TS
rahan
- ARTI IELTS DAN TOEFL - BUKAN UJIAN BIASA

Tentunya saya yakin, banyak kaskuser yang berkunjung ke sub forum Education sebagian besar pegiat pendidikan dan pemburu beasiswa atau mungkin calon pemburu beasiswa yang tentunya membutuhkan INFO lebih mengenai ujian populer untuk standarisasi kemampuan bahasa Inggris akademik internasional yaitu TOEFL ITP, IELTS dan TOEFL iBT.
Pada thread kali ini, saya akan menjelaskan tentang scoring IELTS Listening dan Reading, Writing dan Speaking. Saya juga akan bicarakan hubungannya dengan JAM BELAJAR yang dibutuhkan. Serta kaitannya dengan TOEFL ITP dan IBT. Tak lupa pula membahas CEFR. Sebelum itu, perhatikan baik - baik gambar tabel panduan nilai di bawah ini.

Saat mempelajari IELTS dan TOEFL orang Indonesia pada umumnya tidak memiliki bayangan seberapa sulitnya mencapai nilai yang baik dalam IELTS dan TOEFL.
Untuk IELTS Reading dan Listening keduanya masing masing memiliki jumlah total soal 40 nomor. Katakanlah anda mendapat total benar Listening 26 dan total benar Reading 19 itu artinya anda akan dapat nilai Listening 6 dan Reading anda 5.5.
Untuk Writing dan Speaking keduanya akan dinilai oleh examiner terlatih yang bertugas sebagai pengoreksi hasil ujian anda.
Untuk IELTS Speaking - komponen yang akan dinilai ada 4 yaitu:
1. Pronunciation,
2. Vocabulary,
3. Grammar serta
4. Fluency dan Coherence
Untuk IELTS Writing - komponen yang akan dinilai ada 4 yaitu:
1. Task Achievement / Response
2. Coherence & Cohesion
3. Grammatical Range + Accuracy
4. Vocabulary (Lexical Resource)
Anda akan mendapat nilai untuk masing-masing band dan anda juga akan mendapat nilai total band IELTS.
Misal:
Kandidat A: L = 6.5 + R = 6.5 + W = 5 + S = 7 [ 25/4 = 6.25 = 6.5]
Kandidat B: L = 4 + R = 3.5 + W = 4 + S = 4 [15.5/4 = 3.875 = 4.0]
Kandidat C: L = 6.5 + R = 6.5 + w = 5.5 + S = 6 [24.5 / 4= 6.125 = 6.0]
Nah, jadi nilai IELTS anda tentunya tidak asal-asalan ditentukan, melainkan didapat dari hasil ujian anda setelah melalui prosedur analisis yang mendalam oleh pihak penyelenggara ujian.
Anda disini perlu berkenalan dengan CEFR (Common European Framework of Reference]. Yaitu suatu skema leveling dalam pembelajaran bahasa A1 A2 B1 B2 C1 C2.
IELTS 8.5 - 9 = Level C2
IELTS 7 - 8 = Level C1
IELTS 5.5 - 6.5 = Level B2
IELTS 4 - 5 = Level B1
IELTS 3 = Level A2
dibawahnya level A1 ... (sedih) ...
Nah untuk menghubungkan TOEFL ITP dan TOEFL IBT kita tidak bisa menghubungkannya langsung ke skor IELTS melainkan hanya bisa dihubungkan dengan level CEFR.
TOEFL ITP
337 ke atas level A2,
460 ke atas level B1,
543 ke atas level B2,
627 ke atas level C1
beda dengan TOEFL IBT yang lebih sebanding dengan IELTS

Sekarang waktunya kita simak teori jam belajar CEFR yang dibutuhkan untuk bahasa Inggris:

Cambridge ESOL menyatakan bahwa untuk bisa sampai di level CEFR tertentu, dibutuhkan prakiraan jam belajar tertentu.
Sekarang katakanlah seorang kaskuser belajar seminggu 9 jam (belajar serius dan intensif dipandu) 3 jam x 3 hari.
Dalam 1 bulan beliau hanya belajar 36 jam.
Untuk stabil di level B1 saja setidaknya akan butuh 9 hingga 10 bulan [sekitar 360 jam].
Untuk stabil di level B2 akan butuh sekitar 15 bulan [sekitar 550 jam].
Untuk stabil di level C1 akan butuh sekitar 21 bulan [756 jam].
Tentunya beda latar belakang, usia, keterpaparan keseharian dengan bahasa Inggris, serta intensitas belajar masing-masing orang akan berbeda-beda, sehingga data teori jam belajar tadi adalah sifatnya panduan umum saja.
Meskipun demikian, hendaknya siapapun harus mulai berpikir lagi bila masih akan menunda-nunda mulai belajar bahasa Inggris dengan intensif dan serius untuk menembus IELTS dan TOEFL. Ingat bahwa kita butuh B2 dan C1 untuk gelar pascasarjana.
Dan jangan lupa, bahwa kemampuan Writing dan Speaking orang Indonesia: (data IELTS 2014)
Reading = 6.7
Listening = 6.6
Writing = 5. 8
Speaking = 6.2
Artinya kurang lebih orang Indonesia itu bila Reading dan Listeningnya ada di band 7 .. biasanya Writingnya ada di Band 6 dan Speakingnya antara band 6 atau 6.5
Ini menunjukkan bahwa kemampuan Writing dan Speaking orang Indonesia masih belum setara dengan kemampuan Reading dan Listeningnya. Diperlukan upaya lebih untuk menseriusi perbaikan writing dan speaking agar ada di level yang sama dengan reading dan listening.
Bagaimana kita akan menutup beda tersebut bila kita tidak menseriusi belajar menulis dan speaking yang baik?
Thread ini tidak dibuat sebagai upaya melemahkan semangat kaskuser sekalian. Sama sekali tidak. Justru sebaliknya, thread ini dibuat untuk menyadarkan bahwa adalah SANGAT KELIRU untuk menunda mempelajari bahasa Inggris dengan serius dan sungguh-sungguh. Dibutuhkan waktu yang cukup, usaha yang tak sedikit dan keseriusan untuk membangun kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni.
Kalau ada kaskuser yang PEDE bisa tembus dengan hanya belajar 2 - 3 bulan saja, ya tentu akan tetap saya sarankan maju dengan semangat .. akan tetapi harap untuk melakukan pengukuran mandiri atas kemampuannya saat ini dan target realistiknya, hendaknya menghitung kira-kira usaha seperti apa yang harus dilakukan bila ingin memadatkan materi belajar 20 bulan menjadi hanya 2 - 3 bulan saja.
Misalkan kemampuan saat ini baru di band 4 .. ingin dapat hasil band 7 dalam 2 bulan .. nah yang seperti ini biasanya sulit. Dan karena ketidaktahuan .. tetap dihantam juga IELTS testnya, melayanglah 195 dollar sia - sia
.. dan beroleh sertifikat dengan band 4. Ini yang hendaknya bisa kita hindari setelah memahami info yang disampaikan di thread ini. Jangan lupa bahwa IELTS dan TOEFL hanyalah gerbang awal, anda masih harus mengasah bahasa Inggris spesifik bidang anda dan juga bahasa Inggris spesifik jurnal. Tak ada kata lain selain memulai mengejar cita-cita anda sekarang. Sekalipun anda baru mengharap ikut beasiswa 2, 3 tahun lagi, mulailah berbenah bahasa sekarang.
Kita tahu IELTS dan TOEFL IBT ujian yang lumayan mahal = 195 dollar
ITP = 450 - 475 ribu rupiah.
Jangan sia-siakan uang hasil tabungan / kerja keras anda untuk selembar kertas yang tak bisa digunakan untuk mendorong mimpi anda bila nilainya tak sesuai dengan target. Untuk itu, sekali lagi .. persiapkan dengan baik ... ubah perspektif belajar bahasa bisa instan, dan mulai upayakan langkah anda kedepannya.
IELTS dan TOEFL .. jelas bukan ujian biasa.
THREAD INI DILENGKAPI SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS, SERI PELAJARAN MENULIS KNT IELTS, DAN FOKUS READING
NB: Semua sample essay dan KNT di SERI PELAJARAN MENULIS ini adalah essay dan KNT buatan saya sendiri.
NB: Semua sample essay dan KNT di SERI PELAJARAN MENULIS ini adalah essay dan KNT buatan saya sendiri.
DAFTAR ISI THREAD
1. TES KEMAMPUAN ANDA DI LEVEL APA
2. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 1
3. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 2
4. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 3
5. MISTERI SALIN ESSAY
6. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 4
7. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 5
8. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 6
9. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 7
10. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 8
11. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 9
12. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 10
13. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 11
14. SERI PELAJARAN MENULIS KNT IELTS 1
15. SERI PELAJARAN MENULIS KNT IELTS 2
16. SERI PELAJARAN MENULIS KNT IELTS 3
17. SERI PELAJARAN MENULIS KNT IELTS 4
18. SERI PELAJARAN MENULIS KNT IELTS 5
19. SERI PELAJARAN MENULIS KNT IELTS 6
20. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 12
21. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 13
22. TABEL INVESTASI WAKTU BELAJAR IELTS
23. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 14
24. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 15
25. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 16
26. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 17
27. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 18
28. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 19
29. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 20
30. FOKUS READING
31. SAMPEL SPEAKING 8.5
32. BELAJAR GORENG TENSES
33. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 21
34. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 22
35. VIDEO APA ITU IELTS
36. SERI PELAJARAN MENULIS KNT IELTS 7
37. SERI PELAJARAN MENULIS KNT IELTS 8
38. SERI PELAJARAN MENULIS KNT IELTS 9
Diubah oleh rahan 19-11-2016 23:25
viensi dan 2 lainnya memberi reputasi
3
107.3K
380
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
23.3KThread•16.3KAnggota
Tampilkan semua post
TS
rahan
#80
SERI PELAJARAN MENULIS ESAI IELTS #16

Do you agree or disagree with the following statement? Young people enjoy life more than older people do.
Use specific reasons and examples to support your answer.
The idea of having a memorable life is shared by many and it can be said as the common goal in life. However, the notion of happiness is somewhat abstract and people have been debating whether older people or younger people that tend to enjoy their life more. It is disagreed that the age is the key deciding factor of happiness in life. I believe the concept of happiness relies on people’s nature and expectation.
The main question of life, happiness, and age will push us to answer this particular question: how is someone's nature contribute to his / her happiness? In other words, what does old age have to do with being happy? When people are in their old age, they have gone through lots of major key points in their life. This ranges from their first job, wedding, having a child, building a house, sending the child to the university, having a granddaughter and so on. These experiences may or may not make them enjoy their current moment. In addition to this, if someone still has lots of unfulfilled ambition despite their old age, he /she may be unhappy with their life.
The position of an adolescent is not very different to that of an old man. A young man can possibly be born in a rich family or in a poor family. This nature will influence the major opportunity in their life. However, it is also true that a man can change his life by his actions. Therefore, it is not necessarily true that a teenager from a rich family will have a more enjoyable life to the opposite life of his peers. Moreover, most teenagers have great expectation for the future of their life. If they do have this motivation then it can push them towards greatness.
All in all, life offers many things: the past, present, and future. The attitude of a person comes from their own perception to their nature. Their expectation also holds the key to their happiness. Together, these two factors build up people's happiness regardless of the length of life they have lived.
dibikin dalam 26 menit. Band = ga tau band berapa mungkin 6.5 / 7
Diubah oleh rahan 01-08-2016 09:37
0