Kaskus

Automotive

id.datsungoAvatar border
TS
id.datsungo
Datsun Go+ Panca
Datsun Go+ Panca

BACA PAGE 1 INI SEBELUM BERTANYA

Quote:


Quote:


Spoiler for Pilihan Warna:


Spoiler for Spesifikasi:

Spoiler for Video:


Quote:

Spoiler for Harga Aksesoris:

Quote:

Spoiler for Video:


Quote:





Spoiler for Cara Membuat Spoiler:



Thread sebelumnya Datsun Go+ NusantaraBanyak Informasi dsini
Datsun Go+ - Harga, spesifikasi lengkap bisa cek disini. Cari informasi dulu baru bertanya emoticon-Kiss

Spoiler for Usulan Nama Komunitas Datsun Go+ Panca:


Poll telah ditutup. Terima kasih karena anda telah ikut berpartisipasi dalam pemilihan Nama Komunitas Datsun Go+ Panca.

==========================================


Pemenang nama komunitas sudah ditentukan. Nama yang akan menjadi Nama Komunitas Datsun Go+ Panca ini adalah :

"DGCI : DATSUN GO COMMUNITY INDONESIA"


Hasil poll dapat dilihat di sini


BERITA DATSUN GO+ COMMUNITY INDONESIA
Nonton Bareng DGCI
Parade Test Drive
Dapur Pacu
Viva News
Diubah oleh id.datsungo 21-10-2014 13:03
nona212Avatar border
nona212 memberi reputasi
1
1.8M
7.8K
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 4
Kendaraan Roda 4
KASKUS Official
25.1KThread19.3KAnggota
Tampilkan semua post
afghan84Avatar border
afghan84
#5907
Review : Datsun GO+ T Opt (Black)
Mau kasih review Datsun GO+ T Opt Black, serah terima hari sabtu minggu lalu / 4 October 2014.

1. Pelayanan & CS dari Nissan/Datsun Cimone
Kerja sales nya cepet dan "sebagian besar" kata-kata dan janji nya dipenuhi, salah satu contohnya adalah pada saat si sales informasi kapan serah terima mobil, dan warna apa saja yg ready.
Gw SPK akhir September (sekitar tanggal 20an something, lupas pastinya), itu setelah si sales bilang warna yang ready adalah black dan dijanjikan awal Oktober bisa serah terima.
Akhirnya gw ambil warna black, SPK 2jt, sekitar 3 hari berikutnya bayar DP 30jt untuk dapet nomor rangka & faktur, dan sekitar 1 minggu setelahnya bayar pelunasan 70jt. Ga lama selang 2-3 hari mobil sudah siap dan diantar oleh sales.
Sales nya juga konsisten dan rigid, dia bilang dari awal sampe akhir ga berubah, no discount, bonus hanya KF kanan-kiri belakang, karpet dan kartu ERA (i know, KF & Karpet is actually not a bonus... melainkan sudah bawaan dari ATPM). Sampe nego lama2x ga dikasih sama sales tambahan / bonus. Dia bilang terus terang, kalo ambil kredit, bisa ditambahin bonus... kalo cash udah mepet wakakaka
Sekarang tinggal tunggu STNK & Plat No, yang ini sales gw ngaco, jadwal nya mundur dari estimasi dan sampai sekarang blom dapet...
*update : STNK & Plat no. sudah diterima dalam waktu 4 hari setelah serah terima mobil. Walaupun meleset dari janji awal sales, but good job Datsun!!
Overall = Pelayanan & CS cukup OK dan cepat, janji sales bisa dipegang. Minus nya, sales kurang pengetahuan / product knowledge dari Datsun, beberapa pertanyaan mendasar belum dikuasai (seperti kapasitas tanki bensin, rekomendasi RON, etc)

2. Review Datsun GO+ T Opt (Black)
Gw bakal berusaha se-netral mungkin dalam review mobil ini, dan gw bagi menjadi beberapa topik review, yaitu Eksterior, Interior, Performance dan Value for Money. Sebelumnya mohon maaf teman-teman apabila review dari gw mungkin ada yang ngaco (mohon bisa dikoreksi)

A. Eksterior
Pertama-tama... model nya, diantara LCGC yang ada dipasaran, Datsun GO+ adalah yang paling keren menurut gw. sekilas mirip sama grand livina (karena kesan MPV / 3 row nya). Apalagi dengan spoiler belakang & high stop lamp.
Gw paling suka bentuk lampu depan yang terkesan agresif, tapi lampu belakang nya yg bulet gw kurang suka...
Velg kecil ring 13, keliatan culun mana cuma kaleng ditutup dop. Tp gw ga kepikiran mau ganti velg karena gw punya prinsip "mobil diciptakan sama engineer nya seperti itu karena memang sudah ada pertimbangan dan perhitungan mendalam". Ganti velg lebih gede ? memang jadi keren dan mungkin nilai plus nya lebih "gigit" di jalan & handling lebih mantab, tapi lain nya ngaco, MID ngaco, Speedometer ngaco, bobot bertambah akselerasi berkurang, Fuel Efficiency berkurang, dsb
Plat body.... gw ga bisa banyak komen, ada yg bilang Datsun GO+ pake 0.8mm dan lebih tebal dari LCGC lain nya (0.7mm), tapi menurut gw tetep tipis dan sepertinya gampang penyok hehehe
Minus lain nya yang temen2x udah pada tau... tutup pintu suara nya mirip angkot...
Ground Clearence... kalau liat dispec 170mm dimana lebih rendah dari LCGC lain nya (kalo ga salah yg lain 180mm).... intinya harus lebih hati2x kalo lewat jalan jelek / lubang,
Lainnya, sayang ga ada fog lamp karena gw pribadi menanggap fog lamp sebagai fitur sangat penting, apalagi kalo malem2x dijalan tiba2x bohlam headlamp putus/mati. Tapi adanya fitur parking sensor, cukup lumayan lah...
Fitur lain nya seperti follow-me-home, menurut gw ga terlalu penting...
Terakhir, nilai paling plus menurut gw... Datsun GO+ (gw pribadI) TIDAK TERKESAN LCGC seperti competitor lainnya. Kalo gw liat LCGC lainnya (terutama dari T/D/S), langsung image gw "Mobil Murah", tapi untuk Datsun GO+, image gw rancuuuu ga berkesan "Mobil Murah" atau "LCGC", lebih ke "Low MPV"... intinya, kalo bawa ini cukup bangga dan ga terkesan murahan hehehehe...

B. Interior
Material interior dashboard, cukup baik dan perpaduan warna (krem/black/grey) sangat pas.
Gw pribadi cukup puas sama interior dan bener2x ga keliatan murahan & sedikit berkesan mewah.
Material jok = tipis dan bahan fabric nya sangat standar.... gw pribadi mau segera pasang jok cover.
Tapi posisi mengemudi pas dan ergonomis, gw ga ngerasa pegel2x bawa ini mobil.
Kabin cukup luas (at least di row 1 & row 2), leg room masih bisa leluasa bergerak.
Tambahan row 3 gw lipet karena no-use buat passenger (terlalu kecil), mending dijadikan space buat naro barang aja.
Speedometer = gw ga suka baca tachometer yang model digital (mungkin blom kebiasa). juga kualitas monitor speedometer (km/hour) biasa banget... standar... lebih keren LCGC sebelah menurut gw. tapi sedikit terbantu oleh MID dengan function2x perhitungan ODO, Trip Meter, Fuel Consumption, etc.
Head Unit = JVC Single Din (ga bisa ganti double din karena struktur dashboardnya), USB/Aux/Radio use only... sayang ga bisa puter CD secara gw suka beli CD lagu dan pengen langsung puter dimobil pas pulang... sekarang harus copy dulu ke USB... Suara speaker (2pcs on 1st row)... standar.... nothing special tapi terbantu dengan fitur EQ di HU. Mau ganti HU, nanti gugurin garansi electrical....
Rem tangan & Gigi menyatu di dashboard ? OK kok menurut gw lebih ergonomis dan modern (bingung gw malah ada orang bilang mirip bawa mobil box lah...)
Power window cuma di row 1 dan ga ada central/master controller buat buka window passenger... ga ada electric mirror...
Fitur-fitur keselamatan seperti ABS/Airbag, ga usah ditanya ya... ga ada sama sekali...
Terakhir, fitur yang kecil tapi sayang ga dibuatkan oleh Datsun GO+ itu : tempat asbak (buat naro koin-koin) dan lighter....

C. Performance
Langsung to the point aja :
- Putaran bawah sangat-sangat responsif, power besar dan kesan cukup bertenaga dengan mesin 1,200cc (ini kelebihan dibanding LCGC lainnya yg rata2x pake 1000cc)
- Suspensi nyaman, ga keras tapi ga terlalu lembut juga. Gw bisa sedikit gambarkan kesan bawa Datsun GO+, seperti bawa MPV.
- Konsumsi bensin... masih jadi pertanyaan karena gw isi Pertamax, calculate average fuel consumption (sebelumnya direset dulu pas isi bensin) dalam kota kena di 1:9~12 dengan driving style yang menurut gw cukup eco-driving (RPM ga lebih dari 3000, ga digas bejek, pake engine break, etc).... berkisanan di angka ini... menurut gw ini kurang irit (mungkin karena mobil masih dibawah 1000km, dan harus diservis dulu).
- Susah masuk ke gigi 1, gigi 2 dan R = ini katanya characteristic Datsun dan harus teken kopling full, tapi menurut gw sangat menganggu. coba nanti servis 1000km gw lapor ke beres.
- Kata manual book, Datsun GO+ ga boleh di start dorong karena akan merusak 3-way apa-gitu gw lupa... jadi kalo aki mati, harus jump-start.... ribet deh...
- Top speed & handling di jalan tol = 80-100kpj no problem dan masih di rpm 2500 (mau dipush speed nya masih bisa)
- Kondisi dikabin cukup kedap suara dari luar, suara mesin sangat halus, kecuali saat melewati jalan rusak... suara gluduk-gluduk tetep kedengeran.

*update
Konsumsi bbm kombinasi tol, dalkot, macet, lancar = pertamax, full ac, eco driving (rpm no more tha. 2000) > hasilnya 1:11.3
Konsumsi bbm khusus tol lancar = pertamax, full ac, eco driving (rpm 2500 max) > hasilnya 1:17.8
Kondisi mobil / ban / velg standar

D. Value For Money
Gw beli akhir September 2014 untuk Datsun GO+ tipe T Opt (black) di RP. 103,300,000 (kenaikan 200rb).
Menurut gw pribadi, cukup reasonable dan no regret ambil diharga segini bisa dapet LCGC model MPV dengan 5+2 seater bermesin 1,200cc.
Ingat, nothing is perfect. Untuk kelas LCGC, tiap-tiap ATPM punya kelebihan dan kekurangan masih2x (contoh : Karimun Wagon R dengan low price nya yg dibawah 100jt, Toyota/Daihatsu Agya Alya dengan fiture safety & automatic transmission nya, Honda Brio Satya dengan fitur iVtec 1,200cc engine dan Fuel Consumption nya)... Tergantung apa kebutuhan kita.
Silahkan test drive dan buktikan sendiri!

Bener kata reviewer dari Autobild : "Datsun GO+ adalah mobil murah tapi tidak murahan" (kalo liat dari luar hehehehe)
Diubah oleh afghan84 25-10-2014 17:29
0
Ikuti KASKUS di
© 2025 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.