Kaskus

News

rahanAvatar border
TS
rahan
- ARTI IELTS DAN TOEFL - BUKAN UJIAN BIASA
- ARTI IELTS DAN TOEFL - BUKAN UJIAN BIASA

Tentunya saya yakin, banyak kaskuser yang berkunjung ke sub forum Education sebagian besar pegiat pendidikan dan pemburu beasiswa atau mungkin calon pemburu beasiswa yang tentunya membutuhkan INFO lebih mengenai ujian populer untuk standarisasi kemampuan bahasa Inggris akademik internasional yaitu TOEFL ITP, IELTS dan TOEFL iBT.

Pada thread kali ini, saya akan menjelaskan tentang scoring IELTS Listening dan Reading, Writing dan Speaking. Saya juga akan bicarakan hubungannya dengan JAM BELAJAR yang dibutuhkan. Serta kaitannya dengan TOEFL ITP dan IBT. Tak lupa pula membahas CEFR. Sebelum itu, perhatikan baik - baik gambar tabel panduan nilai di bawah ini.

- ARTI IELTS DAN TOEFL - BUKAN UJIAN BIASA

Saat mempelajari IELTS dan TOEFL orang Indonesia pada umumnya tidak memiliki bayangan seberapa sulitnya mencapai nilai yang baik dalam IELTS dan TOEFL.

Untuk IELTS Reading dan Listening keduanya masing masing memiliki jumlah total soal 40 nomor. Katakanlah anda mendapat total benar Listening 26 dan total benar Reading 19 itu artinya anda akan dapat nilai Listening 6 dan Reading anda 5.5.

Untuk Writing dan Speaking keduanya akan dinilai oleh examiner terlatih yang bertugas sebagai pengoreksi hasil ujian anda.

Untuk IELTS Speaking - komponen yang akan dinilai ada 4 yaitu:
1. Pronunciation,
2. Vocabulary,
3. Grammar serta
4. Fluency dan Coherence

Untuk IELTS Writing - komponen yang akan dinilai ada 4 yaitu:
1. Task Achievement / Response
2. Coherence & Cohesion
3. Grammatical Range + Accuracy
4. Vocabulary (Lexical Resource)

Anda akan mendapat nilai untuk masing-masing band dan anda juga akan mendapat nilai total band IELTS.
Misal:
Kandidat A: L = 6.5 + R = 6.5 + W = 5 + S = 7 [ 25/4 = 6.25 = 6.5]
Kandidat B: L = 4 + R = 3.5 + W = 4 + S = 4 [15.5/4 = 3.875 = 4.0]
Kandidat C: L = 6.5 + R = 6.5 + w = 5.5 + S = 6 [24.5 / 4= 6.125 = 6.0]

Nah, jadi nilai IELTS anda tentunya tidak asal-asalan ditentukan, melainkan didapat dari hasil ujian anda setelah melalui prosedur analisis yang mendalam oleh pihak penyelenggara ujian.

Anda disini perlu berkenalan dengan CEFR (Common European Framework of Reference]. Yaitu suatu skema leveling dalam pembelajaran bahasa A1 A2 B1 B2 C1 C2.
IELTS 8.5 - 9 = Level C2
IELTS 7 - 8 = Level C1
IELTS 5.5 - 6.5 = Level B2
IELTS 4 - 5 = Level B1
IELTS 3 = Level A2
dibawahnya level A1 ... (sedih) ...

Nah untuk menghubungkan TOEFL ITP dan TOEFL IBT kita tidak bisa menghubungkannya langsung ke skor IELTS melainkan hanya bisa dihubungkan dengan level CEFR.

TOEFL ITP
337 ke atas level A2,
460 ke atas level B1,
543 ke atas level B2,
627 ke atas level C1

beda dengan TOEFL IBT yang lebih sebanding dengan IELTS

- ARTI IELTS DAN TOEFL - BUKAN UJIAN BIASA

Sekarang waktunya kita simak teori jam belajar CEFR yang dibutuhkan untuk bahasa Inggris:

- ARTI IELTS DAN TOEFL - BUKAN UJIAN BIASA

Cambridge ESOL menyatakan bahwa untuk bisa sampai di level CEFR tertentu, dibutuhkan prakiraan jam belajar tertentu.

