Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BISNISGUYAvatar border
TS
BISNISGUY
KITAB AL AJNAS karya Sayyid Asif bin Barkhoya
Mohon ijin para momod & sesepuh sekalian.
sepengetahuan ane, pembahasan tentang kitab Al Ajnas baru ada di web lain. Jadi ane coba share kusus anggota kaskus.
Mohon diterjemahkan & dibedah supaya ada manfaatnya bagi warga kaskus.
KITAB AL AJNAS karya Sayyid Asif bin Barkhoya]
KITAB AL AJNAS karya Sayyid Asif bin Barkhoya
Kitab Al- Ajnas merupakan salah satu kitab hikmah tertua di dunia yang berusia sekitar5000 tahun,
kitab ini di susun oleh wajir / menteri Nabi sulaiman AS yang bernama SayyidinaAsif Bin Barkhoya,

Asif bin Barkhiya (آصف بن برخيا), Asif dengan huruf sod (ص) bukan sin (س). Beliau ialah anak saudara (belah perempuan) Nabi Sulaiman ASW atau sepupunya. Bertugas sebagai penulis di zaman pemerintahan Nabi Sulaiman ASW sekaligus menteri. Juga sebagai kawan rapat dan pengawal Nabi Sulaiman yang sentiasa mengikut ke mana Nabi Sulaiman pergi dan beliau antara perunding/jurucakap utama bagi kerajaan Nabi Sulaiman ASW.
Seorang yang soleh, abid dan dikatakan mengetahui Ismu Allah yang Maha Agung sehingga amat mustajab doanya. Setengah riwayat nama beliau ialah Astum (أسطوم), Yalikha (يليخا), Natura (ناطورا), Asaf (أساف), Barkiyah (بركية), dalam Ibrani disebut Benyahu (بنياهو). Manusia dari kaum Bani Israel bukan golongan jin.


Beliaulah yang memindahkan Istana Ratu Balqis dari Kerajaan Saba’, Yaman ke Palestin dengan doanya yang mengandungi Ismu Allah yang Maha Agung. Kisah ini dirakamkan dalam al-Quran, Surah al-Naml ayat 38-41:

قَالَ يَا أَيهَا الْمَلأ أَيكُمْ يَأْتِينِي بِعَرْشِهَا قَبْلَ أَنْ يَأْتُونِي مُسْلِمِينَ (٣٨) قَالَ عِفْريتٌ مِنَ الْجِن أَنَا آتِيكَ بِهِ قَبْلَ أَنْ تَقُومَ مِنْ مَقَامِكَ وَإِني عَلَيْهِ لَقَوِي أَمِينٌ (٣٩) قَالَ الذِي عِنْدَهُ عِلْمٌ مِنَ الْكِتَابِ أَنَا آتِيكَ بِهِ قَبْلَ أَنْ يَرْتَد إِلَيْكَ طَرْفُكَ فَلَما رَآهُ مُسْتَقِرا عِنْدَهُ قَالَ هَذَا مِنْ فَضْلِ رَبي لِيَبْلُوَنِي أَأَشْكُرُ أَمْ أَكْفُرُ وَمَنْ شَكَرَ فَإِنمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِ وَمَنْ كَفَرَ فَإِن رَبي غَنِي كَرِيمٌ (٤٠) قَالَ نَكرُوا لَهَا عَرْشَهَا نَنْظُرْ أَتَهْتَدِي أَمْ تَكُونُ مِنَ الذِينَ لا يَهْتَدُونَ (٤١)

