- Beranda
- Surat Pembaca
Sangat kecewa dengan indosat!
...
TS
robin_ryu
Sangat kecewa dengan indosat!
sebelum kalian posting minta bukti tolong klik spoilernya dahulu
Spoiler for pelajari lebih lanjut tujuan utama dari sebuah pembuktian:
Disini saya ingin menyampaikan kekecewaan saya terhadap layanan indosat baik dari segi jaringan maupun customer care mereka.
Awalnya saya membeli no cantik 0857 7300 7300 yang cukup mahal untuk dijadikan sms center pada tahun sekitar 2010-2011 dikarenakan saat ini im3 lah yang memiliki paket sms paling baik, namun setelah toko saya tutup, saya menggantikan no pribadi saya yang mirip2 yaitu 0821 2900 2800 dikarenakan no im3 tersebut lebih baik.
Saat itu masih jaman blackberry jadi signalnya masih cukup bagus dikarenakan bb dakota memiliki penerima yang jauh lebih baik daripada smartphone saat ini, masalah pun datang ketika kita beralih ke smartphone seperti ios dan android dimana signal im3 sangat buruk di lokasi saya, boleh dibilang terburuk bahkan apabila dibandingkan dengan XL , namun karena saya pribadi jarang menggunakan panggilan dan saat itu im3 masih memiliki paket internet murah yang hanya 20-30rban per bulan, maka saya merasa tidak begitu bermasalah dimana saya menggunakan wifi, dan paket data kecil hanya untuk keperluan apabila saya sedang diluar.
seiring waktu, paket tersebut hilang dan tidak ada paket kecil lagi sejak saat 4g diimplementasikan, awalnya saya berharap 4g dapat memberikan perbaikan dalam sisi signal, namun sayang sekali hanya sedikit lebih baik , sebagai info im3 lebih sering no service ketika saya berada di lantai 1 , 4G 1-2batang ketika saya berada di lantai 2, bahkan sulit mendapatkan 4g ketika saya berada di kamar saya yang terletak di lantai 2 , bahkan sebelumnya saya pernah melaporkan perihal ini ke pihak im3 melalui aplikasi qlue mengenai signal 4g yang hanya 2 batang saja meskipun di luar jalanan, namun oleh team support hanya dibantu reset system dr sisi mereka, yang dimana saya sendiri juga pernah berkerja di ISP, jadi saya tau persis permasalahan ada pada bts mereka, namun yah sudahlah.
dikarenakan buruknya signal dilokasi saya, akhirnya saya menambah 1 buah sim telkomsel untuk keperluan data , sebetulnya jaringan mereka cukup untuk browsing, tp sangat tidak stabil jadi tidak dapat digunakan untuk gaming, sedangkan keperluan data diluar biasanya untuk bermain game bersama teman2 atau keluarga, oleh karena itu saya jadi lebih sering mematikan sim im3 untuk menghemat baterai saya, serta pulsa hanya digunakan untuk sms token dan sebagainya dikarenakan saya tidak berlangganan paket data lagi.
setelah sekian lama, bulan lalu ini saya bahkan tidak sadar bahwa no saya sedang dalam masa tenggang dikarenakan saya tidak pernah menggunakannya untuk panggilan / sms / berlanganan data sampai tanggal 13 desember kemarin saya masih tidak menyadarinya dimana saya masih membaca beberapa pesan yang masuk untuk no tsb, namun esok harinya saya pergi ke singapore dan no tsb saya letakan di rumah, dan hari ini barulah saya menyadari bahwa no tersebut telah expired..
sebagai informasi tambahan, sampai saat ini saya tidak pernah menerima reminder atau semacamnya, entah memang tidak ada, atau dikarenakan signal yang buruk hingga sms remindernya raib.
