- Beranda
- The Lounge
Mending Sampe Daripada Barang Ga Pernah Sampe Kalo di Elevenia
...
TS
adithz
Mending Sampe Daripada Barang Ga Pernah Sampe Kalo di Elevenia
Misi gan pertama kali bikin thread nih, ane cuman mau ngikutin berita beli iphone 6 ternyata dapat sabun nuvo.
Kasus menarik tapi mestinya sering kalo di dunia shopping online. Yang lebih mengejutkan buat ane sih ternyata yang bikin kasus orang Elevenia. Sebagai individu sih sah2 aja bikin tweet dan belanja di tempat lain.
Tapi sebagai profersional apakah tweetnya g terlalu alay, ampe doain usaha orang lain bangkrut? padahal beliau berkarya di industri yang sama. Soal etika aja sih ini sebagai profersional di bidang yang sama.
Hebatnya lagi langsung diliput media. Padahal banyak kasus di surat pembaca, kenapa kalo yang nge-tweet petinggi elevenia jadi berita ya.. Perasaan banyak yang bisa dijadiin berita itu di surat pembaca. http://inside.kompas.com/suratpembaca
Terlepas apakah bertindak sebagai individu ato perwakilan Elevenia pada kasus ini. Tapi pernyataan tweetnya jelas hanya nembak Lazada. Padahal di dunia shopping online ada banyak pihak terlibat, yakni;
1. Pengelola website konsepnya kan mall online sebagai pengelola websitenya (co: lazada, blibli, elevenia, rakuten, dll).
2. merchant / seller (anggep aja seperti kios2 di dalam mall)
3. produsen (kualitas barangnya)
4. kurir
5. perbankan selaku pembayaran.
Dan disetiap pihak selalu ada kemungkinan oknum nakal yang tidak diinginkan.
Apakah sebagai profersional seperti manager tidak paham konsep ini? Bukannya sama ya di Elevenia? Kalo tidak paham ya aneh juga kapasitasnya sebagai seorang profersional di Elevenia, manager gitu loh gan....
Penasaran aja kalo pas ngantor dapat tepuk tangan ato malah bikin geleng2 kepala agan itu dari kasus ini... hehehe..
Nah sekalian curhat kalo di kasus saya, istri belanja di Elevenia dan barang malah g pernah sampe... Barangnya handphone Asus Zenfone C. Udah email CS disuruh merelakan saja ordernya karena tidak mengklik asuransi. Ya secara sistem saya kan memang belum terima barang, jadi ya engga konfirmasi terima barang. Harusnya jadi refund dong? Secara sistem lo ya.. Kalo bisa ngeklik sendiri ya ajaib berarti sistem di elevenia... hehehe...
Tambahannya katanya kasusnya sering, tapi kok urusan pengiriman dengan asuransi tetap opsional, bukannya bisa dibuat kewajiban ya? supaya tetap menjadi beban dari seller awal, atau khusus kategori barang elektronik/gadget lah karena nilainya besar biasanya. Berjalannya waktu saya sadar sih di lapangan bisa jadi main mata antara seller dan kurir. Tapi engga kebayang kalo bakal kena sial juga
Mungkin programmer elevenia bisa belajar dari situs lain (lazada misalnya
) biar konsumen tidak dirugikan terus kalo memang kasus beginian sering. Ini saya pasang email ke cs elevenia-nya pas kejadian itu terjadi biar g dikira anak alay kayak manager... hahaha....
Bikin thread soalnya kasusnya lama sih... eh kebetulan nyambung sama kasus yang menggemparkan... kasus lazada sudah selesai, tapi saya juga g paham kesalahan yang terjadi di pihak mana dari berita-berita yang beredar...
Sedikit nanggepin agan2 di siniya...
Kasus menarik tapi mestinya sering kalo di dunia shopping online. Yang lebih mengejutkan buat ane sih ternyata yang bikin kasus orang Elevenia. Sebagai individu sih sah2 aja bikin tweet dan belanja di tempat lain.
Tapi sebagai profersional apakah tweetnya g terlalu alay, ampe doain usaha orang lain bangkrut? padahal beliau berkarya di industri yang sama. Soal etika aja sih ini sebagai profersional di bidang yang sama.
Hebatnya lagi langsung diliput media. Padahal banyak kasus di surat pembaca, kenapa kalo yang nge-tweet petinggi elevenia jadi berita ya.. Perasaan banyak yang bisa dijadiin berita itu di surat pembaca. http://inside.kompas.com/suratpembaca
Terlepas apakah bertindak sebagai individu ato perwakilan Elevenia pada kasus ini. Tapi pernyataan tweetnya jelas hanya nembak Lazada. Padahal di dunia shopping online ada banyak pihak terlibat, yakni;
1. Pengelola website konsepnya kan mall online sebagai pengelola websitenya (co: lazada, blibli, elevenia, rakuten, dll).
2. merchant / seller (anggep aja seperti kios2 di dalam mall)
3. produsen (kualitas barangnya)
4. kurir
5. perbankan selaku pembayaran.
Dan disetiap pihak selalu ada kemungkinan oknum nakal yang tidak diinginkan.
