[KASKUSEPUR] Semua Tentang Perjalanan Dengan Kereta Api
TS
kaskusepur
[KASKUSEPUR] Semua Tentang Perjalanan Dengan Kereta Api
"...dan menjadi sebuah kenikmatan tersendiri kala semboyan membahana diantara pegunungan, melintasi hutan dan pesawahan, menyisir tepian pantai"
SELAMAT DATANG DI KASKUSEPUR
Thread ini bertujuan untuk saling memberikan info tentang travelling dengan menggunakan kereta api. walaupun thread ini sebagian besar membahas kereta api penumpang jarak jauh di Indonesia, tapi ga diharamkan juga untuk membahas jenis kereta lainnya. kasak-kusuk seputar dunia perkeretaan juga akan dibahas disini, khususnya yang erat kaitannya dengan dunia jalan-jalan..
Usahakan menggunakan Multi-quote dalam me-reply!
Ga ngerti caranya Multi-quote di hape? baca disini
Dalam me-reply posting yg panjang (misalnya Trip Report), cukup dikutip bagian judul dan atau sebagian isi awalnya
Dilarang OOT dan posting ga penting!
Jadi ga boleh OOT? boleh aja, tapi dengan cara yang cakep. misalnya dengan nyelipin OOT diakhir post setelah posting info yang bermanfaat, atau setelah menjawab pertanyaan yang ada
Dalam membuat Trip Report atau Catatan Perjalanan, cantumkan:
- Nama KA, Relasi, Tanggal dan jam keberangkatan (wajib)
- Foto-foto (opsional, tapi yang namanya Trip Report rasanya kurang afdol kalo gada fotonya)
- Gunakan tag spoiler dan tag quote di dalam spoiler (contohnya disini)
Dalam memposting jadwal dalam bentuk foto yang bukan hasil jepretan sendiri, atau dalam bentuk tabel yang bukan disusun sendiri, tolong sebutin sumbernya!
Hargailah orang yang udah capek2 ke stasiun bwt ngambil foto atau menyusun tabel itu
Terakhir, tapi ga kalah penting: Biasakan baca keseluruhan pejwan sebelom bertanya!
1. Dilarang login kalo cuma bwt liat2 atau posting diluar pejwan
2. Harap mengisi status login agar admin laen bisa mengetahui bahwa ente sedang melakukan pengeditan (kadang tidak cukup dengan hanya melihat icon online/offline)
3. Cantumkan full/short username di tengah/kanan bawah post yg telah diedit (disesuaikan dgn estetika aja)
khusus post#1 ga perlu kalo emank gada yg diedit selaen ngisi/ngapus status login
4. Jika memerlukan foto, sebisa mungkin utamakan foto sumbangan warga sini (bisa diambil dari Trip Report dgn mencantumkan linknya)
5. Setelah selesai edit, kosongkan status dan segera logout
6. Jika ada admin yg sedang login, admin laen tidak diperkenankan login untuk menghindari kekacauan
7. Mari menjaga post#1 ini sebersih dan sesederhana mungkin
Quote:
Status login:
follow and join with us on social media
Diubah oleh kaskusepur 02-08-2016 10:09
0
885K
Kutip
10K
Balasan
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
KA ARGO DWIPANGGA FAKULTATIF 10F
Gambir – Solobalapan
Minggu, 8 Mei 2016
K1-9/7D
Quote:
Libur panjang telah tiba (libur 4 hari coy), banyak orang yang berkesempatan buat ketemu dengan keluarga ataupun liburan ke suatu tempat. Kalo ane sih lebih baik pulang ke rumah, maklumlah anak perantauan
Skip skip, beranjak kembali ke kota perantauan
Seperti biasa, berangkat dari daerah yang paling selatan melayani jalur krl sampai stasiun gondangdia. Dalam perjalanan cuma ketahan di stasiun tebet dan alhamdulillah itupun ga terlalu lama
Sampai di gambir jam 9.20, karena ngeliat boardingpintu selatan yang rame akhirnya pindah boarding di pintu uttaran (eh utara )
Keramaian gambir
Spoiler for boarding pintu selatan:
Ternyata boardingpintu utara malah sepi, yaudah langsung boarding dan naik ke lantai 2 buat liat kereta-kereta
Ternyata udah tersedia di jalur 1, KA 2
Spoiler for Argo Bromo Anggrek:
Oke, cerita sedikit tentang keadaan hari itu..
Kalo KA 2 sih berangkat on time 09.30, walaupun berhenti buat naikin penumpang selama 5 menit saja..
Ternyata di jalur 4 tersedia Argo Jati yang baru dateng (padahal jadwal berangkat pukul 09.20) dan baru berangkat sekitar pukul 09.45 cmiiw (telat banget )
Dan...
