Kaskus

Hobby

  • Beranda
  • ...
  • Sipil
  • Tempat Nongkrongnya Pemerhati Mekanika Teknik/Analisis Struktur

Bridge EngineerAvatar border
TS
Bridge Engineer
Tempat Nongkrongnya Pemerhati Mekanika Teknik/Analisis Struktur
Tempat Nongkrongnya Pemerhati Mekanika Teknik/Analisis Struktur


  1. Struktur Pembahasan Thread
  2. Pengantar Mekanika Teknik

  3. Dasar-dasar Struktur Statis Tertentu
  4. Beberapa Contoh Struktur Statis Tertentu

  5. Analisa Penampang Profil

  6. Struktur Statis Tak Tentu

  7. Sepintas Tentang Dinamika Struktur Jembatan

  8. Beberapa Contoh Kasus

  9. Obrolan Santai

  10. Kepustakaan
  11. Sumbangan Kaskuser
  12. Dokumentasi Fabrikasi Struktur Jembatan yang TS Kunjungi di Luar Negeri



ngindeksnya masih dilanjutin...
selalu update untuk setiap pertanyaan/komentar tentang analisis struktur.
Diubah oleh Bridge Engineer 22-10-2017 17:45
pt.tsm.importAvatar border
alexsaputrraAvatar border
febrinxAvatar border
febrinx dan 8 lainnya memberi reputasi
9
417.1K
1.9K
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sipil
Sipil
KASKUS Official
1.8KThread884Anggota
Tampilkan semua post
Bridge EngineerAvatar border
TS
Bridge Engineer
#203
Quote:


Quote:


iya benar...
tepat sekali...

Quote:


ya benar...
grafik regangan terhadap waktu adalah salah satu output dari program pengolah data. Sebelum uji beban dinamik, dilakukan pengukuran geometri jembatan sehingga kita peroleh posisi awal titik yang dijadikan acuan pengukuran. Kita semua tahu, dalam gerak harmonik, hubungan perpindahan y terhadap percepatan adalah

a = -ω² y

karena elevasi awal sudah ditentukan, maka regangan secara terpisah bisa dihitung dan dibandingkan terhadap regangan yang diperoleh dari alat uji.
Berdasarkan persamaan di atas, frekuensi angular ω (yang menggambarkan frekuensi pribadi f) bisa langsung ditentukan, tetapi cara seperti ini kurang teliti karena masih didasarkan pada kondisi linear elastik. Tetapi masih bisa dijadikan alat kontrol untuk mengetahui pembacaan alat benar atau salah.
Data yang lebih valid tentunya frekuensi pirbadi yang diberikan oleh pengujian yang tentunya dalam program komputer yang terhubung dengan alat uji sudah mempertimbangkan kondisi-kondisi diluar perkiraan kita.

Quote:


ya benar sekali....
frekuensi pribadi bisa langsung diketahui dari grafik tersebut. Lihat beberapa puncak pada grafik menggambarkan masing-masing mode getarannya. Dari ketiga arah percepatan yang diukur (longitudinal, transversal dan vertikal) kita bisa tentukan, dalam arah mana mode pertama gerakan yang paling dominan dan berapa frekuensinya. Frekuensi ini tentunya frekuensi pribadi dari masing-masing arah gerakan struktur.

Quote:

benar sekali....
akan ada tiga jenis frekuensi pribadi, tapi..sebagai engineer adalah menentukan mode getar dalam arah mana yang pertama kali akan terjadi jika ada beban dinamik pada struktur. Apakah struktur akan dominan bergerak naik-turun, bergoyang kesamping atau mengalami torsi. Dan apa pengaruhnya untuk masing-masing mode getar yang paling dominan terhadap struktur. Misalnya jika dominan torsi arah memanjang jembatan, maka kemungkinan terjadi keretakan pada sistem lantai jembatan menjadi sangat mungkin terjadi, maka diperlukan tulangan lantai yang cukup sehingga sistem lantai mampu menerima secondary moment akibat momen torsi.
Analisis lebih lanjut dengan elemen hingga berkaitan dengan frekuensi pribadi yang dominan adalah, bisa menunjukan bagian elemen struktur mana yang sensitif terhadap kegagalan struktur sekaligus bisa memperkirakan pola keruntuhan struktur.

Quote:


ok gan....
terima kasih banyak atas kontribusinya....
dan selamat belajar...


0
Ikuti KASKUS di
© 2025 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.