Artinya: Nabi Sulaiman berkata pula (kepada golongan bijak pandainya): “Wahai pegawai-pegawaiku, siapakah di antara kamu Yang dapat membawa kepadaKu singgahsananya sebelum mereka datang mengadapku Dalam keadaan berserah diri memeluk Islam?”
Berkatalah Ifrit dari golongan jin: “Aku akan membawakannya kepadamu sebelum Engkau bangun dari tempat dudukmu, dan Sesungguhnya Aku amatlah kuat gagah untuk membawanya, lagi amanah”. Berkata pula seorang Yang mempunyai ilmu pengetahuan dari Kitab Allah: “Aku akan membawakannya kepadamu Dalam sekelip mata!” setelah Nabi Sulaiman melihat singgahsana itu terletak di sisiNya, berkatalah ia: “Ini ialah dari limpah kurnia Tuhanku, untuk mengujiku Adakah Aku bersyukur atau Aku tidak mengenangkan nikmat pemberianNya. dan (sebenarnya) sesiapa Yang bersyukur maka faedah syukurnya itu hanyalah terpulang kepada dirinya sendiri, dan sesiapa Yang tidak bersyukur (maka tidaklah menjadi hal kepada Allah), kerana Sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya, lagi Maha Pemurah”.
abi Sulaiman berkata pula (kepada orang-orangnya): “Ubahkanlah keadaan singgahsananya itu, supaya kita melihat Adakah ia dapat mencapai pengetahuan Yang sebenar (untuk mengenal singgahsananya itu) atau ia termasuk Dalam golongan Yang tidak dapat mencapai pengetahuan Yang demikian”.

Mula-mula jin ifrit yang menawar diri tapi masih lambat kerana Asif menawarkan diri dengan kerlipan mata Nabi Sulaiman saja sudah sampai Istana Balqis. Ini menunjukkan bila mana seorang manusia itu menjadi seorang yang alim, soleh dan berilmu maka ia akan menjadi lebih hebat dari jin. Kisah ini boleh dirujuk dalam kitab tafsir yang menjelaskan orang yang mempunyai ilmu pengetahuan dari kitab Allah ialah Asif bin Barkhiya.


Tentang apakah doanya itu, kata Mujahid r.h:

يا ذا الجلال والإكرام.

Manakala Zuhri r.h berkata:

يا إلَهَنَا وَإلَهَ كُل شَيْءٍ، إلَهًا وَاحِدًا، لا إله إلا أنت، اِئْتِنِي بِعَرْشِهَا.

Artinya: Wahai Tuhan kam, tuhan kepada semua makhluk, tuhan yang esa, tiada tuhan selain Allah. Datangkan kepadaku istana Balqis.

NAMUN ADA PENAFSIRAN LAIN TENTANG BELIAU.

Isi kitab ini terdiri dari 188 bab ilmu hikmah yang sangat langka sekali, walaupun terdpt kontroversi dikalangan umat islam.
Disini saya sajikan aslinya isi kitab seluruhnya, untuk terjemahannya msh dlam proses. Jadi silahkan diterjemahkan bagi yang faham ilmu arab gundul sehingga anggota supra mendapat manfaatnya.


Spoiler for contoh isi bbrp halaman ::


Diubah oleh BISNISGUY 27-12-2017 14:57
nyamuknak4l
midnighttalk
midnighttalk dan nyamuknak4l memberi reputasi
2
181.6K
170
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Supranatural
SupranaturalKASKUS Official
15.6KThread10.9KAnggota
Tampilkan semua post
BISNISGUYAvatar border
TS
BISNISGUY
#65
Quote:


beribu ribu trimakasih master atas koreksi & ilmunya...

ini asli dari kitabnya:
KITAB AL AJNAS karya Sayyid Asif bin Barkhoya

ini latinnya hasil koreksi, hanya maaf huruf w,y,H masih saya tulis sesuai hurufnya biar tahu awal huruf arabnya untuk orang awam seperti saya...

