- Beranda
- Kendaraan Roda 4
X-Trailers : All About Nissan X-Trail
...
TS
nissanxtrail
X-Trailers : All About Nissan X-Trail
WARNING
SEBELUM BERTANYA MOHON MEMBACA PAGE ONE TERLEBIH DAHULU HINGGA SELESAI
APALAH ARTI PAGE ONE KALO MASIH BERTANYA PADAHAL JAWABAN ADA DI PAGE ONE 
Tips Menghindari Dopost, Tripost, dll
Quote:
Selamat Datang di thread X-Trailers,thread ini merupakan recompile dari thread sebelumnyadimana di thread ini merupakan thread yang sudah jalan dan tetap on-going di kaskus, Kami mempunyai forum tersendiri di luar kaskus, Jika ingin mampir silahkan klik link gambar di atas, Terimakasih,dan semoga apa yang ada di sini bermanfaat buat kita sebagai pengguna X-Trailers 
-Admin X-Trailers

-Admin X-Trailers
BUKA SEMUA SPOILER (shift + X)
LALU GUNAKAN AUTO SEARCH (ctrl + F)

Quote:
Macam-Macam X-Trail di Indonesia


Pre-Facelift (2002 CBU)
Pre-Facelift (2003-2006)
X-Trail ST (Sport Touring)
X-Trail XT (X-Tra Touring)
*Pre-Facelift di tahun 2002 dengan kapasitas mesin 2000cc merupakan CBU dimana Tidak Ada Foglamp, Bumper Depan Lebih Pipih dan Lebar, AC Digital,Front Speedo Limit di 160 Km/H, Snow Mode, Tidak Ada High Mount Stop Lamp, dan lain-lain
*Th.2003-2006 produk CKD
*Perbedaannya antara XT dan ST adalah XT Interor dengan Wood Panel sedangkan ST dengan Silver Panel*
*XT memiliki fitur lengkap di antaranya Washer Lampu, Jok Kulitdan Foglight Atap*
* Th.2005-2006 Mendapatkan Cover Sein Spion dan Cover Mesin*


Facelift (2007-2008)
X-Trail ST (Sport Touring)
X-Trail STT (Sport Touring Top)
X-Trail XT (X-Tra Touring)
X-Trail 2000cc
X-Trail 2000cc STT (Sport Touring Top)
X-Trail 2000cc (Limited Edition Nismo 2000cc)
X-trail 4WD (dengan Basic ST Th.2007-2008)
*Foglamp Lebih Kecil*
*Semua lampu belakang berwarna merah (Untuk sein dan lampu mundur semi merah mendekati pink*
*Bumper belakang berubah dan mata kucing menjadi bundar*
*Dash Lift,tidak ada wooden panel untuk tipe XT sekarang*
*V-Grill*
*Desain velg lebih kotak*
*XT memiliki fitur lengkap di antaranya Washer Lampu, Foglight Atap, Lampu Xenon sekarang di tambahakan sebagai standar XT*
*Mendapatkan Cover Sein dengan model baru*
*Khusus varian 2000cc memiliki transmisi manual,tidak ada foglamp,namun foglamp belakang sebagai standar*
*Warna interior Beige khusus 4WD*
*Lampu Xenon khusus 4WD*
*Varian 4WD tidak ada cover spion sein*
X-Trail CBU yang masuk awal-awal 2001-2002 adalah salah satu spesimen yang diketahui berada di Indonesia, selain juga ada beberapa model yang dilengkapi sunroof extra besar, X-Trail Ti 4WD yang asalnya dari Australia juga sering terlihat di jalanan dengan spoiler khas di atas bodi belakang. Ada juga spesimen T30 yang pakai velg 17inch palang 6



Tenaga turun 10hp (Jadi 170hp)
Menggunakan Transmisi CVT
Transmisi Automatic tersedia di varian 2000cc
Pre-Facelift (2008-2011)
X-Trail ST (Sport Touring, AT/MT 2000cc)
X-Trail ST (Sport Touring AT 2500CC)
X-Trail ST (Limited Edition Autech)
X-Trail XT (X-Tra Touring)
*Varian ST tidak Lampu Xenon, tidak Lampu projector,tidak ada foglight atas, tidak ada washer lampu*
*Varian Autech. Warna bumper sewarna bodi, velg dengan desain yang berbeda, Interior Black*
*Varian XT Jok Kulit, memakai Lampu projector dengan Xenon,Foglight Atas di pertahankan, washer lampu di pertahankan, tambahan Audio Switch Control, dan jok elektrik di Kursi Pengemudi*



Facelift (2011-2014)
X-Trail ST (Sport Touring, AT/MT 2000cc)
X-Trail ST (Sport Touring AT 2500CC)
X-Trail ST (Limited Edition Autech Urban Selection)
X-Trail XT (X-Tra Touring)
X-Trail XT (X-Tremer Version)
*Facelift pada pola lampu belakang dan sekarang menggunakan LED sebagai lampu rem
*Varian ST tidak Lampu Xenon, Lampu projector sebagai standar,tidak ada foglight atas, Washer Lampu sebagai standar*
*Varian Autech Urban Selection. Warna bumper sewarna bodi, velg dengan desain yang berbeda, Lampu projector dengan Xenon, washer lampu, Jok elektrik, Interior Beige*
*Varian XT Jok Kulit, memakai Lampu projector dengan Xenon,Foglight Atas di pertahankan, washer lampu, Audio Switch Control, dan jok elektrik di Kursi Pengemudi*
*Varian X-Tremer memiliki kelengkapan standar yang di miliki XT di tambah dengan aksesoris-aksesoris seperti cover foglamp,ukuran foglamp lebih besar, dan garnish bumper belakang
Spoiler for X-Trail Series:
Spoiler for T30:


Pre-Facelift (2002 CBU)
Pre-Facelift (2003-2006)
X-Trail ST (Sport Touring)
X-Trail XT (X-Tra Touring)
*Pre-Facelift di tahun 2002 dengan kapasitas mesin 2000cc merupakan CBU dimana Tidak Ada Foglamp, Bumper Depan Lebih Pipih dan Lebar, AC Digital,Front Speedo Limit di 160 Km/H, Snow Mode, Tidak Ada High Mount Stop Lamp, dan lain-lain
*Th.2003-2006 produk CKD
*Perbedaannya antara XT dan ST adalah XT Interor dengan Wood Panel sedangkan ST dengan Silver Panel*
*XT memiliki fitur lengkap di antaranya Washer Lampu, Jok Kulitdan Foglight Atap*
* Th.2005-2006 Mendapatkan Cover Sein Spion dan Cover Mesin*


