- Beranda
- The Lounge
Maskapai Penerbangan Yang Dulu Pernah Menghiasi Langit Indonesia
...
TS
padangpunya
Maskapai Penerbangan Yang Dulu Pernah Menghiasi Langit Indonesia
HT #1 ane 

Makasi buat kaskuser, momod dan mimin
Makasi juga buat ijo-ijo sama abu-abu nya gan
Selamat pagi, siang dan malam agan - agan semua
Ane pengen ngajakin agan - agan semua buat mengingat kembali maskapai penerbangan yang dulu pernah menghiasi langit Indonesia
Mudah- mudahan trit ane ga repost
Masih banyak lagi gan, tapi ane bingung karena saking banyaknya
buat agan2 yang pengen tau maskapai penerbangan indonesia yang masih aktif, tidak aktif dan akan aktif bisa langsung ke lebih lengkap lagi gan
update dari agan Leonyeka1202 : post #1214
Terima kasih buat agan - agan yang udah mampir di trit sederhana ane

Makasi buat kaskuser, momod dan mimin

Makasi juga buat ijo-ijo sama abu-abu nya gan

Selamat pagi, siang dan malam agan - agan semua

Ane pengen ngajakin agan - agan semua buat mengingat kembali maskapai penerbangan yang dulu pernah menghiasi langit Indonesia

Mudah- mudahan trit ane ga repost

Spoiler for 1. Sempati Air:
Spoiler for 2. Adam Air:
Spoiler for 3. Bouraq Indonesia:
Spoiler for 4. Indonesia Airlines:
Spoiler for 5. Linus Airways:
Spoiler for 6. Batavia Air:
Spoiler for 7. Jatayu Airlines (kembali terbang dengan nama NEW JATAYU AIR:
Spoiler for UPDATE:
Masih banyak lagi gan, tapi ane bingung karena saking banyaknya

buat agan2 yang pengen tau maskapai penerbangan indonesia yang masih aktif, tidak aktif dan akan aktif bisa langsung ke lebih lengkap lagi gan

Quote:
Quote:
Quote:
update dari agan Leonyeka1202 : post #1214
Terima kasih buat agan - agan yang udah mampir di trit sederhana ane

Diubah oleh padangpunya 04-10-2015 13:46
nona212 memberi reputasi
1
120.3K
1.2K
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
1.3MThread•102.5KAnggota
Tampilkan semua post
Leonyeka1202
#1219
Ane izin update ya gan...hehe 
Photo credit tercantum di foto
Sekaligus nambahin soal AWAIR yang sebenarnya adalah singkatan dari Air Wagon International Air, ini maskapai sejak awal juga sudah ada aja problemnya. Sementara maskapai lain yang sepantaran seperti Lion Air belum berani beli pesawat besar, AWAir udah pake A300 dan A310 yang dimasa itu udah lumayan gede. Belum lagi yang ane denger dari ex employee AWAir jaman bahoela, dulu pernah kejadian mesin Airbus punya AWAIR justru kena salah semprot dari PMK Bandara Sepinggan(saat itu lagi ada emergency simulation), hingga akhirnya pesawat grounded lama banget dan musti datengin mesin baru. Plus maskapai ini juga dulu banyak dihajar sama Lion Air yang memang doyan banting harga saat itu.
Sementara kalo PacRoy alias Pacific Royale, aslinya ane anggep ini maskapai bagus padahal dan banyak berharap sama maskapai ini. Rute BDO-SRG dikasih makanan berat padahal harganya pun murah, bahkan lebih murah daripada saingannya Merpati saat itu. Cuma ya sayang, gw liat ini maskapai sejak penerbangan perdana memang sudah kena sial mulu! Masih inget pas penerbangan perdananya. Itu pesawat kedua yang registrasinya PK-PRB setelah dari Bandung mau ke Semarang kemudian melanjutkan ke Surabaya, pas mau sampe Semarang malah kena Bird Strike(baca : nabrak burung)! Pesawat kemudian ngendon teruus di Semarang sampe lumayan lama.
Sempet bisa terbang lagi, eh di hari yang sama malah Return To Base(balik ke bandara asal) dan ngendon di Semarang terus. Kemudian sempet bisa terbang lagi, cuma ya load factornya mengerikan! Pesawat kapasitas 58 orang, cuma keisi ga sampe 5 orang!(hebatnya mereka tetep terbang sekalipun separah itu!). Belum lagi penyakit dari PK-PRB ini juga masih belum berakhir, sempet dikabarkan pernah ngendon di Pangkalanbun sama Surabaya. PK-PRA memang lancar saja di sektor Pekanbaru, namun ya tetep aja perusahaan ini rugi banyak gegara PK-PRB trouble mulu!
Kemudian jelang maskapai ini tutup usia, CEOnya Samudra Sukardi entah kenapa, justru mengundurkan diri dari PRA. Sempat dateng juga PK-PRC, namun keburu kolaps ini maskapai sebelum bisa terbang.
Denger-denger sih Registrasi akhiran B di Indonesia ini bisa dibilang "membawa sial" gan
:3 sekarang juga sebagian besar maskapai di Indonesia pada ga pake registrasi belakangan B, langsung skip ke C. Ga cuma PK-PRB saja yang bernasib sial, dulu PK-GKB, Fokker 28 punya Merpati pernah copot pintunya pas terbang di medio 1990-an. Kemudian ada juga PK-IAB yang dulunya di maskapai Indonesian Airlines yang kemudian kolaps juga.
Soal pesawat yang diduga membawa sial, ini juga ada gan mitos tentang pesawat yang bikin sial di Batavia Air
. Ini juga masih diperjelas dulu Batavia Air dituntut pailit juga karena gagal bayar leasing A330-200 MSN205 (PK-YVJ) lagi
A330-200 MSN 205 : Can an aircraft bring bad luck?
Yang jelas sih, setelah Batavia Air tutup, A330-200 MSN205 ini langsung di-scrap(bahasa umumnya mungkin dibesituakan atau dirucat) di Malaysia. Mungkin udah ga ada yang berani make pesawat ini lagi kali ya gan
Mohon Koreksinya ya gan, Correct me if i'm wrong
Makasih

