Ini Dia Istilah Asing di Dunia Digital Marketing Sesuai Abjad yang Harus Agan Tahu!
TS
mariathalia
Ini Dia Istilah Asing di Dunia Digital Marketing Sesuai Abjad yang Harus Agan Tahu!
Agan sista pasti tau kan kalau ada banyak sekali istilah dalam dunia digital marketing yang asing di telinga?
Nggak basa basi deh, gan sis, daripada penasaran, yuk, kita bahas satu persatu istilah-istilah yang sering digunakan di dunia digital marketing sesuai abjad.
Spoiler for A:
A/B Testing
Ketika kita menjalankan suatu pengujian dengan menggunakan 2 konten/atribut (A dan B) yang berbeda dalam 1 waktu, dimana konten yang memberikan konversi paling banyak akan dipilih sebagai konten utama.
API (Application Programming Interface)
Merupakan interface dari aplikasi penghubung antara 1 aplikasi dengan aplikasi lainnya.
AdSense dan AdWords
Layanan dari Google untuk pengiklanan konten kita pada platform Google.
AutoResponder
Program aplikasi yang dirancang untuk melakukan tanggapan secara otomatis berupa pesan, atau komentar terhadap email yang telah diterima.
Analytic
Sejumlah data yang berasal dari hasil konversi terhadap suatu konten. Jika di dalam email marketing, dapat berupa jumlah email yang dibuka, email yang diklik, atau yang lainnya.
Spoiler for B:
Backlink
Link atau tautan yang mengarah ke website kita yang terdapat pada website lain. Backlinksangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan rank dari website kita, sehingga akan lebih mudah ditemukan di web browser.
Bulk mail
Sejumlah email yang memiliki konten yang sama persis yang dikirimkan ke banyak penerima email sekaligus.
Spoiler for C:
Content Aggregator
Suatu pihak ataupun individu yang mengumpulkan konten-konten dari berbagai sumber secara online.
Campaign
Berbagai aksi-aksi yang merupakan implementasi dari rencana marketing yang telah dirancang sebelumnya.
Conversion
Saat target audiens telah menjadi pelanggan yang berbayar terhadap perusahaan.
Crawler
Suatu program yang bertugas untuk menjelajahi suatu web dengan tujuan indexingkonten yang ada di internet.
Crowdsourcing
Pendanaan massal terhadap suatu proyek yang akan dijalankan melalui online.
Customer Acquisition
Ketika suatu bisnis terfokus terhadap pencarian pelanggan baru.
Spoiler for D:
Data-driven Segala sesuatu yang direncanakan atau diaplikasikan berdasarkan data yang ada, tidak hanya asumsi.
Spoiler for E:
E-Commerce
Suatu konsep yang menjelaskan tentang transaksi jual beli barang/jasa secara digital/online.
Email Marketing
Salah satu channel marketing yang memanfaatkan email sebagai platform untuk mengirimkan konten marketing dan tetap berhubungan dengan pelanggan.
Spoiler for F:
Form Fill Suatu form untuk diisi oleh audiens sebagai tanda subscribe atau opt-in.
Spoiler for G:
Geo-Location
Suatu fitur untuk memasukan lokasi dimana kita mempublish suatu konten, atau mengetahui lokasi audiens dalam melakukan pengisian maupun mengakses konten.
GDPR (General Data Protection Regulation)
Peraturan yang melindungi data dan informasi pribadi penduduk Uni Eropa, berlaku sejak Mei 2018 lalu.
Spoiler for H:
HTML Email Suatu email dengan format html untuk membuat email yang dikirimkan lebih bervariasi karena tidak menggunakan default dari penyedia layanan email.
Spoiler for J:
Inbound
Suatu aktivitas marketing yang bertujuan untuk menarik konsumen ataupun calon konsumen.
Impression
Istilah yang dipakai pada iklan digital untuk berapa kali iklan ditayangkan
Spoiler for K:
Keyword (kata kunci)
Sebuah/kumpulan kata atau frasa yang digunakan untuk mencari sesuatu pada web browser.