Facelift (2007-2008)
X-Trail ST (Sport Touring)
X-Trail STT (Sport Touring Top)
X-Trail XT (X-Tra Touring)
X-Trail 2000cc
X-Trail 2000cc STT (Sport Touring Top)
X-Trail 2000cc (Limited Edition Nismo 2000cc)
X-trail 4WD (dengan Basic ST Th.2007-2008)
*Foglamp Lebih Kecil*
*Semua lampu belakang berwarna merah (Untuk sein dan lampu mundur semi merah mendekati pink*
*Bumper belakang berubah dan mata kucing menjadi bundar*
*Dash Lift,tidak ada wooden panel untuk tipe XT sekarang*
*V-Grill*
*Desain velg lebih kotak*
*XT memiliki fitur lengkap di antaranya Washer Lampu, Foglight Atap, Lampu Xenon sekarang di tambahakan sebagai standar XT*
*Mendapatkan Cover Sein dengan model baru*
*Khusus varian 2000cc memiliki transmisi manual,tidak ada foglamp,namun foglamp belakang sebagai standar*
*Warna interior Beige khusus 4WD*
*Lampu Xenon khusus 4WD*
*Varian 4WD tidak ada cover spion sein*
X-Trail CBU yang masuk awal-awal 2001-2002 adalah salah satu spesimen yang diketahui berada di Indonesia, selain juga ada beberapa model yang dilengkapi sunroof extra besar, X-Trail Ti 4WD yang asalnya dari Australia juga sering terlihat di jalanan dengan spoiler khas di atas bodi belakang. Ada juga spesimen T30 yang pakai velg 17inch palang 6
Spoiler for T31:



Tenaga turun 10hp (Jadi 170hp)
Menggunakan Transmisi CVT
Transmisi Automatic tersedia di varian 2000cc
Pre-Facelift (2008-2011)
X-Trail ST (Sport Touring, AT/MT 2000cc)
X-Trail ST (Sport Touring AT 2500CC)
X-Trail ST (Limited Edition Autech)
X-Trail XT (X-Tra Touring)
*Varian ST tidak Lampu Xenon, tidak Lampu projector,tidak ada foglight atas, tidak ada washer lampu*
*Varian Autech. Warna bumper sewarna bodi, velg dengan desain yang berbeda, Interior Black*
*Varian XT Jok Kulit, memakai Lampu projector dengan Xenon,Foglight Atas di pertahankan, washer lampu di pertahankan, tambahan Audio Switch Control, dan jok elektrik di Kursi Pengemudi*



Facelift (2011-2014)
X-Trail ST (Sport Touring, AT/MT 2000cc)
X-Trail ST (Sport Touring AT 2500CC)
X-Trail ST (Limited Edition Autech Urban Selection)
X-Trail XT (X-Tra Touring)
X-Trail XT (X-Tremer Version)
*Facelift pada pola lampu belakang dan sekarang menggunakan LED sebagai lampu rem
*Varian ST tidak Lampu Xenon, Lampu projector sebagai standar,tidak ada foglight atas, Washer Lampu sebagai standar*
*Varian Autech Urban Selection. Warna bumper sewarna bodi, velg dengan desain yang berbeda, Lampu projector dengan Xenon, washer lampu, Jok elektrik, Interior Beige*
*Varian XT Jok Kulit, memakai Lampu projector dengan Xenon,Foglight Atas di pertahankan, washer lampu, Audio Switch Control, dan jok elektrik di Kursi Pengemudi*
*Varian X-Tremer memiliki kelengkapan standar yang di miliki XT di tambah dengan aksesoris-aksesoris seperti cover foglamp,ukuran foglamp lebih besar, dan garnish bumper belakang
================================================
What's App Group

Dear X-Trailers Thread Reader...
X-Trailers adalah grup komunitas Nissan X-Trail yang berkembang pesat di seluruh daerah Indonesia Raya. Untuk memperbesar cakupan wilayah dan member yang tergabung makin banyak, saat ini silahkan untuk bergabung ke WhatsApp Group X-Trailers jika menghendaki.
Gabung WA Group syaratnya :
1. Aktif di thread dan MAU Aktif dalam Group WA (Dalam grup banyak bahasan seputar X-Trail dan Keseharian)
2. Menghendaki untuk banyak notif di hape, karena grup WA cukup banyak member yang tergabung dan bahasan chat yang cukup pesat.
3. No additional fees or registration fee.
Demikian kiranya, silahkan menghubungi by WA :
Admin
Akbar - 085649535649
Arsan - 081326858220
(Untuk yang menghubungi dengan niat jualan dan promosi produk mohon maaf kami tidak bisa menerimanya karena kami adalah komunitas. Apalagi kalau ada yang menipu akan menerima sendiri akibatnya)
Admin/PR only for Jatim Regional Group
ARYA - 081331710321
ID Kaskus :
Nama Asli :
nama panggilan:
Nocan (telp):
IG / fb /twitter (socmed) :
Region :
Jenis/tipe Kend :
Warna kend:
Plat Kend :
Perlu di perhatikan apabila sudah join WA akan ada tata-tertib yang berlaku di dalamnya,demi kenyamanan bersama,terimakasih
What's App Group
Spoiler for What's App Group:
OPEN INVITATION
Dear X-Trailers Thread Reader...
X-Trailers adalah grup komunitas Nissan X-Trail yang berkembang pesat di seluruh daerah Indonesia Raya. Untuk memperbesar cakupan wilayah dan member yang tergabung makin banyak, saat ini silahkan untuk bergabung ke WhatsApp Group X-Trailers jika menghendaki.
Gabung WA Group syaratnya :
1. Aktif di thread dan MAU Aktif dalam Group WA (Dalam grup banyak bahasan seputar X-Trail dan Keseharian)
2. Menghendaki untuk banyak notif di hape, karena grup WA cukup banyak member yang tergabung dan bahasan chat yang cukup pesat.
3. No additional fees or registration fee.
Demikian kiranya, silahkan menghubungi by WA :
Admin
Akbar - 085649535649
Arsan - 081326858220
(Untuk yang menghubungi dengan niat jualan dan promosi produk mohon maaf kami tidak bisa menerimanya karena kami adalah komunitas. Apalagi kalau ada yang menipu akan menerima sendiri akibatnya)
Admin/PR only for Jatim Regional Group
ARYA - 081331710321
Quote:
Bagi Yang Berminat Join WhatsApp Group
Spoiler for Format Data Diri:
ID Kaskus :
Nama Asli :
nama panggilan:
Nocan (telp):
IG / fb /twitter (socmed) :
Region :
Jenis/tipe Kend :
Warna kend:
Plat Kend :
Perlu di perhatikan apabila sudah join WA akan ada tata-tertib yang berlaku di dalamnya,demi kenyamanan bersama,terimakasih

