Berbagai platform media sosial kini marak digunakan sebagai ajang berbagi kehidupan. Namun bagi para pebisnis, platform seperti Facebook, Instagram, dan kawan-kawan adalah ladang yang menjanjikan.
Kendati demikian, menjamurnya bisnis di media sosial menuntut Anda perlu memiliki strategi khusus agar tidak tersingkir. Berikut tips
mengembangkan bisnis di media sosial:
Konsisten
Agar bisnis Anda mendapatkan perhatian dari pengguna platform, Anda perlu konsisten. Ini kunci paling penting karena pengguna biasanya melihat seberapa update halaman alias lapak Anda.
Menggunakan jaringan sosial
Anda mungkin lebih menyukai Facebook ketimbang Twitter atau sebaliknya. Namun, perlu diketahui bahwa Anda memerlukan jaringan yang sangat luas untuk mendapatkan sebanyak mungkin pasar. Hubungkan satu posting-an dengan lainnya untuk update yang lebih efisien, namun Anda juga perlu ingat bahwa satu platform dengan yang lainnya memiliki karakteristik pengguna yang berbeda sehingga Anda perlu memperhatikannya.
Pastikan posting-an sejalan dengan pesan
Ketika Anda membangun image kuat di pasar, sangat penting untuk mendapatkan likes dan follower. Namun Anda tidak perlu terobesesi untuk mendapatkannya. Prioritas Anda adalah menyampaikan pesan merek kepada pasar sebagai identitas dan promosi.
Testimoni
Beberapa posting-an tidak penting seperti testimoni, feature, dan amal mungkin tidak akan mendapatkan banyak like. Namun posting-an ini sangat penting karena menggambarkan validitas merek atau perusahaan Anda pada pasar. Penggambaran ini akan membantu pembangunan fondasi perusahaan Anda.
Temukan keseimbangan popularitas dan bisnis
Media sosial resmi dari merek Anda seharusnya membicarakan tentang bisnis, meski Anda juga perlu mendapatkan perhatian. Untuk itu, yang perlu Anda lakukan adalah mencari takaran yang pas antara posting-an yang menyenangkan dan posting-an yang lebih serius untuk kepentingan bisnis seperti posting-an informatif demi mengangkat reputasi.
Alat marketing
Anda akan memiliki rencana marketing dan bisnis di luar media sosial. Namun rencana marketing beragam dan keras. Jika Anda mau memperkuat marketing di media sosial, maka cara ini bisa lebih murah tetapi memperbesar kemungkinan keberhasilan Anda untuk meraih tujuan bahkan jika Anda memiliki rencana di luar media sosial.