Sekarang katakanlah seorang kaskuser belajar seminggu 9 jam (belajar serius dan intensif dipandu) 3 jam x 3 hari.
Dalam 1 bulan beliau hanya belajar 36 jam.
Untuk stabil di level B1 saja setidaknya akan butuh 9 hingga 10 bulan [sekitar 360 jam].
Untuk stabil di level B2 akan butuh sekitar 15 bulan [sekitar 550 jam].
Untuk stabil di level C1 akan butuh sekitar 21 bulan [756 jam].

Tentunya beda latar belakang, usia, keterpaparan keseharian dengan bahasa Inggris, serta intensitas belajar masing-masing orang akan berbeda-beda, sehingga data teori jam belajar tadi adalah sifatnya panduan umum saja.

Meskipun demikian, hendaknya siapapun harus mulai berpikir lagi bila masih akan menunda-nunda mulai belajar bahasa Inggris dengan intensif dan serius untuk menembus IELTS dan TOEFL. Ingat bahwa kita butuh B2 dan C1 untuk gelar pascasarjana.

Dan jangan lupa, bahwa kemampuan Writing dan Speaking orang Indonesia: (data IELTS 2014)
Reading = 6.7
Listening = 6.6
Writing = 5. 8
Speaking = 6.2

Artinya kurang lebih orang Indonesia itu bila Reading dan Listeningnya ada di band 7 .. biasanya Writingnya ada di Band 6 dan Speakingnya antara band 6 atau 6.5

Ini menunjukkan bahwa kemampuan Writing dan Speaking orang Indonesia masih belum setara dengan kemampuan Reading dan Listeningnya. Diperlukan upaya lebih untuk menseriusi perbaikan writing dan speaking agar ada di level yang sama dengan reading dan listening.

Bagaimana kita akan menutup beda tersebut bila kita tidak menseriusi belajar menulis dan speaking yang baik?

Thread ini tidak dibuat sebagai upaya melemahkan semangat kaskuser sekalian. Sama sekali tidak. Justru sebaliknya, thread ini dibuat untuk menyadarkan bahwa adalah SANGAT KELIRU untuk menunda mempelajari bahasa Inggris dengan serius dan sungguh-sungguh. Dibutuhkan waktu yang cukup, usaha yang tak sedikit dan keseriusan untuk membangun kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni.

Kalau ada kaskuser yang PEDE bisa tembus dengan hanya belajar 2 - 3 bulan saja, ya tentu akan tetap saya sarankan maju dengan semangat .. akan tetapi harap untuk melakukan pengukuran mandiri atas kemampuannya saat ini dan target realistiknya, hendaknya menghitung kira-kira usaha seperti apa yang harus dilakukan bila ingin memadatkan materi belajar 20 bulan menjadi hanya 2 - 3 bulan saja.

Misalkan kemampuan saat ini baru di band 4 .. ingin dapat hasil band 7 dalam 2 bulan .. nah yang seperti ini biasanya sulit. Dan karena ketidaktahuan .. tetap dihantam juga IELTS testnya, melayanglah 195 dollar sia - sia emoticon-Berduka (S).. dan beroleh sertifikat dengan band 4. Ini yang hendaknya bisa kita hindari setelah memahami info yang disampaikan di thread ini.

Jangan lupa bahwa IELTS dan TOEFL hanyalah gerbang awal, anda masih harus mengasah bahasa Inggris spesifik bidang anda dan juga bahasa Inggris spesifik jurnal. Tak ada kata lain selain memulai mengejar cita-cita anda sekarang. Sekalipun anda baru mengharap ikut beasiswa 2, 3 tahun lagi, mulailah berbenah bahasa sekarang.

Kita tahu IELTS dan TOEFL IBT ujian yang lumayan mahal = 195 dollar
ITP = 450 - 475 ribu rupiah.