Beberapa aturan untuk penggunaan user nissanxtrail
Quote:
A. Tidak boleh mengganti password tanpa persetujuan admin yang lain
B. Tidak boleh menggunakan ID ini untuk posting di luar thread ini
C. Tidak boleh digunakan untuk transaksi jual beli
D. Bersedia menyerahkan data nama dan alamat lengkap ke admin yang lain
================================================


RULES pengguna Stiker dan Kaos X-Trailers 

Guna menjaga nama baik X-Trailers dan juga KASKUS pada umumnya, dengan ini peraturan pembelian, pemasangan, serta pemesanan stiker akan di buat sebagai berikut :
1. Calon member yang ingin mendapatkan stiker X-Trailers harus wajib datang minimal 5 kali KOPDAR (kopi darat) di masing-masing regional atau minimal 30 kali post di dalam forum X-Trailers (bila di wilayahnya belum ada regional yang terbentuk), Setelah itu baru di persilahkan melakukan registrasi dan memesan stiker serta kaus X-Trailers. Hal ini guna mempererat tali silahturahmi antar sesama member, dan juga menghindari penyalahgunaan stiker yang sudah terpasang di kendaraan masing-masing dalam hal ini bentuk pelanggaran lalu lintas,dsb.
2. Sticker X-Trailers TIDAK diperjual belikan secara bebas di luar forum X-Trailers, baik di FJB Kaskus atau di manapun.
3. Pemilik kendaraan yang sudah memasang stiker X-Trailers pada kendaraannya di harapkan agar disiplin dalam berkendara, serta wajib mematuhi tata tertib serta rambu-rambu yang ada.
4. Jika suatu saat mobil akan berpindah tangan atau beralih kepemmilikan, pemilik lama WAJIB melepas atribut yang berhubungan dengan X-Trailers, dalam hal ini sticker X-Trailers.
Izin momod pembuatan sticker dengan logo kaskus

PART Prasejarah
PART Persiapan Bersejarah


Rules Pengguna Atribut X-Trailers
Quote:
Quote:

RULES pengguna Stiker dan Kaos X-Trailers 

Guna menjaga nama baik X-Trailers dan juga KASKUS pada umumnya, dengan ini peraturan pembelian, pemasangan, serta pemesanan stiker akan di buat sebagai berikut :
1. Calon member yang ingin mendapatkan stiker X-Trailers harus wajib datang minimal 5 kali KOPDAR (kopi darat) di masing-masing regional atau minimal 30 kali post di dalam forum X-Trailers (bila di wilayahnya belum ada regional yang terbentuk), Setelah itu baru di persilahkan melakukan registrasi dan memesan stiker serta kaus X-Trailers. Hal ini guna mempererat tali silahturahmi antar sesama member, dan juga menghindari penyalahgunaan stiker yang sudah terpasang di kendaraan masing-masing dalam hal ini bentuk pelanggaran lalu lintas,dsb.
2. Sticker X-Trailers TIDAK diperjual belikan secara bebas di luar forum X-Trailers, baik di FJB Kaskus atau di manapun.
3. Pemilik kendaraan yang sudah memasang stiker X-Trailers pada kendaraannya di harapkan agar disiplin dalam berkendara, serta wajib mematuhi tata tertib serta rambu-rambu yang ada.
4. Jika suatu saat mobil akan berpindah tangan atau beralih kepemmilikan, pemilik lama WAJIB melepas atribut yang berhubungan dengan X-Trailers, dalam hal ini sticker X-Trailers.
Izin momod pembuatan sticker dengan logo kaskus

INDEX OLD THREAD
PART Prasejarah
PART Persiapan Bersejarah

Quote:

Spoiler for Be Safe On The Road:
END OF PAGE ONE
Diubah oleh nissanxtrail 08-06-2016 13:22
nona212 memberi reputasi
1
1.4M
Kutip
10K
Balasan
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 4
25.1KThread•19.3KAnggota
Tampilkan semua post
TS
nissanxtrail
#2
#1 Frequently Asked Questions (FAQ),Tips & Trick
1. BBM yang boleh digunakan untuk X-Trail ?
Jawaban:
Sesuai rekomendasi dari buku manual dengan kompresi 1:9,6 (2500cc) dan 1:10 (2000cc) minimal menggunakan BBM dengan Ron 91 (Pertamax)
2. Jadi bisa gak pakai BBM Subsidi (Premium) ?
Jawaban:
Bisa saja, tapi mungkin untuk beberapa kasus perlu di stel timing pembakarannya dan kemungkinan ada efek jangka panjang seperti mesin mengelitik,(Malu dong X-Trail make bbm subsidi
)
3. Steer ga lurus? & Rekondisi Power Steering
Jawaban:
cek kaki kaki gan, tie rod, long tie rod, stabilizer link, sama sokbreker..
FR juga deh, baru sempet ngaskus, pakek klonengan pula
bulan lalu sempet rekondisi Power Steering T30 @ Hendra Jaya Power Steering
rekondisi karena kebocoran di seal rack steering, long tie rod uda lemah, karet link stabilizer pecah kehajar oli PS
yang diganti:
- seal rack steering
- long tie rod sepasang
- karet link stabilizer
- oli power steering
- bubut as power steering yg uda baret alus
General Total: 3.600.000
Spooring di deket rumah, abis 150rb
result:
- gluduk2 di kaki kaki depan ILANG TOTAL
- handling kembali jadi enak
- setir jadi lebi antep
- uda ga usa nambah2 oli P/S lagi
- lari 140-150 masi mantaaaappp
4. Konsumsi X-Trail
Jawaban:
5. Apa saja yang tidak boleh dilakukan pada inreyen ?
Jawaban:
Di buku manual disarankan: tidak boleh RPM mencapai 4000, tidak boleh kecepatan konstan, tidak boleh rem mendadak.
6. X-Trail Bergetar?
Jawaban:
7. Bunyi-bunyi Getar?
8. X-Trail ga bisa lari?
Jawaban:
9. Alamat email customer care nissan ?
Jawaban:
Keluhan dan pertanyaan seputar Livina dan pelayanan dealer/BeRes bisa juga disampaikan ke customer.relation@nissan.co.id
10. Mohon info biaya perawatan rutin GL setiap 10rb KM ?
Jawaban:
Silakan baca Disini
11. Mobil saya ngelitik gan kenapa ya?
Jawaban :
Silakan baca Disini
12. All About Kaki-Kaki
13. Kalo di jalan kita terjadi sesuatu kendala mobil mogok misalnya atau lain hal, saya bisa hubungi kemana ya gan untuk konsultasi ?
Jawaban :
Silahkan kontak ke Nissan ERA di sini
17. Modified Spark plug SEAL tube on QR25DE Valve Cover
18. Xtrail T30 MAF Censor problem
14. Reset ECU
15. How to use your A/T stick perfectly
-------------
Update Harga Parts & Aksesoris
Jawaban:
Sesuai rekomendasi dari buku manual dengan kompresi 1:9,6 (2500cc) dan 1:10 (2000cc) minimal menggunakan BBM dengan Ron 91 (Pertamax)
2. Jadi bisa gak pakai BBM Subsidi (Premium) ?
Jawaban:
Bisa saja, tapi mungkin untuk beberapa kasus perlu di stel timing pembakarannya dan kemungkinan ada efek jangka panjang seperti mesin mengelitik,(Malu dong X-Trail make bbm subsidi
)3. Steer ga lurus? & Rekondisi Power Steering
Jawaban:
cek kaki kaki gan, tie rod, long tie rod, stabilizer link, sama sokbreker..
Spoiler for Rekondisi Power Steering:
FR juga deh, baru sempet ngaskus, pakek klonengan pula

