Kaskus

Hobby

  • Beranda
  • ...
  • Sipil
  • Tempat Nongkrongnya Pemerhati Mekanika Teknik/Analisis Struktur

Bridge EngineerAvatar border
TS
Bridge Engineer
Tempat Nongkrongnya Pemerhati Mekanika Teknik/Analisis Struktur
Tempat Nongkrongnya Pemerhati Mekanika Teknik/Analisis Struktur


  1. Struktur Pembahasan Thread
  2. Pengantar Mekanika Teknik

  3. Dasar-dasar Struktur Statis Tertentu
  4. Beberapa Contoh Struktur Statis Tertentu

  5. Analisa Penampang Profil

  6. Struktur Statis Tak Tentu

  7. Sepintas Tentang Dinamika Struktur Jembatan

  8. Beberapa Contoh Kasus

  9. Obrolan Santai

  10. Kepustakaan
  11. Sumbangan Kaskuser
  12. Dokumentasi Fabrikasi Struktur Jembatan yang TS Kunjungi di Luar Negeri



ngindeksnya masih dilanjutin...
selalu update untuk setiap pertanyaan/komentar tentang analisis struktur.
Diubah oleh Bridge Engineer 22-10-2017 17:45
pt.tsm.importAvatar border
alexsaputrraAvatar border
febrinxAvatar border
febrinx dan 8 lainnya memberi reputasi
9
417.1K
1.9K
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sipil
Sipil
KASKUS Official
1.8KThread884Anggota
Tampilkan semua post
Bridge EngineerAvatar border
TS
Bridge Engineer
#110
setelah membaca dasar teori rangka batang, dan melihat beberapa contoh soal,
http://www.kaskus.co.id/show_post/52...7/53/contoh--6
http://www.kaskus.co.id/show_post/52...b7/56/contoh-7

maka ada beberapa hal yang bisa disimpulkan:

  • Struktur statik tertentu adalah tingkat paling rendah dari kondisi struktur statik yang masih dalam kondisi stabil.
  • Untuk pemodelan struktur 2 dimensi, beban-beban dihitung tributary areanya dan yang diterima struktur adalah separuhnya dari total beban, kecuali jika analisis dan pemodelan dilakukan dalam 3 dimensi.
  • Pada rangka batang, setiap titik simpul termasuk rol dan sendi selalu dianggap tidak memiliki momen gaya. Demikian juga momen torsi dan momen gaya yang mengakibatkan batang melentur dalam arah tegak lurus layar dianggap tidak ada (padahal kenyataannya tidak demikian). Hal ini merupakan kondisi konservatif yang menguntungkan designer karena memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi terhadap desain yang dihasilkan.
  • Sejalan dengan point di atas, maka setiap pembebanan yang diberikan kepada struktur rangka sebaiknya merupakan beban terpusat pada titik simpul.
    Contohnya : sistem lantai jembatan pada dasarnya merupakan beban terbagi merata yang menerima beban sendiri, beban kendaraan, beban aspal, beban air jika terjadi hujan dan beban superimposed. Mungkin banyak designer yang memodelkan beban ini pada struktur rangka seperti gambar di bawah ini,

    kaskus-image


    kondisi di atas, tidak memberikan desain struktur lebih aman. Karena beban terdistribusi tidak memberikan efek yang lebih buruk dibandingkan beban terpusat meskipun secara magnitude sama besar. Silakan baca lagi contoh sederhananya di http://www.kaskus.co.id/show_post/52...65e8b45ad/71/-



    jadi alangkah baiknya jika beban terbagi di atas dinyatakan sebagai beban titik yang ditempatkan pada setiap titik buhul bagian bawah sedemikain sehingga total bebannya sama besar seperti tampak pada gambar di bawah ini,

    kaskus-image


  • Biasanya pada pemodelan rangka batang/truss, panjang tiap segmen untuk bottom chord dan top chord sama panjang, seperti telihat di bawah ini,

    kaskus-image


    tapi kenyataannya pada saat pabrikasi, elemen top chord dibuat sedikit lebih panjang daripada bottom chord karena persyaratan kriteri desain yang menuntut harus terbentuk kurva camber atau lawan lendut seperti terlihat pada gambar di atas yang ditunjukkan dengan garis lengkung putus-putus berwarna biru. Tujuan dibentuknya camber ini untuk menjaga kenyamanan pengguna yang akan melalui struktur tersebut. Tinggi maksimum kurva camber diatur melalui seberapa besar perbedaan panjang antara top chord dan bottom chord. Tinggi maksimum kurva ditentukan oleh instansi pemerintah yang memiliki otoritas penuh terhadap kepemilikan aset struktur.
    Misalkan untuk jembatan kendaraan lalu lintas (bukan jembatan kereta api) diatur dalam Spesifikasi Khusus Interim Pengadaan Jembatan Baja PabrikasiS.Kh 1.7.4 butir e yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Bina Marga - Kementerian Pekerjaan Umum RI.
    berikut cuplikannya :
    Spoiler for ditjen bina marga - PU:



sepertinya masih ada yang belum disebut....
silakan agan/sist kalo ada yang mau menambahkan....
0
Ikuti KASKUS di
© 2025 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.