Ajiibniy yaa abaalhakam wa anta yaa hisaam wa anta yaa Huw Hir wa anta yaa syahniyt yaa mushfirosh yaa ‘ibaadallaH ashoolihiyn aynamaa takuwnuw ya’ti bikumullaHu jamiy’aan innallaHa ‘alaa kulli syay’in qodiyr

Artinya:
" Dengan (Keberkatan Lillah) padaku (melalui ke-Istimewaan) kalian Wahai Para pemilik Kebajikan, yg memiliki Kemurahan hati (tuk menolong), yg memiliki perlindungan (sifat Amaanillah), yg terus menerus (menjalankan perintah Illahi/Khusyuk), wahai yg melakukan perjalanan Riuhaniy/spiritual, wahai Hamba2 Allah yg Ta'at/benar.Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu"

Quote:


menurut saya ini sangattttt pentinggg & perlu diketahui oleh umat islam umumnya... sehingga mereka tahu sebab & musabab yg terjadi di bumi..

oleh karenanya mohon penjabaran dari master & sesepuh disini....


seperti katanya:

Di Dalam Kitab JAWAHIRUL LAMA'AH diterangkan "Telah berkata As-Syeikh Al-'Aerif billah Qutbul Wujud Ibnu 'Arobi Al-Hatimi At-To i Al-Andalusy R.A " Sesungguhnya Qutub ( Salah satu Maqom/pangkat Waliyulloh ) yang dinamakan Ghauts tinggal dan menetap Di Mekkah Al-Mukarromah, Wali Abdal dan Rijalul Ghoib tersebar di seluruh jihat ( Arah Mata Angin untuk ke baikan alam , Dan Wali Abdal adalah 7 lelaki yang nasabnya sampai pada Rosululloh S.A.W ( Alloh S.W.T menurunkan Wali Abdal dalam 1 Abad 7 orang yg apabila meninggal digantikan dengan Wali Abdal Lainnya ), Maka seharusnyalah seseorang yang di timpa oleh suatu perkara yg sukar agar supaya menghadap ke Arah mereka ( Rijalul Ghoib ) sambil membaca Istighosah Rizalul Ghoib.

Berikut di bawah ini 8 arah rizalul Ghoib dengan tanggalnya ( Hijriyyah ) beserta Istighosahnya :

1. Timur tgl 7, 14, 22, 29

2. Barat Tgl 4, 12, 19, 28

3. Utara Tgl 2, 15, 23, 30

4. Selatan Tgl 8, 11, 18, 26

5. Barat Daya 3, 10, 17, 25

6. Barat Laut Tgl 5, 13, 20

7. Timur Laut Tgl 28, 21,6

8. Tenggara 1, 9, 16, 24

Contoh tgl 1 muharram rijalul Ghoib berkumpul di tenggara, maka apabila anda ingin mengamalkan sesuatu amalan atau pekerjaan apa saja yang baik mintalah bantuan pada rijalul ghoib dengan menghadap Arahnya ( Tenggara kalau tgl ! ) sambil membaca Istighosah Rizalul Ghoib,Insya Alloh Para Wali Qutub, Rizalul Ghoib,Abdal ,Autad Nuqoba', Nujaba' Ghauts, Akan membantu anda dalam hajat/perkara2 yang sukar.
Inilah yang di maksud Istighosah Rijalul Ghoib :

ASSALAMU ALAIKUM YA RIZALAL GHOIBI YA AYYUHAL ARWAHUL MUQODDASTI AGITSUUNI BI GHOUTSATIN WAN DZURUUNI BINADZROTIN YA RUQOBA' YA NUQOBA' YA NUJABA' YA ABDALA YA AUTADA YA GOUTSA YA QUTBA AGITSUUNI BI HAQQI SAYYIDINA MUHAMMADIN SOLLALLOHU ALIHI WA SALLAM.

Istighosah diatas di baca sambil menghadap arahnya sesuai tanggal, Sesudah itu kembali lagi menghadap Qiblat kalau sedang membaca suatu amalan

Seperti juga katanya:
Malaikat Khodam Hari


Minggu - RUKOYAIL
Senin - JABROIL
Selasa - SAMSOMAIL
Rabu - MIKAIL
Kamis - SORFIYATIL
Jum’at - ANYAIL
Sabtu - KASIFYAIL

Mohon penjabaran & koreksinya kebenaran & salahnya... sehingga umat islam tidak salah & mengetahui sebenarnya kejadian juga faktanya.
Beribu-ribu terimakasih sebelumnya.
0
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.