alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
02-08-2017 21:38
Ilmu Tauhid,mengenal Tuhan dari sisi ilmiah
Ilmu Tauhid,mengenal Tuhan dari sisi ilmiah


emoticon-Haiemoticon-Hai Assalamu'alaikumemoticon-Hai emoticon-Hai
Ilmu Tauhid,mengenal Tuhan dari sisi ilmiah

kalo kita bicara Tuhan,pasti ada beberapa orang yang menganggap..Tuhan itu tak logis dan sebagainya....Tapi kalo kita cermati sekali lg dan bertanya....Tuhan itu apa sih...?dan kenapa nenek moyang kita mengenal adanya Tuhan...?dan Tau dari mana,Tuhan itu ada...?Padahal mereka tak pernah bertemu bahkan melihat aja gak pernah...Dan,pasti yang membuat kita sangat keheranan,pasti nya...Kenapa mereka bisa percaya,meyakini dan sangat terikat pada yang namanya Tuhan....Padahal mereka juga tak tahu,tuhan itu ada ato nggak...?lalu kenapa mereka sembah,sesuatu yang tidak pasti itu...bukan kah lebih masuk akal,kalo mereka menyembah yang jelas jelas ada dan terihat....seperti matahari atau petir....Bukan,sesuatu yang tak pasti seperti dewa petir dan dewa matahari...
lalu kenapa...?Apakah Manusia zaman dahulu sebodoh itu...?emoticon-Bingung

Tidak

hewan itu bodoh....Dan mereka tak mengenal,tentang ketuhanan....
lah,,,,Jd apa donk alasannya..?emoticon-Bingung emoticon-Mewek


Untuk itu,ane akan coba jelaskan sejarah Manusia mengenal Tuhan..emoticon-Cool
moga bemanfaat

cmiiw



emoticon-BingungApa sih tuhan itu dan yang disebut Tuhan itu harus gimana sih...?emoticon-Bingung


Quote:
Ilmu Tauhid,mengenal Tuhan dari sisi ilmiah

Tuhan merupakan pencipta sekaligus pengatur segala kejadian di alam semesta.dalam konsep kausalitas..Tuhan adalah kausal prima,yaitu sumber dari segala sesuatu di Dunia ini dan sebab dari segala sebab

lalu,
Spesifikasi tuhan,bisa di bagi menjadi beberapa komposisi,yaitu
bentuk :tak ada
ukuran :tak ada
asal usul :tak ada
kemampuan :tak terbatas
pencipta : tidak ada

Dari spesifikasi di atas itulah,bisa disimpulkan bahwa Tuhan bukanlah objek ciptaan manusia dan tidak mungkinlah manusia bisa membuat cerita ataupun fiksi tentang Tuhan.Kenapa?karena asumsi manusia akan selalu berpola sama,yaitu tak ada satupun di dunia ini,sesuatu ciptaan atau pemikiran manusia yang tidak meniru pada apa yang telah di ketahui manusia.Dengan kata lain,manusa selalu membutuhkan referensi untuk membuat suatu pemikiran.coba sebutkan ,contoh fiksi yang mendekati spesifikasi di atas.Tidak akan mungkin ada
.karena spesisfikasi itu sama sekali tidak memenuhi syarat sebagai sebuah fiksi.
Lalu,pertanyaan selanjutnya.Darimana manusia mengetahui hakikat Tuhan..?apakah itu hanyalah pemikiran manusia..?Sangat tidaklah mungkin donk,apalagi manusia telah mengenal tuhan dari zaman purba.Seperti yang telah saya jelaskan diatas,manusia tak akan bisa menciptakan pemikiran tentang hakikat tuhan.Bahkan seorang pembuat fiksi maupun pemikir ber iq tinggi sekalipun.Lalu darimana donk,Manusia bisa mengetahui adanya eksistensi Tuhan yang mengatur alam semesta ini?Pastilah tak akan ada satupun yang bisa memberitahukan hal itu,kecuali jika Tuhan sendirilah yang memberi tahu tentang keberadaannya pada manusia pertama di dunia dan pada utusan utusan yang di tunjuk Tuhan untuk memberitahu akan adanya eksistensi Tuhan.