Photo credit tercantum di foto

Spoiler for 23. Mandala Tigerair / Mandala Air:
Spoiler for 24. Merpati Nusantara:
Spoiler for 25. Sky Aviation:
Sekaligus nambahin soal AWAIR yang sebenarnya adalah singkatan dari Air Wagon International Air, ini maskapai sejak awal juga sudah ada aja problemnya. Sementara maskapai lain yang sepantaran seperti Lion Air belum berani beli pesawat besar, AWAir udah pake A300 dan A310 yang dimasa itu udah lumayan gede. Belum lagi yang ane denger dari ex employee AWAir jaman bahoela, dulu pernah kejadian mesin Airbus punya AWAIR justru kena salah semprot dari PMK Bandara Sepinggan(saat itu lagi ada emergency simulation), hingga akhirnya pesawat grounded lama banget dan musti datengin mesin baru. Plus maskapai ini juga dulu banyak dihajar sama Lion Air yang memang doyan banting harga saat itu.
Sementara kalo PacRoy alias Pacific Royale, aslinya ane anggep ini maskapai bagus padahal dan banyak berharap sama maskapai ini. Rute BDO-SRG dikasih makanan berat padahal harganya pun murah, bahkan lebih murah daripada saingannya Merpati saat itu. Cuma ya sayang, gw liat ini maskapai sejak penerbangan perdana memang sudah kena sial mulu! Masih inget pas penerbangan perdananya. Itu pesawat kedua yang registrasinya PK-PRB setelah dari Bandung mau ke Semarang kemudian melanjutkan ke Surabaya, pas mau sampe Semarang malah kena Bird Strike(baca : nabrak burung)! Pesawat kemudian ngendon teruus di Semarang sampe lumayan lama.
Sempet bisa terbang lagi, eh di hari yang sama malah Return To Base(balik ke bandara asal) dan ngendon di Semarang terus. Kemudian sempet bisa terbang lagi, cuma ya load factornya mengerikan! Pesawat kapasitas 58 orang, cuma keisi ga sampe 5 orang!(hebatnya mereka tetep terbang sekalipun separah itu!). Belum lagi penyakit dari PK-PRB ini juga masih belum berakhir, sempet dikabarkan pernah ngendon di Pangkalanbun sama Surabaya. PK-PRA memang lancar saja di sektor Pekanbaru, namun ya tetep aja perusahaan ini rugi banyak gegara PK-PRB trouble mulu!
Kemudian jelang maskapai ini tutup usia, CEOnya Samudra Sukardi entah kenapa, justru mengundurkan diri dari PRA. Sempat dateng juga PK-PRC, namun keburu kolaps ini maskapai sebelum bisa terbang.
Spoiler for The Troublemaker |- PK-PRB:
Denger-denger sih Registrasi akhiran B di Indonesia ini bisa dibilang "membawa sial" gan
:3 sekarang juga sebagian besar maskapai di Indonesia pada ga pake registrasi belakangan B, langsung skip ke C. Ga cuma PK-PRB saja yang bernasib sial, dulu PK-GKB, Fokker 28 punya Merpati pernah copot pintunya pas terbang di medio 1990-an. Kemudian ada juga PK-IAB yang dulunya di maskapai Indonesian Airlines yang kemudian kolaps juga. Soal pesawat yang diduga membawa sial, ini juga ada gan mitos tentang pesawat yang bikin sial di Batavia Air
. Ini juga masih diperjelas dulu Batavia Air dituntut pailit juga karena gagal bayar leasing A330-200 MSN205 (PK-YVJ) lagi
A330-200 MSN 205 : Can an aircraft bring bad luck?
Yang jelas sih, setelah Batavia Air tutup, A330-200 MSN205 ini langsung di-scrap(bahasa umumnya mungkin dibesituakan atau dirucat) di Malaysia. Mungkin udah ga ada yang berani make pesawat ini lagi kali ya gan
Mohon Koreksinya ya gan, Correct me if i'm wrong
Makasih

Diubah oleh Leonyeka1202 02-08-2015 20:22
0
Efata