Argo Jati tambahan yang berangkat pukul 07.30, baru masuk jalur 3 pukul 09.30 (WTF ). Jadilah padat itu peron jalur 3 dan 4 sampe beberapa kali annoucermengingatkan penumpang biar ga salah naik kereta
Akhirnya, KA 10F masuk gambir juga setelah dilepasnya Argo Jati dan masuk di jalur 4
Alhamdulillah rejeki ga kemana, dapet rangkaian baru yang baru rilis yaitu KA super eksekutif 2016
Masuk ke keretanya
Spoiler for Kereta 9:
ada bulenya cooy
Akhirnya, kereta berangkat tepat pukul 10.05 (telat 20 menit dari jadwal )
Berangkat dengan tersendat-sendat sampe manggarai (gambir - manggarai 30 menit ) akhirnya lepas manggarai juga
Nikung bray
Spoiler for Manggarai:
Lewat langsung jatinegara pukul 10.33
Spoiler for Jatinegara:
keretanya mulus yakk
Sempet ngeliat banyak yang ngerekam keretanya pas lewat, jadi artis juga ya ni kereta
Selama perjalanan, karena sudah masuk waktu makan siang akhirnya ane makan bekal ane dari rumah, pas makan kebetulan guncangan minim dan kecepatan lepas cikampek sampe cirebon antara 80-98km/jam (keliatan di papan petunjuk) leh uga ni boogie terbaru si k10
Pukul 13.08 berhenti normal di cirebon (telat 30 menit ) dan okupansi si KA 10F ini langsung 100%! (iseng-iseng ngecek okupansi di web )
Lewat langsung cirebon prujakan pukul 13.28
Spoiler for Cirebon Prujakan:
Wah sepertinya petak Cirebon-Purwokerto bakal hujan nih
Spoiler for mendung:
Bener aja nih pas hujan
Spoiler for gn slamet:
Sampai di Purwokerto pukul 15.15
Sempet turun sebentar buat minta makanan dari saudara ipar ane yang kebetulan bareng naik kereta ini, tapi beda posisi kereta (kelaparan ) trus pas keretanya jalan, nyempetin waktu sedikit buat mampir ke kereta makan dan nyobain sholat di 'mushola bergerak' kereta ini (sayangnya ane lupa foto musholanya ). Setelah sholat ane balik lagi ke kereta paling ujung (jauh juga yee )
Nah setelah Purwokerto ini okupansinya menurun jadi 70% lah. Dan bangku sebelah ane kosong jadinya bisa nguasain 2 bangku sekaligus
Ga lama perjalanan, ternyata ada pekerjaan DT Puertorico - Korea (pwt-kya )
Spoiler for proyek DT:
nikuuung
baru bikin railbednya *cmiiw
Karena udah nyaman nguasain 2 bangku, jadinya ya tidur Skip skip, di petak kroya-kutoarjo banyak silangan dengan kereta lain, tepatnya kereta ekonomi. Terlihat oleh ane kereta ini menang silang dengan beberapa kereta (yaiyalah, berani macam-macam lawan ka eksekutif )
Eh karena terlalu sombong (lebih tepatnya terlalu telat ) akhirnya keretanya berhenti di st.butuh pukul 16.54 buat disilang 2 kereta sekaligus (yaelah eksekutif kalah silang ama 2 kereta ekonomi)
Sempet diumumin juga kalo kereta bakal telat sekitar 45 menit dari jadwal, nyatanya pas nyampe Jogja pukul 18.03 (telat hampir 1 jam) untungnya pas lewat lempuyangan dikasih jalan sama prameks arah solo, kalo ga ya makin telat lagi
Ternyata kereta ini sejenak berhenti di Klaten, lalu melanjutkan perjalanan ke solo. lalu ampe solo tepat pukul 19.00, telat 50 menit dari jadwal
Berikut foto-foto interiornya
Spoiler for bangku:
foto dari samping
lumayan lega euy buat yang kakinya panjang, footrestnya bisa ditarik atau ga dipake
Spoiler for toilet:
Toiletnya ada 2 macam, yang duduk sama yang jongkok
toilet duduk
toilet jongkok (kok jadi miring yak fotonya? )
kesetnya
MINGGU
Spoiler for panel pemberitahuan:
nah keliatan kan ada pemberitahuan berapa kecepatannya, ini kecepatan pas di jalur jogja-solo
Spoiler for tv tengah:
Antena wifi gan
Ternyata di tiap kereta anyar ini ada wifinya. Iseng-iseng nyoba tapi ternyata pake jaringan tri yang lagi ga ada jaringannya
Ringkasan lapka perjalanan
10.05 Berangkat dari St. Gambir
10.33 LS Jatinegara
11.26 BLB di St. Kosambi (entah karena apa)
13.08 Berhenti di Cirebon
15.15 Berhenti di Purwokerto
16.54 Berhenti kena silang 2 kereta ekonomi di St. Butuh
18.03 - 18.07 Berhenti di Jogja
18.34 - 18.37 Berhenti di Klaten
19.00 Sampai di tujuan akhir yaitu di Solobalapan (telat 50 menit dari jadwal)
Untuk penilaian dari ane
AC : 95/100 (dingin sepanjang perjalanan, sempet 26C tapi rata-ratanya di 23C)
Bangku : 90/100 (ada meja makannya trus bangkunya empuk sih, tapi ga bisa ngalahin empuknya kursi turangga rasa beka (ini serius ))
Kebersihan : 95/100 (ada sedikit debu di jendela, tapi yaa who cares?)
Entertainment : 60/100 (masa sepanjang perjalanan dikasih film yang diulang lagi? )
Speaker : 75/100 (cukup informatif karena tiap stasiun yang berhenti mesti dikabari dan dikasih kejelasan keterlambatan, sayangnya yang ngomong bapak-bapak dan ga pake bahasa inggris (padahal ada bulenya ))
Kondisi : 100/100 (kereta baru masih kinyis, minim guncangan dan ada panel pemberitahuannya)
Perjalanan : 50/100 (telat lumayan)
Yang paling sedih, ga ada praminya (yang dinas pramanya doang)
Total penilaian dari ane sendiri
70/100 (walaupun telat dan ga ada praminya, masih terobati oleh nyamannya kereta anyar ini )
Sekian TR dari ane, mohon maaf bila banyak kekurangan apalagi banyak yang di skip