bulan lalu sempet rekondisi Power Steering T30 @ Hendra Jaya Power Steering
rekondisi karena kebocoran di seal rack steering, long tie rod uda lemah, karet link stabilizer pecah kehajar oli PS
yang diganti:
- seal rack steering
- long tie rod sepasang
- karet link stabilizer
- oli power steering
- bubut as power steering yg uda baret alus
General Total: 3.600.000
Spooring di deket rumah, abis 150rb
result:
- gluduk2 di kaki kaki depan ILANG TOTAL

- handling kembali jadi enak
- setir jadi lebi antep
- uda ga usa nambah2 oli P/S lagi

- lari 140-150 masi mantaaaappp
4. Konsumsi X-Trail
Jawaban:
Quote:
Original Posted By vulvychint►kebetulan saya pake T30 2.5 A/T..
konsumsi BBMnya:
dalkot: 1:6-7
lurkot: 1:9-10
kombinasi: 1:8
T31 belom tau, tapi dulu pas bawa punya sodara, dalkot 1:7-8, lurkot 1:11an, kombinasi 1:9an
.konsumsi BBMnya:
dalkot: 1:6-7
lurkot: 1:9-10
kombinasi: 1:8
T31 belom tau, tapi dulu pas bawa punya sodara, dalkot 1:7-8, lurkot 1:11an, kombinasi 1:9an
5. Apa saja yang tidak boleh dilakukan pada inreyen ?
Jawaban:
Di buku manual disarankan: tidak boleh RPM mencapai 4000, tidak boleh kecepatan konstan, tidak boleh rem mendadak.
6. X-Trail Bergetar?
Jawaban:
Quote:
Original Posted By corvet73►
coba cek engine mountingnya gan.
sama coba cek rpm nya pas idle
kmaren ane juga gitu
pas di D geter dikit, pas AC nyala berasa banget geternya
di cek rpm ternyata terlalu rendah.
akhirnya di tinggi in dikit rpm
coba cek engine mountingnya gan.
sama coba cek rpm nya pas idle
kmaren ane juga gitu
pas di D geter dikit, pas AC nyala berasa banget geternya
di cek rpm ternyata terlalu rendah.
akhirnya di tinggi in dikit rpm
7. Bunyi-bunyi Getar?
Spoiler for Jawaban:
Quote:
Original Posted By 06003►
biasanya yang geter itu jok belakangnya gan
kalo jok belakangnya ada orangnya masih geter ga? common problem nya x trail di kuncian jok belakangnya, biasanya diakalin dengan dikasih lakban di lobang setelannya itu.. tapi punya ane sih dibiarin aja.. emang kesannya kaya kaca belakang yang geter..
biasanya yang geter itu jok belakangnya gan
kalo jok belakangnya ada orangnya masih geter ga? common problem nya x trail di kuncian jok belakangnya, biasanya diakalin dengan dikasih lakban di lobang setelannya itu.. tapi punya ane sih dibiarin aja.. emang kesannya kaya kaca belakang yang geter..
Spoiler for Flow Chart Bunyi Getar:
Quote:
Original Posted By vulvychint►sama dari alas bagasi om, yang cover ban serep, kalo uda umur biasanya ada yg kendor2 gt, sama isi dalemnya kalo ada barang2 yg bergerak disumpel2in aja biar ga gerak2
8. X-Trail ga bisa lari?
Jawaban:
Quote:
Original Posted By corvet73►
Carbon clean
Tune up
Cek filter udara kotor ga, ganti bila perlu
Cek busi, lihat warnanya apa
Carbon clean
Tune up
Cek filter udara kotor ga, ganti bila perlu
Cek busi, lihat warnanya apa
9. Alamat email customer care nissan ?
Jawaban:
Keluhan dan pertanyaan seputar Livina dan pelayanan dealer/BeRes bisa juga disampaikan ke customer.relation@nissan.co.id
10. Mohon info biaya perawatan rutin GL setiap 10rb KM ?
Jawaban:
Silakan baca Disini
11. Mobil saya ngelitik gan kenapa ya?
Jawaban :
Silakan baca Disini
12. All About Kaki-Kaki
Spoiler for Jawaban::
Quote:
Original Posted By hotmix_4x4►
OK soal kaki kaki bunyi, biasanya paling sering bunyi menurut ane kaki kaki depan.
beberapa kali kaki depan T30 ane bunyi, biasanya kena jalan kasar dikit atau pas lagi belok...
itu biasanya terjadi karena baut2 stabilizer depan kendor...
solusinya, ane kerjain sendiri dirumah, modal dongkrak buaya sama kunci2
1. parkir di tempat datar
2. ganjel ban belakang
3. kendorin baut roda depan
4. dongkrak bagian depan tengah T30, lalu buka roda depan...
5. cek baut2, terutama baut stabilizer depan (kiri-kanan)
6. juga sekalian cek baut2 arm depan dan baut tie rod
7. setelah semua dikencengin, pasang lagi roda depannya...
8. coba bawa jalan... mudah2an bunyi2 di kaki2 depan ilang, atau paling gak berkurang drastis.
OK soal kaki kaki bunyi, biasanya paling sering bunyi menurut ane kaki kaki depan.
beberapa kali kaki depan T30 ane bunyi, biasanya kena jalan kasar dikit atau pas lagi belok...
itu biasanya terjadi karena baut2 stabilizer depan kendor...
solusinya, ane kerjain sendiri dirumah, modal dongkrak buaya sama kunci2
1. parkir di tempat datar
2. ganjel ban belakang
3. kendorin baut roda depan
4. dongkrak bagian depan tengah T30, lalu buka roda depan...
5. cek baut2, terutama baut stabilizer depan (kiri-kanan)
6. juga sekalian cek baut2 arm depan dan baut tie rod
7. setelah semua dikencengin, pasang lagi roda depannya...
8. coba bawa jalan... mudah2an bunyi2 di kaki2 depan ilang, atau paling gak berkurang drastis.
13. Kalo di jalan kita terjadi sesuatu kendala mobil mogok misalnya atau lain hal, saya bisa hubungi kemana ya gan untuk konsultasi ?
Jawaban :
Silahkan kontak ke Nissan ERA di sini
17. Modified Spark plug SEAL tube on QR25DE Valve Cover
Spoiler for Open:
Quote:
Original Posted By hotmix_4x4►udah lama gak mampir di mari....
sekitar kurang dari setahun yg lalu, mungkin antara 8-9 bulan kali yah...
ane pernah posting disini kalau ane punya seal di valve cover T30 ane rusak karena getas... yg mengakibatkan uap oli naik ke atas dan ngerendem lubang busi....
itu solusi nya yah ganti valve cover utuh, harga barunya sekitar 3 juta perak lebih....
akhirnya pada waktu itu ane beli valve cover copotan seharga 1.2jt perak, dan akhirnya beberapa hari lalu salah satu silinder seal nya sudah mulai jebol lagi dan merendam salah satu busi...
mau beli valve cover 3jt an kok yaaa sayang banget yaaa...
akhir nya setelah googling sana sini, cek berbagai forum... Yes, itu Spark Plug Seal Tube pada Valve Cover QR25DE emang sering bermasalah, gak cuma di Xtrail aja, tetapi hampir di family QR25DE ini, seperti pada mesin Nissan Serena QR20DE, dan di luar negeri seperti mesin Nissan Altima QR25DE
dan yes, obat nya harus ganti valve cover utuh, tetapi buat beberapa orang di luar sana, sudah tersedia seal nya aja, tetapi tetap harus ada sedikit modifikasi untuk pemasangan nya.... kalau tools complete sih bisa Do It Tour Self... dan butuh ketelitian yg cukup tinggi, karena kalau tidak, salah2 Valve Cover malah rusak total (terbuat dari bahan campuran Plastik)
alhasil dengan sedikit riset dan kenekatan, valve cover yg dulu ane punya pernah jebol, ane jadiin proyek trial and error... modal beli seal oil yg paling bagus sekitar 200rb (4pcs) dan ongkos bengkel bubut langganan sekitar 300rb (total 500rb perak)
ane udah punya Valve Cover QR25DE yg Spark Plug Seal Tube nya baru gress dan kaga bocor lagi, dan ane jamin, seal nya jauh lebih bagus dari seal asli bawaan nya....
saat ini sudah terpasang di T30 ane dan proven kaga bocor dalam jangka waktu lama
kalau agan-agan disini punya masalah yg sama, kirim aja Valve Cover QR25DE punya Xtrail Agan, ane bantu bikinkan seperti ane punya Valve Cover.... dari pada keluar duit 3jt perak
buat agan admin, boleh di taro di page one bila berkenan
berikut penampakannya:
![kaskus-image]()
![kaskus-image]()
![kaskus-image]()
sekitar kurang dari setahun yg lalu, mungkin antara 8-9 bulan kali yah...
ane pernah posting disini kalau ane punya seal di valve cover T30 ane rusak karena getas... yg mengakibatkan uap oli naik ke atas dan ngerendem lubang busi....
itu solusi nya yah ganti valve cover utuh, harga barunya sekitar 3 juta perak lebih....
akhirnya pada waktu itu ane beli valve cover copotan seharga 1.2jt perak, dan akhirnya beberapa hari lalu salah satu silinder seal nya sudah mulai jebol lagi dan merendam salah satu busi...
mau beli valve cover 3jt an kok yaaa sayang banget yaaa...
akhir nya setelah googling sana sini, cek berbagai forum... Yes, itu Spark Plug Seal Tube pada Valve Cover QR25DE emang sering bermasalah, gak cuma di Xtrail aja, tetapi hampir di family QR25DE ini, seperti pada mesin Nissan Serena QR20DE, dan di luar negeri seperti mesin Nissan Altima QR25DE
dan yes, obat nya harus ganti valve cover utuh, tetapi buat beberapa orang di luar sana, sudah tersedia seal nya aja, tetapi tetap harus ada sedikit modifikasi untuk pemasangan nya.... kalau tools complete sih bisa Do It Tour Self... dan butuh ketelitian yg cukup tinggi, karena kalau tidak, salah2 Valve Cover malah rusak total (terbuat dari bahan campuran Plastik)
alhasil dengan sedikit riset dan kenekatan, valve cover yg dulu ane punya pernah jebol, ane jadiin proyek trial and error... modal beli seal oil yg paling bagus sekitar 200rb (4pcs) dan ongkos bengkel bubut langganan sekitar 300rb (total 500rb perak)
ane udah punya Valve Cover QR25DE yg Spark Plug Seal Tube nya baru gress dan kaga bocor lagi, dan ane jamin, seal nya jauh lebih bagus dari seal asli bawaan nya....
saat ini sudah terpasang di T30 ane dan proven kaga bocor dalam jangka waktu lama
kalau agan-agan disini punya masalah yg sama, kirim aja Valve Cover QR25DE punya Xtrail Agan, ane bantu bikinkan seperti ane punya Valve Cover.... dari pada keluar duit 3jt perak
buat agan admin, boleh di taro di page one bila berkenan
berikut penampakannya:
Spoiler for Valve Cover QR25DE Nissan Xtrail:


Spoiler for Modified Spark Plug Seal Tube on QR25DE Valve Cover Xtrail:

Quote:
Original Posted By hrmsturnip►
dah ane lihat gan, masih buka cover aja(yg ada tulisan
2,5cvtc) dan belom buka busi, dah tampak banjir oli di
bagian busi paling pinggir. itu gimana ya gan.. apa
seal nya aja atau dah kena bagian piston? ane takut
ntar diganti covernya, tapi masih aja begitu. gan
maksud japri aja, apa gan? maklum newbie bgt, klo ane
mau ganti sealnya sama agan gimana caranya?
dah ane lihat gan, masih buka cover aja(yg ada tulisan
2,5cvtc) dan belom buka busi, dah tampak banjir oli di
bagian busi paling pinggir. itu gimana ya gan.. apa
seal nya aja atau dah kena bagian piston? ane takut
ntar diganti covernya, tapi masih aja begitu. gan
maksud japri aja, apa gan? maklum newbie bgt, klo ane
mau ganti sealnya sama agan gimana caranya?
Quote:
Original Posted By hotmix_4x4►
oh iya, coba buka itu koilnya 4-4 nya gan, koil itu nyambung ke busi, cek apakah businya kerendem oli? klo kerendem oli, udh pasti sealnya rusak
tapi untuk masalah ring piston gak bisa di cek dari situ, biasanya asap knalpot kelihatan putih, krn oli sudah terbakar ketika proses pembakaran terjadi
jadi nanti jika valve cover jd mau dibenerin, tolong mesinnya di tutupin pake koran beberapa lapis gan, supaya gak berdebu
lalu jika nanti valve cover mau di pasang setelah di repair, kan oli pada ngerendem lubang busi tuh, usahakan oli nya di sedot dulu gan, nyedotnya bisa pake alat suntik yg agak gede dan disambung selang, mungkin emang gak terlalu bersih gpp... setelah itu buka semua businya, dan bersihkan pake Carb Cleaner/DCS, termasuk sekalian di semprot itu lubang busi pake DCS/Carb Cleaner supaya bekas2 oli luntur dan jatuh ke dalam ruang bakar, nantinya dengan ruang bakar di semprot DCS/Carb Cleaner juga memabntu merontokkan kerak2 dalam ruang bakar, yah semacam carbon clean ringan lah
pasang kembali valve cover nya, dan pastikan seal lubang businya di lulurin oli dulu suapaya licin dan gak seret ketika pemasangan, dan pastikan karet seal sekeliling valve cover juga terpasang dengan benar
pasang busi yg telah dibersihkan, dan start engine nya gan, awalnya pasti bakal berasap putih, krn kerak2 dalam ruang bakar dan sisa oli yg turun dr lubang busi td sedang dalam proses pembakaran.... kalau engine nya sehat, pasti lama2 asap putih bakal hilang gan... tp kalau asap putih terus keluar walau tipis... mungkin memang ring piston sudah lemah dan musti di ganti
oh iya, coba buka itu koilnya 4-4 nya gan, koil itu nyambung ke busi, cek apakah businya kerendem oli? klo kerendem oli, udh pasti sealnya rusak
tapi untuk masalah ring piston gak bisa di cek dari situ, biasanya asap knalpot kelihatan putih, krn oli sudah terbakar ketika proses pembakaran terjadi
jadi nanti jika valve cover jd mau dibenerin, tolong mesinnya di tutupin pake koran beberapa lapis gan, supaya gak berdebu
lalu jika nanti valve cover mau di pasang setelah di repair, kan oli pada ngerendem lubang busi tuh, usahakan oli nya di sedot dulu gan, nyedotnya bisa pake alat suntik yg agak gede dan disambung selang, mungkin emang gak terlalu bersih gpp... setelah itu buka semua businya, dan bersihkan pake Carb Cleaner/DCS, termasuk sekalian di semprot itu lubang busi pake DCS/Carb Cleaner supaya bekas2 oli luntur dan jatuh ke dalam ruang bakar, nantinya dengan ruang bakar di semprot DCS/Carb Cleaner juga memabntu merontokkan kerak2 dalam ruang bakar, yah semacam carbon clean ringan lah
pasang kembali valve cover nya, dan pastikan seal lubang businya di lulurin oli dulu suapaya licin dan gak seret ketika pemasangan, dan pastikan karet seal sekeliling valve cover juga terpasang dengan benar
pasang busi yg telah dibersihkan, dan start engine nya gan, awalnya pasti bakal berasap putih, krn kerak2 dalam ruang bakar dan sisa oli yg turun dr lubang busi td sedang dalam proses pembakaran.... kalau engine nya sehat, pasti lama2 asap putih bakal hilang gan... tp kalau asap putih terus keluar walau tipis... mungkin memang ring piston sudah lemah dan musti di ganti
18. Xtrail T30 MAF Censor problem
Spoiler for :
ngelanjutin sharing mengenai problem di Xtrail ane
sekitar 3 hari lalu, pas ane mau keluar bawa mobil.... kok tiba2 mesin kaga enak banget.... agak2 pincang kaga alus ketika idle, dan yg bikin gondok, klo di gas RPM nya gak mau naik, ketahan di sekitar 2300-2400 RPM
setelah cek sana sini, eh sempet liat Thread nya agan HagiFabrian untuk konsultasi, lgs lah malam2 ane Whatsapp dan janjian untuk dateng ke rumah
setelah di cek ternyata ane punya problem ada di MAF censor setelah air filter
