News
Batal
KATEGORI
link has been copied
25
Lapor Hansip
26-07-2018 20:58

Mengenal Mosasaurus dan Tyrannosaurus rex

Mosasaurus Mosasaurus adalah genus dari mosasaur, sejenis kadal air yang telah punah. Genus ini hidup pada periode Cretaceous, sekitar 70-66 juta tahun yang lalu, di Eropa barat dan Amerika utara. Namanya berarti "kadal Meuse", karena fosil hewan ini ditemui didekat sungai Meuse. Mosasaurus pertama yang pernah ditemukan adalah, Mosasaurus hoffmannii, ditemukan di tambang didekat Maastricht, Belanda tahun 1770-an. ia merupakan salah satu hewan laut terbesar pada masanya bersama kerabat nya, Tylosaurus dan Hainosaurus. mosasaurus memiliki sirip depan yang lebih besar daripada sirip belakang. spesies terbesar diketahui ialah, M. hoffmannii yang dapat tumbuh sekitar 17 meter. lebih panjang dari kerabat nya Tylosaurus dan Hainosaurus. tengkorak nya lebih kuat dari pada mosasauridae lainnya, dan rahang bawah menempel sangat erat pada tengkorak. peneliti percaya bahwa mosasaurus hidup di sekitar permukaan laut, dimana mereka memangsa ikan,penyu,ammoni,mosasaurus yang lebih kecil,burung,pterosaurus, dan plesiosaurus. Hewan itu tetap selalu dekat dengan permukaan meskipun ia mampu menyelam kedalam laut, tetapi mungkin ia tidak berani ke perairan yang sangat dalam. Tengkorak dari Mosasaurus pendek dan berbentuk kerucut, dengan rahang dipersenjatai dengan gigi besar, tajam, dan berbentuk kerucut. Lengan mereka seperti dayung, mereka memiliki lima jari didepan dan empat dibelakang. dan dengan ekor yang kuat yang membantunya mereka bergerak daripada menggunakan sirip dayungnya. sumber: Wikipedia,info hewan prasejarah
 foto: Natural History Museum of Maastricht

Mengenal Mosasaurus dan Tyrannosaurus rexMengenal Mosasaurus dan Tyrannosaurus rexMengenal Mosasaurus dan Tyrannosaurus rex
Nama Tyrannosaurus rex berarti “raja kadal tiran” dengan “tyranno” berarti tiran dalam bahasa Yunani; “saurus” berarti kadal dalam bahasa Yunani, dan “rex” berarti raja dalam bahasa Latin.

Nama ini diberikan pada tahun 1905 oleh Henry Fairfield Osborn, presiden American Museum of Natural History pada saat itu.
T. rex merupakan anggota dari keluarga Tyrannosauroidea atau dinosaurus predator besar dengan lengan depan kecil dan memiliki dua jari.
Selain Tyrannosauridae, genera tyrannosaurid lainnya meliputi Albertosaurus, Alectrosaurus, Alioramus, Chingkankousaurus, Daspletosaurus, Eotyrannus, Gorgosaurus, Nanotyrannus, Prodeinodon dan Tarbosaurus.
Sosok Mengesankan
Kerangka T. rex terbesar dan paling lengkap yang pernah ditemukan dijuluki Sue, diambil dari nama penemunya, ahli paleontologi Sue Hendrickson.
Pengukuran Sue menyimpulkan T. rex adalah salah satu dinosaurus karnivora terbesar yang pernah hidup, memiliki tinggi 4 meter hingga pinggul dan panjang 12,3 m. Selain itu, makhluk ini diperkirakan memiliki berat 8,2 ton.
T. rex memiliki paha dan ekor yang kuat untuk mengimbangi kepala yang besar (tengkorak Sue memiliki panjang 1,5 m). Hewan buas ini diperkirakan mampu berlari dengan kecepatan 17-40 km/jam.
Lengan depan T. rex memiliki dua jari yang lemah, sehingga tidak mungkin digunakan untuk membunuh atau menyorongkan makanan ke mulutnya.