emoticon-Bingunglalu,Bagaimana manusia bisa mengenal tuhan..?emoticon-Bingung


Quote:

Ilmu Tauhid,mengenal Tuhan dari sisi ilmiah
Lalu,siapakah Manusia yang pertama kali mengenal adanya Tuhan?Manusia itu iyalah manusia pertama di dunia,yaitu Nabi Adam.Dialah yang pertama kali di beritahu oleh Tuhan sendiri tentang adanya keberadaan Tuhan.Dan dari situ juga ah,Nabi Adam diberikan kewajiban dan diutus sebagai Nabi dan Rosul untuk mengajarkan dan memberiitahukan tentang adanya keberadaan Tuhan pada anak anak nya yang beraneka ragam itu.Lalu.pertanyaan berikutnya.Kenapa mereka mengimani nya...?Kenapa para anak-anak dan keturunan Nabi Adam bisa mempercayai dan meyakini tentang adanya keberadaan Tuhan?
Karena,mereka memiliki bukti kongkrit...apa itu?yaitu penciptaan orang tua nya sendiri.Lho kenapa?Karena sudah sangat jelas sejelas jelasnya dan merupakan fakta bahwa Ibu dan Bapak mereka terlahir tanpa memiliki Orang tua alias diciptakan langsung oleh Allah.Dan yang diajarkan nabi Adam pada anak anak nya saat itu adalah konsep tuhan yang masih murni,alias tuhan itu satu,tidak berbentuk dan maha kuasa.Kenapa nabi Adam,mengajarkan itu...?ya pastinya jelas karena dia seorang Nabi,yang sudah pasti memiliki kewajiban menyebarkan fakta bahwa Tuhan itu ada,dan ada nya eksistensi Tuhan.Namun,karena kebodohan manusia dan beragamnya pemikiran cucu dan anak anak Nabi Adam.Ada beberapa dari mereka yang menganggap konsep ketuhanan itu tak masuk akal,maka dibuatlah bentuk Tuhan.Tuhan jadi bermacam macam bentuk,rupa,kisah dan nama.Karena itulah kenapa eksistensi Tuhan menjadi bercampur dengan kisah kisah fiksi dan dongeng buatan Manusia.Dari fakta itulah,dapat diambil kesimpulan bahwa sebelum adanya kepercayaan animisme dll,terlebih dahulu ada yang dinamakan konsep tuhan tauhid.Dan konsep tuhan Tauhid seperti ini gak ada yang berubah dari zaman Nabi Adam dahulu,Tapi karena keterbatasan pemahaman dan pemikiran orang-orang pada zaman itu untuk menganalis tuhan yang gak berbentuk,maka akhirnya mereka membuat bentuk tuhan itu menjadi fiksi seperti dewa-dewa dan dewi-dewi,serta berhala dll...
Di setiap zaman,Tuhan selalu menurunkan Nabi utusan nya ke Muka bumi...Untuk memperbaiki kesesatan Manusia dari pada konsep ketuhanan yang mereka anut...
Dan sudah Pasti,para Nabi ini mendapat tantangan besar dari beberapa ummat terdahulu....Dan,seperti sudah menjadi prinsip Manusia...Pastilah,dengan akal dan pemikiran,mereka meminta bukti dari adanya Tuhan yang satu dan kebenaran tentang Tuhan...Dan Tuhan pun,lebih tahu dari apa yang mereka fikirkan...Karena itulah,kebanyakan dari Nabi Nabi ini..Memiliki bukti kenabian atau bisa juga disebut mukjizat


emoticon-Bingungapa itu mukjizat?emoticon-Bingung

Quote:

Ilmu Tauhid,mengenal Tuhan dari sisi ilmiah
Mukjizat, mu'jizat atau mujizat (Arab معجزة, Baca Mu'jizah) adalah perkara di luar kebiasaan yang dilakukan oleh Allah melalui para nabi dan rasul-Nya untuk membuktikan kebenaran kenabian dan keabsahan risalahnya.

