Kaskus

Automotive

id.wagonrAvatar border
TS
id.wagonr
All About Suzuki Karimun Wagon R Part 2
All About Suzuki Karimun Wagon R Part 2

Thread ini merupakan lanjutan dari thread All About Suzuki Karimun Wagon R.

Thread ini dibuat sebagai sarana berbagi hal tentang Suzuki Karimun Wagon R.

Thread ini juga dibuat untuk memudahkan rekan-rekan lebih fokus tentang segala hal dari Suzuki Karimun Wagon R. dan semoga bermanfaat.


Link Suzuki Karimun :
1. Karimun WagonR Lebih dari Cukup
2. Official Website Suzuki Karimun Wagon R


Link Komunitas Suzuki Karimun .
1. Suzuki Karimun Wagon R (FB)
2. Wagon R Indonesia (WRI)
3. Karimun Club Indonesia (KCI)
4. Komunitas Karimun Kaskus (K3)




Special thanks to :

Spoiler for thanks:

agan Momod Satyabudi& arrrry atas bantuan dan supportnya.
agan co-TS : keboirex / garpubrewox / gevarasyarif , yg meluangkan waktunya untuk mengurus thread ini.
agan NugrozKhan & logan-sl3 atas sumbangan logo&vektor nya
dan semua agan/sista yg telah membantu terbentuknya dan meramaikan thread ini.


All About Suzuki Karimun Wagon R Part 2
Diubah oleh id.wagonr 31-10-2014 06:20
nona212Avatar border
tien212700Avatar border
bebeninfinix313Avatar border
bebeninfinix313 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.6M
9.2K
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 4
Kendaraan Roda 4
KASKUS Official
25.1KThread19.4KAnggota
Tampilkan semua post
exofanboyAvatar border
exofanboy
#270
UPDATING ----All About K10B Engine----
kaskus-image

Spoiler for Specification:



  • Mesin K10Bmerupakan bagian dari keluarga mesin bensin generasi terbaru dari Suzuki,
    yang disebut K-Series Engine. Selain K10B, mesin bensin Suzuki saat ini yang beredar adalah:

- K12M pada Splash, Swift (untuk pasar Jepang, India, Nepal, Thailand, UK dan Australia), Solio dan Spacia.
Spoiler for Solio:

- K14BSwift (untuk pasar Jepang, Indonesia, Malaysia, Filipina, UK, Australia), dan Ciaz (Baleno sedan generasi ke-4).
Spoiler for Ciaz:


  • Ada 5 mobilyang memiliki jantung K10B dalam line-up Suzuki.

a. A-Star India disebut juga Alto atau Niss*an Pixo
Spoiler for A-Star, Alto, Niss*n Pixo:

b. New Karimun Estilo
Spoiler for NKE:

c. Karimun Wagon R
Spoiler for KWR:

d. Alto K10
Spoiler for Alto K10:

e. Celerio
Spoiler for Celerio:


  • Mesin K10Bmerupakan mesin ukuran terkecil dalam keluarga K-Series Engine dengan kapasitas 998cc.

  • Mesin K10B adalah pionir, sebagai yang pertama debut dari jajaran mesin-mesin seri-K di tahun 2008 pada A-Star India atau disebut juga Alto (pasar Eropa) dan Niss*an Pixo. Sejatinya mesin K10B diracik khusus untuk A-Star. Yang kini sudah berevolusi menjadi Celerio dan siap untuk dipasarkan juga ke Indonesia.

  • Pada tanggal 14 Agustus 2014, Suzuki merayakan penjualan mesin K10B yang ke-2.500.000 di seluruh dunia sejak debut pertamanya di tahun 2008. Tidak diragukan lagi ketangguhan mesin K10B yang sudah lolos test and trial, digunakan pada berbagai model, di berbagai belahan dunia: Eropa, Asia Tengah, ASEAN, Australia, China, Jepang dan Afrika.

  • Mesin K10B adalah mesin yang paling sukses penjualannya dalam keluarga K-Series Suzuki. Mendapat predikat sebagai mesin yang paling menjual, Shinzo Nakanishi, CEO Suzuki Jepang untuk Maruti Suzuki, berfoto bersama mesin tersebut dan mengawasi langsung proses produksinya di manufaktur Suzuki India.
    Spoiler for Shinzo Nakanishi dan Mesin K10B:


  • Empat poin utama yang ingin diraih oleh engineer-engineer Suzuki saat merancang mesin K-Series:

  1. Pembakaran yang lebih disempurnakan.Meminimalkan BBM yang tidak ikut terbakar karena design chamber, piston, ring. Adanya penggunaan coating dan pattern baru yang disematkan pada mesin K10B

  1. Rasio kompresi yang lebih tinggi. Agar pembakaran lebih sempurna, kompresi tinggi adalah bagaimana caranya agar dengan BBM yang semakin sedikit bisa menghasilkan daya ledak lebih besar untuk menggerakkan kendaraan. Penyaluran daya energi panas ke energi kinetik yang semakin disempurnakan.

  1. Mengurangi friksi pada komponen-komponen mesin. Tujuannya mengurangi mechanical loss. Caranya dengan meninggalkan penggunaan bahan cast-iron dan beralih menggunakan bahan aluminium yang lebih mudah untuk di-molding sehingga celah sempit di dalam mesin semakin presisi, akurat dan berpori-pori kecil. Agar gesekan antar komponen berkurang. Penggunaan bahan aluminium juga menuntut penggunaan oli mesin yang lebih encer untuk membantu melumasi celah-celah sempit pada bagian dalam mesin.

  1. Mengoptimalkan sistem kontrol mesin. Dengan menggunakan ECU yang terhubung pada sensor-sensor yang disematkan pada komponen-komponen mesin. ECU bekerja sebagai otak yang menjadi protokol pengatur cara kerja mesin. Teknologi ini sudah digunakan Suzuki pada mobil-mobil yang berukuran lebih besar. Tetapi kini mobil-mobil kecil Suzuki pun sudah memiliki teknologi yang sama dengan kakak-kakaknya.


  • Mesin K10B bukan pengembangan dari mesin F10D, DOHC 4 silinder 1.100 cc yang digunakan pada Karimun Estilo. Suzuki membuat mesin yang sama sekali baru dari segi design dan teknologi yang digunakan.

  • Mesin F10D belum menggunakan teknologi VVT, masih menggunakan timing belt berbahan karet, belum adanya Catalytic Converter artinya emisi gas buang masih kaya akan racun CO2. Sedangkan mesin K10B sudah menggunakan teknologi VVT, Multi Point Injection (MPI), timing belt model chain (rantai logam), dan Catalytic Converter dipadukan dengan Charcoal Canister yang meningkatkan efisiensi bahan bakar dan yang emisi gas buangnya sudah ramah lingkungan atau rendah CO2.

  • Dengan diciptakannya mesin K-Series, Suzuki berhasil menggabungkan efisiensi bahan bakar yang tinggi (irit BBM) dengan performa mesin yang superior. Hal ini mematahkan dalil yang menyatakan bahwa efisiensi bahan bakar selalu berbanding terbalik dengan performa mesin. Mesin-mesin konvensional hanya bisa memiliki satu dari kedua karakter ini. Mesin yang irit BBM tetapi lambat dan tidak asyik dikendarai. Atau mesin yang siap dipacu tetapi boros bahan bakar.

  • Mesin K10B menggunakan bahan aluminium. Dibandingkan dengan mesin berbahan cast-iron, bahan aluminium memiliki keunggulan:

  1. Bobot yang lebih ringan. Total massa kendaraan yang lebih ringan mengakibatkan efisiensi bahan bakar atau lebih irit.

  1. Lebih cepat melepas panas. Usia komponen-komponen vital semakin panjang. Pada saat kendaraan baru dimatikan suhu mesin akan cepat turun. Resiko overheat akan semakin kecil. Kerja kompresor semakin ringan.

  1. Cocok untuk mesin berteknologi terbarukan yang menuntut kompresi tinggi seperti mesin K10Byang nilai kompresinya 10. Semakin tinggi nilai kompresi berarti suhu pada ruang pembakaran semakin tinggi pula. Bahan cast-iron tidak cocok untuk mesin berkompresi tinggi, karena bersifat menyimpan panas.

  1. Peningkatan NVH level. Penggunaan bahan aluminium memungkinkan berkurangnya friksi antar komponen. NVH sendiri merupakan kependekan dari Noise, Vibration, Harshness. Artinya mesin berbahan aluminium suaranya lebih halus dan tidak bising. Getaran mesinnya berkurang karena celah sempit antar komponen lebih presisi dan akurat, minim gesekan. Mesin dapat dipacu pada kecepatan tinggi dan pada putaran mesin tinggi tanpa menyebabkan mesin kasar.

  • Air-intake manifold yang kini menggunakan bahan plastik tahan panas. Selain mengurangi biaya produksi, manifold berbahan plastik cenderung lebih mudah untuk direkayasa untuk mengatur arah dan volume udara yang dibutuhkan untuk pembakaran di dalam mesin. Penggunaan bahan plastik juga mengurangi total massa mesin yang berpengaruh pada efisiensi bahan bakar.







Spoiler for Sumber diperoleh dari::


to be continued.....
Diubah oleh exofanboy 28-10-2014 10:25
0
Ikuti KASKUS di
© 2025 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.