Berdasar hal ini, T. rex mengandalkan mulutnya yang besar untuk membunuh mangsanya, dengan fungsi lengan depan hingga kini masih belum diketahui secara pasti.
Menurut hasil studi, dinosaurus ini memiliki gigitan terkuat dari setiap hewan darat yang pernah hidup.
Gigitan T. rex diperkirakan memiliki kekuatan 57.000 Newton atau setara dengan kekuatan gajah ukuran medium yang sedang duduk.
T. rex memiliki mulut penuh dengan gigi bergerigi hingga mencapai panjang 30 cm dan merupakan gigi dinosaurus karnivora terbesar yang pernah ditemukan.
Tidak semua gigi dinosaurus memiliki fungsi yang sama. Secara khusus, gigi depan berfungsi mencengkeram dan menarik mangsa; gigi samping merobek daging; dan gigi belakang memotong daging sebelum ditelan.
Makanan T. rex
T. rex merupakan karnivora besar dan terutama makan dinosaurus herbivora, termasuk Edmontosaurus dan Triceratops.
Sang predator dipercaya memperoleh makanan dengan berburu, namun bersedia pula memakan dinosaurus yang sudah mati.
Para ilmuwan belum yakin apakah T-rex berburu sendiri atau berburu dalam kelompok.
Kapan dan Dimana T. rex Hidup?
Fosil T. rex yang ditemukan dalam berbagai formasi batuan berasal dari masa Maastrichtian dari periode Cretaceous akhir yang berlangsung 67 juta – 65 juta tahun yang lalu atau menjelang akhir Era Mesozoikum.
T. rex merupakan salah satu dinosaurus non-unggas terakhir yang hidup sebelum peristiwa kepunahan Cretaceous-Paleogen yang memusnahkan dinosaurus.
Memiliki mobilitas lebih tinggi dibandingkan banyak dinosaurus darat lainnya, T. rex berkeliaran di seluruh wilayah barat Amerika Utara, saat daratan ini dinamakan sebagai Laramidia.
Penemuan Fosil
Lebih dari 50 kerangka T. rex telah digali. Beberapa dari kerangka ini hampir utuh dan setidaknya satu kerangka masih memiliki jaringan lunak dan protein.
Pemburu fosil, Barnum Brown, menemukan kerangka parsial pertama T-rex di Hell Creek Formation, Montana, pada tahun 1902.
Dia kemudian menjual spesimen ini ke Carnegie Museum of Natural History di Pittsburgh. Fosil T. rex lain yang ditemukannya dipamerkan di American Museum of Natural History di New York.
Mengenal Mosasaurus dan Tyrannosaurus rexMengenal Mosasaurus dan Tyrannosaurus rexMengenal Mosasaurus dan Tyrannosaurus rexMengenal Mosasaurus dan Tyrannosaurus rex
Sc : Amazine
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dellesology dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Mengenal Mosasaurus dan Tyrannosaurus rex
05-08-2018 20:12
Balasan post ableseaman
Quote:Original Posted By ableseaman
masih nenek moyang ya komodo kali ya, Tyrannosaurus rex. Binatang purba yg mengerikan mgk pada jaman ya.

emoticon-Rate 5 Star nice inpo gan

Gak lah.
T-rex itu dinosaurus theropod.
Lebih dekat ke unggas ketimbang komodo.
3 0
3
profile picture
kaskus addict
11-02-2020 14:29
ntah lah klo kejauhan emang mirip ayam deh... coba ayam dibabat bulunya trus disuruh jalan... wakakkaka
0
profile picture
kaskus freak
11-02-2020 14:39
Bentuk tungkai depan beda.
bentuk rahang beda dengan paruh.

Kalau Velociraptor, nah, itu mungkin sekilas lebih mirip unggas ketimbang mirip T-rex mini.
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia