- Beranda
- Civitas Academica
[LOUNGE] Sekolah Penerbangan/Sekolah Pilot di Indonesia - Part 2
...
TS
aviation.geek
[LOUNGE] Sekolah Penerbangan/Sekolah Pilot di Indonesia - Part 2
Kopdar Lounge Penerbangan Kaskus, Sabtu 22 November 2014
Click here for Latest news for all FS (updating...)
Quote:
Quote:
SANKSI BAGI YANG MELANGGAR RULES
========================================================
========================================================
Quote:
Quote:
Quote:
Berikut ini adalah daftar Flying School (FS) yang terdapat di Indonesia. Terdapat juga beberapa FS dari luar negeri yang memiliki siswa-siswa asal Indonesia
Quote:
Quote:
Nah itu dia pertanyaan perangsang pertama
kita dapat apa dengan join ke FS? ya mau jadi pilot lah
Tau bos, tapi pilot yang mana dulu?
Lho memangnya pilot ada banyak macamnya ya?
mmm bukan begitu sih, tapi lebih tepatnya, dengan join ke FS, kita dapet lisensi apa nih?
ow yayayaya
jelasin dong gan 
Jadi, lisensi seorang pilot itu ada macam2nya. FYI, pada umumnya FS akan memberikan dua jenis lisensi ketika kita lulus, yaitu PPL (private pilot licence) dan atau CPL (commercial pilot licence). Lalu apa perbedaan antara keduanya?
Quote:
Quote:
Kalau tujuan kita mau jadi pilot buat hepi2 aja, terbang saat weekend, maka lisensi yang diperlukan hanyalah PPL. tapi kalau tujuan utamanya adalah menjadi pilot profesional dan terbang dengan maskapai, ya harus punya CPL. Ingat, CPL tidak bisa didapatkan tanpa sebelumnya meraih PPL dulu. Ibarat mau masuk SMA, mesti lulus SMP. Selain CPL, FS juga biasanya memberikan lisensi IR (instrumen rating). Ini biasanya satu paket dengan CPL.
Quote:
Penjelasan mengenai lisensi2 pilot TS kutip dari :
http://ilmuterbang.com/blog-mainmenu...-sekolah-pilot
BTW, TS berpesan kepada agan2 semua yang belum tahu, tapi suka sama dunia penerbangan, buat sering2 main ke situs di atas. Dijamin bikin makin pinter

Quote:
Setelah mengetahui daftar FS yang ada, maka pertanyaan berikutnya bagi para calon siswa ialah bagaimana cara mendaftar (enroll) ke FS? Pada umumnya enrollment tiap sekolah bisa jadi berbeda satu sama lain. Tetapi, terdapat garis besar dimana setiap FS memiliki kesamaan persyaratan untuk calon siswanya. Persyaratan utama itu antara lain : Medical Examination (Medex), English Proficiency, terakhir Psikotest dan atau Aptitude Test. Beberapa FS bahkan menambahkan lagi persyaratan lain seperti tes fisik (misalnya di STPI Curug), Tes NBO (misalnya di BIFA), atau bahkan wawancara (di STPI dan BIFA juga). Hal ini adalah normal mengingat persyaratan enrollment adalah hak prerogatif tiap FS.
Namun sebelum dibahas mengenai 3 persyaratan di atas, pastinya tiap FS memiliki persyaratan umum bagi calon siswa. Persyaratan tersebut antara lain :
1. Berusia minimal 17 atau 18 tahun
2. Lulus SMU atau sederajat
3. Tinggi minimal 165 atau 170 bagi lelaki dan 160 bagi perempuan
Untuk latar belakang usia, walaupun tidak dijelaskan batasan maksimumnya, namun beberapa FS seperti STPI dan BIFA memberikan batasan umur maksimal. Jenis kelamin bebas. Latar belakang jurusan ketika SMU biasanya juga bebas. Selama ini setahu TS hanya STPI Curug saja yang mengharuskan calon siswanya dari jurusan IPA. Untuk tinggi badan akan ditentukan ketika Medex. Sejauh ini tidak dijelaskan mengenai batasan berat badan, namun pada umumnya yang diminta adalah ideal, dan ini juga ditentukan ketika Medex.
Panduan menghitung berat badan yang ideal bisa dilihat disini :
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...&postcount=466
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=1021
Panduan singkat menjadi penerbang bisa dilihat disini :
http://ilmuterbang.com/blog-mainmenu...-sekolah-pilot
Untuk Informasi persyaratan umum calon siswa ini silahkan dikonfirmasi kembali dengan FS masing2.
Diubah oleh aviation.geek 19-11-2014 13:22
makola dan dellesology memberi reputasi
2
551.7K
4.4K
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Civitas Academica
3KThread•2.6KAnggota
Tampilkan semua post
SpongeGar
#4185
Assalamu'alaikum wr wb
Malem gan...ane 2 tahun vakum ngaskus sekarang ngepost cuma pingin bilang aja pliss pliss pliss untuk sekarang tolong mikir berkali2 buat masuk flying school...jujur gan belajar di flying school tuh ga berat kok ga ribet dan asyik kok sebenarnya asalkan kita rajin dan emang niat dari diri sendiri... yang jadi masalah setelah kita lulus dari flying school itu...ppl-cpl-ir tuh sekarang udah gaada harganya... karena setelah agan lulus ntar beberapa airline mewajibkan kita sudah harus memiliki sertifikasi yg mereka tentuin contoh english proficiency, atpl ground, ME, type rated+base check dll dan semua itu mahaaaal gaan sumpaah dah (bayangin setelah agan ngeluarin biaya yg seharga rumah buat agan bayar fs setelah lulus agan harus nambah biaya lagi sampe puluhan atau ratusan jt
)...dan apakah setelah agan punya itu semua bisa masuk airline? Belom jaminan gan karena agan masih harus rebutan sama fresh graduate2 lainnya juga..... Jadi sekali lagi maaf gan bukannya bikin down atau gimana tapi ane cuma mau ngasih tau aja keadaan dan pengalaman yg sudah ane dan temen2 ane rasain...jujur ane gamau kalo agan yg keuangannya pas pasan trus maksain buat masuk flying school karena berharap bakalan langsung kerja dengan gaji besar... ternyata kenyataan beda gan ga gitu
Tapi kalo emang agan bener2 serius mau masuk flying school dan agan memang punya biaya dan siap buat berkompetisi dgn ab initio yg udah melimpah ini..ane saranin :
1. Agan harus punya uang lebih...bukan cuma uang buat bayar fs doang tapi juga buat course2 yg agan harus ambil buat nanti setelah agan lulus dari fs
Dan yg ke 2. Tolong bener2 pilih fs yg berkualitas gan (pesawat, instruktur, fasilitas,training base dll) dan yg paling penting JGN KEMAKAN SAMA IKLANNYA. agan harus selalu crosscheck sama siswa dan lulusan sana.
3. Sebelum agan bener2 masuk fs mulai dari sekarang agan harus punya tujuan atau minimal bayangan setelah agan ntar lulus kira2 agan harus kemana misal lion group,garuda group,sriwijaya group atau charter,heli atau apapun...kenapa? Karena kalo agan udah nentuin prioritas jadi agan juga bisa nentuin prioritas fs agan contoh: lion group mewajibkan agan punya atpl ground maka yaa carilah fs yg udah punya program atpl ground atau citilink yg prioritas punya ME yaa cari fs yg udah include ME jadi agan ga perlu ribet setelah ntar lulus harus nyari2 lagi gitu.
4. Ane ga bercanda gan tapi ini bener2 ngaruh buat agan kerja (yg tes garuda pasti paham) Jangan gendut2 gan karena massa index badan agan bakalan ngaruh ke masa depan agan
jadi lebih baik dari sebelum agan masuk fs sudah sering2 olahraga dan jaga badan jadi begitu keluar badannya udah ideal
Sekian dari ane gan maaf kalo ada kekurangan atau gimana dan sekali lagi bukan maksud buat bikin agan2 yg pingin jadi down niat ane jujur baik gan dan ane nerima kritik saran kok..atau mungkin ada yg mau nambahin. Terimakasih
Malem gan...ane 2 tahun vakum ngaskus sekarang ngepost cuma pingin bilang aja pliss pliss pliss untuk sekarang tolong mikir berkali2 buat masuk flying school...jujur gan belajar di flying school tuh ga berat kok ga ribet dan asyik kok sebenarnya asalkan kita rajin dan emang niat dari diri sendiri... yang jadi masalah setelah kita lulus dari flying school itu...ppl-cpl-ir tuh sekarang udah gaada harganya... karena setelah agan lulus ntar beberapa airline mewajibkan kita sudah harus memiliki sertifikasi yg mereka tentuin contoh english proficiency, atpl ground, ME, type rated+base check dll dan semua itu mahaaaal gaan sumpaah dah (bayangin setelah agan ngeluarin biaya yg seharga rumah buat agan bayar fs setelah lulus agan harus nambah biaya lagi sampe puluhan atau ratusan jt
)...dan apakah setelah agan punya itu semua bisa masuk airline? Belom jaminan gan karena agan masih harus rebutan sama fresh graduate2 lainnya juga..... Jadi sekali lagi maaf gan bukannya bikin down atau gimana tapi ane cuma mau ngasih tau aja keadaan dan pengalaman yg sudah ane dan temen2 ane rasain...jujur ane gamau kalo agan yg keuangannya pas pasan trus maksain buat masuk flying school karena berharap bakalan langsung kerja dengan gaji besar... ternyata kenyataan beda gan ga gituTapi kalo emang agan bener2 serius mau masuk flying school dan agan memang punya biaya dan siap buat berkompetisi dgn ab initio yg udah melimpah ini..ane saranin :
1. Agan harus punya uang lebih...bukan cuma uang buat bayar fs doang tapi juga buat course2 yg agan harus ambil buat nanti setelah agan lulus dari fs
Dan yg ke 2. Tolong bener2 pilih fs yg berkualitas gan (pesawat, instruktur, fasilitas,training base dll) dan yg paling penting JGN KEMAKAN SAMA IKLANNYA. agan harus selalu crosscheck sama siswa dan lulusan sana.
3. Sebelum agan bener2 masuk fs mulai dari sekarang agan harus punya tujuan atau minimal bayangan setelah agan ntar lulus kira2 agan harus kemana misal lion group,garuda group,sriwijaya group atau charter,heli atau apapun...kenapa? Karena kalo agan udah nentuin prioritas jadi agan juga bisa nentuin prioritas fs agan contoh: lion group mewajibkan agan punya atpl ground maka yaa carilah fs yg udah punya program atpl ground atau citilink yg prioritas punya ME yaa cari fs yg udah include ME jadi agan ga perlu ribet setelah ntar lulus harus nyari2 lagi gitu.
4. Ane ga bercanda gan tapi ini bener2 ngaruh buat agan kerja (yg tes garuda pasti paham) Jangan gendut2 gan karena massa index badan agan bakalan ngaruh ke masa depan agan
jadi lebih baik dari sebelum agan masuk fs sudah sering2 olahraga dan jaga badan jadi begitu keluar badannya udah idealSekian dari ane gan maaf kalo ada kekurangan atau gimana dan sekali lagi bukan maksud buat bikin agan2 yg pingin jadi down niat ane jujur baik gan dan ane nerima kritik saran kok..atau mungkin ada yg mau nambahin. Terimakasih
Diubah oleh SpongeGar 02-08-2017 01:42
0
Tutup







Many thanks to agan mvagusta99 as the 1st TS of this thread 