyederhanakan persoalan. Apa pun yang terjadi, jika Kinemon pergi ke masa depan, maka waktu yang dihabiskan akan terbuang sia-sia dan dia akan melanjutkan hidupnya di 20 tahun ke depan itu. Inilah yang dimata ane mungkin terjadi di Wano. Jadi konsepnya sudah bukan dunia paralel lagi. Tapi ini masih asumsi kondisi damai.

Sekarang setelah memahami 2 kondisi pertanyaan tadi, kita masuk ke bahasan utama:

Dengan kondisi terkepung di kobaran api, maka jika Kinemon dkk tidak ke masa depan, maka mereka sudah pasti tewas. Melihat kondisi ini, maka pertanyaan A dan B bisa sama-sama melengkapi. Untuk konteks pertanyaan A, maka Kinemon dkk TIDAK akan bertemu dengan versi mereka lebih tua karena mereka sudah tewas............(ini jauh lebih membingungkan dan cenderung kurang masuk akal). Untuk konteks pertanyaan B, ini justru lebih mudah karena mereka bisa melewati masa depan tanpa mempengaruhi kondisi depan dengan ketidakhadiran mereka di masa lalu. Entah kenapa ane merasa disinilah letak kekuatan ke masa depan: andai benar ini kekuatan dari DF, mungkin kemampuannya hanya dapat digunakan jika objek yang akan dikirim ke masa depan tidak ada harapan hidup jika melanjutkan hidup di masanya, sehingga dikirimlah ke masa depan agar mereka bisa melanjutkan hidup di masa depan.

SANGAT RUMIT. Bahkan sepanjang ane baca One Piece, mungkin konsepnya tidak akan serumit ini. Barangkali di 920, Oda akan memberi penjelasan yang bisa menjelaskan berbagai hal. Beberapa pendapat agan dimari yang cukup baik diantaranya:

1. Portal waktu: ini PALING masuk akal dan menurut sebagian pendapat agan2 ini kekuatan ibunya Momo.........
2. Tidur panjang ala Kapten Amerika atau Avatar Aang atau dalam kisah Ashabul Kahfi: ini agak-agak maksa tapi bisa juga dengan catatan memori, fisik, dan kelakuan mereka tidak berubah selama 20 tahun? Mungkin ada kekuatan DF yang membuat mereka bisa seperti itu. Tapi tidur dimana? Inilah plot hole-nya kalo berpegang pada teori tidur panjang

Ya sejauh ini ane lebih memegang ada portal waktu yang membuat Kinemon dkk melompat ke masa depan sejauh 20 tahun. SELESAI.

Sengaja ane angkut bahasan ini buat memberi gambaran bahwa pergi ke masa depan juga sama rumitnya dengan masa lalu karena perubahan di masa depan bisa jadi memberi efek masa lalu yang mengubah masa depan emoticon-Wink

Bisa jadi kalo Kinemon dkk gak ke masa depan, mungkin SHP gak bisa menang melawan Kaido kan? Siapa coba yang jadi pemandu di Wano? Atau barangkali kalo Raizo gak ke masa depan, Zo mungkin gak diserang Jack.......dan SHP dan Law yang ke Zo mungkin persahabatnnya dengan mink tidak akan se-akrab sekarang. Dan kalau penduduk Zo tidak se-akrab sekarang, mungkin Sanji gagal direbut dari Big Mam karena boleh dibilang berkat jasa Pedro dan Carrot juga Sanji berhasil dibawa kembali???
0 0
0
profile picture
kaskuser
29-09-2018 21:49
0
profile picture
kaskus geek
29-09-2018 21:58
Sebetulnya emang se-simpel itu. Tapi ya.....ini One Piece sih, ane gak tau pemikiran Oda soal Time Travel apakah sama dengan Fujiko Fujio apa enggak (FYI, Oda dan Fujiko cukup akrab lho jadi bisa aja ide soal Time Travel terinspirasi juga dari Fujiko). Kalo berkaca dari Doraemon, Nobita saat masih anak-anak bertemu dengan Nobita dewasa di masa depan.

Jadi IMO, seperti yang ane katakan: kekuatan DF ini (kalo bener DF) hanya berfungsi jika objek yang dikirim memang tidak akan bertemu dengan dirinya sendiri di masa depan.

Kalo soal mengubah masa ini, jelas tidak akan berubah karena yang berpindah ke masa depan toh tidak berbuat apa-apa kan? Tapi ingat satu hal: ketidakhadiran seseorang di masanya jelas akan berbeda andai ada seseorang itu di masanya. CONTOH

- Misal jika Roger pergi ke masa depan sebelum dieksekusi, tentu era bajak laut tidak akan muncul kan?
- Jika Kinemon dkk tidak ke masa depan, tentu Zo tidak akan diserang Jack kan?

dll.............