Jangan sia-siakan uang hasil tabungan / kerja keras anda untuk selembar kertas yang tak bisa digunakan untuk mendorong mimpi anda bila nilainya tak sesuai dengan target. Untuk itu, sekali lagi .. persiapkan dengan baik ... ubah perspektif belajar bahasa bisa instan, dan mulai upayakan langkah anda kedepannya.

IELTS dan TOEFL .. jelas bukan ujian biasa.

emoticon-I Love Kaskus (S)

THREAD INI DILENGKAPI SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS, SERI PELAJARAN MENULIS KNT IELTS, DAN FOKUS READING
NB: Semua sample essay dan KNT di SERI PELAJARAN MENULIS ini adalah essay dan KNT buatan saya sendiri.


DAFTAR ISI THREAD


1. TES KEMAMPUAN ANDA DI LEVEL APA
2. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 1
3. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 2
4. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 3
5. MISTERI SALIN ESSAY
6. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 4
7. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 5
8. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 6
9. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 7
10. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 8
11. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 9
12. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 10
13. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 11
14. SERI PELAJARAN MENULIS KNT IELTS 1
15. SERI PELAJARAN MENULIS KNT IELTS 2
16. SERI PELAJARAN MENULIS KNT IELTS 3
17. SERI PELAJARAN MENULIS KNT IELTS 4
18. SERI PELAJARAN MENULIS KNT IELTS 5
19. SERI PELAJARAN MENULIS KNT IELTS 6
20. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 12
21. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 13
22. TABEL INVESTASI WAKTU BELAJAR IELTS
23. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 14
24. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 15
25. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 16
26. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 17
27. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 18
28. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 19
29. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 20
30. FOKUS READING
31. SAMPEL SPEAKING 8.5
32. BELAJAR GORENG TENSES
33. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 21
34. SERI PELAJARAN MENULIS ESSAY IELTS 22
35. VIDEO APA ITU IELTS
36. SERI PELAJARAN MENULIS KNT IELTS 7
37. SERI PELAJARAN MENULIS KNT IELTS 8
38. SERI PELAJARAN MENULIS KNT IELTS 9
Diubah oleh rahan 19-11-2016 23:25
lookiAvatar border
tien212700Avatar border
viensiAvatar border
viensi dan 2 lainnya memberi reputasi
3
107.3K
380
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
Education
KASKUS Official
23.3KThread16.2KAnggota
Tampilkan semua post
rahanAvatar border
TS
rahan
#21
kaskus-image

__________ __________ __________


Berikut obrolan santai saya beberapa waktu yang lalu mengenai IELTS. Semoga bermanfaat.

5 oktober 2015:
Fina: Sir klo blajar writing dg kita nyalin esai banyak2,akan jadi terbiasa ya sir?

Bumi Bahasa:Cek Referensi Esai

__________ __________ __________


Prison is the best punishment for criminals. Discuss.


These days, every time you turn on the television or flick through the pages of a newspaper, you learn about the victims of crime. But what is the most effective method of dealing with the rising crime rate in our society? Some people believe the best way to punish criminals is to sentence them to time in prison. I completely disagree with this idea and in this essay I will support my opinion with examples.

Firstly, life in jail is far too comfortable for prisoners. For example, many inmates have access to luxuries such as televisions, computers and sport facilities and so on. In other words, spending time behind bars is more like being in a holiday camp. If prison is going to act as a deterrent, then I believe it needs to be considerably tougher.

Another reason why I disagree with prison as a punishment is that a large number of prisoners are not actually a danger to society. Take shoplifters as an example. They are often locked up in the same cells as murderers, rapists and violent criminals. I strongly believe that this is a serious waste of taxpayers’ money. What’s more, petty criminals may even learn how to commit more serious crimes when they are inside.

On the other hand, there is an argument that prison can help to rehabilitate offenders. Many inmates have the opportunity to study while they are doing time. As a result, many never re-offend when they are released.

In conclusion, although it is a common belief that prison is the best way to punish criminals, I believe it is too soft and that it is not necessary in the majority of cases. Personally, I think prison should be the last option when all else has failed.

__________ __________ __________


Bumi Bahasa: Hehe .. bukan pada nyalinnya .. walaupun itu juga, tapi pada apa yang saya kemarin sebutkan
jadi pemikiran di belakangnya kurang lebih seperti ini ...