lebih rinci..
mukjizat itu adalah sesuatu yang mustahil dilakukan seseorang,karena orang itu tak pernah,bahkan tak mengenal suatu bidang ilmu yang menjadi mukjizat itu....Tetapi,atas izin Allah....mereka dapat melebihi berkali kali lipat kemampuan para ahli pada bidang ilmu itu...

contoh
pada zaman nabi Musa
yang lg berkembang saat itu adalah ilmu sihir per sihiran...
dan Nabi musa tak pernah dan tidak mengenal yang nama nya ilmu sihir...tp,atas ijin Allah...musa bisa mengalahkan semua Ahli sihir fir'aun dan juga dapat membelah laut..

lalu,di zaman nabi isa/iesus...
pada zaman itu,sangat berkembang yang nama nya ilmu anatomi tubuh dan kesehatan...
dan,boro boro mempelajari...Nabi isa tak pernah tahu apa itu ilmu kesehatan....tp atas izin Allah,dia dapat menghidupkan orang mati

lalu di zaman Nabi Muhammad SAW..
saat itu sangat berkembang ilmu syair dan keindahan kata/tata bahasa...
dan,Nabi Muhammad boro boro mau bisa bikin....dia aja buta huruf dan tak bisa menulis...
tp lg lg,tata bahasa AlQuran sangat dikagumi dan bahkan dikatakan...tak akan bisa dibuat oleh ahli manapun dan manusia secerdas apapun...bahkan dikagumi oleh para ahli sastra di dunia saat ini...


lalu,di zaman ini juga...sangat hebat dalam perkembangan teknologi dan sains nya...
dan isi AlQuran setelah diteliti,terbukti...sesuai dengan FAKTA ilmiah....dan tak ada SATU KATA pun yang salah/bertentangan dengan fakta ilmiah...sedangkan mushaf AlQuran sendiri dicetak pada abad ke tujuh
bagaimana,AlQuran bisa melakukan itu....?
sedangkan,dalam hukum probabilitas dikatakan semakin banyak peluang tebakan.Semakin besar pula tebakan itu akan meleset.Sedangkan dalam Al-Qu'ran ratusan fakta ilmiah telah di temukan dan semua tepat tanpa ada kesalahan perincian sedikit pun...


itulah yang nama nya mukjizat

emoticon-BingungLalu,kenapa Tuhan membuat banyak agama?emoticon-Bingung

Quote:

Ilmu Tauhid,mengenal Tuhan dari sisi ilmiah
Agama dari Tuhan yang masih eksis sampai sekarang disebut agama samawi..

Dan taukah ente,agama para Nabi agama samawi itu apa..?

apakah iesus beragama nasrani...?
Tidak,nasrani berasal dari kata nazaret[salah satu suku di yahudi]...dan nasrani berarti pengikut orang nazaret

lalu bagaimana dengan moses...?
apakah dia beragama yahudi...?
tidak

yahudi adalah Nama suku...

lalu mereka,beragama apa donk...?

agama mereka adalah Tauhid...

yang berarti,Tuhan tidaklah membuat bermacam macam agama...Tetapi,Manusia lah mengkotak kotakkan agama dan tidak mengindahkan Aturan tuhan untuk mengikuti Nabi penolong,pengganti Nabi sebelum nya..

Perbandingan setiap agama


yahudi :
-komposisi
-visi : bahagia di akhirat
-misi : bahagia di dunia
-tujuan hidup : beribadah
-ketuhanan : esa/non absolut [mereka ini,mengakui tuhan itu satu,...tapi,mengangap tuhan itu seperti makhluk..bisa capek,lelah,tidur dll]
-bukti kebenaran : mukjizat nabi Musa
-label : samawi/wahyu
-segel/kemurnian ajaran : tak terjamin/oplosan
kadaluarsa : sudah kadaluarsa dan dilanjutkan dengan oleh Nabi isa/nasrani



kristen
-komposisi
-visi : kebahagiaan akhirat
-misi : kebahagiaan dunia
-tujuan hidup : tidak ada[ajaran paulus menganggap,iesus/nabi isa mengorbankan diri di tiang salib untuk menebus dosa ummat manusia...jadi inti na,kalo masuk kristen dah pasti masuk surga...itulah kenapa,orang orang kristen tak merasa terbeban untuk melakukan dosa,seperti zinnah,mabuk dll...karena mereka dah pasti masuk surga 
-ketuhanan : triniti/tri in one,tuhan itu satu tapi tiga...tp satu/not absolut 
-bukti kebenaran : Mukjizat Nabi isa/iesus
-label : samawi/wahyu
-segel/kemurnian ajaran : tak terjamin/oplosan
kadaluarsa : sudah kadaluarsa dan dilanjutkan oleh Nabi Muhammad





Islam
-komposisi :
-visi : kebahagiaan akhirat
-misi : kebahagiaan dunia dalam segala keadaan
-tujuan hidup : beribadah pada Allah/mencari ridha Allah
-ketuhanan : esa/absolut
-bukti kebenaran : Mukjizat Nabi Muhammad
-label : samawi/wahyu
-segel : terjamin...telah terbukti secara ilmiah dan terdapat dalam dallil AlQuran
kadaluarsa : sampai hari kiamat





Quote:Original Posted By egag

btw,mengenai komposisi di atas, masa kadaluarsa dll

ane dah survei ke trit holi setiap agama kok....

dan gk ada iang bisa bantah emoticon-Cool



oke,sekian dulu lahemoticon-Cape deeehh
penjelasan dari trit ane iniemoticon-Cool
moga bermanfaatemoticon-Salaman



:emoticon-cystgSumur:emoticon-cystg

Quote:





Follow Kami

Quote:

Ilmu Tauhid,mengenal Tuhan dari sisi ilmiah
Ilmu Tauhid,mengenal Tuhan dari sisi ilmiah]
Ilmu Tauhid,mengenal Tuhan dari sisi ilmiah





Diubah oleh egag
profile-picture
thenothingness memberi reputasi
1
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
02-08-2017 21:39
Tuhan dilihat dari konsep kausalitas

Quote:

Ilmu Tauhid,mengenal Tuhan dari sisi ilmiah

Kausalitas merupakan prinsip sebab-akibat yang ilmu dan pengetahuan yang secara otomatis bisa diketahui tanpa membutuhkan pengetahuan dan perantaraan ilmu yang lain; bahwa setiap kejadian memperoleh kepastian dan keharusan serta kekhususan-kekhususan eksistensinya akibat sesuatu atau berbagai hal lain yang mendahuluinya, merupakan hal-hal yang diterima tanpa ragu dan tidak memerlukan sanggahan. Keharusan dan keaslian sistem kausal merupakan bagian dari ilmu-ilmu manusia yang telah dikenal bersama dan tidak diliputi keraguan apapun.

Kausalitas dibangun oleh hubungan antara suatu kejadian (sebab) dan kejadian kedua (akibat atau dampak), yang mana kejadian kedua dipahami sebagai konsekuensi dari yang pertama.

Kausalitas merupakan asumsi dasar dari ilmu sains. Dalam metode ilmiah, ilmuwan merancang eksperimen untuk menentukan kausalitas dari kehidupan nyata. Tertanam dalam metode ilmiah adalah hipotesis tentang hubungan kausal. Tujuan dari metode ilmiah adalah untuk menguji hipotesis tersebut.
setiap materi di dunia ini,terikat dengan yang namanya sebab akibat.Jadi,suatu kejadian ada,karena ada sebab kejadian.Dan dalam konsep ini pula,dikatakan "semua yang berproses,pasti memiliki awal,dan yang memiliki awal pasti memiliki akhir."dan yang memiliki akhir dan awal pasti bukanlah Tuhan.