saya baru menyadari hal tersebut ketika saya membuka aplikasi mycare dimana saya masih dapat melihat sisa pulsa saya serta tanggal aktif sampai 12 desember (mohon maaf apabila salah, krn saya krg memperhatikan bulannya,) , lalu saya mencoba melakukan pengisian namun gagal, ketika saya cek menu sudah nor registered, akhirnya saya merasa panik dan googling perihal pengaktifan kembali no indosat yang hangus, alangkah terkejutnya saya membaca bahwa ternyata banya sekali postingan untuk kasus serupa, dan mereka tidak dibantu sama sekali dengan alasan ketentuan baru indosat sejak agustus 2016 , beberapa diantara mereka ada yang berutung ketika cs indosat telah mengatakan tidak dapat dikembalikan , namun mereka mendapatkan no mereka kembali dengan pengisian pulsa.
apabila sim saya aktif sampai 12 desember, artinya no saya telah lewat 6 hari sejak masa tenggang berakhir, dimana ketentuan indosat adalah 3hari setelah masa tenggang berakhir, maka no tsb akan hilang selamanya, namun anehnya saya saya masih mendapatkan sms pada tanggal 13 kemarin sebelum saya berangkat, saya coba hubungi cs untuk meminta solusi dan bantuan , namun mereka hanya membalas sesuai hapalan yaitu tidak dapat dikembalikan sesuai ketentuan indosat sejak agustus 2016, tentunya saya juga sudah tahu perihal tersebut maka dari itulah saya mengirimkan email untuk meminta solusi dan bantuannya.
Menurut saya, masa pemutihan hanya 3hari akan sangat merugikan pelanggan yang mungkin tidak melakukan pengisian ulang dikarenakan case khusus seperti saya maupun case2 lain seperti kecelakaan, musibah dan semacamnya, alangkah baiknya pihak indosat dapat mempelajari dahulu casenya untuk memberikan kompensasi , bahkan saya rasa denda yang cukup tinggi juga tidak akan jadi masalah untuk pelanggan yang benar2 lalai atau tidak dapat melakukan pengisian pada saat masa tenggang, kita ambil contoh operator lain memberikan masa selama 30hari untuk datang ke gerai mereka, beberapa operator lain menawarkan pemindahan no menjadi pascabayar , baik denda, pemindahan menjadi pascabayar atau apapun itu merupakan pelayanan yang baik dari pihak operator untuk membantu pelanggan mereka, namun indosat sama sekali tidaklah peduli dengan pelanggan mereka.
Selama lebih dari 5tahun, saya menggunakan im3 yang tidak bisa saya gunakan baik untuk data maupun panggilan, apahbila tidak percaya silahkan cek quota data saya hingga tahun kemarin,quota 2gb belum tentu saya kepakai 200mb, sulitnya menerima panggilan masuk juga menyebabkan penolakan pada checking system untuk perbankan , namun saya tidak pernah merasa dirugikan hingga hari ini ketika saya mengetahui bahwa no saya tidak dapat digunakan kembali, bisa kah anda bayangkan betapa rumit proses yang harus saya kerjakan dari hal common seperti contact dan business related, lebih parahnya lagi no tersebut saya gunakan untuk seluruh token security yang memerlukan sms verifikasi pada saat melakukan query baik untuk keperluan sehari2 seperti tokopedia sampai keperluan pekerjaan saya.
Sampai disini saya masih berharap pihak indosat mau memberikan solusi dan bantuannya agar saya tetap dapat menggunakan no tsb, jadi please jangan suruh saya beli sim card baru, karena yang saya butuhkan bukan jaringannya melainkan nomornya yang telah didaftarkan di seluruh system token yang saya gunakan, tanpa nomor tersebut saya mungkin akan kehilangan banyak digital property.
semoga dengan surat terbuka ini pihak indosat bisa lebih open mind untuk berpikir dari sisi pelanggan juga bukan dari sisi perkerjaan saja
Diubah oleh robin_ryu 20-12-2017 14:01
0
8.3K
43
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
13.1KThread•2.3KAnggota
Tampilkan semua post
TS
robin_ryu
#12
Quote:
nah makanya saya tanya, untuk case ini buktinya apa ?
lebih tepatnya kebanyakan bahkan tidak mengerti sebetulnya yang dikeluhkan itu apa.
seperti postingan2 yang lain yang bilang kalau ketentuannya bla bla bla bla saya harus menyetujui bla bla bla
namun yang saya keluhkan adalah tidak adanya bantuan sama sekalian dari pihak indosat.
lets make it simple, anggeplah case ini antara elo dan tukang koran
tukang koran bikin rules, anter koran tiap pagi, tiap akhir bulan harus bayar tagihan, telat dr 3hari akan di suspend pengiriman korannya bahkan dihapus dari daftar pelanggan.
lalu anda ternyata lalai, kelalaian anda ada sangkut pautnya juga dengan kesalahan si tukang koran yang menyebabkan anda ga sadar kalau sudah tanggal pembayaran.
anda baru menyadari anda belum bayar dan sudah lebih dari 3hari, status pengiriman koran anda terhenti, namun anda butuh koran tersebut, anda mencoba menghubungi si tukang koran untuk meminta solusi apakah dikenakan denda, atau biaya berlanganan jadi no discount, atau musti berlagangan kontrak setahun, apapun itu tetap merupakan solusi buat anda.
menurut anda, kalau dibalikan posisinya , andalah yang jadi tukang korannya, apakah anda akan mencoba memberikan solusi untuk pelanggan anda dengan begitu anda tidak harus kehilangan pelanggan anda juga,
atau malah anda mengatakan bahwa pelanggan anda lebih baik berlangganan dengan competitor anda saja karena pelanggan anda telah lalai dalam pembayaran?
saya rasa sampai disini sudah cukup jelas bukan hal yang dirasakan salah dalam berbisnis.
Quote:
hello, bukti lampiran email, bukankah semua pada posting hal serupa, apakah tidak menjadi pemborosan space dan bandwith untuk melampirkan hal yang serupa? lalu bukti tersebut untuk apa kalau telah terbuktikan oleh pelanggan yang lain ?
saya tidak tahu, kalau untuk kalian bukti itu gunanya apa, apakah seperti tiket masuk untuk undangan pernikahan kerabat anda walaupun anda sendiri yang menjadi penerima tamu di depan?
atau untuk saya dimana bukti tersebut untuk membuktikan bahwa postingan ini digunakan untuk merusak nama baik seseorang tanpa bukti yang akurat, dimana untuk case ini seperti anda bilang anda sudah melihat postingan sebelum saya tentunya anda tahu bahwa saya tidak berbohong mengenai rules mereka bukan?
lagian seperti agan2 lainnya,agan juga tidak mengerti inti dari permasalahan ini, silahkan lihat jawaban untuk quote poster sebelumnya, ane coba bikin lebih simple, dikarenakan kalau agan mengerti sistem pelanggan dan penyedia yang sebenarnya tentunya agan tidak akan berpikir bahwa saya mempermasalahkan policy mereka, in fact sudah menjadi pelanggan selama lebih dari 6 tahun, , tentunya saya tidak ada masalah dengan rules mereka namun lebih kearah pelayanan mereka yang tidak ada niat sedikit pun untuk membantu, kalau anda bilang saya lalai, yah mungkin saya lalai karena saya tidak sering2 cek masa aktif, yah mungkin saya lalai krn hpnya susah dpt signal yang dimana saya kudu keluar dulu ke balkon buat menerima sms token verifikasi bijimane cek signalnya? , yah mungkin krn saya lalai sampai tidak pernah menerima sms masuk perihal tenggang or expired, intinya contoh case ini berbeda dengan case pada umumnya yg mana untuk case pada umumnya semua pelanggan tahu dia sudah masuk masa tenggang karena dia masih menggunakan no tsb untuk panggilan / data.
dan tentunya, saya posting disini bukan marah2 or bagaimana , sebagaimana tertulis pada akhir penutup postingan saya yaitu saya berharap dengan postingan ini dapat membuka mata mereka bahwa business practice mereka masih kurang baik, perlu diingat mereka bergerak dalam bisnis penyedia layanan jasa , dan mungkin anda bisa lebih paham point mana yang salah pada mereka setelah anda membaca
0