Keyword Density
Persentase dari seberapa sering keywordtersebut muncul dalam suatu website dari keseluruhan kata yang sering muncul.
Keyword Stuffing
Ketika suatu situs menggunakan keywordterlalu sering dalam suatu konten dengan tujuan untuk “mengakali” search engine untuk pengindeks-an.
Spoiler for S:
Lead
Pelanggan yang memiliki potensi untuk melakukan transaksi apapun dengan kita.
Link Building
Proses untuk meningkatkan kualitas website pada web browser dengan cara membuat backlink sebanyak-banyaknya.
Spoiler for M:
Multichannel Marketing
Salah satu jenis marketing yang mengandalkan ketersediaan transaksi dari berbagai platformbaik offline maupun online.
Meta
Elemen yang ada pada HTML web sebagai sarana untuk memberi informasi meta data pada suatu halaman. Terdapat juga beberapa jenis meta seperti tag, description dan keywords.
Spoiler for N:
Nofollow Sebuah atribut pada HTML yang dapat memberi informasi pada crawler web bahwa elemen yang dipilih tidak akan dihubungkan untuk kepentingan SEO.
Spoiler for O:
Outbound Link
Hampir sama dengan inbound link, namun linktersebut mengarahkan ke website lain.
Organic Search
Daftar hasil pencarian yang murni menampilkan urutan konten-konten yang berhubungan dengan keyword yang digunakan dan tidak menggunakan iklan.
Spoiler for P:
Plugin
Komponen dari suatu aplikasi/software untuk menambahkan fitur tertentu aplikasi yang sudah ada.
Page Rank
Peringkat, nilai dari suatu website berdasarkan web browser Google menurut indikator-indikator tertentu.
Pay-per-click
Aturan yang ada pada digital advertisingdimana pembayaran iklan dilakukan setiap konten iklan tersebut diklik.
Spoiler for Q:
Quality score Nilai dari Google Adwords untuk menilai kualitas dan relevansi keyword yang digunakan terhadap konten.
Spoiler for R:
Referral
Salah satu komponen dalam Google Analytics yang berisi mengenai berapa kali website kita dikunjungi melalui backlink.
Remarketing
Ketika menampilkan iklan berbayar yang memiliki konten relevan terhadap pengunjung pada suatu situs.
Spoiler for S:
Search Engine
Mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dll.
SEM (Search Engine Marketing)
Segala aktivitas digital marketing yang memanfaatkan mesin pencari.
SEO (Search Engine Optimization)
Proses untuk meningkatkan performa dari suatu website sehingga mudah untuk ditemukan oleh mesin pencari.
SERP (Search Engine Result Page)
Halaman yang menampilkan hasil dari pencarian pada mesin pencari.
Spoiler for T:
Tracking Code Sebuah kode skrip yang biasanya terdapat pada header/footer dengan tujuan untuk mengumpulkan informasi.
Spoiler for U:
Unique Visitors Elemen yang biasa terdapat pada Analytics yang menggambarkan berapa kali website kita dikunjungi oleh pengunjung unique (bukan pengunjung lama).
Spoiler for V:
Visit
Setiap ada audiens yang mengunjungi website kita.
Visitor
Pengunjung dari website kita.
Spoiler for W:
Web Hosting Penyedia server agar website kita dapat diakses oleh banyak audiens menggunakan internet.
Istilah-istilah di atas merupakan beberapa istilah yang perlu diketahui oleh para pelaku digital marketing. Menjadi digital marketer sebenarnya bukan hal yang cukup sulit atau rumit. Tapi, seorang digital marketer sebaiknya memahami konsep bisnis, dan familiar terhadap tools serta teknologi yang akan digunakan.
Untuk lengkapnya agan sista bisa cek di blogMailTarget langsung aja gan biar makin mantap!!
Semoga informasinya bermanfaat ya, gan. Jangan lupa kasih bagi cendolnya ya, gan!
1
2K
Kutip
11
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!