claudiayukyAvatar border
TS
claudiayuky
Nih Yang Mau Tahu Darimana GOJEK Mendapat Keuntungan Gan ^^


Bagaimana Gojek Mendapatkan Keuntungan?


Waktu pertama-tama layanan Gojek keluar, saya termasuk orang pertama yang menggunakan.

Ketika itu harganya masih Rp 10ribu kalau ga salah.

Jelas harga Gojek sangat bersaing dibanding harga Ojek Pangkalan (khususnya untuk jarak menengah – jauh). 

Setelah beberapa kali naik, saya jadi mikir..ini perusahaan Gojek dapat untung dari mana ya? kalau pelanggan cuma bayar 10 atau 15 ribu untuk jarak yang lumayan jauh itu. 

Kalau saya hitung bensin, tenaga, layanan aplikasi, profit, modal awal dsb.. kayanya ga akan untung2 nih si Gojek hehehe.

Tapi seiring waktu, saya coba mempelajari bisnis model dari Gojek ini.. dan di bawah ini adalah analisa saya mengenai bagaimana (kemungkinan) Gojek mendapat keuntungan :
  • Gojek Apps as Advertising Media/Channel : Jumlah user aplikasi Gojek semakin banyak, maka seiring peningkatan jumlah ini menjadikan aplikasi Gojek sebagai salah satu channel/media beriklan yang potensial, karena akan ada banyak orang yang bisa terekspos dengan iklan yang dipasang di dalam aplikasi ini. A

    • Analogi simple nya adalah semakin tinggi rating sebuah program TV (artinya yang nonton makin banyak) maka pengiklan akan semakin mempertimbangkan program tersebut untuk menjadi channel beriklan produk/jasa dia.. dan peningkatan jumlah penonton tersebut juga berarti peningkatan harga/rate setiap pemasangan iklan.
    • (Kita belum bicara pemasangan iklan berdasarkan demography pengguna aplikasi atau target group dari suatu brand ya)


  • [size={defaultattr}]Go-Ride Feature Reveals the Location Heatmap : Ketika user menggunakan aplikasi Go-ride maka tentu akan diminta untuk mengisi atau menyebutkan lokasi mereka + tujuan mereka. Kegiatan ini dilakukan di dalam apps, artinya rute-rute tersebut masuk ke dalam database perusahaan Gojek dan Gojek mempunyai data, jalur-jalur mana saja yang sering dilalui pelangganya dan di jam berapa. Lalu cari untungnya gimana? untuk perusahaan pengiklan atau penyedia jasa billboard, informasi rute konsumen adalah data yang sangat berharga. dari sini mereka bisa membuat estimasi RoI (Return of Investment).[/size]
  • [size={defaultattr}]Go-Mart Reveals Consumers Product Usership : Konsepnya sama dengan Go-Ride. Semua transaksi pembelanjaan barang yang dilakukan akan tersimpan di database GoJek. Data yang bisa digali sangat banyak :[/size]

    • Kategori produk yang dibeli (produk pembersih badan, sabun cuci, snack, roti, beras, dll)
    • Brand atau merknya (Unilev#er, P#G, Ind#food, dll)
    • Waktu pembelian (tanggal berapa, jam berapa, channelnya apa : traditional atau modern dll)
    • dari sini sudah kebayang dong.. apa yang bisa didapat dari data tersebut..

