Kaskus

Hobby

  • Beranda
  • ...
  • Sipil
  • Tempat Nongkrongnya Pemerhati Mekanika Teknik/Analisis Struktur

Bridge EngineerAvatar border
TS
Bridge Engineer
Tempat Nongkrongnya Pemerhati Mekanika Teknik/Analisis Struktur
Tempat Nongkrongnya Pemerhati Mekanika Teknik/Analisis Struktur


  1. Struktur Pembahasan Thread
  2. Pengantar Mekanika Teknik

  3. Dasar-dasar Struktur Statis Tertentu
  4. Beberapa Contoh Struktur Statis Tertentu

  5. Analisa Penampang Profil

  6. Struktur Statis Tak Tentu

  7. Sepintas Tentang Dinamika Struktur Jembatan

  8. Beberapa Contoh Kasus

  9. Obrolan Santai

  10. Kepustakaan
  11. Sumbangan Kaskuser
  12. Dokumentasi Fabrikasi Struktur Jembatan yang TS Kunjungi di Luar Negeri



ngindeksnya masih dilanjutin...
selalu update untuk setiap pertanyaan/komentar tentang analisis struktur.
Diubah oleh Bridge Engineer 22-10-2017 17:45
pt.tsm.importAvatar border
alexsaputrraAvatar border
febrinxAvatar border
febrinx dan 8 lainnya memberi reputasi
9
417.1K
1.9K
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sipil
Sipil
KASKUS Official
1.8KThread884Anggota
Tampilkan semua post
Bridge EngineerAvatar border
TS
Bridge Engineer
#377
Spoiler for bahasan lalu:

ok...
program portal 3 susun sudah selesai dibuat, tapi akan posting nanti kalo ada permintaan khusus.
sekarang biar pembahasannya terstruktur rapi, kita lanjutkan dulu bahasan tentang metoda elastisitas. Akan kita pelajari struktur pembebanan seperti di bawah ini :

kaskus-image


akan dicari putaran sudut di A dan C, posisi dan besar lendutan maksimum serta sketsa kurva elastis. Maka langkah penyelesaiannya adalah :

(a).

mencari reaksi perletakan,

ΣM di titik C = 0

(Va)(L) - 1/2 * a * q * (a/3 + b) - 1/2 * b * q * 2b/3 = 0

Va = q (a^2 + 3 a b + 2 b^2)/(6 L)



ΣFy = 0

Va + Vc - 1/2 * q * L = 0

q (a^2 + 3 a b + 2 b^2)/(6 L) + Vc - 1/2 * q * L = 0

Vc = q (-a^2 - 3 a b - 2 b^2 + 3 L^2)/(6 L)



(b).

memeriksa hasil yang diperoleh pada langkah (a),

ΣM di titik A = 0

1/2 * a * q * 2a/3 + 1/2 * b * q * (a + b/3) - (Vc)(L) = 0

1/2 * a * q * 2a/3 + 1/2 * b * q * (a + b/3) - (q (-a^2 - 3 a b - 2 b^2 + 3 L^2)/(6 L))(L) = 0

1/2 q (a + b - L) (a + b + L) = 0

karena L = a + b maka

1/2 q (L - L) (a + b + L) = 0

0 = 0

OK cocok



ΣM di puncak beban segitiga = 0

(Va)(a) - 1/2 * a * q * a/3 + 1/2 * b * q * b/3 - (Vc)(b) = 0

(q (a^2 + 3 a b + 2 b^2)/(6 L))(a) - 1/2 * a * q * a/3 + 1/2 * b * q * b/3 - (q (-a^2 - 3 a b - 2 b^2 + 3 L^2)/(6 L))(b) = 0

q (a + b - L)(a^2 + 3 a b + b (2 b+3 L))/L = 0

karena a + b = L maka

q (L - L)(a^2 + 3 a b + b (2 b+3 L))/L = 0

0 = 0

ok cocok



(c).

menghitung momen gaya internal Mx, lihat potongan struktur sebelah kiri di bawah ini :

kaskus-image


ΣM dipotongan = 0

(Va)(x) - 1/2 * x * x/a * q * x/3 - Mx = 0

Mx = (Va)(x) - 1/2 * x * x/a * q * x/3

Mx = (q (a^2 + 3 a b + 2 b^2)/(6 L))(x) - 1/2 * x * x/a * q * x/3

Mx = q x (a^3 + 3 a^2 b + 2 a b^2 - L x^2)/(6 a L)

ingat : L = (a + b) sehingga bentuk di atas menjadi,

Mx = q x (a^3 + 3 a^2 b + 2 a b^2 - (a + b) x^2)/(6 a L)

Mx = q x (a^2 + 2 a b - x^2)/(6 a)


dan perhatikan potongan struktur bagian kanan seperti terlihat pada gambar berikut :

kaskus-image


ΣM dipotongan = 0

Mx + 1/2 * x * x/b * q * x/3 - (Vc)(x) = 0

Mx = -1/2 * x * x/b * q * x/3 + (Vc)(x)

Mx = -1/2 * x * x/b * q * x/3 + (q (-a^2 - 3 a b - 2 b^2 + 3 L^2)/(6 L))(x)

Mx = q x (-a^2 b - 3 a b^2 - 2 b^3 + 3 b L^2 - L x^2)/(6 b L)

ingat : L = (a + b) sehingga bentuk di atas menjadi,

Mx = q x (a + b) (2 a b + b^2 - x^2)/(6 b L)

Mx = q x (2 a b + b^2 - x^2)/(6 b)






(d).

memeriksa, apakah Mx yang diperoleh pada langkah (c) sudah benar atau masih salah.

potongan kiri,

x = 0

Mx = q x (a^2 + 2 a b - x^2)/(6 a)

Mx = q * 0 * (a^2 + 2 a b - x^2)/(6 a)

Mx = 0

OK



x = a

Mx = q x (a^2 + 2 a b - x^2)/(6 a)

Mx = q * a * (a^2 + 2 a b - a^2)/(6 a)

Mx = a b q/3



untuk potongan kanan,

x = 0

Mx = q x (2 a b + b^2 - x^2)/(6 b)

Mx = q * 0 * (2 a b + b^2 - x^2)/(6 b)

Mx = 0

Ok cocok



x = b

Mx = q x (2 a b + b^2 - x^2)/(6 b)

Mx = q * b * (2 a b + b^2 - b^2)/(6 b)

Mx = a b q/3

(ok cocok dengan potongan kiri)



(e).

menerapkan persamaan Euler-Bernoulli,

potongan sebelah kiri,

-EI y'' = Mx

-EI y'' = q x (a^2 + 2 a b - x^2)/(6 a)

-EI y' = -q x^2 (-2 a^2 - 4 a b + x^2)/(24 a) + A

-EI y = q x^3 (10 a^2 + 20 a b - 3 x^2)/(360 a) + Ax + B



untuk potongan sebelah kanan,

-EI y'' = Mx

-EI y'' = q x (2 a b + b^2 - x^2)/(6 b)

-EI y' = q x^2 (4 a b + 2 b^2 - x^2)/(24 b) + C

-EI y = q x^3 (20 a b + 10 b^2 - 3 x^2)/(360 b) + Cx + D



(f).

memasukkan syarat batas,
deformasi pada potongan sebelah kiri,

y(0) = 0

-EI y = q x^3 (10 a^2 + 20 a b - 3 x^2)/(360 a) + Ax + B

0 = q * 0^3 (10 a^2 + 20 a b - 3 * 0^2)/(360 a) + A * 0 + B

B = 0


deformasi pada potongan sebelah kanan,

y(0) = 0

-EI y = q x^3 (20 a b + 10 b^2 - 3 x^2)/(360 b) + Cx + D

0 = q * 0^3 (20 a b + 10 b^2 - 3 * 0^2)/(360 b) + C * 0 + D

D = 0


meninjau putaran sudut dan lendutan,

y'(a)_potongan kiri = -y'(b)_potongan kanan

-q x^2 (-2 a^2 - 4 a b + x^2)/(24 a) + A = -(q x^2 (4 a b + 2 b^2 - x^2)/(24 b) + C)

-q a^2 (-2 a^2 - 4 a b + a^2)/(24 a) + A = -(q b^2 (4 a b + 2 b^2 - b^2)/(24 b) + C). . . . . . . . . . . . . . . . . . (persamaan 1)

q x^3 (10 a^2 + 20 a b - 3 x^2)/(360 a) + Ax + B = q x^3 (20 a b + 10 b^2 - 3 x^2)/(360 b) + Cx + D

q a^3 (10 a^2 + 20 a b - 3 a^2)/(360 a) + A * a + 0 = q b^3 (20 a b + 10 b^2 - 3 b^2)/(360 b) + C * b + 0. . . . . . . . . . . . . . . . . . (persamaan 2)

selesaikan dua persamaan dengan dua peubah A dan C sehingga menghasilkan :

A = (-1/360) q (7 a^3 + 28 a^2 b + 32 a b^2 + 8 b^3)

C = (-1/360) q (8 a^3 + 32 a^2 b + 28 a b^2 + 7 b^3)

sehingga solusi persamaan diferensialnya adalah :

potongan sebelah kiri,

-EI y' = -q x^2 (-2 a^2 - 4 a b + x^2)/(24 a) + A

-EI y = q x^3 (10 a^2 + 20 a b - 3 x^2)/(360 a) + Ax



untuk potongan sebelah kanan,

-EI y' = q x^2 (4 a b + 2 b^2 - x^2)/(24 b) + C

-EI y = q x^3 (20 a b + 10 b^2 - 3 x^2)/(360 b) + Cx

dalam hal ini C dan D adalah konstanta bilangan real yang sudah ditunjukkan di atas.

Maka putaran sudut di titik A adalah,

-EI y' = -q x^2 (-2 a^2 - 4 a b + x^2)/(24 a) + A

-EI y' = -q * 0^2 (-2 a^2 - 4 a b + 0^2)/(24 a) + A

-EI y' = A

-EI y' = (-1/360) q (7 a^3 + 28 a^2 b + 32 a b^2 + 8 b^3)

y' = 1/(360EI) q (7 a^3 + 28 a^2 b + 32 a b^2 + 8 b^3)


dengan cara yang sama, putara sudut di titik C adalah :

-EI y' = q x^2 (4 a b + 2 b^2 - x^2)/(24 b) + C

-EI y' = q * 0^2 (4 a b + 2 b^2 - 0^2)/(24 b) + C

-EI y' = C

-EI y' = (-1/360) q (8 a^3 + 32 a^2 b + 28 a b^2 + 7 b^3)

y' = 1/(360EI) q (8 a^3 + 32 a^2 b + 28 a b^2 + 7 b^3)


mencari lendutan maksimum, untuk menyederhanakan perhitungan tanpa hitung coba-coba, pasti lokasinya terletak di potongan kedua (kenapa ?)

-EI y' = q x^2 (4 a b + 2 b^2 - x^2)/(24 b) + C = 0

dalam hal ini C = (-1/360) q (8 a^3 + 32 a^2 b + 28 a b^2 + 7 b^3)

xbisa dicari dengan metoda numerik, sehingga lendutan maksimumnya bisa dihitung dengan mamasukkan ke persamaan lendutan potongan struktur sebelah kanan,

-EI y = q x^3 (20 a b + 10 b^2 - 3 x^2)/(360 b) + Cx

y bisa dihitung setelah x diketahui.




(g).

memeriksa hasil yang diperoleh pada langkah (f) sudah benar atau masih salah.

periksa putaran sudut di titik x = a bagian kiri,

-EI y' = -q x^2 (-2 a^2 - 4 a b + x^2)/(24 a) + A

-EI y' = -q a^2 (-2 a^2 - 4 a b + a^2)/(24 a) + A

-EI y' = (a^3 q)/24 + 1/6 a^2 b q + (-1/360) q (7 a^3 + 28 a^2 b + 32 a b^2 + 8 b^3)

-EI y' = 1/45 q (a^3 + 4 a^2 b - 4 a b^2 - b^3)


periksa putaran sudut di titik x = b bagian kanan,

-EI y' = q x^2 (4 a b + 2 b^2 - x^2)/(24 b) + C

-EI y' = q b^2 (4 a b + 2 b^2 - b^2)/(24 b) + C

-EI y' = 1/24 b q (4 a b + b^2) + (-1/360) q (8 a^3 + 32 a^2 b + 28 a b^2 + 7 b^3)

-EI y' = 1/45 q (-a^3 - 4 a^2 b + 4 a b^2 + b^3)

terlihat bahwa θ kiri = - θ kanan

OK cocok



periksa untuk lendutan x = a bagian kiri,

-EI y = q x^3 (10 a^2 + 20 a b - 3 x^2)/(360 a) + Ax

-EI y = q a^3 (10 a^2 + 20 a b - 3 a^2)/(360 a) + (-1/360) q (7 a^3 + 28 a^2 b + 32 a b^2 + 8 b^3) * a

-EI y = (1/45) a b q (-a^2 - 4 a b - b^2)



periksa untuk lendutan x = b bagian kanan,

-EI y = q x^3 (20 a b + 10 b^2 - 3 x^2)/(360 b) + Cx

-EI y = q b^3 (20 a b + 10 b^2 - 3 b^2)/(360 b) + (-1/360) q (8 a^3 + 32 a^2 b + 28 a b^2 + 7 b^3) * b

-EI y = (1/45) a b q (-a^2 - 4 a b - b^2)

terlihat bahwa Δ kiri = Δ kanan

OK cocok




(h).

sketsa kurva elastisnya berwarna hijau seperti terlihat pada gambar di bawah ini,

kaskus-image


xadalah posisi lendutan maksimum dihitung dari titik C

Silakan buat agan/sist yang mau bertanya, punya usul, atau turut berkontribusi....ditunggu diskusinya...
0
Ikuti KASKUS di
© 2025 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.