Menurut Aristoteles, dengan asas berpikir prinsip "kausalitas", yakni bahwa setiap akibat pasti memerlukan sebab, maka dapat kita lihat bahwa setiap sesuatu yang kita ketahui itu memerlukan sesuatu yang lain supaya dirinya bisa terwujud. Dari sini kita peroleh 2 hal;
1. Realitas yang bergantung pada sesuatu yang lain (disebut akibat),
2. Realitas yang digantungi oleh sesuatu yang lain (disebut sebab).
Bila ternyata realitas sebab itu memerlukan sesuatu yang lain juga, maka dapat dikatakan dia juga sebagai akibat bagi sesuatu yang digantungi itu.... dst.
Maka, kausalitas atau sebab-akibat ini pun membentuk suatu rantai sebab-akibat.
Nah, rantai sebab-akibat ini memiliki beberapa kemungkinan sbb:
1. Tidak berujung ( A disebabkan B, B disebabkan C, C disebabkan D, D disebabkan E, dst.--- tak berujung)
2. Berujung pada sebab yang tidak lagi disebabkan (A disebabkan B, B disebabkan C, C disebabkan D, D disebabkan X, X tidak lagi disebabkan oleh apapun --- berujung pada X sebagai sebab awal)
3. Berputar atau daur.(A disebabkan B, B disebabkan C, C disebabkan A.)

Nah, kemungkinan ke-3 adalah mustahil. Mengapa? Karena berdasarkan kaidah "Setiap Sebab tentu lebih sempurna daripada akibatnya", maka kemungkinan ketiga adalah mustahil adanya. Yakni mustahil C disebabkan oleh A, padahal A tidak lebih sempurna daripada C, sehingga tidaklah mungkin mengakibatkan C.

Beralih kepada kemungkinan ke-1, itupun mustahil. Mengapa? karena bila rantai sebab-akibat ini tidak berujung, artinya semua yang ada ialah akibat. Bila semuanya adalah akibat, bagaimana mungkin ia bisa terwujud..??
(Ibaratnya katakanlah ada 15 orang pelari yang tidak akan mulai berlari sebelum salah satu di antara mereka ada yang berlari terlebih dahulu. Maka, agar mereka sungguh-sungguh mulai berlari, harus ada setidaknya salah satu diantara mereka yang mau berlari tanpa syarat.)
Nah, bila kenyataannya kini akibat itu memang ada (dalam analogi tadi 15 orang pelari itu memang berlari) itu berarti memang ada Sebab awal yang tidak memerlukan sebab lain bagi keberadaannya (Alias Sebab Primer/ prima causa, dalam analogi tadi adalah pelari yang berlari tanpa syarat).
Maka, kemungkinan ke-2 lah yang benar.
Nah dengan demikian, keberadaan Sebab awal yang tidak lagi disebabkan itu terbukti kebenarannya.
Dan, dengan kaidah, setiap sebab pasti lebih sempurna daripada akibatnya, maka sebab awal ini pastilah yang paling sempurna dari segala yang ada, yang karenanya, dikatakanlah bahwa itulah yang disebut dengan "Tuhan".
Demikian argumen Aristoteles..."
----------------------------

Pada dasarnya argumen ini berangkat dari pemahaman bahwa:
1.\tSegala sesuatu yang terjadi disebabkan oleh sesuatu yang lain... selayaknya B menyebabkan C dan B disebabkan oleh A.
2.\tMereka bergerak dalam rangkaian sebab akibat dalam artian bahwa tanpa B tidak akan ada C dan tanpa A tidak akan ada B
3.\tRangkaian sebab akibat itu bukanlah tanpa titik, sebaliknya, rantai itu memiliki titik awal dimana segalanya diawali, titik penyebab itulah yang kita sebut Prima Causa (T), The First Mover.


lalu,akan muncul pertanyaan berikutnya...Bagaimana bisa "Tuhan tidak ada sebab dan tak ada pencipta..?bukankah,semua yang ada di Dunia ini harus memiliki sebab..?dengan kata lain,Tuhan itu gk logis donk...?"


benar,semua itu tak logis kalo kita membicarakan Tuhan yang berupa materi.
Perlu diketahui,Tuhan itu bukanlah materi.Dengan kata lain,Tuhan tak terikat oleh hukum apapun,termasuk hukum kausalitas.Karena hukum sains hanya berlaku pada sesuatu yang berupa materi.Sampe sini saja,secara logika sudah dapat di buktikan bahwa Tuhan itu logis dan bisa di analisis baik dari segi logika,sains maupun sejarah..