  • [size={defaultattr}]Go-Food Reveals Consumers’ Food Consumption and Brand Behavior: konsepnya sama seperti point nomor 3 , tinggal diganti yang ini dengan produk makanan. [/size]
  • [size={defaultattr}]GoJek will receive profit from Telco companyAplikasi GoJek digunakan dengan menggunakan Data. Semakin banyak jumlah aplikasi yang didownload maka otomatis akan bertambah sering juga.penggunaannya. Dan semakin sering penggunaannya maka akan semakin banyak data yang terpakai, hal ini akan memberi keuntungan bagi perusahaan Telco, dan GoJek bisa mendapatkan revenue sharing dari sini. Bahkan salah satu Telco provider, Tel#omsel sekarang sudah menjalin kerjasama dengan GoJek.. caranya adalah mensuplai/menjadikan kartu telkomsel  sebagai kartunya si abang Gojek. Hal ini sangat efektif karena sudah pasti penggunaan data dari telkomsel akan semakin meningkat, belum lagi efek snowballnya ke peningkatan volume call dan sms dari kartu Tel#omsel tersebut.[/size]

Mungkin sampai disini akan ada pertanyaan.. kan daritadi disebut bahwa data ini akan sangat berguna bagi perusahaan penyedia barang/ jasa, pengiklan dan juga penyedia jasa billboard.. sedangkan biasanya setiap produk ataupun campaign itu biasanya (harusnya) punya target group yang jelas, nah apakah GOJEK bisa menyediakan profil demography dari konsumennya? jawabannya BISA.

Misal Perusahaan XYZ mengeluarkan produk A (Sebuah produk pembersih wajah pria) dan dia mau beriklan di GOjek. Sasaran produk dia adalah pria, pekerja yang tinggal di sub urbs Jakarta, berasal dari ekonomi AB, pemakai produk kebersihan muka, rutin naik ojek. Pertanyaan yang muncul :
  • Apakah Gojek bisa meyakinkan perusahaan XYZ bahwa iklan produk A akan  dilihat target konsumen yang tepat?
  • Jika jawaban point 1 adalah ya, apakah GOjek bisa menyajikan perhitungan seberapa banyak iklannya dilihat (OTS – Opportunity To See)
  • Jawab : (kaya ujian ya hehe.. )

Pertama, GOJek akan melakukan segmentasi / profiling user aplikasinya. Hal ini bisa dilakukan dengan ..
  • Inget ga step2 waktu kita mau install apps ini..?? kita masuk ke playstore, cari aplikasinya, ketika mau pasang maka akan muncul pop up box di layar yang intinya kalau anda mau pasang apps tersebut maka dia minta izin akses ke : identitas, foto, kamera, dsb.
  • Nah itu cara pertama mereka dapat profiling pengguna aplikasi mereka
  • Cara kedua adalah dengan memperhatikan behavior dan produk2 yang dibeli si pengguna aplikasi. GOJEK punya GOmart, GOFood, GoGlam, GOBusway dan lain2. data- data yang dihasilkan dari fitur ini akan dapat memberikan gambaran strata ekonomi si pengguna aplikasi. Misal : orang yang ketahuan rutin beli produk mahal, pergi ke mall2 kelas atas, sering pesen layanan pedi medi, belinya makanan yang mahal2 bisa dikategorikan sebagai konsumen SES A.
  • Perhitungan atau pembuatan demography ini biasanya dilakukan dengan algoritma-algoritma tertentu. (jangan Tanya saya detailnya ya hehehe)


Nah data profiling/demography ini jadi base awal.

Selanjutnya tinggal dicocokkan dengan kebutuhan client si Gojek.

Kalau ambil case perusahaan XYZ di atas dan dikombinasikan dengan penjelasan saya di atas, maka kedua pertanyaan tersebut akan dengan mudah disediakan jawabannya.
 
Semoga tulisan sederhana dan acak-acakan ini bisa memberikan manfaat bagi pembaca. Kalau ada yang mau kasih komentar, masukkan atau sanggahan atau misal ada orang GoJek yang baca dan punya pendapat tambahan atau berbeda boleh loh hehee..


Sumber : 
Spoiler for https://williamskusumablog.wordpress.com/2016/01/05/bagaimana-gojek-mendapatkan-keuntungan/:

0
32K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Tampilkan semua post
claudiayukyAvatar border
TS
claudiayuky
#18
Quote:


buanyak kak
0
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.