Apakah sebagai profersional seperti manager tidak paham konsep ini? Bukannya sama ya di Elevenia? Kalo tidak paham ya aneh juga kapasitasnya sebagai seorang profersional di Elevenia, manager gitu loh gan....
Penasaran aja kalo pas ngantor dapat tepuk tangan ato malah bikin geleng2 kepala agan itu dari kasus ini... hehehe..
Nah sekalian curhat kalo di kasus saya, istri belanja di Elevenia dan barang malah g pernah sampe... Barangnya handphone Asus Zenfone C. Udah email CS disuruh merelakan saja ordernya karena tidak mengklik asuransi. Ya secara sistem saya kan memang belum terima barang, jadi ya engga konfirmasi terima barang. Harusnya jadi refund dong? Secara sistem lo ya.. Kalo bisa ngeklik sendiri ya ajaib berarti sistem di elevenia... hehehe...
Tambahannya katanya kasusnya sering, tapi kok urusan pengiriman dengan asuransi tetap opsional, bukannya bisa dibuat kewajiban ya? supaya tetap menjadi beban dari seller awal, atau khusus kategori barang elektronik/gadget lah karena nilainya besar biasanya. Berjalannya waktu saya sadar sih di lapangan bisa jadi main mata antara seller dan kurir. Tapi engga kebayang kalo bakal kena sial juga
Mungkin programmer elevenia bisa belajar dari situs lain (lazada misalnya
) biar konsumen tidak dirugikan terus kalo memang kasus beginian sering. Ini saya pasang email ke cs elevenia-nya pas kejadian itu terjadi biar g dikira anak alay kayak manager... hahaha....Bikin thread soalnya kasusnya lama sih... eh kebetulan nyambung sama kasus yang menggemparkan... kasus lazada sudah selesai, tapi saya juga g paham kesalahan yang terjadi di pihak mana dari berita-berita yang beredar...
Spoiler for email ke cs elevenia:
Sedikit nanggepin agan2 di siniya...
Diubah oleh adithz 09-07-2015 03:56
0
10.9K
113
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
1.3MThread•103.8KAnggota
Tampilkan semua post
TS
adithz
#105
Saya coba nanggepin komen2nya semoga terwakili semua...
Bukan gan, kasus saya jauh lebih dulu daripada Lazada kok... Cuman gerah aja sama kasus iphone 6s jadi sabun nuvo. Kayak product/jasa nya paling bener aja, terus mendiskreditkan lazada dan dijadikan viral, seperti dapat angin gituh.... sama2 cari nafkah dari dunia ecomm rasanya kurang etis gituh.
Biar imbang lah dan memberikan gambaran sedikit soal permasalahan ecommerce Indonesia bahwa banyak pihak yang terlibat, mungkin ane juga terlalu sabar menanggapinya jadi kasus udah hampir sebulan baru bikin thread
.
Saya suka kok beli online dan berusaha percaya dengan orang/pihak lain, terlepas berbagai kelemahannya dan walaupun sekarang itu artinya nambahin kerjaan... Dengan pemahaman itu saya masih menoleransi kalau ada kelalaian dari para pihak yang terkait seperti barang lama sampai, kardus kehujanan, penyok, dll. Itu sebagian yang pernah ane alami si gan. Tetapi bukan suatu tindakan kriminal dan merugikan konsumen, kesannya ada pembiaran disitu gan.
Saya juga g tau pastinya kok gan mekanismenya gimana, g pernah ngalami sebelumnya se-sial ini dan g pernah ngira bahwa JNE bisa lenyap gitu aja barangnya. Padahal kurir udah langganan kalo ke rumah
Caranya g tau, g paham asiknya twitteran juga sih
.. ya share di kaskus karena suka kaskusker aja, biasanya saya juga jadi silent-reader doang disini sih.. 
Salah tulis gan, copas dari email sebelumnya sih
Saya sertakan screenshoot email terakhir tanggal 19 juni 2015. Selebihnya via telpon langsung ke istri saya sih... Pesan saya ke dia tolong diusut dan tidak akan klik konfirmasi menerima barangnya.

Bukan saya yang mempunyai kebenaran, jadi saya cuman menyampaikan rasanya g etis aja, dan untuk pernyataan yang sama di kasus saya boleh dong kalo kata "lazada" diganti "elevenia"?
beres yang gimana ni gan? kalau direlakan udah beres dari kemaren...
Amien, terimakasih
Oh maaf salah alamat ya, kirain karena managernya aja hebat bikin viral jadi programmernya kelimpungan sama maksudnya. Ya mungkin BA-nya (btw BA apaan ya?
) belajar dulu ke situs lain.
--
Ya saya sih udah pasrah, tapi tetep emoh kalo disuruh merelakan jadi bikin ts biar imbang dan sukur-sukur bermanfaat dari kegaduhan yang ada, bahwasanya ada celah di sistem untuk berbuat kejahatan sehingga lebih baik diperbaiki jadi engga bikin orang kapok. Minimal buat agan2 supaya waspada hehehe...
Kalo mengutip pernyataan petinggi Elevenia sbb:
"Kami melindungi para pembeli kami. Jika itu sampai terjadi, kami akan kembalikan uang pembeli 100 persen. Tentu, harus dibuktikan dulu bahwa memang pelanggan tidak bersalah," ujar Madeleine di sela acara buka puasa bersama dengan sejumlah wartawan di Jakarta, Rabu (1/7/2015).
Sumber
Ya ditunggu aja dan silahkan dinilai serta dibandingkan dua ecomm ini dari cara mereka menyelesaikan masalah. Lagian biasa kan kalo petinggi itu sama wartawan kalimat yang dipakai politis, tapi prakteknya ya gitu deh
Kemudian silahkan menentukan pilihannya untuk masing-masing individu yang nyaman dengan Anda mana, untuk saya sistem di Elevenia berarti lemah karena membuka peluang tindakan kriminal dan berusaha melepaskan diri dari tanggung jawabnya, padahal perasaan earning mereka ya dr komisi penjualan per product....
Sumber
Cuman dari pengalaman ane di berbagai shopping online baru kali ini kebetulan paling apes ya di Elevenia.
Quote:
Bukan gan, kasus saya jauh lebih dulu daripada Lazada kok... Cuman gerah aja sama kasus iphone 6s jadi sabun nuvo. Kayak product/jasa nya paling bener aja, terus mendiskreditkan lazada dan dijadikan viral, seperti dapat angin gituh.... sama2 cari nafkah dari dunia ecomm rasanya kurang etis gituh.
Biar imbang lah dan memberikan gambaran sedikit soal permasalahan ecommerce Indonesia bahwa banyak pihak yang terlibat, mungkin ane juga terlalu sabar menanggapinya jadi kasus udah hampir sebulan baru bikin thread
. Quote:
Saya suka kok beli online dan berusaha percaya dengan orang/pihak lain, terlepas berbagai kelemahannya dan walaupun sekarang itu artinya nambahin kerjaan... Dengan pemahaman itu saya masih menoleransi kalau ada kelalaian dari para pihak yang terkait seperti barang lama sampai, kardus kehujanan, penyok, dll. Itu sebagian yang pernah ane alami si gan. Tetapi bukan suatu tindakan kriminal dan merugikan konsumen, kesannya ada pembiaran disitu gan.
Quote:
Saya juga g tau pastinya kok gan mekanismenya gimana, g pernah ngalami sebelumnya se-sial ini dan g pernah ngira bahwa JNE bisa lenyap gitu aja barangnya. Padahal kurir udah langganan kalo ke rumah

Quote:
Caranya g tau, g paham asiknya twitteran juga sih
.. ya share di kaskus karena suka kaskusker aja, biasanya saya juga jadi silent-reader doang disini sih.. 
Quote:
Salah tulis gan, copas dari email sebelumnya sih

Quote:
Saya sertakan screenshoot email terakhir tanggal 19 juni 2015. Selebihnya via telpon langsung ke istri saya sih... Pesan saya ke dia tolong diusut dan tidak akan klik konfirmasi menerima barangnya.

Quote:
Bukan saya yang mempunyai kebenaran, jadi saya cuman menyampaikan rasanya g etis aja, dan untuk pernyataan yang sama di kasus saya boleh dong kalo kata "lazada" diganti "elevenia"?
Quote:
beres yang gimana ni gan? kalau direlakan udah beres dari kemaren...
Quote:
Amien, terimakasih
Quote:
Oh maaf salah alamat ya, kirain karena managernya aja hebat bikin viral jadi programmernya kelimpungan sama maksudnya. Ya mungkin BA-nya (btw BA apaan ya?
) belajar dulu ke situs lain. --
Ya saya sih udah pasrah, tapi tetep emoh kalo disuruh merelakan jadi bikin ts biar imbang dan sukur-sukur bermanfaat dari kegaduhan yang ada, bahwasanya ada celah di sistem untuk berbuat kejahatan sehingga lebih baik diperbaiki jadi engga bikin orang kapok. Minimal buat agan2 supaya waspada hehehe...
Kalo mengutip pernyataan petinggi Elevenia sbb:
"Kami melindungi para pembeli kami. Jika itu sampai terjadi, kami akan kembalikan uang pembeli 100 persen. Tentu, harus dibuktikan dulu bahwa memang pelanggan tidak bersalah," ujar Madeleine di sela acara buka puasa bersama dengan sejumlah wartawan di Jakarta, Rabu (1/7/2015).
Sumber
Ya ditunggu aja dan silahkan dinilai serta dibandingkan dua ecomm ini dari cara mereka menyelesaikan masalah. Lagian biasa kan kalo petinggi itu sama wartawan kalimat yang dipakai politis, tapi prakteknya ya gitu deh
Kemudian silahkan menentukan pilihannya untuk masing-masing individu yang nyaman dengan Anda mana, untuk saya sistem di Elevenia berarti lemah karena membuka peluang tindakan kriminal dan berusaha melepaskan diri dari tanggung jawabnya, padahal perasaan earning mereka ya dr komisi penjualan per product....
Sumber
Cuman dari pengalaman ane di berbagai shopping online baru kali ini kebetulan paling apes ya di Elevenia.
0