Materi sendiri adalah setiap objek atau bahan yang membutuhkan ruang, yang jumlahnya diukur oleh suatu sifat yang disebut massa. Secara umum materi dapat juga didefinisikan sebagai sesuatu yang memiliki massa dan menempati volume.

wallahu a'lam bishawab
Diubah oleh egag
0
profile picture
kaskus geek
30-01-2019 20:34
pelajarin dulu cara gunain otak dengan baik dan benar...

level debat lu,masih jauuuuuhhhh di bawah ane...

belajar lg yang bener ya tong emoticon-Cool
profile picture
newbie
31-01-2019 16:20
ckckck.. ga mampu menjawab apapun terus koar koar dirinya superior.. menunjukan ketololan hakiki.. gittu kok merasa paling nalar dan punya logika.. nikmati hayalan dirimu yang paling merasa pintar dan berlogika padahal kau hanyalah katak yang benar2 ga bisa keluar dari tempurung kebodohanmu..
profile picture
kaskus geek
31-01-2019 17:29


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


btw,mampir kesini donk...

https://m.kaskus.co.id/thread/5c14e21468cc954ec536c2b9/clean-debatedebate-eksistensi-tuhan---part-23/?ref=threadlist-191&med=thread_list

gk enak kan,kalo ngelawak sendirian emoticon-Leh Uga
profile picture
newbie
31-01-2019 18:46
bocah, kau ternyata cuma bisa copas dan ga mampu berpikir dan ga kau kuasai apa yang kau katakan makanya kau tidak mampu menjawab pertanyaan saya satupun.

percuma aku ajak kau bahas tentang sebab akibat diatas.. karena kaupun ternyata belum tentu paham apa yang ditulis. kukira kau mempunyai pendapat sendiri makanya aku bantah pendapat konyol diatas kau tak bisa berargument apapun.

Eksistensi Tuhan memang sampai kapanpun ga bisa dibuktikan.
Dan memang hanya ada dua kemungkinan ada dan tidak ada.
Yang mengatakan tidak ada maupun ada juga tidak dapat membuktikannya.
Karena dengan membuktikan Tuhan tidak ada bukan berarti Tuhan itu tidak ada.
Tuhan bisa terlalu besar atau segalanya untuk dilihat atau bisa saja memang menunggu waktu untuk eksistensinya.
Jadi akupun sangat paham mengenai banyak logika dan penalaran yang ada di debat2 semacam itu.
Justru semakin kau menjadi orang rasional logis dan punya otak diatas rata2. Kau akan mengerti bahwa tidak ada sesuatu yang bakal menjadi mutlak benar dalam dunia ini.
Apa yang kau percaya sangat mungkin menjadi tidak rasional, tergantung sedalam apa kemampuanmu berpikir.
Makanya kau MENGKLAIM AGAMA PALING RASIONAL..
Aku hanya bisa NGAKAK MELIHAT KEDANGKALANMU..
Jangankan agama rasional.
percaya Tuhan saja itu bukan rasional.
Tidak ada NALAR YANG BISA MEMASTIKAN TUHAN ADA UNTUK SAAT INI YANG KITA TAHU.
Apalagi merasa paling nalar dalam sebuah agama, itu yang saya kritisi kau terlalu dini merasa paling benar dan rasional padahal kau itu hanya sebuah katak dalam tempurung.
profile picture
kaskus geek
31-01-2019 18:59
Ciap ciap emoticon-Cape d...

Bacod gede,otak kopong...

Tomg kosong emang nyaring bunyinyaemoticon-Cool
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.