1. Apa yang menjamin bahwa anda memiliki cara untuk mengetahui penggunaan ekspresi
every time you turn on the television or flick through the pages of a newspaper.

Jelas ini esai dahsyat:
saya bilang dahsyat soalnya kosakata penjaranya sempurna banget... ada jail, inmates, prisoners, behind bars, deterrent, punishment, shoplifters, rapists, offenders.. dll

jadi memang benar bahwa.. kosakata ngaruh itu ya bukan mengada ada .. itulah mengapa saya selalu berbagi sampel esai untuk dipelajari dan disalin .. agar kita bisa mengadopsi kata kata yang kita butuhkan untuk topik yang spesifik..

kalau kita gak pernah ngulik esai ini misalnya

mustahil kita bisa menulis: Many INMATES have the opportunity to study while they are DOING TIME.
penekanan diberikan untuk subjek INMATES dan verb DOING TIME, kenapa?

karena ini adalah kosakata akademik..
INMATES artinva NAPI / Tahanan yang sudah dijatuhi punishment.. dan DOING TIME yang artinya menjalani masa hukuman

2. Apa yang menjamin bahwa anda memiliki cara untuk melihat penggunaan kosakata essay khusus untuk topik tertentu? seperti kosakata penjara dalam contoh tersebut?

3. Dimana dan kapan lagi kesempatan terbaik untuk melihat kesemua kosakata akademik tersebut dirangkai khusus dengan bentuk rangkaian pemikiran yang seharusnya terjadi pada sesi writing IELTS

nah, jadi bukan penyalinannya yang krusial ..
melainkan:
1. Membaca
2. Mengapresiasi IDE yang dialirkan
3. Mengapresiasi VARIASI GRAMMAR yang digunakan
4. Mengapresiasi PILIHAN KATA dan CARA PARAFRASE yang dilakukan
5. Memahami kenapa ESAI tersebut sangat tinggi nilainya
6. Dan kapan lagi anda bisa terbiasa dengan bentuk bahasa Inggris tanpa kesalahan?

Angga: Pemahaman Ini yg masih belum saya dapatkan sir...

Bumi Bahasa:ya .. sekarang begini
kemarin saya katakan kurang lebih seperti ini .. bentuk bahasa Inggris yang kita pakai sehari hari itu RIDDLED WITH MISTAKES .. dipenuhi dengan kesalahan

nah sekarang anda coba ikuti logika saya
apabila seorang peserta IELTS dalam ujiannya .. saat si examiner bilang Alright Time is up. Put down your pen and pencil.

Apabila saat examiner mengatakan ini anda masih menulis...
Artinya anda belum menyelesaikan tulisan anda.
Artinya IDE anda belum tuntas dipindahkan dari kepala ke kertas.
Artinya anda belum sempat mencek GRAMMAR anda ... yang mana pasti banyak SALAHnya
Artinya anda belum sempat mencek aliran PENUTURAN anda .. yang mana mungkin saja terjadi LONCAT IDE
Artinya anda belum sempat membaguskan / memvariasikan KOSAKATA anda .. yang mana artinya anda pake kosakata YANG KEPIKIRAN aja ..

Nah ini artinya anda kemungkinan besar (diatas 80 persen) membuahkan ESAI bernilai 6 atau mungkin 5

maka dari itu hal yang harus kita lakukan adalah?

1. Benar-benar menguasai bagaimana memindahkan IDE dari kepala kita ke KERTAS .. dalam waktu 30 menit selesai.
Mampukah tangan kita mengeksekusi essay dari kalimat awal ke kalimat akhir dengan waktu 30 menit? Ini tantangan pertama, sifatnya lebih ke fisik yaitu KEMAMPUAN MENULIS CEPAT

2. Katakanlah anda mampu membuat IDE dan memindahkan seluruh IDE anda ke kertas dalam waktu 30 menit, maka anda akan memiliki tugas baru pada 10 menit akhir.
Tugas barunya adalah: memeriksa grammar, keselarasan gagasan yang digunakan pada esai, mengganti kosakata dgn yang lebih unik dan pas, dan memeriksa tidak ada salah pengejaan.
Nah .. dari sini kita kembali ke masalah yang sebenarnya dengan esai IELTS