Jadi apa yang terjadi selama selang 20 tahun sejak kepergian Kinemon dkk ke masa depan, jelas ada yang berubah yaitu masa ini dan mungkin saja akan berbeda andai Kinemon tidak ke masa depan............(atau begitulah kira-kira).

0
profile picture
kaskuser
29-09-2018 22:51
----
sorry baru belajar ngequote emoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskuser
29-09-2018 23:27
Mau bahas tipis aja.

Saat seorang pegarang mau buat buat cerita ttng time travel, dia harus memilih apakah mau 1 timeline saja, atau ada banyak timeline

Untuk pilihan 1 timeline, ada 2 opsi. Mau kaku atau mau fleksible.

Itu pilihan pengarang.

Makanya, kalo lompat ke masa depan, apakah akan ketemu diri sendiri atau tidak, tergantung pilihannya tadi.

Dragon ball memilih multi timeline.
Jelas sekali dalam kasus trunks di Arc Cell. Dia pergi ke masa lalu, beda time line. Lalu berhasil mngubahnya.
Lalu trunks balik lagi di timelinenya yg masih keadaan yg sama. Dan dia harus ttp berjuang mngubah nasib timeline nya sendiri.

The Official One Piece Thread - Part 4 [Post Spoiler =Delete] - Part 5

----------

Harry Potter, si tante JK rowling memilih pilihan 1 timeline saja. Dengan konsep kaku.
Artinya tak ada yg bisa diubah.
Harmione dan harry potter ke past , karena memang harus kesana. Di past itu dia dibutuhkan.
Buckbek si hipogrif sudah di selamatkan saat present harry oleh future harry. Nah pada saatnya nanti si present harru harus ke past untuk nyelamatin buckbek nya past harry.

The Official One Piece Thread - Part 4 [Post Spoiler =Delete] - Part 5

Sama dengan di film "time travel's wife"
Sistemnya sama dengan HP, 1 timeline dan kaku.
Kau harus ke past krn memang kau harus kesana.
Kau ke future krn kau harus kesana.
Tak ada yg berubah.
Saat ini amda kehilangan remote tv, future anda datang memberitahu kalo remote ada di bawah meja.
Anda suatunhari juga harus ke past untuk melakukan hal itu. Tak bisa menolak krn sudah takdir.

The Official One Piece Thread - Part 4 [Post Spoiler =Delete] - Part 5

----------

X men memilih 1 timeline juga. Tapi Dengan sifat fleksible.
Wolfrine ke masa lalu, lalu mengubah masa lalu, dan kembali ke waktu awal dengan perubahan2 yg bersinergi dengan apa yg diubah.

The Official One Piece Thread - Part 4 [Post Spoiler =Delete] - Part 5

1 timelime dengan sifat fleksible ada juga di Deadpool 2.
Si pennjelajah waktu mengubah masa lalu. Memang dia tidak diperlihatkan kembali ke future tp terlihat dr bonekanya bahwa anaknya tetap lahir dan tidak pernah terbakar. Artinya dia mengubah masa depan. Sistem 1 timeline yg fleksibel.

The Official One Piece Thread - Part 4 [Post Spoiler =Delete] - Part 5

Sama dengan film MIB.
1 timeline, fleksibel
Semua ke masa lau dan mengubahnya.
Lalu mempengaruhi masa depan.
Agen K hilang di preset krn ada alien yg datang ke past dan membunuhnya.

The Official One Piece Thread - Part 4 [Post Spoiler =Delete] - Part 5

---------
Saat ini, kita belum tau apa memang time travel aktif, atau time travel pasif seperti teori tidur panjang.

Kalo memang ini time travel aktif, kita juga belum tau apa konsepnya 1 timeline atau banyak timeline.

Jadi, semua time paradox masih bisa di suarakan dan dikeluhkan

------

Tambahan edit.

Untuk mengetahui apakah pengarang membuat 1 timeline atau banyak timeline.
Pengarang harus memperlihatkan pada kita kejadian saat si penjelajah waktu kembali ke waktu aslinya.
Agar mengurangi plot hole yg jelas bakal bertebaran kalo tidak diberitahu.

-------

Sebenarnya pertanyaan2 yg sejenis ini:
"Mengapa tidak kembali saja mencegah ini, kenapa tidak ke situ saja mencegah itu, dll"
Itu bukan plot hole.

Pengarang tinggal memberikan batasan saja, simple.
Kecuali oengarangnya kelas teri.

Liat deadpool 2.
Si deadpool bertanya "kenapa tidak ke masa yg lebih jauh lagi dan membunuh bayi hitler?"

Jawabannya "batrei"

Simple kan?
Walaupun dibalas sama deadpool dengan "lazy writing" tp yah itu bukan plothole. Sisa buat batasannya.

Plothole di cerita timetravel terjadi jika pengarang tidak menunjukkan apakah ini 1 timeline atau multi timeline. Apakah kaku atau fleksible.
Itu baru namanya pengarang yg tidak lincah.
4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia