TS
makingthings
Desain Sementara MTDefense Kapal Selam Serang Diesel
Nakal dan gatal.
KS Diesel, ukuran sementara
Panjang = 78.4 m
Diameter (termasuk anechoic tile) = 9.17 m
Desain Kapal Selam
Dalam trit ini kita membahas mengenai Desain KS, Peralatan dan Prinsip-prinsip yang digunakan dalam kapal selam, secara ane tidak punya pengalaman nyupiri KS, dalam hal ini masukan dari agan2 akan sangat membantu. Tujuannya supaya kita dapat berbagi pengetahuan agar tidak terlalu gaptek.
Mungkin pada trit-trit sebelumnya sudah ada yang membahas ini sebelumya, kali ini kita mencoba mengulas dengan pendekatan logika.
Sebagian besar adalah tulisan ane sendiri tanpa mengutip, walaupun tulisan ini merupakan mozaik pemikiran ane berdasarkan beberapa bahan bacaan termasuk memori ane mengenai hukum-hukum fisika maupun wikipedia, apabila menemui keraguan jangan sungkan2 menggooglenya.
Harap dipahami bahwa ini bukanlah proyek pemerintah dan tidak dimaksudkan untuk itu, jadi jangan bertanya kapan ini diwujudkan.
I. Lambung
a. Lambung Kempa (pressure hull)
b. Cangkang
Lambung Tunggal vs Lambung Ganda
c. Sekat/ Bulkhead
d. Tangki Ballast
e. Punuk/Sail (astaga ane belum dapat apa padanan dalam bhs Indonesia)
Evolusi Gambar
Gambar HVAC

Evolusi ruangan-ruangan
Dari

Menjadi

Pembaruan tgl 2 April 2014
dari sebelumnya

Menjadi

dengan rincian sebagai berikut
1. Tiang layar di perbaiki
2. Ruang torpedo diturunkan dibuat ruang untuk kantor tambahan, ruang pompa depan + ruang akomodasi tambahan.
3. VLS dipangkas hanya bisa memuat rudal 533 mm x 7 meter (babur/ tomahawk/ 3M 54 Klub).
4. Penambahan tanki balast
KS Diesel, ukuran sementara
Panjang = 78.4 m
Diameter (termasuk anechoic tile) = 9.17 m
Desain Kapal Selam
Dalam trit ini kita membahas mengenai Desain KS, Peralatan dan Prinsip-prinsip yang digunakan dalam kapal selam, secara ane tidak punya pengalaman nyupiri KS, dalam hal ini masukan dari agan2 akan sangat membantu. Tujuannya supaya kita dapat berbagi pengetahuan agar tidak terlalu gaptek.
Mungkin pada trit-trit sebelumnya sudah ada yang membahas ini sebelumya, kali ini kita mencoba mengulas dengan pendekatan logika.
Sebagian besar adalah tulisan ane sendiri tanpa mengutip, walaupun tulisan ini merupakan mozaik pemikiran ane berdasarkan beberapa bahan bacaan termasuk memori ane mengenai hukum-hukum fisika maupun wikipedia, apabila menemui keraguan jangan sungkan2 menggooglenya.
Harap dipahami bahwa ini bukanlah proyek pemerintah dan tidak dimaksudkan untuk itu, jadi jangan bertanya kapan ini diwujudkan.
I. Lambung
Spoiler for Lambung:
a. Lambung Kempa (pressure hull)
Spoiler for Lambung Bertekanan/Lambung kempa:
b. Cangkang
Spoiler for Cangkang:
Lambung Tunggal vs Lambung Ganda
c. Sekat/ Bulkhead
Spoiler for Bulkhead:
d. Tangki Ballast
Spoiler for Balast:
e. Punuk/Sail (astaga ane belum dapat apa padanan dalam bhs Indonesia)
Spoiler for Punuk:
Evolusi Gambar
Spoiler for Gambar rencana awal:
Gambar HVAC

Evolusi ruangan-ruangan
Dari

Menjadi

Pembaruan tgl 2 April 2014
dari sebelumnya

Menjadi

dengan rincian sebagai berikut
1. Tiang layar di perbaiki
2. Ruang torpedo diturunkan dibuat ruang untuk kantor tambahan, ruang pompa depan + ruang akomodasi tambahan.
3. VLS dipangkas hanya bisa memuat rudal 533 mm x 7 meter (babur/ tomahawk/ 3M 54 Klub).
4. Penambahan tanki balast
Diubah oleh makingthings 06-08-2014 18:57
0
77.3K
291
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
20.4KThread•10.5KAnggota
Tampilkan semua post
TS
makingthings
#28
Sebelum menjawab pertanyaan agan2, ane lanjutin dolo..
Lanjut.
Masih berkaitan dengan cangkang dan cincin, ada 2 pendekatan dalam desain struktur yaitu lambung tunggal dan lambung ganda. Seperti yang dikatakan sebelumnya ditambah dgn pernyataan om plengker, bahwa negara-negara NATO en de genk menggunakan metode lambung tunggal sementara lambung ganda biasa di gunakan pada KS Rusia.
Perbedaan paling mencolok dari kedua pendekatan ini adalah posisi cincin kempa (istilah baru dapet dari agan plengker), pada lambung tunggal rangkaian cincin berada di dalam lambung kempa sementara pada lambung ganda cincin berada diluar lambung kempa. sehingga keunggulan instan yang dapat dilihat adalah bahwa dengan ukuran diameter lambung yang sama lambung ganda memiliki ruang yang cenderung lebih besar dari lambung tunggal, namun dilain pihak kekurangan format lambung ganda adalah kekuatan pengikat cincin tidak akan semaksimal lambung tunggal, karena lambung cincin lambug tunggal mendorong lambung keluar sementara lambung ganda menarik lambung keluar, walaupun ane berpikir hal ini tidak terlalu signifikan.
Perbedaan perihal kekuatan integritas lambung dari kedua pendekatan ini hanya dapat di lakukan dengan pengujian.
Selain kelebihan diatas, akustik lambung ganda juga pastinya akan lebih senyap, sebab getaran atau bunyi-bunyian yang terjadi pada lambung kempa tidak akan secara langsung diteruskan ke luar, sebab spasi diantara kedua lambung dapat berfungsi sebagai peredam lapis kedua setelah anechoic tile, dan damper yang di sematkan pada masing-masing perangkat.
Namun lambung ganda bukannya tidak punya kelemahan, pada lambung ganda karena sifatnya yang menarik lambung kempa keluar membutuhkan cincin dan juga material lambung yang lebih tebal daripada lambung tunggal.
Itulah sebabnya KS buatan russia mempunyai ciri khas;
- Diameter terluar lebih besar
- Lebih senyap
- Lebih berat
Dibandingkan KS buatan NATO
Bahkan beberapa KS RRC yang menggunakan prinsip ini, masih memiliki kesenyapan yang lebih baik meskipun mereka menyematkan anechoic tile yang lebih buruk.
Penampakan beda antara 2 jenis pendekatan lambung.. yang kanan rusky setronk, yang kiri NATO.

Lanjut.
Masih berkaitan dengan cangkang dan cincin, ada 2 pendekatan dalam desain struktur yaitu lambung tunggal dan lambung ganda. Seperti yang dikatakan sebelumnya ditambah dgn pernyataan om plengker, bahwa negara-negara NATO en de genk menggunakan metode lambung tunggal sementara lambung ganda biasa di gunakan pada KS Rusia.
Perbedaan paling mencolok dari kedua pendekatan ini adalah posisi cincin kempa (istilah baru dapet dari agan plengker), pada lambung tunggal rangkaian cincin berada di dalam lambung kempa sementara pada lambung ganda cincin berada diluar lambung kempa. sehingga keunggulan instan yang dapat dilihat adalah bahwa dengan ukuran diameter lambung yang sama lambung ganda memiliki ruang yang cenderung lebih besar dari lambung tunggal, namun dilain pihak kekurangan format lambung ganda adalah kekuatan pengikat cincin tidak akan semaksimal lambung tunggal, karena lambung cincin lambug tunggal mendorong lambung keluar sementara lambung ganda menarik lambung keluar, walaupun ane berpikir hal ini tidak terlalu signifikan.
Perbedaan perihal kekuatan integritas lambung dari kedua pendekatan ini hanya dapat di lakukan dengan pengujian.
Selain kelebihan diatas, akustik lambung ganda juga pastinya akan lebih senyap, sebab getaran atau bunyi-bunyian yang terjadi pada lambung kempa tidak akan secara langsung diteruskan ke luar, sebab spasi diantara kedua lambung dapat berfungsi sebagai peredam lapis kedua setelah anechoic tile, dan damper yang di sematkan pada masing-masing perangkat.
Namun lambung ganda bukannya tidak punya kelemahan, pada lambung ganda karena sifatnya yang menarik lambung kempa keluar membutuhkan cincin dan juga material lambung yang lebih tebal daripada lambung tunggal.
Itulah sebabnya KS buatan russia mempunyai ciri khas;
- Diameter terluar lebih besar
- Lebih senyap
- Lebih berat
Dibandingkan KS buatan NATO
Bahkan beberapa KS RRC yang menggunakan prinsip ini, masih memiliki kesenyapan yang lebih baik meskipun mereka menyematkan anechoic tile yang lebih buruk.
Penampakan beda antara 2 jenis pendekatan lambung.. yang kanan rusky setronk, yang kiri NATO.

0