nah untuk gejala idle nya ga rata, itu ternyata gegara ane punya busi salah satu silinder kerendem oli gara2 seal pada valve cover bocor, yg dimana solusi nya udah ane jelasin di atas, bahwa ane modifikasi valve cover nya dengan seal baru, krn aslinya kaga bisa di ganti seal nya doank, harus komplit satu set valve cover seharga 3jt lebih
tetapi untuk MAF Censor, mau gak mau ane harus ganti... dan yg bikin hati tersayat, eh kantong tersayat adalah harga MAF Censor yg lumayan nguras ATM... sebelum nya agan HagiFabrian bilang harganya sekitar 1.1jt eh ternyata harganya hampir 2x lipatnya, 2jt 30rb cooyyy... buat sebuah MAF Censor dooank, mau ga mau yah kudu ganti, tetapi sekarang setelah MAF Censor ganti.. jossss T30 Ane berasa lebih garang dan responsif, apa krn emang MAF censor sebelomnya udh letoy yaaaa....
untuk MAF Censor ini ternyata harganya emang cukup mahal, bahkan di Aussie sendiri bisa antara 2.5jt smp 3.3jt perak (cek ebay), nah tetapi ada juga yg jual lebih murah, yaitu OEM part yg harganya juga sekitar 800rb - 1.2jt (ebay) tetapi belom termasuk ongkir dan pajak, hmmm bisa-bisa nyampek disini udh hampir 2jt juga, mana harus nunggu lama pula... yaudah diputuskan ambil parts asli seharga 2jt perak... amsiionk, tp puas
sekitar 3 hari lalu, pas ane mau keluar bawa mobil.... kok tiba2 mesin kaga enak banget.... agak2 pincang kaga alus ketika idle, dan yg bikin gondok, klo di gas RPM nya gak mau naik, ketahan di sekitar 2300-2400 RPM
setelah cek sana sini, eh sempet liat Thread nya agan HagiFabrian untuk konsultasi, lgs lah malam2 ane Whatsapp dan janjian untuk dateng ke rumah
setelah di cek ternyata ane punya problem ada di MAF censor setelah air filter
nah untuk gejala idle nya ga rata, itu ternyata gegara ane punya busi salah satu silinder kerendem oli gara2 seal pada valve cover bocor, yg dimana solusi nya udah ane jelasin di atas, bahwa ane modifikasi valve cover nya dengan seal baru, krn aslinya kaga bisa di ganti seal nya doank, harus komplit satu set valve cover seharga 3jt lebih
tetapi untuk MAF Censor, mau gak mau ane harus ganti... dan yg bikin hati tersayat, eh kantong tersayat adalah harga MAF Censor yg lumayan nguras ATM... sebelum nya agan HagiFabrian bilang harganya sekitar 1.1jt eh ternyata harganya hampir 2x lipatnya, 2jt 30rb cooyyy... buat sebuah MAF Censor dooank, mau ga mau yah kudu ganti, tetapi sekarang setelah MAF Censor ganti.. jossss T30 Ane berasa lebih garang dan responsif, apa krn emang MAF censor sebelomnya udh letoy yaaaa....
untuk MAF Censor ini ternyata harganya emang cukup mahal, bahkan di Aussie sendiri bisa antara 2.5jt smp 3.3jt perak (cek ebay), nah tetapi ada juga yg jual lebih murah, yaitu OEM part yg harganya juga sekitar 800rb - 1.2jt (ebay) tetapi belom termasuk ongkir dan pajak, hmmm bisa-bisa nyampek disini udh hampir 2jt juga, mana harus nunggu lama pula... yaudah diputuskan ambil parts asli seharga 2jt perak... amsiionk, tp puas
14. Reset ECU
Spoiler for :
Quote:
Original Posted By ilaksmana►Banyak cara buat ngereset ECU tp buat gw yg paling efektif yg ini
Share dikit yah..:
Cara RESET ECU XTRAIL tanpa lepas ACCU:
1)Idupin mesin xtrailnya agan2 ampe idle....sebenernya 2-3 menit sih udah bisa di reset, cuman buat perbandingan aja ...RPM saat idle sebelum di reset sama sesudah ada bedanya gak....
NB:jangan ngidupin electrical dulu yah gan kaya AC,Tape,lampu2,lighter,ngecas Hape apalagi nonton tipi di mobil....
2)Di stop mesinnya gan...sayang bensinnya tuh
3)Buka kap mesinnya,cari Fuse Box item yg di deketnya Aki or air filter...di buka kotaknya gan jangan dibuang
...check di balik kotaknya ada posisi2 Fuse ....trus di cabut fuse ENG CONT1 (15A), ENG CONT2 (10A), ENG CONT3 (20A)
4)Udah di cabut...tungguin 5 menit yah gan buat si ECU cut off powernya & otomatis ngereset
5)Pasang balik Fuse2 yg tadi di lepas...sesuai tempatnya.
6)Start lagi mesin xtrail agan2....Tapi di mohon dalam proses ini kaki jangan gatel injek2 gas yah ....& semua electrical keep it OFF
7)Tungguin sampe Idle yah gan...it's about 4-5 minutes
8)Coba di check RPM nya sekarang pada saat IDLE ada penurunan gak sesudah di RESET ECU....normalnya pada saat IDLE ...mesin di 900RPM
9) Stop mesin xtrailnya gan....udeh selesai koq
:iloveindones
Fungsi dr Reset ini adalah menghilangkan ngelitik..and walopun gak terlalu signifikan..bisa bikin irit gan......apalagi buat yg suka minum "subsidi"
Share dikit yah..:
Cara RESET ECU XTRAIL tanpa lepas ACCU:
1)Idupin mesin xtrailnya agan2 ampe idle....sebenernya 2-3 menit sih udah bisa di reset, cuman buat perbandingan aja ...RPM saat idle sebelum di reset sama sesudah ada bedanya gak....
NB:jangan ngidupin electrical dulu yah gan kaya AC,Tape,lampu2,lighter,ngecas Hape apalagi nonton tipi di mobil....
2)Di stop mesinnya gan...sayang bensinnya tuh

