alexa-tracking
others
Batal
link has been copied
652
Lapor Hansip
13-10-2014 10:36

Perbesar Bisnis Dengan Kolaborasi

Saya selalu bilang, untuk jadi entrepreneur mah 'gampang'. Yang susah itu gimana caranya jadi entrepreneur yang sukses. Apa itu entrepreneur yang sukses?

Entrepreneur yang bisa buat bisnisnya ngga cuma bertahan tapi juga berkembang. Bahkan bukan cuma berkembang, tapi bisa jadi besar.

Gimana caranya? Di subjek tulisan ini sudah saya tulis gimana caranya. KOLABORASI.

- Kolaborasi 'internal': cari partner bisnis yang punya value (nilai) yang sama dengan Agan. Kalau Agan adalah orang yang punya integritas, cari partner bisnis yang juga menjunjung tinggi intergritas. Kalau Agan orang yang suka berbagi, cari partner bisnis yang juga suka memberi. Selain itu, tentunya, Agan juga harus cari partner bisnis yang punya kesamaan visi (tujuan, apa yang mau dicapai).

- Kolaborasi 'eksternal': cari teman sebanyak-banyaknya. Ingat, kita ngga bisa sukses sendirian. Semakin banyak teman, semakin banyak yang bisa kita lakuin. Semakin banyak orang-orang yang mau nolong/kerjasama sama kita, semaki besar kemungkinan bisnis kita bisa tumbuh besar.

Itu teorinya. Ini ilustrasi nyata yang saya sudah dan akan terus lakukan..

Di perusahaan saya PT. YOT Nusantara, sekarang Chairman of the Board-nya adalah mas Andy F. Noya (Host "Kick Andy"), dan Board Membernya: Rudhy Buntaram (owner Optik Seis). Saya ngerasa perlu mentor, dan mereka berdua bisa jadi mentor yang baik untuk saya dalam pengembangan YOT. Saya mau berbagai lini bisnis YOT yang mencakup Publishing, Agency, Digital Media Network, Consulting, Creative Production (TV/Radio) bisa berkembang. I need them.

Di perusahaan saya PT. Jakarta Internal Management (JIM Executive - the only speaker management di Indonesia) sekarang masuk strategic investor yang diyakini akan mampu membuat unit bisnis ini berkembang pesat. Dia punya network yang sangat luas dikalangan C level di Indonesia.

Nah, untuk kolaborasi eksternalnya,.. saya bisa ceritain segudang. YOT sendiri sudah sering berkolaborasi dengan banyak pihak, diantaranya: MetroTV (program "YOT"), di KisFM-SindoRadio dan per 15 Oktober ini (setiap Rabu 20.00 - 21.00) di 88.4 Global FM, juga dengan Koran Sindo, dengan BNI46, Pertamina, Pocari Sweat, BMW Indonesia, Mercedes Indonesia, TOP1, Stimuno Forte, Nutrifood, Kuningan City, @AboutJKT, Optik Seis, dan masih banyak lagi.

Saya ngga perlu punya stasiun radio dan televisi untuk bisa punya program sendiri. Saya ngga pernah jadi radio announcer atau Tv presenter untuk bawain program saya sendiri: "Young On Top" dan "TOP Words". Ini yang saya sebut sebagai kolaborasi eksternal. Saya ngga bayar ke mereka sepeserpun (malah kebalikannya).

Saya akan cerita banyak soal ini di #JakartaStartupConnext hari Jumat ini jam 14.00 di Marquee Convention Center, Cyber 2 Tower, Jl. HR Rasuna Said Kuningan Jakarta. FREE! Event ini khusus untuk para startup entrepreneur. Daftar/Info: event@youngontop.com

Kalau bisa ciptain kolaborasi untuk bisa maju bareng-bareng, kenapa ngga ya?

See you ON TOP!
@BillyBoen

CEO, PT. YOT Nusantara - @youngontop
Chairman, PT. Generasi Digital Internasional - @GDILab
Shareholder, PT. Jakarta International Management - @JIMExecutive

Website: www.youngontop.com
Facebook: /youngontopYOT
Instagram: @youngontop

Baca juga tulisan saya: "Tips Membuat CV Yang Tepat" -> http://www.kaskus.co.id/thread/54088...8b46837f8b4567

#CVCreator, free, easy, bisa didownload, diprint, dan diemail (pdf): [CV.youngontop.com]
0
Perbesar Bisnis Dengan Kolaborasi
15-10-2014 13:56
intinya, untuk memperbesar bisnis, perbanyak relasi berkualitas.
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.