Masalah yang sebenarnya dengan esai IELTS adalah, untuk bisa menuntaskan dalam waktu 30 menit dan mendapatkan poin band 7 .. anda harus menguasai seluruh ide ide cemerlang, dan harus menguasai KOSAKATA SPESIFIK TOPIK seperti yang tadi saya bicarakan ...
Bagaimana mungkin anda memiliki ide cemerlang, apabila anda nyaris tidak pernah melakukan pembacaan ESAI?
Katakanlah anda punya ide cemerlang untuk 1 - 2 topik ESAI .. bagaimana dengan kenyataan bahwa ada lebih dari 250 kemungkinan TOPIK ESAI pada IELTS?
nah ...
jadi skrg baru make sense kan perintah NYALIN ESAI / MEMPELAJARI ESAI yang saya katakan itu?

Angga: Iya sir..selama ini saya hanya nyalin2 saja...tdk mencoba menemukan berbagai macam jenis kosakata dan alur ceritanya...hanya mencoba menerjemahkan saja...maklum sir..masih newbie

Bumi Bahasa: coba baca dan pahami kenapa esai ini baik

__________ __________ __________


Technology is causing environmental problems. Some people think every person should adopt simple lifestyle changes to solve this issue but others think technology will be a major part of the solution. Discuss both views and give your opinion.


Technology has brought numerous benefits to lifestyles and societies around the world. But with it, a number of environmental problems have been set in motion. Whether technology will ultimately prove the solution to these issues is a highly contentious topic. In this essay, both sides of this debate will be analyzed before a reasoned conclusion is drawn.

On the one hand, many believe that individuals should adopt simpler and less technologically dependent lifestyles to tackle environmental damage. For example, many international grocers have taken steps to encourage people to bring their own bags from home instead of using the plastic ones provided. As a result of this simple lifestyle change, several billion less plastic bags are dumped into landfills every year, which clearly has positive ramifications for the environment as a whole. Thus, it is understandable why this point of view has garnered support.

On the other hand, many people support the notion that one day technology will develop to the point that it is capable of eradicating environmental problems. For instance, recently a new bacteria strain has been developed that can break down toxins produced by rotting garbage in landfills. As these toxins are carcinogenic to humans, the ability for technology to cleanse the environment and regulate itself can be seen. Thus, it is understandable why many have faith that technological developments will supplant the need for human lifestyle changes.

Following this look at the varying opinions regarding this debate, it is felt that humanity should draw from the advantages of both camps when devising a strategy to deal with the environmental problems caused by new technologies. In doing so, it is expected that one day humanity will be able to live harmoniously with nature.

__________ __________ __________


Bumi Bahasa: kalau sudah baca dan kira kira bisa lihat MEWAHnya esai itu, kasi tau saya .. apa nya yang mewah?

Fina:Kosakata jelas mewah
Pemaparan ide simpel tapi jelas
Pengembangannya luar biasa hanya dr satu contoh

Bumi Bahasa: nah ..
benar sekali!
jadi pada prinsipnya menyalin esai setelah dianalisis terlebih dulu itu ..
sama dengan anda memindahkan ferrari di showroom mobil, ke garasi anda
You imagine what it is like if it is yours.

Fina: Iyaa sir sy baru tau tadinya saya sprt mas angga, nyalin2 aja

Bumi Bahasa: jadi anda istilahnya ..
semacam memberikan pelatihan pada tangan anda .. anda dan tangan anda adalah dua entitas yang terpisah
Anda bilang pada tangan anda, "hey tangan, liat, kalo nulis esai tuh yang kaya begini nih."
dan tangan anda tentu balik komplain ke anda, "yee .. situ yang mikirnya kelamaan, gw yang disalahin."
nah .. demikianlah kiranya mengapa salin essay itu saya wajibkan di Bumi Bahasa.

Malas? Tentu anda tahu resikonya.

__________ __________ __________


emoticon-Shakehand2
0
Ikuti KASKUS di
© 2025 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.