3)Buka kap mesinnya,cari Fuse Box item yg di deketnya Aki or air filter...di buka kotaknya gan jangan dibuang

...check di balik kotaknya ada posisi2 Fuse ....trus di cabut fuse ENG CONT1 (15A), ENG CONT2 (10A), ENG CONT3 (20A) 4)Udah di cabut...tungguin 5 menit yah gan buat si ECU cut off powernya & otomatis ngereset
5)Pasang balik Fuse2 yg tadi di lepas...sesuai tempatnya.
6)Start lagi mesin xtrail agan2....Tapi di mohon dalam proses ini kaki jangan gatel injek2 gas yah ....& semua electrical keep it OFF
7)Tungguin sampe Idle yah gan...it's about 4-5 minutes
8)Coba di check RPM nya sekarang pada saat IDLE ada penurunan gak sesudah di RESET ECU....normalnya pada saat IDLE ...mesin di 900RPM
9) Stop mesin xtrailnya gan....udeh selesai koq
:iloveindones
Spoiler for Video Tutornya:
Fungsi dr Reset ini adalah menghilangkan ngelitik..and walopun gak terlalu signifikan..bisa bikin irit gan......apalagi buat yg suka minum "subsidi"
15. How to use your A/T stick perfectly
Spoiler for :
Oh iyah.
Lupa.
Sedikit ttg matic yg biasa sy lakuin.
Start mbl dr posisi mati, biasa sy pindah shifter dulu dr P ke N.
Niatnya supaya gbox ga kaget krn klo awal start pasti choke idup jnya rpm lbh tinggi.
Krn ksian klo rpm 1500 sy pindah dr P ke R trus ke N.
Sementara klo panasin mbl pagi2 shifter sy taro di N supaya atf sirkulasi.
Klo taro di P, oli ga sirkulasi.
Klo macet, jgn kseringan pindah2 antara D ama N.
Ksian brakeband ama torque converter.
Kira2 aj bakalan brenti brapa lama, siasatin pake jaga jarak ama maen rem biar mbl bs maju dikit2.
Tp klo bakalan brenti ampe lbh dr 10 detik biasanya sy pindah ke N.
Klo perlu manuver pindah2 shifter antara D ama R, contoh pas parkir, pastiin mbl bnr2 brenti sebelon pindah shifter.
Klo parkir, taro di N, tarik rem tangan, br masukin P.
Krn klo di P, gbox bakalan ngunci.
Klo belon brenti sempurna dan masuk P, gbox bakalan nahan.
Akibatnya susah pas awal mw pindah shifter dr P.
Bakalan bunyi bletak jg.
Tambah dikit om dan, pas parkir, biasanya dari D atau R saya N in dulu ampe dia berhenti perfectly, tarik rem tangan, baru ke P. Hehehe
Lupa.
Sedikit ttg matic yg biasa sy lakuin.
Start mbl dr posisi mati, biasa sy pindah shifter dulu dr P ke N.
Niatnya supaya gbox ga kaget krn klo awal start pasti choke idup jnya rpm lbh tinggi.
Krn ksian klo rpm 1500 sy pindah dr P ke R trus ke N.
Sementara klo panasin mbl pagi2 shifter sy taro di N supaya atf sirkulasi.
Klo taro di P, oli ga sirkulasi.
Klo macet, jgn kseringan pindah2 antara D ama N.
Ksian brakeband ama torque converter.
Kira2 aj bakalan brenti brapa lama, siasatin pake jaga jarak ama maen rem biar mbl bs maju dikit2.
Tp klo bakalan brenti ampe lbh dr 10 detik biasanya sy pindah ke N.
Klo perlu manuver pindah2 shifter antara D ama R, contoh pas parkir, pastiin mbl bnr2 brenti sebelon pindah shifter.
Klo parkir, taro di N, tarik rem tangan, br masukin P.
Krn klo di P, gbox bakalan ngunci.
Klo belon brenti sempurna dan masuk P, gbox bakalan nahan.
Akibatnya susah pas awal mw pindah shifter dr P.
Bakalan bunyi bletak jg.
Tambah dikit om dan, pas parkir, biasanya dari D atau R saya N in dulu ampe dia berhenti perfectly, tarik rem tangan, baru ke P. Hehehe
-------------
Update Harga Parts & Aksesoris
Spoiler for :
Spoiler for By User:
Quote:
Original Posted By d.mp►allo om semua. akhirnya sy bs balik lagi ke sini.
mw tanya as roda brapaan yah? punya sy ud mulai bunyi bletak2 ni. amsiong dah. mana kemaren mendadak freon ac bocor pula.
update harga parts terkait hasil checking2:
kompresor ac:
- beres 4,2 jt
- auto rotary bintaro 4,35jt merk valeo
- sebuah bengkel di rawamangun 6,5jt merk calsonic
evaporator:
- beres 5,4jt
- auto rotary bintaro 2,35jt ori
- sebuah bengkel di rawamangun 2,9jt
- sebuah bengkel di cempaka putih 2,7jt
kalo kaki2 di page sebelomnya ada yg tanya sokbreker:
- tokico 1,3jt sepasang, depan-blakang sama aja, beli di istana per pondok bambu
- beres 700 ribuan per pcs, tp di nissan kelapa gading ga ready, kudu inden 3 hari
cara setel rem tangan:
1. sediain dongkrak, kunci roda, senter kecil, obeng gepeng yg kecil tp batangnya panjang.
2. dongkrak dan lepas ban belakang dua2nya, rem tangan kudu dilepas, jd pastiin ban depan udah keganjel
3. di tromol ban belakang ada lobang kecil ketutup karet, buka karetnya
4. putar teromol ampe lobang ada di sekitar bagian belakang, intip pake senter, ada setelan kabel rem tangan bentuknya ulir kaya gir sepeda
5. colok2 pake obeng sampe keputer, cek sambil maenin rem tangan uda brasa cukup ato belon, pastiin rem kanan ama kiri sama setelannya.
6. kelar tinggal pasang lagi tutup tromol, pasang ban belakang, turunin dongkrak
7. cobain deh hasilnya
semoga membantu
trus ada yg nanya soal cover spion yg pake lampu sein. bener kata om akbar, itu cuma cover yg udah ada lampunya. jadi tinggal tempelin pake double tape ke batok spion aslinya. utk kabelnya bs tarik ke lampu yg di fender. kebetulan kemaren baru dapet barangnya. nanti deh kalo sempet di foto.
mw tanya as roda brapaan yah? punya sy ud mulai bunyi bletak2 ni. amsiong dah. mana kemaren mendadak freon ac bocor pula.
update harga parts terkait hasil checking2:
kompresor ac:
- beres 4,2 jt
- auto rotary bintaro 4,35jt merk valeo
- sebuah bengkel di rawamangun 6,5jt merk calsonic
evaporator:
- beres 5,4jt
- auto rotary bintaro 2,35jt ori
- sebuah bengkel di rawamangun 2,9jt
- sebuah bengkel di cempaka putih 2,7jt
kalo kaki2 di page sebelomnya ada yg tanya sokbreker:
- tokico 1,3jt sepasang, depan-blakang sama aja, beli di istana per pondok bambu
- beres 700 ribuan per pcs, tp di nissan kelapa gading ga ready, kudu inden 3 hari
cara setel rem tangan:
1. sediain dongkrak, kunci roda, senter kecil, obeng gepeng yg kecil tp batangnya panjang.
2. dongkrak dan lepas ban belakang dua2nya, rem tangan kudu dilepas, jd pastiin ban depan udah keganjel
3. di tromol ban belakang ada lobang kecil ketutup karet, buka karetnya
4. putar teromol ampe lobang ada di sekitar bagian belakang, intip pake senter, ada setelan kabel rem tangan bentuknya ulir kaya gir sepeda
5. colok2 pake obeng sampe keputer, cek sambil maenin rem tangan uda brasa cukup ato belon, pastiin rem kanan ama kiri sama setelannya.
6. kelar tinggal pasang lagi tutup tromol, pasang ban belakang, turunin dongkrak
7. cobain deh hasilnya
semoga membantu
trus ada yg nanya soal cover spion yg pake lampu sein. bener kata om akbar, itu cuma cover yg udah ada lampunya. jadi tinggal tempelin pake double tape ke batok spion aslinya. utk kabelnya bs tarik ke lampu yg di fender. kebetulan kemaren baru dapet barangnya. nanti deh kalo sempet di foto.
Spoiler for by agan reynaldi201399:
Quote:
Original Posted By reynaldi201399►Agan2, menurut aye pake mobil yang spare parts murah, harga jual kembali OKE, kan ga pake mobil sampe puluhan tahun, lima tahun sekali ganti baru.. Bener ga?
Rincian Price List Nissan : http://www.filedropper.com/pricelistnissan2015
Perhitungan harga NISSAN : http://www.filedropper.com/hargaotrindonesia
Harga partai NISSAN : http://www.filedropper.com/diskonfleet
Rincian OTR Jakarta : http://www.filedropper.com/perhitunganunitfleet
Rincian Price List Nissan : http://www.filedropper.com/pricelistnissan2015
Perhitungan harga NISSAN : http://www.filedropper.com/hargaotrindonesia
Harga partai NISSAN : http://www.filedropper.com/diskonfleet
Rincian OTR Jakarta : http://www.filedropper.com/perhitunganunitfleet
Spoiler for Aksesoris P32 by agan 130:
Diubah oleh nissanxtrail 08-06-2016 12:38
0
Kutip
Balas
