- Beranda
- Kendaraan Roda 2
Serba Serbi Yamaha Soul GT
...
TS
SGCI
Serba Serbi Yamaha Soul GT


Quote:

SUGUS(Soul GT On Kaskus) sendiri bukanlah bagian dari SGCI atau pecahan dari club motor manapun.
SUGUS adalah murni pengguna dan penghuni thread ini dan terbuka untuk siapa saja dan merupakan wadah dari para pengguna Yamaha Soul GT untuk sharing satu sama lain.
SUGUS sebagai sebuah komunitas tidak mengharuskan pendaftaran anggota dll, jadi cukup "Salam kenal" dan ikut "SENSUS" di thread ini.
SUGUS sebagai sebuah komunitas bersifat independen yang artinya Suguser bisa bikin Kopdar sesuai dengan masing-2 daerahnya.

Quote:
Quote:
Quote:
Polling
0 suara
Gimana tanggapan Suguser semua tentang desain Xeon GT-125?
Diubah oleh SGCI 13-05-2014 07:21
0
1.4M
9.7K
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 2
19.2KThread•14.8KAnggota
Tampilkan semua post
N4il4
#8632
Quote:
laah... kan ane sdh bilang bro, itu keterangan dari montir yamaha. saat itu sgt ane baru service pertama, busi sdh ganti denso iridium. saat di cek setting CO di komputer sdh menunjuk angka 4. kata montirnya, mesinnya sdh menyesuaikan diri dg busi iridium tuh. kata dia juga, cara settingnya cuma di geber sampe mentok RPM, trus dibiarkan langsam selama 5 menit agar ecu menyesuaikan diri.
ketika ane ganti leher knalpot pake tsukugi, setting co malah turun jadi 3.... hehehe. Jadi misalnya ane ganti knalpot R9 mugello, trus seting CO ECU di set manual ke 9 ............ ntar kalo habis digeber trus langsam 5 menit, bakalan balik lagi ke setting optimal sesuai keinginan ECU nya... hehehe.
nih beberapa keterangan di internet, mio-j family termasuk soul-gt, menggunakan ecu close loop, sensornya lebih banyak dari vixion lo.
http://maniakmotor.com/index.php/new...penentu-euro-3
"ManiakMotor – Cara kerja dari ECU (Electronic Control Unit) pada motor termasuk di Indonesia terbagi dua. Ada yang disebut open loop (OL) dan ada juga closed loop (CL). OL dipakai Honda New MegaPro FI, Kawasaki Ninja 250 FI, atau Honda CB150R. Sedang model CL ada di Yamaha Mio J, Honda Beat FI, dan Honda Verza.
OL atau open loop tadi, kurva ECU-nya terbuka yang diperintah dari sensor tekanan udara dari intake manifold, sensor bukaan gas di throttle body dan sensor kruk-as. Sensor-sensor ini mengaktifkan modul yang telah terprogram pada ECU. Programnya tentu pabrikan yang bikin dengan menghitung rata-rata kebutuhan bahan bakar, udara dan waktu pengapian pada mesin.
ECU model OL tidak didapat sensor oksigen (O2) pada kenalpot, “Sistem kerja OL tidak membutuhkan masukan dari sensor tersebut. Sifatnya terbuka, tadi. Yang penting bertenaga dulu,” ujar Tomy Huang dari Bintang Racing Team (BRT) yang paham ECU standar bawaan motor. Makanya baru lalu, BRT bikin versi racing-nya yang bernama Juken 2 ini lanjutan dari OL.
Sensor O2 atau biasa disebut lambda terdapat pada ECU yang tipenya closed loop atau CL alias kurva tertutup. Sensor O2 tadi mampu mambaca kinerja mesin dari gas buang. Apakah mesin terlalu kaya atau miskin, bakan makan sepiring berdua pun, dia tahu, hehe. Dari gas buang ini akan terbaca kondisi busi, waktu pengapian yang tidak pas dan sebagainya deh.
Sensor tadi memberi masukan pada ECU untuk terus memperbaiki campuran bahan bakar dan udara termasuk pengapian. Laporan dari sensor O2 lebih pada terciptanya emisi rendah dan efisiensi bahan bakar. ECU dengan sistem CL tak selalu ‘mendengar’ masukan sensor O2 pada kondisi tertentu. Misal tanjakan saat butuh tenaga atau membawa beban sangat berat. “Lantaran ECU CL akan bekerja pada putaran mesin idle atau langsam,” lanjut Tomy.
Bahkan ketika kondisi mesin dingin seperti pagi, ECU ini hanya membaca masukan dari sensor temperatur. Ia akan mengabaikan sinyal dari O2. Barulah ketika kondisi suhu mesin optimal, sensor tadi baru ‘ditanggapi’.
CL dipakai di negara yang menerapkan kadar emisi Euro 3. Sebab sensor O2 tadi sebagai masukan utama agar terjadi pembakaran homogen. Maka terjadilah gas buang yang minim racun. Makanya disebut lolos Euro 3."
http://tmcblog.com/2012/06/02/mencob...hop-fi-yamaha/
Lha itu buat Vixion . . .cuma dua parameter yang bisa dilihat . . . tapi kalo Mio J .. . lebih ediiiyan lagiiii . . . ada 16 parameter yang bisa didisplay pada osiloskop digital yang merupakan hasil diagnosa dari sistem diagnostic tool Yamaha yang baru mulai dari temperatur udara sekitar, temperatur pendingin, tekanan atmosfer, sampai keadaan O2 sensor . . . cekidot deh di dua gambar diatas . . . banyak banget Informasi yang bisa dilihat dari Mio J karena memang sistem diagnostic tool yang baru ini didesain untuk menunjang sistem Injeksi Mio J yang memiliki sensor lebih banyak . . . . .
Spoiler for Display setting ECU Close Loop di Mio-J :
Diubah oleh N4il4 10-09-2014 10:58
0






